Jual Milagros disini
Loading...

Kesepian Itu Berbahaya. Kesendirian Itu Perlu

Tips JOMBLO biar Bahagia
Ketika blogwalking secara tidak sengaja saya menemukan sebuah blog yang kebetulan dianya ini mengikuti sebuah kontes (GiveAway) yang berisi dan berjudul "Jomblo Ngenes? Mata mu ya" yang ditulis dengan apik oleh pemilik blog Kerikil Berlumut yang saya belum ketahui nama pemiliknya. Silahkan di baca baca aja tips Jomblo Bahagia dari blog tersebut.  Saya membacanya dengan senyum senyum karena tipsnya yang memang unik, nyentrik, jenaka dan juga masuk akal dan bisa diterima oleh akal sehat.

Baris Bab kedua dari tulisan tersebut disebutkan Jomblo yang disebabkan karena dua hal yakni Pertama, Jomblo karena terpaksa karena keadaan, dan yang kedua, Jomblo karena pilihan. Ada banyak memang contoh yang bisa didapat disekitar kita soal jomblo dan aktifis jomblo ini.  Juga veteran Jomblo. Artinya mereka ini pernah tidak Jomblo sebelumnya namun karena sesuatu dan lain hal akhirnya KMJ (Kembali menjadi Jomblo).

Menjadi Jomblo atau tidak (bukan) memang erat kaitannya dengan SELERA.  Setiap orang tentunya punya selera masing masing.  Selera memang tidak dapat diperdebatkan.  Kalau seleranya masih mau "have fun" dengan kesendiriannnya (baca : Jomblo) tentu adalah HAK nya.  Mau menjadikan dirinya bahagia atau tidak juga merupakan HAK nya.  Jika dengan kesendiriannya (jomblo) itu bisa membuatnya Bahagia, mengapa tidak?.  "Jadi sendiri itu enak juga" kata seroang rekan saya

TIDAK NYAMBUNG : Jelas.  Artikel tentang JOMBLO tapi yang diunggah foto Boneka.  Konslet tentunya.  Itulah saya.  Tidak jelas kan. Foto Asep Haryono

Lalu apa yang bisa membuat seseorang itu Bahagia denagn kesendiriannya (jomblo), adakah tips tips nya biar bisa jadi JOJOBA= Jomblo Jomblo Bahagia?.  Saya sendiri kurang tau banyak tips tips nya karena saya pribadi merasa tidak pernah merasa JOMBLO.   

Dalam pandangan saya sih setiap orang memang perlu kesendirian.  Kesepian dan Kesendirian sangat jauh berbeda jauh makna sesungguhnya.  Kesepian itu berbahaya, sedangkan kesendirian itu perlu. Orang perlu kesendiriaan. Dengan menyendiri biasanya orang bisa merenung.
Bukan merenungi bangsa Indonesia yang semakin terpuruk dengan kasus KORUPSI yang semakin menggila tentunya. Tetapi lebih kepada merenung langkah apa yang sudah dilakukan selama tahun 2013 ini misalnya.  Merenung kira kira prestasi apa yang akan dicapai untuk tahun 2014 mendatang.

Semuanya itu perlu kesendiriaan dalam mempertimbangkan dengan cermat dan dengan resiko terukur.  Orang perlu kesendirian.  Kesendirian tidak selalu berarti "tidak punya pasangan" atau sebutan ngetopnya : ngejomblo.  Setiap orang punya persepsi dan penafsiran masing masing terhadap kosa kata "kesendirian" , "sendirian", "Sendiri" dan tentu saja kata "jomblo" itu sendiri.



Jadi apa donk tipsnya biar "jomblo" tapi bahagia?  Saya punya tips sederhana saja buat mereka yang merasa dirinya "jomblo" baik karena Pilihan sendiri dan atau karena terpaksa (karena keadaan memaksa-red) untuk tetap menjadi diri sendiri.  Terlalu luas definisinya. "Bahagia" sendiri juga amat luas cakupannya. Bahagia tidak selalu berwujud uang banyak (materi).  Orang yang dijalan kebelet mau beAbe (Buang Air Besar-red) dan ketemu WC Umum yang sedang kosong itu bahagianya luar biasa. Maaf ekstrim perbandingannya.  Jadi "Bahagia" itu relatif parameternya dan bisa didiskusikan.


Buat apa mencontoh dan mengikuti kesuksesan orang lain baik dalam urusan usaha maupun asrama eh asmara jika itu tidak sesuai dengan hati kalian masing masing?.   "You don't have to own everything just to be Happy. Just enjoy your life with what you have".  Anda tidak harus memiliki segalanya hanya untuk bisa bahagia. Jadilah diri mu sendiri, dan nikmati apa yang sudah kamu miliki  (Asep Haryono) 

Tulisan ini diikut sertakan dalam

34 comments:

  1. Saya juga terkadang suka menyendiri kang, karena itu sudah jadi keinginan saya, tapi bukan berarti saya gak punya pasangan alias jomblo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesendirian tidak selalu berarti "tidak punya pasangan" atau sebutan ngetopnya : ngejomblo. Setiap orang punya persepsi dan penafsiran masing masing terhadap kosa kata "kesendirian" , "sendirian", "Sendiri" dan tentu saja kata "jomblo" itu sendiri.

      Delete
  2. jomblo terjadi karena seseorang kurang bergaul, maka semakin ia bergaul, semakin luas pergaulannya, semakin besar pula kesempatan ketemu jodoh yang pas.. fenomena ini terjadi pada teman saya yang terlalu mengedepankan karir. setelah dia banyak berinteraksi, dia sadar kalau menjadi tidak jomblo itu lebih baik hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw super sekali. Ini masukan yang bisa menambah wawasan kita semuanya

      Delete
  3. kata bang rhoma, orang jomblo itu banyak godaannya :)
    katanya orang luar negeri, kesepian itu lonely yg berbahaya seperti kata bang rhoma :D
    katanya ahli pskiater, org suka menyendiri terlalu sering itu tanda2 stres :D
    kata spiritualis, menyendiri utk bersemadi menyatukan pikiran dan hati itu bagus utk memahami jati diri yg sesungguhnya ;)
    yg paling enak adalah jojoba, yaitu jomblo jomblo bahagia versi mas Asep, heheheh :P
    nice sharing !

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Indri Lidiawati : Benar sekali. I am alone BUT I am not lonely

      Delete
  4. Setuju kalau bahagia tidak selalu berwujud materi. :D

    ReplyDelete
  5. yg aku pikirin ketika sendiri.....takuuuut kerasukan...hahaha

    ReplyDelete
  6. sebaiknya kalau lagi jomblo, memperbanyak bergaul aja dengan teman ya pak, supaya tidak selalu sendirian yang berujung kesepian. Tapi kalau pengen cepet nggak jomblo ya harus menikah hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. IIya kata orang sih begitu sebaiknya. Sendirian rawan hiheiheihee

      Delete
  7. wah ternyata ini artikel juga diikut sertakan dalam giveaway ya pak. Hehehe sukses deh buat giveaway nya semoga menang hehehe :D

    ReplyDelete
  8. bahagia memang luas cakupannya. Namun intinya setelah hati seorang tenang dan fikiran tenteram disitulah letak bahagia sesungguhnya. Walau dalam keadaan apapun bisa di wujudkan semestinya. Namun prakteknya kete kete juga rasanya..

    ReplyDelete
  9. untung saya nggak kesepian, setiap hari ditemenin laptop dan para blogger konslet di KPK, hehe

    semoga sukses ngontesnya mas, guud lakkk

    ReplyDelete
  10. Itu resepnya ya mas nah kalau tetep tidak bahagia gimana...ada resep lain nggak

    ReplyDelete
  11. saya punya pacar tapi tetep ga merasa jomblo mas :D

    ReplyDelete
  12. Setiap orang memang punya tolak ukur kebahagiaan yang berbeda-beda... Terimakasih pak, jadi tambah satu tipsnya hehehe...
    Btw nama saya Aditiya Zamrud Anggar Kasih yang lebih suka menggunakan nama samaran Insinyur Pikun di Blogsphere. Ada kok di halaman tentangku. :)

    Semoga sama-sama sukses ya GAnya pak :)

    ReplyDelete
  13. kadangkala saya juga lebih sennag bersendirian di saat kesedihan.. namun itu bukanlah bermakna sedang kesepian..

    ReplyDelete
  14. Saya setuju kalau jomblo itu pilihan dan selera, karena terkadang ada orang yang justru enjoy saat jomblo

    ReplyDelete
  15. hihi... bener Kang. tulisannya baguus

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus tulisannya,
      yang nulis lebih bagus

      Delete
  16. Dunia remaja dan masa kuliah memang satu momen yang amat mengesankan sekali tak terlupakan seumur hidupnya. Masa-masa inilah ketertarikan kepada lawan jenis mulai bersemi suatu hal yang alamiah dialami oleh mereka. Bagaimana bila masih jomblo sedangkan di depan mata kita 'banyak pemandangan yang menarik', sudah banyak sekali yang sudah punya pacar dan teman dekat, atau teman curhat, sedang kita masih sendirian dan kesepian? Banyak hal bisa dilakukan dalam hidup ini agar lebih produktif, enjoy, happy, dan bahagia. Tentu semua itu tergantung pada situasi, kondisi, dan pilihan kita semua. Hidup memang sangat indah. Salam cemerlang!

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog