Jual Milagros disini
Loading...

Jalan Raya Bersih Pasti Nyaman

Catatan Asep Haryono


Siapa sih yang tidak ingin kalau kota kesayanganya bebas dari sampah? Bersih tentunya,. Sampah sudah pasti ada di setiap sudut sudut tertentu di kota namun karena tidak keliatan aja jadinya. Coba kalau lebih teliti lagi di setiap sudut pasti ketemu sampah sampah berserakan di jalanan.  Saat saya melintasi jalan Ahmad Yani, Pontianak, saya sangat senang karena di sepanjang jalan raya yang saya lalui nyaris tidak ada sampah yang terlihat. Bersih kinclong. Pada kemanakah sampah sampah yang biasanya ada di pinggir jalan jalan ini?

Saya pernah satu hari kantor pada pagi sekali sekitar pukul 05.00 WIB masih remang remang asoy gitu deh. Ketika motor yang saya kendarai ini melintasi kawasan yang sudah saya sebutkan di atas (Jalan Ahmad Yani dan sekitarnya-red) saya banyak melihat "pasukan kuning" sedang membersihkan jalan raya dengan sapu yang digunakannya.  Mungkin sahabat blogger sudah pernah mendengar nama "Pasukan Kuning" atau "Yellow Troops" ini?  Ini bukan pasukan tempur melawan teroris tetapi lebih kepada squad tenaga kebersihan yang dikelola oleh Pemkot Pontianak dan juga daerah lainnya di Kalimantan Barat. Saya rasa "pasukan kuning" ini juga ada di seluruh Indonesia. Pastinya tentu



Lintasan Jalan Ahmad Yani Pontianak. Foto Asep Haryono
BERSIH : Kawasan Jalan Ahmad Yani. Sebelah kirinya adalah pagar Kantor Gubernur Kalimantan Barat. Foto Asep Haryono

Masih dalam wilayah kota Pontianak. Foto Asep Haryono
NYAMAN:  Nyaris tidak ada sampah berserakan di sepanjang jalan kawasan Jalan Ahmad Yani di Pontianak ini. Sampah pasti ada cuma nda keliatan aja. H Foto Asep Haryono

Saya harap kondisi bersihnya kota Pontianak tadi pagi yang saya liat bukan karena sedang ada syukuran HUT Pemerintah Kalimantan Barat yang ke 57 (Lima Puluh Tujuh) tahun , dan menjelang perayaan IMLEK yang segera tiba ini.  Ngomong ngomong soal IMLEK cukup meriah, dan dimana man sudah banyak pedagang pedagang menjual aneka pernak pernik IMLEK, kue keranjang, lampu lampu lampion dimana mana dan juga Klenteng dan rumah ibadah mereka juga banyak yang sudah bersiap dan bersolek menyambut datangnya IMLEK. 

Semoga tekad Pemerintah Kalimantan Barat di hari Ultahnya yang ke 57 tahun akan selaras VISI dan MISI nya dalam menjaga kondusifitas daerah dalam menghadapi Pemilu Legislatif dan pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 ini tidak melupakan kebersihan dan keindahan tata kota Pontianak yang bersih, indah, nyaman dan elok dipandang mata,.  Masyarakat agar senantiasa membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Tidak membakar lahan sehingga menimbulkan asap pekat yang kini sedang memayungi kota Pontianak. (Asep Haryono)

37 comments:

  1. Kalau di Parepare juga alhamdulilah cukup bersih, cukup bisa mempertanggung jawabkan 7 adipura yang sudah di dapatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Tika, saya usul di blog mba Tika dipasang link "HOME" atau "BERANDA" ya biar saya nda tersesat HIhihihih

      Delete
  2. semoga visinya terwujud, tapi melihat foto dari kang asep tersebut kok rasanya sulit untuk mewujudkannya.
    dari sisi jalan yang lebar akan susah untuk mobil mobil membuang sampah pada tempatnya, kedua lha tempat sampahnya mana kok tidak terlihat di jalan protokol tersebut.
    hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya : Hiehiehie iya jeli sekali Bang Agus Setya. Memang ini kebetulan yang diambil gambarnya yang bersih bersih aja. Pasti ada banyak sampah di sisi yang lain hhiehiehiheee

      Delete
  3. sepertinya sulit sekali menemukan keadaan yang masih terlihat nyaman seperti itu di jawa....semuanya serba sumpek :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya kah? Boleh dibuat tulisannya tuh Kang

      Delete
  4. Kalau lihat kota bersih seperti ini jadi adem lihatnya dan terlebih polusi juga berkurang karena jumlah kendaraan yang lalu-lalang sedikit berkurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kini di Pontianak masih menyisakan POLUSI SUARA akibat knalpot racing dan bukan standar pabrikan, Ini yang masih membuat pusing banyak pihak

      Delete
  5. semoga saja semuanya terjaga dengan baik ya pak, bukan hanya sesaat saja :)

    ReplyDelete
  6. terawat sekali, nyaman klo lewat
    manusia aja klo rajin mandi dan dirias jadi kliatan ganteng/cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiehie iya kalau jalanan bersih nyaman dan tertib pemakai jalannya. Semuanya akan semakin indah dan enak bagi setiap orang

      Delete
  7. waah jalannya bersiiiih bgt.. beda bgt ama jalan di dpn ktrku.. huuhuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiehihee emang kenapa jalan di depan kantornya mba Cova
      pasti ada sesuatu ya hiheiheie
      Apakah ituuu

      Delete
  8. Jalanan kudu harus bersih... dr sampah, juga dr spanduk org2 senyum...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha maksudnya spanduk Caleg yang bertebaran di mana mana ya

      Delete
  9. Semoga dapat adipura mas, eh iya share juga gambar pasar rakyat, biar bisa saya bangingkan dengan kebersihan di kota saya :)

    Kunjungan perdana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hieieei saya sudah tidak ingat lagi Kapan ADIPURA lepas dari kota Pontianak. Hmm musti cari cari arsip lagi nih kayaknya

      Delete
  10. seharusnya adipura itu identik dengan kota bersih,...faktanya masih banyak kota berpredikat adipura yg belum bersih sepenuhnya. sampah masih berserakan di jalan-jalan, air kali yang sarat limbah, perkampungan kumuh ditengah kota....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia mba. Sekarang penilaian kota terbersih masih sarat dengan kepentingan. Maunya sih idealis aja BERSIH semuanya baik secara fisik kotanya bersih juga dengan ukuran lainnya termasuk mental dan juga sikap warga sendiri terhadap kebersihan di kotanya

      Delete
  11. Pontianak kotanya bersih dan rapi ya mas, saya jadi tahu meskipun blm pernah ke pontianak, hmmm rasanya jadi ingin berkunjung kesana dan mampir ke rumahnya mas Asep jika diijinkan, hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Indri Lidiawati : Hiehiehieh saya sekeluarga siap menyambut tamu yang berkunjung ke rumah. Selamat datang ke Pontianak ya. Sekarang sedang ramai nih IMLEKAN.

      Delete
  12. Bersih sekali pak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiehihe iya kah. Padahal onggokan sampah juga banyak|
      Cuma nda keliatan kamera aja heihiehiehiee

      Delete
  13. Wahh sangat indah kalau jalan raya bersih dari sampah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Kalau jalanan bersih, nyaris tak ada sampah, semua orang pasti senang

      Delete
  14. berkat petugas berbaju kuning yaaa kang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saban tiap pagi mereka sudah bekerja membersihkan jalan
      Sejak subuh. Salut sama mereka

      Delete
  15. moga azh ngga cuman didepan kantor gubernuran doang yang bersih dan resik ya kang....tapi kalau mau jujur...emang gituh seh umumnya....kenapa coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ya karena rumah dinas beliau ini simbol kota sih Jadi kudu dibuat bersih Maunya sih, dan harapan semua orang bersih semuanya

      Delete
  16. kalau bersih begitu terasa indah ya mas, mau jalan - jalan juga nyaman, mau buang upil aja malu rasanya hehe

    ReplyDelete
  17. kalau bersih begitu suasana kota makin indah dan nyaman ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali. Exactly. Cieeeeeeeeeee

      Delete
  18. Wah enak, sejuk dipandang mata, kalau lingkungan bisa bersih kayak gitu setiap hari. Kesejahteraan pasukan kuning perlu diperhatikan biar kondisinya kayak gitu terus setiap hari ..

    ReplyDelete
  19. pokoknya kita jangan membuang sampah sembarangan (y)

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog