Jual Milagros disini
Loading...

Jika Mengantuk Telah Datang

Catatab Asep Haryono

Mengantuk adalah persiapan sebelum jatuh tertidur.  Konon kata sebagian orang untuk bisa jatuh tertidur dengan sempurna biasanya diawali dengan rasa kantuk yang amat sangat , kemudian ia akan akan tertidur dengan pulas.  Rasa kantuk yang amat sangat biasanya menimpa mereka yang seharian bekerja keras dan akhirnya tubuhnya merasa lelah sehingga menyebabkan kantuk lalu tertidur.   Ada banyak faktor faktor baik teknis maupun tidak yang menyebabkan seseorang mengantuk.  Saya punya beberapa pengalaman pribadi mengenai mengantuk yang saya coba bagikan dalam artikel saya kali ini.  Saya rasa setiap dari diri kita, para Sahabat Blogger semuanya, mungkin sering atau pernah mengalaminya.


Pertama, Sholat Jumat,   Setiap kaum muslimin tentu mendirikan Sholat Jum'at.  Sebelum dimulainya Sholat Jum'at kan didahului oleh pencerahan (baca : uraian hikmah dari sang Khatib Sholat Jum'at-red),  Nah momen momen kritis seperti ini (biasanya) saya jatuh mengantuk di saat khatib sedang naik mimbar memberikan pencerahannya kepada para Jama ah.  Memang ini bukan merupakan contoh yang baik. 

Kalau mengantuk nanti ilmu apa yang biasa di bawa setelah Sholat Jum'at berakhir?. Bukan contoh teladan yang baik. Justru karena ini adalah sikap atau kebiasaan yang kurang baik semoga tidak tertular atau diikuti oleh Sahabat Blogger lainnya.  Jangan mengantuk apalagi tertidur di saat Khatib sedang memberikan ceramahnya agar Sholat Jum'at Sahabat Blogger tidak sia sia,

Kedua,  Tidak pada tempatnya.  Setiap dari diri kita, para Sahabat Blogger yang saya sayangi di mana saja berada,  mengantuk adalah hal yang wajar dan biasa saja.   Kalau sudah waktunya datang (mengantuk), terimalah dengan ikhlas  Nikmati saja rasa kantuk itu dan kalau perlu lanjutkan kejenjang berikutnya yakni tertidur pulas.   Apalah Sahabat kenyang atau bahkan perut terasa lapar konon ditengarai bisa menjadi salah satu biang keledai eh keladi mengantuk itu tadi    Tapi sebaiknya lihat lihat kondisi terlebih dahulu   Siapkan landasan untuk mengantuk.


kalau sudah datang tidurlah
TERTIDUR :  Ini sudah tingkatan paling akut yakni tertidur. Diawali dengan rasa kantuk yang tak tertahanlan sehingga jatuh tertidur dengan pulas.  Foto Asep Haryono

Ini maksudnya adalah kalau yakini diri ini akan mengantuk , sebaiknya diperhatikan dahulu lokasi atau tempat kejadian perkara mengantuknya nanti   Hindari mengantuk di tempat bekerja karena selain tidak etis dan mungkin berbuntut pada penilaian kinerja yang buruk yang dicap oleh pimpinan, bekerja tapi mengantuk,so eh jadi hindarilah.   Bagaimana kalau di kelas Mengantuk  Bagi yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, juga demikian. Mendengarkan kuliah dosen atau Pak Guru di kelas sebaiknya juga jangan (mengantuk).  Dampaknya juga kurang baik juga.  Apalagi urusan perkantukan ini bisa mengundang bahaya dan bisa mengancam keselamatan jiwa.  Mengapa tidak?

Ketiga
, ini yang terakhir dalam tulisan pendek saya kali ini,  adalah saat berkendaraan di jalan raya.   Ini sering dan memang sering saya alami mengendarai kendaraan roda dua dalam keadaan mengantuk    Saya sadar kalau saat berkendara tersebut mata sudah "lima wat" (Bahasa istilah orang Pontianak yang sering dipakai untuk menggambarkan mata anda sudah saat berat untuk dibuka karena mengantuk-red).  Karena sadar saya mengantuk maka saya memacu kendaraan saya dengan perlahan dibawah 40 KM perjam.  Namun jika sudah luar biasa mengantuknya maka saya pun pull over alias menepi sebentar Mematikan motor dan beristirahat sejenak sampai rasa (kantuk) menghilang (Asep Haryono)..

37 comments:

  1. selamat Pagi Mas, jujur saya sendiri kalau sedang mendengarkan Khutbah shalat Jumat sering sekali yang namanya rasa mengantuk tiba tiba datang menyerang... kalau di tempat kerja saya jarang mengantuk karena tidak enak pada murid murid yang saya hadapi kalau tertidur di Meja Guru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hayardin Putra : Hiehie iya sama donk kalau gitu. Mungkin kata Hadist sih itu kerjaan Syetan sama Iblish yang menabur tepung ke mata Jamaah Sholat Jumat. Sehingga banyak yang mengantuk. Wallahu Alam. Padahal saya sudah beristirahat cukup namun sering sekali mengantuk saat mendengarkan Khutbah Sholat Jumat

      Delete
    2. saya sering ngantuk pas mau tidur loh

      Delete
    3. saya juga sering ngantuk klo udah lewat jam 9 malam........

      Delete
    4. @zahcflazz : Oh ya bener itu. Syarat tidur harus ngantuk ya

      @Budy Shinichi : Whahaah ya sama

      Delete
  2. Mantap nih gan..
    Tips nya ,, sangat bermanfaat..
    Rajin rajin shloat aja nih.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. shloat itu ngantuk ya?

      Delete
    2. mungkin melatih agar tidak mudah ngantuk, kang

      Delete
    3. @Munawir Alfikri : Hiheihe iya kah? Alhamdulillah

      @zachflazz : Hmmm iya mungkin

      @Budy Shinichi : Hmmm bisa jadi

      Delete
  3. saya sering nyubit tangan saya sendiri kalo pas di kendaraan koq ngantuk.
    nah, kalo giliran pas jumatan, saya biasanya suka ngantuk juga, cuma saya sering ngebayangin entar abis jumatan mau makan sate kambing, jadinya semangat bangkit kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal jang sering nampparin pipi klo udah mulai ngantuk ya, kang

      Delete
    2. @zachflazz : Wahahah tips nya unik dan menarik juga nih Bang Zachflazz. Untung membayangkan Sate Kambing ya Jadi seger ingatannya. Mudah mudahan tidak membayangkan Wonder Woman

      @Budy Shinichi : Wahaha iya jangan donk, Nampar muka atau Pipi sendiri malah kesakitan sendiri. Kasihan pipi sendiri nda salah apa apa kena tampar :"induk" nya hiheiheiheiee

      Delete
  4. tapi yang jadi masalah justru rasa kantuk ini bisa datang kapan saja, ga mau kompromi ya kang....apalagi waktu jumatan, yang tadinya seger buger, eh pas duduk merem juga tuh matanya hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muroi El-Barezy : Wahahaha iya nih Sudah jadi kebiasaan ya . Napa ya,. Setiap kali duduk di mimba Shalat Jumat selalu saja datang rasa kantuk itu. Hmmmmm bener bener dah eh

      Delete
  5. kalau kantuk datang selain wudhu saya makan makanan yg pedes kang :D dijamin melek krn kepedesan :D
    yuk kunjungi blog ane kang :) balabal10.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. @The Moonraker : Wahaha iya sama juga donk. Saya pun sering mengalami hal seperti yang mas sebutkan tadi. Iya Insya Allah saya akan kunjungan balik juga ya. Salam dari Pontianak

      Delete
  6. yang penting, petinggi kita nggak ngantuk saat sidang :hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Kang Ucup : Wahahahah Iya nih Justru ini yang dikuatirkan terjadi. Dan memang sering terjadi juga sih,. Di Sidang bukannya membahas soal rakyat eh malah jatuh tertidur pulas. Apaaan itu

      Delete
  7. saya kalo pas pulang kerja sengaja mengalah..dan nunggu busway kosong meski datengnya agak lama...karena kalo pas lagi ngantuk enak bisa tidur di dalemnya...
    kang...
    malah pernah sanking cape dan pulesnya...sampe kebablasan jauh..hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Purnomo Jr : Hiehieh emudah mudahan ketika pulas tertidur tidak bablas barang barangnya atau tasnya. Sebab ada cerita konon setelah tertidur pulas barang barang bawaan pun ikut lenyap

      Delete
  8. mengantuk itu manusiawi, yang penting kalo ngantuk jangan cari landasan tidur yang aneh2....., sebaiknya cuci muka dulu baru cari tempat tidur...tapi kalo dikantor..usahakan jangan ngantuk sebelum jam istirahat....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Blogs Of Hariyanto : Iya benar sekila eh sekali. Kalau mengantuk di kantor sebaiknya jangan di depan meja kerja. Harus cari tempat lainnya misalnya di sudut ruangan atau dibagian lain yang tidak terlihat umum. Kan malu juga jika ada tamu berkunjung ke kantor lalu lihat "pemandangan" orang sedang tertidur

      Delete
  9. kalau ngantuknya sudah akut, koran pun bisa dijadikan selimut :)

    ReplyDelete
  10. Wuah, saya juga Om. saya tuh jarang telat masuk kelas, palingan yaa temen-temen yang sering masuk kelas...
    Nah, apesnya, hari Kamis lalu, ada praktikum Fisika Dasar jam 12.30
    Pada jam 11.30 saya nguantuk berat, gara-gara kelelahan ngerjain tugas dan nggak kuat banget, akhirnya saya pun tertidur untuk melepas penat dan rasa kantuk, minimal biar rasa capek hilang dan biar nggak jatuh sakit.
    Lah sialnya, saya baru bangun jam 12.20
    Temen-temen saya pasa sms dan telpon saya, bilang kalo ternyata si dosen sudah ada di dalam kelas (biasanya dosen datang jam 12.30 pas atau telat dikit)
    Lalu, saya sempatkan sholat, yaa nggak khusyuk sih, kemudian ganti baju, pake sepatu dan langsung tancap gas.
    Saya pun tiba di kampus jam 12.40 dan si dosen bilang, "tutup pintu dari luar"
    Ini mengartikan bahwa saya harus keluar ruangan, nggak boleh ikut praktikum dan tentunya tidak diperbolehkan mengumpulkan laporan...
    Ya Rabbi.... saya nelangsaaaaaa banget. Saya hampir stress, om. Daripada saya stress, yaa mendingan saya cuci baju setumpuk, muehehe..
    (ngampung curhat Om...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ocha Rhoshandha : Wah wah inilah salah satu komentar terpanjang yang pernah saya baca di kolom komentar di blog saya, spesial komen dari Ocha. Wow Terima Kash atas pengjargaan dan apresiasi dari Ocha. I really appreciate it. Iya ya curhatnya dibaca, dicerna dan di pelajari :))))

      Terima Kasih sekali lagi buat Ocha :)))

      Delete
    2. iyalah om, kalo curhat pendek itu ya bukan curhat namanya...
      padahal curhatanku ini masih tak singkat, kurang panjang menurutku

      Delete
  11. kalau datang lagi suruh pulang aja Kang biar nggak ganggu terus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaha ini nih datang tidak diantar. pulang tidak dijemput
      Wahahah terbalik yah hihihihihie

      Delete
  12. Hahaha...ketiganya sering ditemui dan dialami

    ReplyDelete
  13. Kalau saya sering mengantuk kalau lagi nunggu orang. Kan gak ada kerjaan, ya akhirnya tidur hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahaha iya kah> wah wah sama juga donk
      tosssssss

      Delete
  14. Saya kalo lupa minum kopi
    Ngantuk tak tertahan lagi

    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wah kok malah seger ya hiehiehiee
      kalau gitu minum kopi aja deh
      ghihihihiihihihh

      Delete
  15. Bagaimana kalau rasa kantuk itu datangnya pas di ruang kelas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hyahaaha kelar bubar aja hihihihi

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog