Jual Milagros disini
Loading...

Sarapan Nasi Kuning

Catatan Asep Haryono


Ada yang suka sama Nasi Kuning?    Dalam bahasa Inggrisnya sering disebut dengan istilah "Saffron Rice". Ya kira kira sebutan artinya Nasi Kunyit yang menimbulkan efek warna kuning pada nasi. Hmmm kayaknya sih enak ya bagi yang suka.   Ada yang suka nasi kuning ini?  Kalau di Pontianak nasi kuning sering disantap oleh warga yang kebetulan belum sempat sarapan dan mampir di warung warung pinggir jalan.  Nyaris di setiap sudut kota Pontianak bakal dengan mudah dijumpai Jenis cemilan pagi yang satu ini.   Selain Bubur Pedas khas daerag Sambas dan bubur Ayam, jenis Nasi Kuning ini juga banyak peminatnya termasuk saya tentunya.

Komponen atau "asesoris" sang Nasi Kuning mungkinn berbeda beda di seluruh Indonesia.  Pada umumnya sih ada telur, suwiran miehun, kacang tanah yang sudah disangrai , dan irisn buah mentimun.  Telurnya sendiri bisa berbentuk suiran memanjang seperti batangan, pada umumnya sih telur dadar yang dipotong tipis memanjang.  Kadang juga Telurnya berbentuk bongkahan utuh bulat yang direbus dan atau dibuat rendang yang pedas seperti yang tampak dalam sepiring Nasi Kuning yang saya santap kemarin itu.

MURAH : Nasi Kuning ini kalau di Pontianak dibandrol dengan harga sekitar 7 ribu rupiah perpiring. Cukup terjangkau bukan?    Foto Asep Haryono


Sedangkan "pasangan serasi" sang Nasi Kuning ini tentu minuman.  Boleh apa saja sesuai dengan selera masing masing  Tidak ada ketentuan pasangan minum sang Nasi Kuning adalah secangkir Teh Manis.  Bahkan bagi penggemar kopi tubruk pun boleh boleh saja menemani santa Nasi Kuning ini.  Lalu bagaimana dengan Kacag Tanah yang digoreng sangrai itu?  Sebenarnya selera masing masing sih.  Kalau tidak suka gretuk gretuk menggigitnya, boleh saja di sisihkan.  Atau pada saat order Nasi Kuning minta sama penjualnya untuk tidak memasukkan komponen kacang tanah itu dalam sepiring Nasi Kuning pesanannya. (Asep Haryono)

25 comments:

  1. pagi2 liat ini.
    .laapeeer...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah laper gara gara liat neng kirei...

      *sambit panci

      Delete
    2. @Rawins : Laper apa Nafsu

      Delete
    3. ah elah pak
      emangnya aku pedopil..? :D

      Delete
  2. nasi kuning, dilengkapi dengan kering tempe+kacang yang agak pedes makin maknyuuuz n menambah selera makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cii yuniaty : Hahhaaha saya sendiri malah jadi laper

      Delete
  3. kalau di makassar masih dapat nasi kuning seporsi 5 ribuan :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kuningan malh 3rb mas,, praktis bwt sarapan...

      Delete
    2. wah itu nasinya dari nasi apa mbak sun ? kok bisa semurah gitu ? :D

      Delete
    3. @Blogs Of Hariyanto : Waw di Makasar ya. Hiehiehiee. Saya sudah sering dengar kuliner Makasar keren dan enak enak. Iga Bakar nya itu ya. Ada kan ya? Apa ya namanya

      @Sun : Iya Kuningan Jakarta kan ya

      @Kang Zeer El-Watsi : Wah iya murah bangedss 3 ribu

      Delete
  4. gimana kalo warna kuningnya kita ambil dari warna sungai yang menguning Kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau itu sih...sungguh terlaluu :D

      Delete
    2. wah maksud saya warna sungainya lho Kang. kan sungai sekarang pada kuning. yang kayak gitu udah bisa dijadiin air baku di PDAM kan?

      Delete
    3. @Zachflazz : Hahahaha Sungai Menguning apa tuu
      @Kang Zeer El-Watsi : Hahah iyah terlaluuuuuuhhhh Jauuhhhhh

      Delete
  5. wah kalau di tempat saya, 7 ribu termasuk sudah mahal bang...biasanya 5 ribuan sudah wareg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiheie iya kah?
      Asyik juga nih Nasi Kuningnya ada di mana mana dan banyak yang suka
      Tosssssssssssssssssss

      Delete
  6. jarang banget makan nasi kuning kecuali ada acara tumpengan
    ga ada nasi kuning di sini, pak
    kalo pas pulang ke jogja juga jarang nemu
    adanya nasi kucing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya bener bener. Nasi Kucing ya. eieheiheie Sego Kucing. Kalau di Bali namanya lain lagi. Nasi JINGGO. Bener an deh Tanya aja sama Bli Ks benar kah itu. Saya jamin 100 persen bener hiheiiehiehiehie. Nasi JINGGO keren bangedssssssss

      Delete
    2. nasi jinggi itu aslinya dari blambangan, pak
      makanan kesukaan menak djinggo
      coba tanya bli ks...

      Delete
  7. kalau dulu saya di putussibau kalbar gak nemu nasi kuning ini kang...cuma pas pulang kampung saja bisa makan nasi kuning ini hehe, kalau menurut saya pakai kacang tanah justru makin maknyoss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya kah di Putussibau? Wow. Bangedss,
      Saya aja belum pernah ke Putussibau sejak berada di Kalimantan Barat sejak Tahun 1990 sampai sekarang. Juga Ketapang, saya belum pernah kunjungi sama sekali

      Delete
  8. Mantap tuh nasi kuningnya, saya jarang sarapan Kang :D

    ReplyDelete
  9. kalo di tempat saya nasi kuning paling enak dimakan sama tumis tempe, sebutannya itu sambel goreng.

    ReplyDelete
  10. bikin laper aja nih foto,,, fiuhhhh.....

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog