Jual Milagros disini
Loading...

Ketika Air PDAM Tidak Mengalir

Catatan Asep Haryono

Sudah lebih dari sebulan kayaknya kota Pontianak (Ibukota propinsi Kalimantan Barat) ini dilanda kemarau, musim kabut asap plus bonus tidak turun hujan.  Di beberapa bagian kota dan sebagian wilayah tertentu di Pontianak air PDAM tidak mengair sama sekali.  Hal ini sudah dirasakan beban dan penderitaan bagi warga kota Pontianak pada khususnya dan di daerah lain di Kalimantan Barat yang juga dilanda kekeraingan yang sama pada khurusnya   Kemana lagi Air bersih harus di cari akhir akhir ini.

Sungguh ironi juga ya di saat di DKI Jakarta sedang musim banjir dimana mana air melulu (yah namanya juga banjir-red), justru di saat yang nyaris bersamaan di Pontianak dilanda kekeringan.  Saya bahkan ada ide gila : Bagaimana kalau air banjir yang melanda sebagian kota Jakarta itu dijernihkan airnya, dibuat yang bersih kalau perlu layak minum, lalu dikirim pake kapal tanker raksasa dan didistribusikan ke daerah daerah lain di Indonesia yang dilanda kekeringan.  Sekilas ini memang ide gila tapi jaman sekarang ini apa yang tidak mungkin diwujudkan?


Komplek Duta Bandara di kawasan Bandar Udara Internasional Supadio, tempat "habitat" kami semua, juga tidak lutut eh luput dilanda kemarau panjang, dan air PDAM tidak mengalir sama sekali.  Alhasil sebagian warga komplek harus (terpaksa) menggunakan sumber air lain seperti aek kolam (air kolam-red), dan aek hujan (air hujan).  Orang Pontianak biasa menyebut air dengan sebutan "aek".  Bagi warga komplek yang mau prakmatis bisa langsung memesan Air melalui jasa penyediaan air kota Pontianak. Satu tanki air bersih entah berapa kubik isi airnya dibandrol dengan harga sekitar Rp.150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

Saya sempat mendokumentasikan salah seorang warga komple dibantu dengan warga lainnya sedang "ngakalin" pipa leding PDAM agar bisa mengalir. Mereka menggunakan mesin Pompa air dan "disedot" pada titik titik tertentu di sekitar rumahnya.   Foto foto di bawah ini mungkin bisa mengggambarkan lebih jelas betapa gigihnya warga komplek yang kini menjadi "pejuang air".   Foto foto diambil kemarin sore (13 Pebruari 2014) sekitar jam 17.00 WIB :


Gentong Air menampung air dari kolam. Foto Asep Haryono
AIR KOLAM :  Seorang warga sampa harus menyedot Air Kolam di pekarangan rumahnya lalu dimasukkan ke dalam gentong air untuk selanjutnya dijernihkan dan layak dipakai.   Foto Asep Haryono
Dua warga saling bantu
SUMBER:  Dua orang warga Komplek sedang "ngakalin" pipa PDAM dengan menyedot langsung dititik yang diduga pusat atau induk saluran air PDAM agar lebih deras mengalirnya.   Foto Asep Haryono
Membetulkan pipa ledeng PDAM
PANCING :  Dua orang warga komplek ini sedang memeriksa saluran induk PDAM yang kemudian akan disusupi selang penyedot air dengan menggunakan pompa.   Foto Asep Haryono


Dari sinilah akhirnya diketahui betapa pentingnya AIR bagi kehidupan.  Air bersih sangat penting untuk kehidupan sehari hari.  Air bersih untuk mandi anak anak, orang dewasa dan kita semua.  Air bersih yang sehat dan layak minum.  Air untuk mencuci pakaian dan baju baju keluarga.   Bagaimana rasanya jika seragam sekolah anak anak kita dicuci dengan air yang tidak bersih, atau berwarna, bukannya baju putihya akan menjadi kusam karena dicuci dengan air yang tidak bersih

Belum lagi ancaman berbagai macam penyakit yang ditimbulkan oleh konsumsi air yang tidak bersih: diare, disentri dan masih banyak lagi gangguan kesehatan lainnya karena mengkonsumsi atau meminum air yang tidak bersih.   Keluarga kami pernah mandi dengan Air Galon Mineral yang dibeli karena terpaksa sama sekali tidak ada air waktu itu.  Bisa dibayangkan betapa "mewah" nya mandi saja harus menggunakan air Galon Mineral.  Nah jika sahabat blogger tersedia air bersih , air PDAM yang lancar dirumah, berhematlah. Hargailah AIR yang sangat penting bagi kehidupan sehari hari.  Jangan buang air dengan percuma. Liatlah mereka yang kini sedang kekurangan air bersih. (Asep Haryono)

31 comments:

  1. pertamax nixh kayaknya
    memang air sangatlah dibutuhkan sehingga saat air dari PDAM tidak mengalir segala cara dilakukan, seperti pada gambar diatas
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Onqi : Hiehiehieie iya kalau nda salah ini PERTAMAX yang PERTAMAX ya buat mas Onqi. Hiehiheiee. Oh ya ledeng PDAM nya lancar kah di tempat mas? Wahh keren itu

      Delete
    2. Kalau ditempat saya tidak ada PDAM kang
      orang sini disetiap rumahnya langsung pakai pompa air, jadi langsung ngambil dari dalam tanah
      karena sumber airnya banyak.
      :D

      Delete
    3. Di tempat saya tinggal juga sama di tempatnya Mas Onqi Pak Asep
      Masing-masing kepala atau rumah punya sumber mata air sendiri
      Kalau di tempat Pak Asep gak yah, kenapa coba...?

      Delete
    4. @Mas Onqi : O ya kah Wah enak Air dalam tanah itu maksudnya sumur kali ya. Atau memang air tanahnya bagus dan jernih? Wah bersyukur sekali tuh. Subhanallah

      @Saud Karrysta : Wah wah di Kalimantan Barat memang full air maksudnya ada sungai Kapuas. Tapi kan musti dicari jalan keluarnya mengingat resapan air tanah di sini kurang layak dipakai. Berwarna airnya. Kadang keruh, Jadi agak jarang warga Pontianak punya sumur sendiri seperti di jawa

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh sampai segitunya ya mas kemarau panjang nya, hingga PAM aja ikut mati juga, repot juga memang kalau sempat tidak ada air, semoga semua permasalahan air nya cepat segera diatasi ya mas oleh pihak PDAM

      Delete
    2. @Arie Gond3s : Iya nih sedang musim kemarau. Bahkan air PDAM pun sudah berhenti mengalir sejak semingguan lebih. Kalau pun mengalir kecil sekali aliran airnya. Enak sih kalau ada dana lebih bisa langsung memesan air 1 tanki bisa penuh semua bak bak dan gentong air

      Delete
  3. hehehe, kalau di surabaya sudah menjadi kewajiban itu kang,hehehehe
    jadi disedot dengan pumpa air

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya : Iya bener sekali. Rata rata warga Komplek semuanya menggunakan mesin Pompa Air buat nyedot air PDAM

      Delete
  4. kemudahan untuk mendapat air membuat kita kurang menghargainya, dan ketika air tidak mengalir, barulah kita sadar betapa berharganya peran air bersih dalam keseharian kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama coment yg satu ini..

      Delete
    2. @Elsawati Dewi : Benar sekali ,mba Harus menghargai air walaupun disekitar kita sedang melimpah air. Masih banyak daerah di Indonesia yang kekurangan air bersih seperti di Pontianak sekarang ini. Turut prihatin

      Delete
  5. Di tempat saya malah berlimpah air Pak Asep, saking berlimpahnya tuh air
    Jadi deh Banjir, lha ini di tempat Pak Asep malah air PDAM Gak Mengalir
    Aneh kan? hhh :D Semoga saja kedepanya pdam di tempat Bapak lancar
    Yah Pak amin. salam silaturrahmi salam sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Saud Karrysta : Iya sudah belangsung sekitar 1 bulan pipa ledeng PDAM di Pontianak ini kurang lancar bahkan kadang tidak mengalir sama sekali. Kasihan anak anak yang keusahan untuk mandi. Juga buat ibu rumah tangga dan segala keperluan untuk MCK semuanya perlu air bersih

      Delete
  6. Waaahh bener" bagus tuuu ide gilanya
    Aku setuju
    Hmmm semua ini hanya ALLAH yg tahu disaat daerah lain tergenang air banjir tapi malah ada daerah yang di landa kekeringan..
    Astaghfirullah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muya Devoteeshonesty : Hieieeih jaman sekarang ini tidak ada yang tidak mungkin semua masih bisa diwujudkan DIbalik setiap musibah selalu ada hikmah

      Delete
  7. harus cari alternatif lain ya pak :)
    perlu buat sumur sendiri :)

    ReplyDelete
  8. susah juga ya kalau air pdam tidak lagi mengalir karena harus cari alternatif lain. terima kasih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bas Setudio : Iya sama sama

      Delete
  9. Kalo di tp saya..baru beberapa bulan ini ta selingi sama pompa air sanyo kang asep...soale bayar pam nya naik trus setiap bulannya..
    Habisan..anak yg pada ngekost kalo make air pada se enaknya...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Purnomo Jr : Hiheiheiehiheiee wah sudah jadi pengusaha Kosan nih ceritaya mas Purnomo Jr

      Delete
  10. melihat cuaca yang tak menentu ini, terkadang kesulitan air menjadi masalah yang perlu ditangani secara serius oleh pemerintah, tak hanya itu juga.. masyarakat juga harus mempunyai kesadaran masing-masing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali. Harus berhemat dan menghargai air. Nanti kalau sudah susah AIR nah baru terasa deh

      Delete
  11. kalau melihat hal seperti ini memang repot, yang namanya air itu kan kebutuhan pokok, jadi kalau kebutuhan pokok saja tak terpenuhi apalagi kebutuhan lainya. pasti akan terganggu

    ReplyDelete
  12. Semoga cepat mengalir
    kasihan yang harus sedot air kolam walaupun sudah dijernihkan ..

    ReplyDelete
  13. Harusnya masyarakat saling menjaga lingkungan juga, karena dengan begitu kualitas dan kuantitas air akan selalu terjamin

    ReplyDelete
  14. jangan sampai AIR menjadi Barang yang harus di beli MAHAL oleh masyarakat,

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog