Jual Milagros disini
Loading...

Manfaat Kartu Nama

Catatan Asep Haryono

Dalam kegiatan Local Leadership Day (LLD) II tanggal 7-9 Maret 2014 di Salatiga kemarin  memang sudah selesai beberapa hari yang lalu.  Ada banyak manfaat yang bisa dibawa pulang oleh para peserta yang semuanya adalah relawan dari Komunitas Akademi Berbagi (Akber) dari seluruh Indonesia.   Ada banyak catatan yang ingin saya bagikan kepada sahabat blogger di mana saja berada yang bisa memantau channel blog tercintah saya ini. Hiehiheiee.  Salah satu catatan yang ingin saya bagikan di sini adalah Manfaat Kartu Nama sesuai dengan judul tulisan saya pada hari ini.    Kartu Nama atau Name Card.    Apa ada sudah kalian miliki saat ini? Atau ada yang belum punya?

Saya Sudah biasa menyediakan beberapa kartu nama jika menghadiri suatu meeting (pertemuan) resmi dengan rekan kerja dari perusahaan lain.  Atau momen apa saja yang dihadiri oleh banyak orang baik itu pertemuan formal semacam rapat, seminar, workshop, pelatihan seperti
Local Leadership Day (LLD) II tanggal 7-9 Maret 2014 di Salatiga a,  juga informal alias tidak resmi seperti hang out di cafe, acara Ultah dan sejenisnya.    Saya sudah lama punya kebiasaan dan membiasakan diri membawa kartu nama dalam momen momen yang saya sebutkan tadi.  Apa manfaatnya?  Ada beberapa manfaat yang saya rasakan selama ini:

Pertama :
Efektif dan Efisien.   Dengan membawa kartu nama (Name Card)  sungguh luar biasa kemudahannya jika ada momen loby atau bertukar alamat dengan rekan kerja atau kolega. Saya tidak perlu lagi secara manual mencatat nama, alamat , Nomor Handphone, Alamat WA, PIN BB atau apa saja dari seseorang di atas kertas.  Sungguh time wasting kalau bagi saya harus mencatat dengan pulpen atau menulis dalam secarik kertas data data informasi seseorang seperti yang sudah saya sebut di atas.   Dengan memberikan kartu nama kepada mereka sudah sangat luar biasa.  Praktis.  Effektif dan effisien?  Whya?


Karena dalam kartu nama sudah tercantum semua identitas yang ingin orang lain ketahui dari diri kita.  Konten atau isi sebuah kartu nama terserah masing masing.  Namun pada umumnya sudah mencakup Nama, Alamat Rumah, Telp, HP, BB, Alamat email. Kadang juga orang menambahkan alamat kantor secara lengkap dalam sebuah kartu nama.  Apa saja silahkan sahabat blogger kehendaki silahkan saja cantumkan informasi yang disukai dalam kartu nama sahabat. 

Ajang silaturahmi
LOBI : Di acara LLD 2014 7-9 Maret 2014 kemarin juga ada acara rehat atau coffee break. Momen seperti inilah kerap digunakan untuk bersilaturahmi, berkenalan dan bertukar kartu nama.   Foto ISTIMEWA

Wall di dinding
BILLBOARD: Di acara LLD 2014 7-9 Maret 2014 kemarin juga ada menulis kesan dan pesan dalam sebuahh papan.  Saya juga nulis dan melampirkan kartu nama. Lihat lingkaran warna merah.   Foto Asep Haryono
ahaaaaa
 Ahaaau  ada kartu nama saya ada di sini.   Foto ISTIMEWA

Kedua :
  Expensive Boy.   Ini adalah sebutan dari sahabat saya dari Negeri Kincir Angin, Negeri Tulip,  siapa lagi kalau bukan dari Belanda.  Namanya kalau nda salah sih Dekker .  Sekitar tahun 1995 jaman saya kuliah dulu saya jadi Tourist Guide liar sekedar cari tambahan uang kos dan lain lain heihiehie.  Saya sudah cari foto nya kemana mana namun belum ketemu.  Seingat saya sih memang pernah saya jepret foto mas Dekker ini  Namun kalau digambarkan profile orangnya seperti Michael Bolton, penyanyi yang kondang dengan lagu "Said I love You But I lied" itu   Maaf kalau saya salah ketik judul lagunya ya.  Nah kira kira seperti itu orang.    Tinggi, putih, dikuncir rambutnua.


Dia punya kartu nama saya yang sempat saya berikan kepadanya di suatu kesempatan.  Dowes Dekker bilang kepada saya "Expensive Boy" dengan mimik senyum.  Oala apa maksudnya ya dia menyebut saya dengan "Expensive Boy".  Anak Mahal? Wahahhaa.  I dont know . You tell me.    Namun kesan yang bisa ditimbulkan jika sahabat blogger punya kebiasaan menyiapkan Kartu Nama itu tanda bahwa Sahabat adalah orang yang siap melebarkan Network kepada siapa saja.  Dengan Kartu Nama itulah bisa menjadi pembuka jalan bagi terciptanya jalinan silaturahmi dan net working yang lebih luas.   Jadi tidak ada ruginya bagi sahabat blogger semuanya untuk menyiapkan diri untuk tetap stay connected dan memperluas net working dengan kartu nama.  Semoga bermanfaat. (Asep Haryono)

10 comments:

  1. Pertamax gak ya saya

    ReplyDelete
  2. dengan adanya kartu nama bisa lebih mudah untuk menemukan pemilik kartu nama tersebut ya pak
    karena disitu ada keterangannya, nama, no telp

    ReplyDelete
  3. dengan adanya kartu nama bisa lebih mudah untuk menemukan pemilik kartu nama tersebut ya pak
    karena disitu ada keterangannya, nama, no telp

    ReplyDelete
  4. Kalau saya ikut komunitas Akber bisa enggak ya? Oh ya, kartu namanya boleh tuh, diselipkan di hadiah giveaway, hehe

    ReplyDelete
  5. selamat Pagi Mas, kalau menurut saya Pribadi Kartu Nama sangat banyak manfaatnya, Hal itu sudah saya rasakan. Saat ini saya sudah membuat Kartu nama dengan memasukkan alamat dari ke 7 website yang saya kelola sehingga bisa memudahkan Promosi secara Offline...

    ReplyDelete
  6. Mungkin lebih pas disebut kartu identitas ya mas Asep? Soalnya memuat tidak hanya nama namun semua yang menyangkut data pribadi seperti alamat, no hp,telp rumah,bahkan situs kita sendiri. Kalau begitu saya juga pengin membuatnya deh mas. Terima kasih sharenya.

    ReplyDelete
  7. Kalau saya sering desain kartu nama doang, karena tugas dari sekolah juga sih, tapi gak pernah benar-benar dibagikan ke orang lain. Soalnya bukan orang penting sih, jadinya ya begitu hehe :D

    ReplyDelete
  8. Kalau hbs nrima kartu nama, saya nyimpen di dompet atau casing HP. Nah lama-lama jd banyak, trs saya pindahin .....eh kdg lupa nyimpennya dimana. Sdh pernah beli semacam album khusus buat nyimpan name card, tapi sampai sekarang belum terisikan dgn kartu nama.

    Solusinya, biasanya yg saya lakukan ya nge-save nomer kontaknya di HaPe deh

    ReplyDelete
  9. manfaat kartu nama adl untuk mngingatkan kita, kali aja kita lupa nama sendiri...

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog