Jual Milagros disini
Loading...

Es Cendol

Tag : Wisata Kuliner - Asep Haryono | Es Cendol - Powered by Blogger
Catatan Asep Haryono


Dalam syukuran HUT Pontianak Post yang ke 41 (Empat Puluh Satu Tahun) yang dirayakan secara sederhana di halaman Basement Graha Pena tanggal 3 Pebruari 2014 kemarin,  menyajikan aneka kuliner berupa jajanan pasar yang murah meriah namun berkesan semarak. Salah satunya adalah Es Cendol.  Nah ada yang suka sama yang namanya Es Cendol? Memang ada berapa macam Es Cendol yang sahabat blogger ketahui selama ini? 

Jaman saya masih duduk di bangku SD atau SMP era  tahun 1983 (Kalau tidak salah ya) Es Cendol ini sudah ada.  Ada yang tahu kira kira pada tahun berapakah Es Cendol ini mulai populer.   Es Cendol yang kontennya bisa bermacam macam ini memang disesuaikan dengan selera masing masing saja. Ada yang menambahkannya dengan aneka buah buahan, atau bentuk originalnya saja yakni terdiri atas cendol, santan, gula jawa berbentuk cair, dan es batu. Boleh juga ditambah dengan daun Pandan.

Es Cendol ini tidak selalu dijual jual di pasar Tradisional dengan "bungkus" atau "label" khusus yakni "jajanan pasar".  Es Cendol yang merupakan salah satu kuliner Indonesia yang nyaris ada di seluruh propinsi di Indonesia.   Es yang segar dan murah meriah yang banyak ditemui ini juga ada di hotel hotel dan kafe.  Mungkini inilah salah satu alasannya mengapa es Cendol juga menjadi salah satu pilihan dalam Kuliner yang disajikan dalam rangka HUT 41 Tahun koran kita beberapa waktu yang lalu.

Kumpulan Es Cendol berjejer siap disantap.  Foto Asep Haryono
CENDOL : Inilah kelompok Es Cendol yang siap disantap oleh para tamu.  Tinggal dicampur dengan es batu atau disantap begitu saja silahkan.  Gratis.  Foto Asep Haryono

Hayu nda habis ya.
SISA  : Ada yang tidak sempat menghabis es cendolnya ya   Makanya kalau sudah kenyang ya tahan dulu biar tidak mubazir. Biar sisa sedikit tidak dimakan tetap saja namanya mubazir.   Foto Asep Haryono

Bagi yang tidak suka rasa yang terlalu manis, bisa saja menambahkan air santannya atau campuran lainnya untuk mengurangi rasa manis yang memang sudah menjadi ciri khas Es Cendol ini.  Seperti dalam HUT Pontianak Post ke 41 kemarin itu sajian Es Cendol nya dikemas secara aselinya dengan menambahkan beberapa potongan kecil buah Nangka..  Kalau mau nambah pake susu kental manis boleh juga sesuai selera.  Bisa jadi akan semakin bertambah manis seperti saya yang meminumnya? Hihihi.   Memang manis kah? Ah masa sih?  Fitnah tuh. (Asep Haryono)

25 comments:

  1. cendol yang mantap, banyak ahmad yah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah banyak amad kali hiehiehiee
      Hiheiheieehiehie

      Delete
  2. Mau dong cendolnyaa, suka suka sukaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iya sama juga hihii. Hidup es Cendol

      Delete
  3. Segar benar es cendolnya mas bikin dahaga jadi tambah segar kembali :)

    ReplyDelete
  4. bagi-bagi dong es cendolnya... saya juga mauuu

    ReplyDelete
  5. enak nih cendolnya, apalagi kalo gratis.. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahh dimana mana yang naman GRATIS selalu dinanti hihihi

      Delete
  6. Mantap tu es nya
    boleh minta gak pak asep?

    ReplyDelete
  7. Hebat mas es cendol ini saya suka

    ReplyDelete
  8. kapan-kapan boleh coba ya mas, gratis tapi oke :D

    ReplyDelete
  9. es cendol dimakan malam" juga enak hehehe

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah, di usianya yang ke 41 ini Pontianak Post telah membahagiakan mamang cendol dan keluarganya dengan memberi rezeki yang berlimpah pada mereka.

    Jayalah selalu Pontianak Post - ku

    ReplyDelete
  11. HUT pontianak post kali ini, melestarikan jajanan pasar ya kang Asep ..
    ada es cendolnya juga .. :)

    ReplyDelete
  12. Pasti seger ya mas...

    ReplyDelete
  13. Seandainya es cendol bisa dikirim buwat hadiah GA, hehe

    ReplyDelete
  14. es cendol ini seger banget ya pak kalau disantap pas buka puasa hehehe Tapi kalau hari-hari biasa cocoknya pas siang hari saat panas-panas nya, pasti seger bnaget :)

    ReplyDelete
  15. ini salah satu minuman kesukaan saya, selain cendol saya suka banget es dawet khas Ponorogo. hmmmm

    btw perasaan saya pernah liat Kang Asep dimana ya? di fb atau di blogger ya? lupa, hheee

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog