Jual Milagros disini
Loading...

Ingin Berwiraswasta

Catatan Asep Haryono

Menyandang status sebagai pegawai swasta (karyawan) tentu ada romantikanya, tentu ada suka dukanya.  Bagi sahabat blogger yang (kebetulan) saat ini menyandang status sebagai pegawai swasta seperti penulis tentu akann merasakan hal yang sama. Penulis kira juga para Pegawai Negeri Sipil (PNS) barangkali juga mengalami hal yang sama.  Suka duka dalam mengelola keuangan keluarga (bagi yang sudah berkeluarga) ya.  Banyak sudah artikel yang membahas soal pengelolaan keuangan diantaranya dari para pakar keuangan keluarga Safir Senduk dan rekan,serta masih banyak lagi lainnya.

Kalau hanya mengandalkan Gaji saja bisa jadi kurang.  Cukup, kurang dan lebih adalah kata keterangan.  Semuanya bersifat relatif karena ukuran yang dipakai setiap orang berbeda beda.  Namun pada prinsipnya bisa dengan jelas didefinisikan batasannya. Pertama : Jika penghasilan tidak bertambah, maka pengeluaran harus dipangkas.  

Kedua : Pengeluaran bisa saja tetap, namun pemasukan harus bertambah.  Itulah yang sering dipergunakan untuk menghitung kelebihannya yang bisa dialokasikan untuk menabung (saving).   Berbekal pengetahuan dasar itulah kadang kala para prakteknya penulis sering tidak konsisten.  Nah dari uraian di atas Penulis sudah lama menyimpan hasrat terpendam. Nah loh hasrat apa tuu.   Hasrat berwiraswasta atau berniaga tanpa melepaskan status sebagai pegawai atau karyawan.   

Kios Ponsel
JUAL PULSA :  Ini hanya ilustrasi saja. Seperti inilah kira kira salah satu bentuk usaha yang menjadi dambaan penulis. Sudah kebelet mau bisnis. Hihhi.  Foto dari parameswara.wordpress.com 

Ada beberapa jenis usaha sampingan yang ingin penulis jalankan dalam waktu dekat ini yakni usaha pencucian motor, penjualan voucher pulsa elektronik, dan Bensin eceran.  Pengalaman penulis tentu saja NOL.  Lali eh lalu kalau NOL pengalaman darimana tau menjalankan bisnis ini?  Kalau nda dari sekarang memulainya darimana kita akan dapat pengalaman donk kalau masih ditingkat wacana terus?   Apakah harus besar? Tentu saja tidak.  Namanya juga masih newbie alias masih ijo pengalaman dalam bisnis, semuanya harus dari kecil dahulu.  Dipelajari dahulu dengan cermat dengan resiko terukur.

Soal MODAL yang sering menjadi momok bagi yang ingin terjun bebas ke dunia usaha juga sudah penulis pikirkan.  Saat ini penulis sudah memiliki lahan kosong di atas tanah milik sendiri.   Tidak perlu menyewa tempat lain.  Lahan kosong dii atas tanah ukuran 10 x 17 (kalau tidak salah ya) berada di dalam komplek.  Jumlah Kepala Keluarga dalam komplek sekitar 200 orang  Potensi yang menjanjikan.  Saat ini penulis sedang melakukan survey calon konsumen, dan juga diskusi dengan beberapa rekan kerja yang sudah berpengalaman dalam ketiga bisnis di atas.  Jika sahabat blogger sudah berpengalaman pada 3 (tiga) jenis bisnis di atas, boleh share donk pengalamannya.  Penulis mau belajar.   (Asep Haryono).

13 comments:

  1. saya juga sdh lama ingin berwiraswasta jualan alat2 tulis mas, krn rumah saya dekat dgn 3 sekolah besar, hmmm sepertinya ramai :D

    kalau penjualan pulsa elektronik saya sdh pernah coba dan untungnya kecil banget, bahkan sering tekor dipakai komplin jika ada transfer pulsa yg gagal, huhuhu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masukan yang pertama. Terima kasih atas masukan dari mba Indri. Ini akan sangat berharga untuk kami pelajari. Kami mencatatnya dngan baik.

      Delete
  2. sepertinya jual pulsa dan bensin eceran peluangnya cukup baik Pak. gimana coba, sekarang pulsa dan bensin sudah menjadi kebutuhan primer :)

    ReplyDelete
  3. survey dan pemetaan potensi konsumennya udah pas, lahan udah siap. modal tentu banyak...sok atuh tinggal PRUNG...kelamaan mah nantinya keburu di patok ayam atuh kang...derrr ah

    betewe..kang kenal sama sandy SMAN2 bekasi biologi 99, temen sejawat saya di jalan raya...seangkatan kalo ngga salah mah yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, beliau ini rujukan yag tepat Kang Asep

      Delete
  4. kalau saya sich..sebaiknya di lahan yg kosong itu didirikan usaha pencucian motor..digabung dengan penjualan pulsa..., kalau bensin eceran sebaiknya nggak usahlah....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  5. saya sudah lama ingin berwiraswasta tapi sampai saat ini belum kesampaian euy..biar jadi bos bagi diri sendiri, kalau disuruh2 orang lain mah banyak ndak enaknya ya kang :D
    mudah2an tiga2nya berhasil kang, kapan bisa tranfer pulsa atuh sama saya ??? *dezigh

    ReplyDelete
  6. kalo soal begini saya juga sudah lama kang ingin juga...tapi kadang bingung dari mana memulainya....

    ReplyDelete
  7. Wiraswasta punya peluang besar untuk menjadi mapan dibanding jadi karyawan.. Tinggal mencari lokasi yang strategis.. Jika jasa atau produk banyak dibutuhkan masyarakat maka usaha akan berjalan.. Semoga sukses.

    ReplyDelete
  8. mengalir aja Kang. sambil nyoba kecil2an dulu, nanti lama2 bakalan ketemu yang pas. bisnis di luar pekerjaan tetap, saya kira menjadi tren positif yang baik. apalagi kang asep kan nggak terikat aturan bahwa karyawan tidak boleh berbisnis, misalnya. laksanakan Kang.

    ReplyDelete
  9. saya ingin sekali jualan sesuatu yang ekstrim tp diminati bnyk orang...apa kira2 ya ? :D

    ReplyDelete
  10. saya jualan pulsa Kang Asep. Modalnya dari Unej Mengajar, nanti labanya 60% buat Unej Mengajar dan sisanya buat saya. Alhamdulillah, laku banget... soalnya diiming-imingi... "laba buat Unej Mengajar... Beli pulsa sekalian beramal..."

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog