Jual Milagros disini
Loading...

Tiada Hari Tanpa Sambal

Catatan Asep Haryono

Ada yang suka sensasi rasa pedas dalam setiap makanan yang Sahabat Blogger makan setiap hari?.   Misalnya semangkuk Bakso yang sahabat blogger pesan apakah juga dicampur dengan sambal?   Ada banyak macam dan jenis sambal yang tersedia di rumah Sahabat Blogger.  Adakah yang sering membuat sambal sendiri? Ada berapa macam jenis sambal yang sudah sahabat blogger kenal selama ini?    

Kebetulan dalam tradisi orang Indonesia pada umumnya makan nasi adalah sajian utama. Tidak lengkap rasanya dan belum disebut benar benar makan kalau belum menyantap nasi sebagai hidangan utama.   Sekarang bagi saya harus dilengkapi lagi "persyaratan" nya dengan menambah sensasi rasa pedas sambal.  Ada yang suka pedas di sini? Bagi yang tidak suka sensasi pedas juga tidak apa kok.  Soalnya ini kan menyangkut selera makan setiap orang yang berbeda beda.   Selera memang tidak dapat diperdebatkan.

Kadang kalau dalam sehari saja tidak ada sambal dalam setiap menu makan (siang, pagi dan malam) tidak terdapat sambal, maka ada banyak cara untuk "mendatangkan" rasa pedas dalam menu makanan yang saya santap.  Maunya sih sambal terasi atau sering disebut orang dengan "sambal rumahan".   Ulekan tomat, cabe merah, terasi, garam, dan lain lain memang salah satu fave sambal yang sangat saya sukai.  Jenis Sambal Rumahan kini banyak dicontoh oleh perusahaan makanan. Bentuknya sambal dalam botol seperti saos sambal bentuknya lembut seperti pasta terinspirasi oleh sambal rumahan.  Praktis dibawa kemana mana. Saya sering membeli sambal terasi botolan seperti ini jika traveling.   

Tanpa sambal hmm
HAMBAR :  Menu makan siang saya kemarin sederhana saja. Namun yang wajib dalam setiap kali saya makan adalah sambal atau sambel.  Rasanya tidak lengkap makan tanpa ada sensasi rasa pedas.  Foto Asep Haryono

Jika tidak menemukan sambel ulekan atau sambel terasi tersebut, maka (terpaksa) menggunakan sambel saos.  Saos sambal gitulah kira kira.   Saos sambal merek tertentu memang menyediakan varian extra pedas.  Saya sudah coba beberapa merek saos sambal dengan varian extra pedas. Memang benar benar pedas sehingga tidak terasa lagi spicy sambalnya.  Kan ada tuh saos Sambal yang pedas (tidak extra pedas) namun masih menyediakan sensasi gurih sang saos sambal.  Wow.

Nah jika semua di atas juga tidak tersedia, maka saya punya rencana cadangan yakni dengan menggunakan cabai mentah.  Orang Melayu Pontianak biasa menyebutnya dengan "cabe bulat" maksudnya adalah cabai petik pohon.  Nah cabai segar yang biasa dipetik dari pohon itulah sebagai upaya terakhir untuk mendatangkan sensasi pedas pada menu makanan organik (makan berat-red) saya.    

Bagaimana dengan sambal goreng? Suka juga sih. Namun jenis sambal ini kurang nendang rasanya ya. Lebih terasa "pedas ngepop" gitu. Sebutan dari saya yang menggambarkan pedas pedas "kosmetik" alias pedas tapi malah bikin ketagihan penikmatnya.   Apakah sahabat blogger juga suka sensasi pedas?  Beberapa jenis sambel "kosmetik" menurut lidah saya adalah sambalnya Pecel Lele.  Pedas sih tapi pedasnya nikmat malah bikin ketagihan.  (Asep Haryono).

36 comments:

  1. memang betul pak, makan tanpa sambal terasa hambar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat mantep top Markotop. Kalau makan tanpa sambel ibarat
      Kata sayur gak pakai garam dan bumbu, kalau saya tapi kaya
      Pak Asep juga sama, berarti kita sama yah Pak. kenapa coba hhh :)

      Delete
  2. serasa kurang lengkap kalo gak ada sambel terasi :)

    ReplyDelete
  3. kalo versi saya mah, tiada nasgor tanpa sambel.. jadi sembelnya cuma pas lagi makan nasgor aja, dan itu pun gak tiap hari karena di rumah ada yang benci sama bau sambal.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. Hiehiehie. Sama sama saya juga suka sama Nasui Goreng dengan sambalnya hihihi

      Delete
  4. meski sederhana, kalo sudah ada sambalnya, tetap maknyus..
    sambel terasi paling favorit :)

    ReplyDelete
  5. nikmat betul nasinya mas,,,,,

    emang hambar tiada sambal,,,,

    ReplyDelete
  6. makan tanpa sambal beda tipis dengan jalan ke mall ngga ditemenin pacar...hambar gituh deh...;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mang Lembu : Hiehiehie senangnya yang tipis tipis po mang Lembu?

      Delete
    2. senangnya bisa balik lagi kesini...butuh setengah jam untuk bisa duduk disini...
      #pasti nyalahin modemlagi bae dah...hmmmm

      Delete
  7. Teman-teman saya dari Afrika sering berujar, "Orang Indonesia itu gila. Masak cabe dimakan!" Maksudnya cabe ya sambal itu. Mereka paling anti terhadap makanan pedas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muhammad Lutfi Hakim : Hiiehiehei mungkin yang dumaksud di sini "chill alias cabe ya hiheiheihee

      Delete
  8. Makan tanpa sambal memang kurang nikmat ya kang Asep, kalau saya senengnya sambel bawang, cuma pake cabe, bawang, dan garam ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mohammad Isnaeni : Wah wah sambel bawang rasanya kok menggiurkan sekali ya kendengarannya. Wah wah baru tau saya apa ya. Mau coba ah

      Delete
  9. Saya suka sambal tapi jangan kebanyakan, soalnya paling gak tahan kalau udah sakit perut -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Titis Ayuningsih : Hiheiheie iya iya harus hati hati dan jaga asupan :))

      Delete
  10. Tau aja deh kang Asep
    Kalo sekarang lagi makan siang..
    Nih juga lagi nyocol sambel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Purnomo Jr : Hiheiheiiee pas bangeds ya

      Delete
  11. sebenarnya sambal ini pelengkap atau makanan utama sih kang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya : Hiahiahiaa. Tergantung selera juga ya.

      Delete
  12. Mantap kalau makan pakai sambal
    bisa membuat keringat bercucuran
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Onqi : Iya. Ada teman saya yang malah kalau nda ada sambel malah tidak mau makan sama sekali ihihhihi

      Delete
  13. sambel cikur kang... wenaaak...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ayudiah respatih : Oh ya wah kok saya baru dengar ya HIhiehiehiee. COba donk buat tulisannya hiheihiehihee

      Delete
  14. di sini sih biasa ayam penyet, ikan salem, ikan bawal, atau telur dadar juga pasti pake sambal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Andreansyah Dwiwibowo : WOw iya bener bener. Rasanya itu malah satu paket dengan olahan makanannya ya. Super sekali

      Delete
  15. Malam Pak Asep. wah selera yang sangat nikmat sekali yah Pak saya
    Jadi lapar lihat gambar post ini, saya suka sekali dengan makanan pedes
    Tapi yang sedenga aja, soalnya jika terlalu hot, perutnya gak bisa di ajak kompromi

    ReplyDelete
  16. Kalau sambalnya mantap, makan nasi pakai ikan asin terasa nikmat betul apalagi dimakan anget-anget..

    ReplyDelete
  17. enak tuh mang asep... minumnya teh anget.. dijamin kenyang banget :D

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog