Jual Milagros disini
Loading...

Balada Nasi Kotak

Tag : Opini - Asep Haryono | Balada Nasi Kotak - Powered by Blogger
Catatan Asep Haryono

Kalau membaca judulnya ada kata "nasi kotak" dalam benak kita adalah nasi dalam kemasan kotak lengkap dengan "teman temannya" misalnya menu ayam goreng, ayam bakar, atau ap saja dalam kemasan dalam kotak.  Berlogo rumah makan tertentu, atau dalam kotak polos saja, namanya juga nasi kotak. Biasanya sih nasi kotak ini untuk tujuan kepraktisan saja dalam acara atau sebuah even yang lebih praktis jika menggunakan nasi kotak.  Misalnya saja even Ulang Tahun , acara olah raga, hingga kepada rapat rapat perusahaan. Apa saja even bisa dengan sajian Nasi kotak.

Tunggu apa beda dengan Kotak Nasi ya?  Auk ah gelap. Pengalaman sih,  Mendapat sajian Nasi Kotak dalam sebuah rapat misalnya, apa yang ada dalam benak Sahabat Blogger semuanya?  Apakah akan berharap isi Nasi Kotaknya ada ayam gorengnya? Ada ampela nya? Hmmm.  Pastinya ya. Saya pun demikian.  Mendapat jatah 1 (satu) Nasi Kotak di waktu rapat pas pada jam makan siang misalnya tentu punya harapan isi Nasi Kotaknya yang layak.  Sebab "layak" di sini sebenarnya relatif, dan ukuran nikmat juga relatif berbeda bagi setiap orang. Nikmat bagi kita belum tentu akan dirasakan yang sama oleh orang lain.

Bagi yang Vegetarian (pantangan makan daging-red) tentu tidak akan merasa senang isi Nasi Kotaknya daging dagingan.  Begitu juga yang tidak suka akan sea food dan sedang dalam diet tertentu juga bisa lain cerita.  Begitu juga yang alergi terhadap Udang, bisa menimbulkan masalah jika isi nasi kotaknya ada Udang Goreng.   Menyajikan makanan dalam Nasi Kotak tentu bukan hal yang mudah dalam arti karta memenuhi standar gizi dan cita rasa yang bisa diterima oleh setiap orang.    Bagi panitia sebuah even, menyajikan Nasi Kotak kepada para tamu undangannya tentu sudah berhitung semua itu.


Tumpukan nasi kotak
NASI KOTAK :  Ini adalah tumpukan nasi kotak yang siap dibagikan. Jangan terkecoh oleh penampilan luar sang kotak, tapi yang utama adalah isinya.  Foto Asep Haryono
Contoh isi nasi kotak
CONTOH : Ini adalah salah satu contoh isi sebuah Nasi Kotak. Biasanya sudah ada Pisang 1 buah dan 1 buah Air Mineral Gelas.  Gambar diambil dari aqiqahcatering.com

Untuk konten suatu nasi kota juga relatif sebenarnya. Setiap penyelenggara sebuah kegiatan tentu sudah memperhitungkan isi Nasi Kotak yang akan diberikan kepada para tamu undangan sesuai dengan budget yang ada.  Pada umumnya adalah Nasi Putih nya itu sendiri, lalu ada sepotong daging ayam (bakar atau goreng), sambel Hijau, Sayuran atau tumisan, dan beberapa menu lainnya ditambah satu buah Pisang ukuran kecil dan satu buah Air Kemasan dalam gelas.  Jadi yang bikin berat sang Nasi Kotak karena ada konten 1 gelas Air Mineralnya.  Jadi kalau Sahabat Blogger menerima Nasi Kotak rasanya berat, bisa jadi di dalamnya terdapat1 buah Air Mineral dalam kemasan. Hiehiehiee



Yang unik adalah kemasan Nasi Kotaknya. Kadang kita terpukau oleh pembungkus luar, maksudnya kemasan Nasi Kotaknya berlogo rumah makan tertentu misalnya, bentuknya yang bagus, indah dan berukuran besar. Setelah dibuka ternyata isinya "biasa biasa" saja.  Begitupula saat menerima Nasi Kotak dengan pembungkus yang putih polos namun setelah dibuka isinya sangat mewah.  Nah nah ini pengalaman yang menarik juga dari dunia pernasi kotakkan atau perkotak nasian.  Oh Nasi Kotak Nasi Kotak.  (Asep Haryono)..

49 comments:

  1. Paling bete kalau lauknya pedeeesss. Ga tahan hiksss...
    Kenapa sih semua orang di Indonesia pada suka pedes???

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Untje van Wiebs : Iya entah dari mana asalnya ya. Orang Indoneisia pada umumnya memang fans berat atau penggemar rasa pedas atau beraroma pedas atau cabe. Udah dari kebiasaan kali ya mba Una

      Delete
    2. tenang aja, mbak. sampeyan ada temannya kok.. yaitu aku. aku juga nggak suka pedes.

      Delete
    3. @Budy Shinichi : Wahahah banyak yang tidak suka pedas

      Delete
    4. waduh klo aku klo g pedes gak seru hehe

      Delete
    5. @hana sugiharti : hahahah Kalau sudah urusan SELERA , memang tidak dapat diperdebatkan

      Delete
  2. Akhir akhir ini Nasi kotak dan Nasi bungkus identik dengan gubernur DKI dan Kampanye :)
    Bahkan ada pasukan nasi bungkusnya segala loch :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Heri Assidiqi : Kalau nda salah itu juga program kerjanya Mba Tutut ya. Putri ALmarhum mantan Presiden Soeharto dulu,. Dia dulu ada program bagi bagi Nasi Bungkus kalau nda salah sih

      Delete
  3. kalau buka nasi kotak seperti surpraise gitu yah mas kalau pas dapet yang istimewa pasti asyik makannya hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anthonie E. Pratama : Memang selallu begitu. Berharap isi Nasi Kotaknya istimewa dan nyaman banged,. Kadang suka kecewa juga kalau isinya biasa biasa aja.

      Delete
  4. Nah tuh dia...
    Belakangan nasi kotak ini sering diidentikkan dengan demonstrasi massa yang menolak kebijakan tertentu.
    Kirain isi postingnya tentang itu. Hiehieheihehie

    ReplyDelete
    Replies
    1. @A. Y. Indrayana : Iya heiheihei. Udah mau Coblos 9 April ya Hiheiheiheihe. Makasih sudah mampir ya Mas Indrayana

      Delete
  5. Pastinya kalau lihat nasi kotak selalu di pikiran itu 'setingkat lebih mewah' dari pada nasi bungkus. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @armae : Ahaaaaaaaa ini juga menjadi inspirasi nih,. Buat artikel baru tentang Balada Nasi Bungkus. Hiheiheiheiehie. Nasi Bungkus itu termasuk keren. Piring canggih : sekali pakai langsung di buang

      Delete
  6. terus, pamer doang Kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Pastinya

      Delete
    2. bikin yg baca jadi ngiler gitu maksudnya?

      Delete
    3. @Budy Shinichi : Mudah mudahan. HIhihihihihihihihih

      Delete
    4. sejatinya memang demikian adanya. lalu kapan kita diajak makan beneran?

      Delete
    5. Bisa diatur hiehiehiehihee

      Delete
  7. Kalo liat nasi kotak nya , perut ini menjadi lapar mas wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha Nyesel kalau gini nih Bkin lapar para pengunjung hiihihihih

      Delete
  8. kalo saya, nasi kotak yg penting uenaakk... Pernah makan nasi kotak lauknya ayam goreng, tapi kok rasanya asrep ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Santi Dewi : Wah jangan jangan ayam gorengnya itu sudah.........

      Delete
    2. wah itu berarti ayam tiren mbak Santi haha

      Delete
    3. @Dede Thea : Wakakakakakakakak./ Ayam Tiren? BWakakakakakakakakakakkaakkaa

      Delete
  9. Dikota nasi kotak
    Menunya bisa jadi enak

    Dikampung ku nasi besek
    Lauknya ya tetek bengek

    Hihi

    Nikmat dan lezat

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anisayu Nastutik : Iya nasi besek hiehiehie Baru ingat sayah mba e

      Delete
  10. Rata-rata nasi box itu lauknya speti itu ya Kang, alias nasi rames. Apalagi kalau ada sambel, karena makan kalau tidak pakai sambal rasanya kurang maknyus.... :D


    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Indra Kusuma Sejati : Ahaaaaaaaaaa Tosssssssss

      Delete
  11. kirain semua nasi kotak itu jatahnya kang Asep seorangan hehe...
    sayang nggak ada krupuk dan sambelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Thanjawa Arif : Wahahahaha sebanyak itu dapatnya saya? Wahahahah bisa dibagi bagi sama orang se RT

      Delete
  12. Pas banget baca tulisan begini pas makan siang.
    Jadi tambah laper.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Robertus Benny Murdhani : Hiehiehiee sama

      Delete
  13. kalau bicara tentang nasi kotak,yang paling tidak mengenakan adalah kalau kebagian yang sudah agak basi geetoo,karena pengebokanya terlalu pagi,sehingga begitu jam makan tiba isinya sudah basi hadeuhhhhh cape deh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dede Thea : Wah tulisan Kang Dede Thea tentang kembang KOl cukup menarik dan unik. Saya masiih bingung bedainnya antara kembal KOL dengan Kembang Tahu sama kol yang biasa ada dalam konten SIomay

      Delete
  14. Saya lebih suka isinya, klo kotaknya nggak suka apapun bentuknya, :)
    Paling nyebelin klo kotaknya istimewa isinya biasa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wongcrewchild : Hahahah sama sama. Tossssssssss

      Delete
  15. oh kotak nasi nasi kotak yang pasti yang menerima sih kebanyakan ga kan suka kalau isinya ikan ikanan maupun daging dagingan. Kebanyakan lebih suka daging maupun ikan beneran lebih gak suka lagi kalau sampai ga kebagian, sa-bisa kelaparan

    ReplyDelete
  16. kirimin saya lewat JNE kang, laper nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahah bole boleeeeeeeeeee hihihihih

      Delete
  17. Aduh lagi bahas nasi kotak, jadi lapar nih hehe :D

    ReplyDelete
  18. Kalau masih ada sisa saya minta dong Kang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIhiehie iya beres dah itu whiehiheiheiheiee

      Delete
  19. jadi lapar liat tumpukan nasi kotak, hehehe...

    betul sekali, saya sangat jarang sekali makan daging (karena memang tidak menyukai olahan daging, kecuali rendang... jadi belum berani juga mengaku sebagai vegetarian karena masih suka tergoda dgn rendang, hehe) suka sedih kalau dapat bagian nasi kotak terus "teman-temannya" itu daging... dan sayurannya cuma dikit.... apalagi kalau gak ada kerupuknya... ahh komplit deh sedihnya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @De Widani : Wahahahahah iya iya Vegetarian tidak resmi lah. Hieheie Masih suka juga dengan keluarga daging : rendang. Saya juga fans rendang. Rendang Padang enak bangeds. Wah mba De Widiani suka kerupuk juga ya

      Delete
  20. nitip lapak juragan
    maaf sebelumnya..
    http://www.detexsi.com/2015/05/nasi-punel-khas-bangil-kuliner-mantap.html

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog