Jual Milagros disini
Loading...

Yang Membuat Malas NgeBlog

Catatan Asep Haryono

Ada beberapa hal yang penulis alami yang sering menjadi "kambing hitam" penyebab penulis malas menulis di blog atau memposting tulisan.  Penulis tidak tau apakah hal hal di bawah ini juga di alami oleh para penulis blog lainnya.  Seperti pada bulan bulan sebelumnya penulis BALI alias "banyak libur:" dalam menulis entah karena kesibukan pekerjaan sehari hari atau kesibukan lainnya.  Bahkan penulis suka malu sendiri ternyata masih banyak orang lain yang bahkan jauh lebih sibuk dari penulis tapi masih mampu meluangkan waktunya untuk menulis. Dan inilah menjadi tanda tanya besar bagi penulis mengapa mereka yang benar super sibuk tapi masih bisa menulis diblog.

Beberapa hal di bawah ini penulis rasakan menjadi sebab atau berpotensi menjadi penyebab penulis sering merasa "malas" untuk menulis (posting) tulisan di blog.

Ini pC saya
EPAPER :  Ini halaman koran dalam bentuk e paper.  Lah memang apa hubungannya dengan tulisan ini? Jelas tidak nyambung.  Memang Sengaja.  Foto Asep Haryono


  1. Tulisan Harus Panjang
    Menulis di blog adalah hak dari masing masing owner atau pemilik blog. Seorang blogger punya hak atas tulisan panjang maupun tidak panjang (baca : pendek). Bahkan tulisan blog yang hanya satu paragraf pun juga boleh saja. Salah satu buktinya adalah Twitter.  Platform sosial media Twitter adalah microblogging bahkan hanya mempunyai panjang 140 (Seratus Empat Puluh) karakter.  Jadi mau menulis panjang atau pendek adalah hak masing masing penulis blog (blogger).   Jadi jangan sampai karena keharusan untuk menulis panjang membuat sahabat blogger menjadi malas untuk menulis (memposting).  Tidak ada keharusan menulis panjang.
  2. Tulisan harus Ada Foto
    Memang tulisan blog jauh lebih menarik (appealing) jika dilengkapi dengan gambar atau foto yang sesuai dengan tema tulisan.  Boleh foto hasil jepretan sendiri, atau mengambil dari sumber lain dengan menyebut sumber asal foto atau gambar itu di ambil.  Sahabat blogger tentu tidak mau disebut plagiator bukan?.    Jadi jika tidak ada foto atau gambar bagi penulis tidak ada masalah. Silahkan memposting tulisan atau artikel di blog dengan atau tanpa dihiasi foto atau gambar.  Tidak awa kewajiban memasang foto atau gambar dalam setiap tulisan atau artikel. 
  3. Lupa Password / Username
    Ini memang pernah dialami oleh penulis.  Salah satu blog yang penulis kelola terlupa login nya.  User name dan atau password yang digunakan penulis saat melakukan postingan atau update tidak ingat atau terlupa.   Walaupun sudah diusahakan di "kejar" agar bisa connect lagi memposting, namun user name (password) nya tetap di awan awan.  Lupa sama sekali.  Entah karena kebanyakan yang diurus, atau memang lupa.  Jadi semoga dengan kejadian lupa password (username) ini tidak membuat sahabat blogger jadi malas menulis (mosting) artikel ya.
    Sebagai contoh salah satu blog yang penulis buat yakni Kubu Raya Sejahtera yang beralamat di kuburayasejahteraa.blogspot.com  itu penulis lupa user name (login) dan passwordnya. Sehingga blog penulis tersebut kini berada di awan awan.   Padahal njelimet juga itu ngatur ngatur widget dan edit  HTML nya bisa sebagus itu.  Bagus? Iyalah blog itu Juara I dalam lomba desain Blog yang pernah penulis ikuti.
  4. Jaringan Koneksi Internet
    Ini sifatnya relatif dan teknis.  Namun justru hal teknis inilah yang bisa menjadi kendala dalam menulis (memposting) sehingga menimbulkan rasa malas.  Bagaimana tidak kalau koneksi jaringan internet mendadak mati (down) atau bahkan lambatnya seperti siput. Barangkali jalannya siput jauh lebih cepat daripada akses internet yang loadingnya aja bisa sekalian cuci piring dan ke pasar berbelanja.  Ini hanya kiasan saja.   Koneksi internet yang tidak stabli cenderung menjadi salah satu penyebab orang malas ngeblog atau menulis.
  5. Memang dasarnya aja Malas

Nah beberapa hal di atas apakah juga dirasakan atau dialami oleh penulis blog (blogger) lainnya.  Kendala akan selalu ada mewarnai perjalanan :"karir" para penulis blog ini.  Namun dalam pandangan penulis kendala kendala yang penulis sebutkan di atas masih bisa diatasi dengan tekad dan kemauan yang kuat untuk meluangkan waktunya walau sebentar untuk berbagi buat sesamanya melalui tulisan.   Jika menulis sudah menjadi hobi yang menyenangkan Insya Allah kendala kendala di atas masih bisa dicari jalan keluarnya. Tetaplah berbagi buat sesama. Tetaplah menulis.  (Asep Haryono).

19 comments:

  1. yang nomer 1 itu kendala yang paling berat, kalau gk tekun gak bakal mampu nulis banyak artikel :)

    ReplyDelete
  2. huwaaa... kangen ama blog inih.. udah lama bingits ga mampir kemari.. apa kabar mas Asep? Smoga mas Asep sekeluarga sehat wal afiat dan banyak rejeki.. :)
    Kalo bagiku sih.. foto itu wajib. Jdnya ada rasa bersalah kalo posting ga da fotonya. Pdhl, justru itu yg bikin lama mosting, soalnya nyari foto dulu yg pas.. hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. @covalimawati : Huaaaaaaaaa oya kah> Iya nih mba Cova. Biasalah lagi dapat M nya alias :"Malas" nya hiehihee. Alhamdulillah kabar saya dan keluarga baik baik aja mba Cova. Wahahaha oya kah soal foto nya ya hiheiheiheiee. Saya sekeluarga juga berharap semoga mba Cova sekeluarga juga sehat sehat aja

      Delete
  3. ya.. memang dasar malas , enggak usah cari alasan lagi :D

    ReplyDelete
  4. no 4 saya paling sering mengalami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaaaaaakakaakakakakk Iya asma eh sama sama
      Kalau sudah MALAS berarti sudah titik

      Delete
  5. Menulis itu bukan beban...jadi mengalir saja. Kalau emang lagi mood menulis aja sampe puas...krn kita tak tahu pasti kapan mood itu bagus ato tidak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Taufik Al Mubarak : Benar sekali mas Taufik. Mengalir saja seperti air. Flows like water,. Saya sepakat dengan mas Taufik

      Delete
  6. Hohoho yang poin ke-4 itu bener banget ... :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehieie iya bener sekali mas Nazar Orang kalau sudah M alias MALAS itu sudah titik. Mau digimanain ya juga tetap tidak bisa

      Delete
  7. dasar wartawan senior...lagi males azh juga ditulis dan dibikin postingan....mo gimana lagi coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang... tp ini contoh yang harus ditiru, malas-malasan tapi mengeluarkan postingan, hahaha...

      Delete
  8. Kalau saya sih seringnya koneksi internet, bos... apalagi kalau pas kuota abis, dompet juga tipis, ada rekomendasi nggak, kuota banyak tapi murah?

    ReplyDelete
  9. setuju untuk semua alasan. dan yang paling baik alasan nomer 1. Tulisan gak perlu panjang tapi memiliki makna atau pesan yang disampaikan tepat dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  10. nomer lima itu Pak Asep yang gak bisa dibenerin :D

    ReplyDelete
  11. ya mod mod an mas itu, itu semua tidak berarti dan tidak akan terjadi kalau ada semangat yang membara hehe selamat pagi

    ReplyDelete
  12. sebagai manusia biasa memang kita juga pernah mengalami malas ya pak, utama nya malas ngeblog. Jadi sebaiknya keep spirit and happy blogging always. Jangan jadikan ngeblog sebagai beban, but happy funs saja ;)

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog