Jual Milagros disini
Loading...

Kenangan Masa SMA Yang galau

Catatan Asep Haryono

Walau sudah menetap puluhan tahun di kota Pontianak, ibukota propinsi Kalimantan Barat, namun separuh hati tetaplah di Bekasi (Jawa Barat). Selain karena rumah kedua orang tua masih di Bekasi,  saya menghabiskan masa bangku sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota Bekasi.    Terakhir saya berkunjung ke Bekasi pas Lebaran tahun 2012 yang lalu, dan sempat mampir ke rumah Orang Tua di daerah Kranji, tepatnya di kawasan Komplek INKOPLOL Kranji Bekasi.  Luar biasa perkembangan kota Bekasi, sampai sampai saya sempat melihat pembanbunan kota yang super oleh Perusahaan Summarecon Bekasi.  Maaf kalau salah menuliskannya.

Menamatkan sekolah di SMP Negeri 4 Bekasi tahun 1986, kemudian melanjutkan ke bangku sekolah di SMA Negeri 2 Bekasi tahun 1989. Tahun jadul,  Pada waktu itu yang menjabat Kepala Sekolahnya adalah Ibu Hajjah Siti Bulan Rasyid.  Saya tidak punya fotonya, namun wajahnya akan selalu saya ingat.  Dengan uban putih dirambutnya di sebelah kiri, menjadi ciri khasnya.  Orangnya "galak" namun tegas dengan kedisiplinannya. Masih menunggu konfirmasi keberadaan beliau lewat teman teman sekolah dulu.  Semoga beliau sehat walafiat

Saya masih ingat waktu itu dihukum di lapangan halaman upacara sekolah karena memakai hiasan di kerah seragam sekolah.  Hiasan di kerah kemeja sekolah ini dulu ngetop sekali. Bentuknya segita lancip dan mempunyai mur kecil di bawahnya. Digunakan untuk menutup "kuncup" ujung kerah kemeja putih SMA saya.  Waktu itu ada satgas ke kelas dan saya terkena razia.  Jadilah saya dan beberapa siswa laki laki lainnya di setrap di halaman sekolah sekitar 1 jam.  Resiko terkena sinar matahari membuat semuanya jadi galau.  Setelah selesai melaksanakan hukuman toh souvenir hiasan dikerah saya juag tidak dikembalikan, Wahahahahaha.


teman sekelas
SEKELAS : Inilah foto teman tema sekelas saya.  Beberapa rekan sekelas saya di foto ini masih tetap kontek kontekkan via BBM dan Facebook.  Entah saya ada dimana saat foto ini dibuat.   Foto Istimewa

tas
TANDA TANGAN  : Inilah bagian dalam tas lipat yang berisi tanda tangan beserta komentar yang lucu lucu dari teman sekelas saya waktu itu.   Foto Istimewa

tanda tangan
JOHN STAMOS : Waktu itu film Full House yang dibintangi John Stamos jadi idola saya waktu SMA  Hheiheihee.  Guntingan korannya yang memuat fotonya saya tempel di tas ini beserta tanda tangan teman temen sekelas. Ehm   Foto Istimewa

Beda barangkali dengan masa SMA sahabat blogger semua, nyaris waktu saya di SMA dihabiskan dengan belajar Bahasa Inggris.  Walau pelajaran Bahasa Inggris di SMA juga saya kurang begitu baik nilanya mulai dari kelas 1 sampai kelas 3 SMA, namun minat dan kecintaan saya terhadap bahasa tersebut sudah sejak bangku SMP,  Saya mencatat nilai 9 untuk pelajaran Bahasa Inggris di Raport kelas III dan Ijazah SMP.  Guru bahasa Inggris kesayangan saya waktu bersekolah di SMP Negeri 4 Bekasi bernama Ibu Tri.  Terakhir saya calling ke sekolah via telepon beliau masih sehat dan masih mengajar di sekolah.  Semoga ibu masih ingat sama saya, murid ibu hihihihi .

Tidak banyak memorabilia atau semacam benda kenang kenangan sejak saya bersekolah di SMA Negeri 2 Bekasi dulu,  Selain sebua kaos SMA yang sudah lusuh, ternyata saya tidak ada satupun foto dengan berseragam SMA putih biru. Saya hanya mendapati foto foto teman sekelas saya dari alumni angkatan saya dahulu.  Sudah lumayan setidaknya kalau bukan saya, ternyata ada foto teman teman sekelas saya dahulu.    Saya masih "memburu" foto foto saya waktu SMA bersergam putih abu abu ini sampai ketemu lewat FB temen temen alumni yang masih saya hubungi saat ini. Semoga dapat ya.  Wish me luck  Hiehiheiheiee


Saya punya tas lipat kecil berisi beberapa tanda tangan teman sekelas saya waktu itu. Salah satu yang menanda tangai "petisi" di tas lipat saya itu bernama Andi Sugianto keturunan Tionghoa, rekan sekelas saya sudah meninggal dunia tahun lalu. Saya sempat teleponan sama beliau beberapa bulan sebelum beliau meninggal.   Andi dan saya sepakat untuk makan ikan bakar di rumahnya jika saya pulang Bekasi. Ternyata tawaran itu tinggal kenangan.  Selamat jalan Andi Sugianto. 

Kesenangan terhadap Bahasa Inggris pun berlanjut sejak kelas 1 sampai kelas 3 di sekolah SMA Negeri 2 Bekasi, makanya tidak ada hura hura atau jalan jalan sekedar nonton bioskop dengan anak anak lainnya seusia remaja.  Tidak merokok, tidak pula ikut gank gank apalagi kebut kebutan hingga narkoba.  Nyaris tidak gaul, kudet (kurang apdet).  Taunya cuma datang ke sekolah belajar, makan di kantin sekolah (kadang tidak bayar ambil bakwannya-red), lalu perpustakaan, lalu pulang.  ya itu saja memorynya.  *sungguh mengharukan*.   Walhasil saya mencatat prestasi juga akhirnya di bidang Bahasa yang saya sukai itu.  Sejak kelas 1 SMA Negeri 2 Bekasi saya Juara II  Lomba Translation (Menterjemah bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia) se SMA Negeri 2 Bekasi periode 1996-1997 (Asep Haryono).

26 comments:

  1. jarang dapat pertamax, akhirnya dapat juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenangan manis yang tak terlupakan ya kang ketika masa-masa disma

      Delete
    2. @Thanjawa Arif : Wahahaha iya Met pertamax ya HIehiehiehiee. Jarang jarang PERTAMAX nya ya hehiheiheiheiheihie

      Delete
    3. seringnya pertamax kan?
      bingung mesti.

      Delete
    4. SMPN4 mah kenal atuh sama kakak kelasnya ENTIS SUTISNA, sama ferry ANTAOW..?!

      Delete
    5. saya rada kesengsem tuh sama yang pake kacamata (gbr. 1)...seinget saya dia yang paling cantik se SMAN2 Beksi tempo itu kan?
      namanya siapa teh kang...lupa lagi euy

      Delete
  2. hehehe ... cie yang lagi galau waktu SMA hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Munawir Alfikri : Wahahahahaha

      Delete
  3. Kenangan yang indah ya pak, apalagi silahturahminya masih jalan terus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nophi : ALhamdulillah. Sampai sekarang silaturahmi masih berjalan dengan baik. Alhamdulillah semoga silaturahmi ini masih terus dijaga

      Delete
  4. wah kenangan masa SMA nya masih tetap diabadikan nih, tentu akan selalu teringat akan kenangan2 itu ya mas. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Budi Smart : Iya sih. Cuma foto saya waktu pake baju putih abu abu ini yang belum kesampaian. Saya masih berburu foto tersebut. Ntah gimana sampai sekarang masih belum ketemu ya

      Delete
  5. galau itu manusiawi, semua orang pernah mengalaminya.. dan karena pak asep juga pernah muda jadi sudah pasti tau galaunya gimana haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kata Bang Zachflazz masih muda nih. Muda semangatnya. HIEhiehiehieeie. Yang masih abg bang Zachflazz. Kalau mang Lembu kayaknya paling senior dari para senior Suhu Ubi CIlembuhhhhhhhhhh

      Delete
  6. Kl saya lagi coba ngumpulin teman2 smp saya, pak.. tp susahhh banget, kontaknya kebanyakan udh pd ilang sih.

    ReplyDelete
  7. ternyata dari sejak abg mas asep udah jago bahasa inggris.. kereen..
    potonya jadul bgt.. gaya rambutnya khas abege thn 80-an.. hihii

    ReplyDelete
  8. wah Kang masih nyimpan aja ya, saya malah gk punya sama sekali kenangan waktu SMA dulu :D

    ReplyDelete
  9. jadi kang asep suka bahasa inggris sejak jaman sekolah dahulu ya kang. pantresan, keliatan banget dari cara kang asep memandang. tuh kan, bener kan? memang saya hebat kalo ngira2 koq.

    ReplyDelete
  10. john stamos kang?
    wahh beda banget kesukaan kita. kalo saya sukanya demi moore deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Wahahahhaa. Rupanya bukan WOnder Woman nih kesukaannya bang Zach waktu SMA dulu hihhihihhi. Jadi kapan tuh mulai suka Wonder Womannya?

      Delete
  11. Kapan mudik ?Kenangan masa sma tak akan pernah sirna.tetap abadi ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus kompac Iya Alhamdulillah, lebaran kemarin sempat mudik HIhehiheiheie. Iya masa kenangan yang indah. Hidup hanya sekali

      Delete
  12. orang dulu itu ke sekolah emang niatnya tulus dan cuma satu mas: belajar
    beda kayak sekarang

    ReplyDelete
  13. masa-masa sma memang paling berkesan ya pak, saya dulu juga punya pengalaman yang menarik saat sekolah sma ;)

    ReplyDelete
  14. kita beda seangkatan ya kang....
    "ade gue luh"...(bekasinyah kluar dah tuh)

    Ibu Bulan sudah lama meninggal, kenangan tentang beliau:
    beliau pernah menghukum kami in de geng, gara-gara kami berantem saat ada pameran pembangunan distadion itu tuh...tepat didepan stan SMA 2...dipukuli punggung kami dan diskor selama seminggu, bukannya sedih...kita inde geng malah seneng, lucunya lagi walaupun diskor, kami semua tetap masuk sekolah...kalau pas ketauan ibu...kami dipulangkan..ya pulang...nongkrong di Proyek...besoknya sekolah lagi...begitulah sampe hukuman skor berakhir.
    perasaan inget tuh sama yang dipoto pake kacamata...?!
    apa kabarnya Unsa, juga Agustin?kang...pernah tak pacarin...hehehe
    di efbi grup SMAN2 ada ngga kang?...plis infonya yah...:-)

    Pak Sopyan (PMP), Pak eno(Olah raga), Bu eni centik(b. inggris), P, endang fisika,wali kelas kami di kelas A1), bu Yuli(anaknya yang guede..lupa namanya...inget kang?)

    ReplyDelete
  15. Kok bisa sama mas Asep? Saya juga mengalami masa galau...Cari pacar, nggak dapat-dapat, selalu ditolak..hehehe..

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog