Jual Milagros disini
Loading...

Program Berita Di Televisi

Catatan Asep Haryono

Ada suka membaca berita melalui situs berita di internet?   Nyaris setiap hari tentunya ada banyak situs situs atau portal berita Online yang bisa dibaca dengan mudah dan tentu saja Free Of Charge (gratis) untuk mendapatkannya.   Beberapa situs berita tertentu memang mengenakan biaya tertentu untuk dapat mengakses beritanya namun sebagian besar berita Online di Internet itu tidak ada biayanya sebagai contoh adalah Portal Berita Detik COM dan MetroTV News.   Kedua portal berita terkenal ini juga banyak penggemarnya  termasuk saya yang tidak lengkap rasanya jika belum mengakses kedua portal berita tersebut.

Dengan semakin canggihnya Teknologi Informasi, penyampaian berita di masa depan cenderung paperless dalam arti kata tidak menggunakan bahan paper (kertas) melainkan sudah merambah ke dalam dunia digital berbasis situs website.  Sejauh ini yang dirasakan belum banyak research yang membuktikan adanya korelasi pendapatan atau pemasukan keuntungan jauh lebih besar dengan mengakses berita online daripada membeli sebuah koran?   Apakah orang lebih senang mengakses portal Berita Online daripada membeli sebuah koran?  Kami sendiri belum mendapatkan gambaran detail dalam bentuk statistik tentang korelasi ini dan belum diadakan penelitian sejauh itu.  


siaran program Metro TV
METRO TV :  Layar TV yang cukup lebar membuat mata puas untuk memandnagnya.  Salah satu program TV yang disukai sedang tayang dalam acara di siang hari.  Foto Asep Haryono

Kini orang mengakses Portal Berita Online sudah sedemikian mudahnya bak jamur di musim hujan.  Anak anak muda sekarang sudah canggih canggih "mainannya" mulai dari perangkat BB , Ipad , dan bahkan dengan HP yang jadul namun sudah memiliki fitur dasar internet sudah bisa mengakses berita Online.  Tidak perlu repot membuka buka laptop atau mengakses online melalui perangkat personal computer.  Semuanya sudah dimanjakann dengan teknologi.      Bagaimana dengan Portal Berita atau sajian informasi beragam berita melalui media pandang dengar (Audio Visual) seperti televisi?


Menyajikann berita melalui media Televisi juga tidak bisa sembarangan.  Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan dan harus melalui proses editing yang ketat agar informasii yang disampaikan oleh news anchor bisa dengan nyaman dicerna dan diterima oleh Masyarakat.  

Beda dengan Surat Kabar dan versi digital atau online, para penonton Televisi mempunyai latar belakang dan cultural different intepretation (perbedaann penafsiran budaya).  Pembaca beritanya pun harus tampil menarik.  Coba saja lihat.  Rata rata news anchor itu mempunyai paras cantik cantik dan ganteng ganteng    Tentu saja.  Dengan camera face, berita yang disampaikan oleh news anchor menjadi menarik bagi para penontonnya.  

Sebagian media sudah menjadi hal yang biasa membuat 3 (tiga)) versi penyajian beritanya kepada masyarakat.  Pertama, tentu saja membuat atau menyajikan koran  Kedua adalah menyediakan versi digitalnya yakni portal berita di Internet melalui sebuah situs website.  Dah trilogi penyampaian berita yang ketiganya adalah dengan menyajikan breaking news atau straight news melalui siaran Televisi , media pandang dengar?.  

 Dalam media pandang dengan seperti berita di TV inilah bisa dikreasikan sedemikian rupa antara penyajian berita dengan informasi dan hiburan.  Penyajian berita bersifat siarang langsung, hingga jurnalisme warga (citizen journalism) kini semakin nyaman dan mempunyai wadahnya melalui akses pandang dengar ini. (Asep Haryono)

13 comments:

  1. maaf bapa - ibu saya pertamax ya hehehehe

    iya kang berita di internet serba geratis sekarang ya, tapi tentunya harus siapkan dulu camilan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yono Karyono : Hiehiehe iya selamat selamat PERTAMAX sudah diamankan dengan gegap gempita hiehiheiheiheee

      Delete
  2. yang namanya berita itu tiada habisnya ya pak, ada saja.
    dan bisa diperoleh dengan gratis tentunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Onqi : Iya benar sekali. Berita sekarang semakin mudah saja diperoleh dimana saja kapan saja hiheiheiheiee

      Delete
  3. masih masing punya kelebihan dan kekurangan ya kang...saya lebih suka nonton berita di tipi sih, tinggal mlototin ga cape baca hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muroi El-Barezy : Hiehehie iya plus and minus dari semuanya hiheiheie.

      Delete
  4. Berita online membuat hal positif, karena mengurangi dampak penggunaan kertas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Didi Wirawan : Betul Paper less hiehiheiheee

      Delete
  5. lama-lama suratkabar jadi gk laku ya Kang :D

    ReplyDelete
  6. semoga saja ke depannya program televisi indonesia menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  7. yg bikin betah liat brita tv, ya karena news anchornya, cuantik2 :)
    coba klo ancur2...pasti nggak betah

    ReplyDelete
  8. Selamat malam sobat.
    Artikelnya sangat bermanfaat sob tentang program berita di televisi ini. Terus terang saya nggak begitu paham sob. Izin belajar dan menyimak dengan seksama informasi yang dijelaskan dalam artikel diatas. Terimakasih sobatku

    ReplyDelete
  9. Coba aku yang jadi news anchornya... kasian rating acara beritanya hahaha.

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog