Jual Milagros disini
Loading...

Belajar Dari Kasus (Almh) Mita Diran

Catatan Asep Haryono


Apa ada yang sudah tau tentang kisah mengharu biru dari almarhumah Mita Diran?  Apa ada yang sudah mengetahuinya? Atau baru dengar? Bagi yang sudah tau kisahnya tentu cerita ini bukan hal yang baru, namun bagi yang belum tau kisah Almarhum Mita Diran, tentu akan menjadi sesuatu yang membuat penasaran.   Pertanyaannya adalah : Siapa Almarhumah Mita Diran?  Apa yang terjadi pada diri Almarhumah?

Almarhumah Mita Diran, wanita lajang berusia 27  (Dua Puluh Tuju) Tahun dan bekerja sebagai copywriter di agency Y&R (Young & Rubicam) Asia dinyatakan meninggal dunia. Almarhumah meninggal dunia diduga karena dehidrasi dan kadar gula yang tinggi setelah bekerja non stop selama 30 (Tiga Puluh) jam.   Berita lengkapnya bisa dibaca silahkan di sini.    Dalam artikel tersebut disebutkan kuat dugaan Wanita berparas cantik, muda, dan energik ini disebabkan salah satunya adalah mengkonsumsi minuman berenergi merek terentu yang mengandung kafein tinggi terlalu banyak.

Almarhumah Mita Diran.  Foto dari Internet

SEPI :  Inilah akun twitter milik Almarhumah Mita Diran yang beralamat @mitdog ini. Siapakah yang tau passwordnya?  Jika tidak, maka Akun @mitdog ini akan abadi ditinggal pemiliknya yang sudah meninggal dunia. 

TERAKHIR : Postingan status twitter terakhir almarhum Mita Diran @mitdog "30 hours of working and still going strooong" diposting pada tanggal 14 Desember 2013.


Kerja normal manusia pada umumnya adalah 8 (Delapan) Jam sehari.  Saya sendiri yang alhamdulillah bekerja di salah satu media di Pontianak juga banyak berkawan dengan teman teman dari Departemen Iklan,. Desainer Iklan dan percetakan.  Lembur? Wow sudah pasti kebanyakan dari kawan kawan saya di divisi yang sudah saya sebut di atas adalah shift malam.  Kawan kawan di bagian LayOuter Iklan dan Desain Iklan misalnya mulai ngantor pukul 18.00 WIB dan biasanya berakhir pada jam 01.00 WIB Dinihari. Ini tidak tentu.  Bahkan jika jaringan lelet dan atau mengalami gangguan, bisa lebih molor lagi. Sudah bisa dipastikan mereka akan lembur sampai pagi.

Jika sudah begitu, misalnya contoh kasus jika ada gangguan jaringan Internet, maka proses pengiriman cetak jarak jauh dari bagian Iklan (Desainer Iklan) ke percetakan juga mengalami gangguan.  Apa yang dilakukan jika jaringan mengalami gangguan? Tentu saja "nganggur" - ini pake tanda kutip ya.

Nah dalam masa masa :"nganggur" inilah kawan kawan layout Iklan - desainer Iklan tengah malam banyak menghabiskan waktunya dengan minum Kopi, cemilan kue ringan atau merokok.   Nah cemilan cemilan yang saya sebut itu umum menemani kawan kawan dinas malam yang lembur sampai pagi. Jarang saya lihat kawan kawan shift lembur saya waktu itu dengan menenggak Minuman Berenergi.


Nah almarhum Mita Diran mentweet di akun miliknya @mitdog ""30 hours of working and still going strooong." "diposting pada pukul 05.47 WIB, Sabtu 14 Desember 2013.   Almarhum Mita Diran dinyatakan meninggal dunia keesokan harinya Minggu, 15 Desember 2013.  Biar tidak penasaran detail dugaan penyebab dan segala sesuatunya  bisa dibaca silahkan di sini.   

Dalam susunan gramatika Bahasa Inggris penulisan "Strooong" dengan huruf "O" yang banyak ditafsirkan sebagai bahasa Gaul, atau bahasa Alay.  Dugaan saya adalah Almarhumah adalah tipe orang yang asyik , gaul, dan enak diajak ngobrol.  Merek mereka yang biasa menggunakan bahasa anak muda itu cenderung enak diajak ngobrol atau rame, dan asyik dijadikan teman.


Tidak ada maksud untuk menyalahkan siapa siapa dalam kasus meninggalnya Almarhumah Mita Diran ini. Namanya juga musibah bisa datang kapan saja.  Musibah datangnya sewaktu waktu dan datangnya juga tidak pernah memberi waktu.  Jangan lagi ada Mita Mita lainnya yang  bekerja OVER TIME tanpa memperhatikan kesehatan.  

Menjaga kesehatan  tentu bukan hal yang tidak mungkin. Menjaga kesehatan sejak dini memang sudah harus dibiasakan sejak dini. Disiplin adalah kuncinya.  Ngoyo karena mengejar target boleh bolej saja, namun HIDUP ini INDAH.  Nikmatilah selagi masih bisa. Tetap ENJOY dan menikmati HIDUP ditengah kejamnya deadline pekerjaan dan desakan tuntutan Hidup.  (Asep Haryono)



51 comments:

  1. betul Kang!
    ehh...
    belum baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : HIehiheiehiehiehee

      @Agus Setya : HIhehiehiehiee

      Delete
    2. saya sudah baca... hebat kan saya.

      Delete
    3. Ya itulah kehebat kita dalam hal membaca.

      Delete
  2. jadi dia di twitter sempat sadar posisi kerjanya yang udah 30 jam ya Kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti emang lama ya

      Delete
    2. berarti twiterannya 30 jam

      Delete
    3. @zachflazz : HHehieheie. Bang Zachflazz nda punya TWITTER ya? Ihieheiee perlu buat tuh. Biar bisa menyelami dan merasakan sensasi TWITTER itu seperti apa

      @Agus Setya : Hmmmm

      @Thanjawa Arif : Iya juga ya

      Delete
    4. saya punya akun twitter, tapi jarang pakai..hehe

      kalau ada job aja baru pakai..xixixi

      Delete
    5. Hiheihei iya kah? Wowwwwwwwwww

      Delete
    6. saya sudah baca dan sudah koment, hebat juga kan saya ??

      Delete
    7. aku juga ada tuiter
      tapi isinya tuit pak asep semua, haha

      Delete
  3. Iya Kang, Tika liat tuh beritanya di tivi... Jadi teringat saya juga pernah lewati masa tidak tidur selama 2 hari 1 malam, waktu itu efeknya hanya demam selama seminggu setelah pingsan dan ih sekarang jadi ngeri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Etika Maria : Iya saya pun turut prihatin dan sedih juga. Seharusnya ini tidak perlu terjadi jika dalam diri sendiri sudah ada ketegasan diri untuk ISTIRAHAT jika sudah merasa lelah atau Penat. Sesekali tidur siang juga boleh boleh saja hanya jika istirahatnya kurang

      Delete
  4. kalau non stop 30 jam sih perbudakan modern kang, saatnya pemikiran karl max, kang lenin dan sebangsanya beraksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti budak uang ya mas

      Delete
    2. @Agus Setya : Saya pribadi nda Yakin kalau Almarhumah benar benar tidak TIDUR barang sebentar pun selama kurun waktu 30 jam tersebut. Ini yang masih harus di dalami. Apa yang dimaksud dengan NonStop 30 Jam kerja tanpa henti

      @Thanjawa Arif : Hieeiehiee

      Delete
    3. pemecah rekor namanya..

      Delete
  5. memang bahaya memakai doping ya kang, capek ndak terasa tau-tau bablas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Thanjawa Arif : Iya kah? Kata orang sih sebutannay Dopping ya Heiheeheeiee. ROKOK dan KOPI konon teman sejatinya para pelembur malam. Bener tidak nya saya kurang tau hieiheiheiehehiee

      Delete
    2. iya juga kang
      tapi rokok/kopi ndak bisa ngurangi rasa capek

      Delete
  6. Apapun itu, baik atau buruk, kl berlebihan jadi buruk hasilnya.

    Mudah2n bs jd pelajaran bg kita semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak hikmah yang bisa dipetik dari musibah ini. Saya menyebutnya bukan sebagai "accident" tetapi lebih kepada "hikmah" atau "musibah". Salah satu hikmahnya adalah kedisiplinan diri untuk bisa menjaga kesehatan

      Delete
  7. 30 jam? wow bangeet pak :(

    kasian bagnet sih kau Mit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut prihatin memang Dalam pandangan saya sih ini hanya kebabalasan saja, Kondisi fisik yang lemah seharusnya dibarengi dengan istirahat yang cukup dan asupan gizi yang baik

      Delete
  8. wuah, padahal di Amerika, kerja maksimal 8 jam per hari. kalo lebih dari itu, pemimpin produksi/perusahaan harus menambah tambahan bayaran per jamnya berapaaaaaa gitu...
    lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang gitu. Pada umumnya jam kerja di Indonesia terutama di kalangan Swasra juga rata rata 8 jam sehari. Lewat dari itu bisa dikatakan kerja tambahan atau lembur yang tentu saja ada itung itungannya juga

      Delete
  9. wah kok bisa ya pak bekerja sampai 30 jam. Itu sudah di luar kemampuan manusia biasa. Dam akhirnya mita dian nggak kuat dengan bekerja 30 jam tersebut. Semoga aja mita dian tenang di alam sana dan perusahaan bisa bertanggung jawab atas kelalaian nya. Tapi kalau bisa ya jangan bekerja sampai 30 jam ya pak karena tidak baik untuk kesehatan kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow ada mbak eka...kangen deh :)
      mbak smangat yaaa

      Delete
    2. @Mba Ririn : Benar sekali. Dalam pandangan saya sih sepertinya almarhumah tidak frontal MELEK selama 30 jam tanpa istirahat walau sebentar. Dugaan kuat almarhumah tetap break atau istirahat. Mungkin kondisi fisiknya yang lemah dan juga kelelahan WalauHuallam

      Delete
    3. eh kok mbak eka sih ?? mbak ririn maksudnya :D *heboh sendiri

      Delete
    4. Hhahahahahaa.
      Ketauan hahahaa. Kangen nih yee sama mba Eka. Wahahahahahhaa

      Delete
  10. udah kaya mesin ya kerjanya, padahal mesin saja perlu di istirahatkan ga bisa terus terusan dipakai.
    Semoga beliau tenang disisinya dan kita dapat mengambil pelajaran dari kejadian yang menimpa beliau *keren kan komennya ??

    ReplyDelete
  11. ternyata ada yang mengalahkan aku
    selama ini sudah begitu bangga dengan rekor kerja 27 jam sehari dan rekor 15 kali nembak cewek 27 kali ditolak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. TEntu saja mas Rawins
      Apalagi urusan mosting gambar cewek di blog pasti mas Rawins menang dan JUARA di kelasnya hiheieiheihie

      Delete
  12. Kayaknye saye tahu ape merek minuman suplemen tersebut Kang? Disebutin ngga yaaaaaaa??? :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaah dalaam artikel artikel di beberapa situs memang disebutkan mereknya. Hahahhaa. Jangan jangan disebut Nanti bisa runyam urusannya hahahahahaha

      Delete
  13. bekerja sesuai kapasitas kemampuan fisik aja, dan mengikuti sirkulasi kerja tubuh, waktunya kerja ya kerja, istirahat mncukupi, jadi pelajaran berharga

    ReplyDelete
  14. dia bekerja 30 jam itu karena kemauannya sendiri atau karena 'dipaksa' oleh perusahannya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yang masih memicu perdebatan, Informasinya emang tidak jelas. SIapa lawan siapa? Siapa menyalahkan siapa. Sebenarnya apa pun itu, jika itu benar dari aturan perusahaan juga harus diselidiki dahulu. Perlu ada verifikasi kebenarannya terlebih dahulu

      Delete
  15. kata orang pintar, perhatikan isyarat badan, jika lelah istirahatlah dan jika ngantuk tidurlah. Badan juga punya hak untuk di istirahatkan, jangan disuruh melaksanakan kewajibannya saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas @Djangakru Bumi . Apa pun yang dilakukan perlu diatur RITME nya agar senantiasa bisa terkontrol segala sesuatunya. Berlebihan juga tidak baik MANUSIA bukan ROBOT. Saya sepakat dengan mas

      Delete
  16. Kalau tidak menggunakan suplemen kita tidak akan mempu melewati 24 jam Kang, sedangkan 12 jam lewat saja pasti sudah doyong ko. Tapi segala sesuatu yang berlebihan itu pas tidak enak ko. kalau sudah seperti ini tetap saja yang rugi kita dan keluarga.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali. Saya sendiri sangat jarang Mengkonsumsi Suplemen seperti ini. Sesekali mungkin OKE lah, tapi kalau berlebihan juga tidak baik. Beberapa referensi menyebut agar lebih banyak mengkonsumsi air putih

      Delete
  17. saya jg turut berduka cita atas mninggal a alm mota diran ya sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Innalillahi wainnainna Ilahi Radjiun

      Delete
  18. gara2 kasus ini saya dimaki2 di twitter, hedeehh..

    kembali ke pola hidup sehat masing2 saja. ketahui batas kemampuan fisik kita. jika terlalu lelah jangan dipaksakan untuk overwork. apa lagi sampe minum minuman berenergi berkali2. ckckck

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog