Jual Milagros disini
Loading...

Bakso Atau Mie Oplosan

Catatan Asep Haryono


Ada yang suka dengan makanan berkuah seperti Bakso?  Berapa kali kawan kawan menyantap Bakso dalam seminggu atau sebulan barangkali?  Jenis Bakso apakah yang kawan kawan sukai?.  Ada banyak model dan jenis Bakso yang dijual bebas di lapak lapak pinggir jalan yah semacam kelas kaki lima.  Ada juga bakso yang dijajakan dalam cafe atau sebuah restoran.  Itu dari segi tempat orang berjualan baksonya.

Untuk jenis Baksonya sendiri sudah tentu banyak sekali.  Mulai dari Bakso jenis "petasan" yang jika dikunyah atau digigit ada "potongan cabe rawit" di dalamnya.  Ada lagi bakso Tahu, Bakso Urat , Bakso Ayam , Bakso Udang , Bakso Daging Sapi , Bakso Goreng, serta masih banyak lagi bakso lainnya.  Nah ada yang pernah membuat Bakso sendiri di rumah?.    

Gini gini saya pernah jajal membuat Bakso Daging Sapi sendiri di rumah, dan ternyata hasilnya sangat tidak elegan. Hiehiehiee.  Hasilnya tidak karu karuan. Saya sudah pernah mempostingnya juga di blog. Bisa dibaca di sini ceritanya.  Sebenarnya sih tidak niat buat Bakso melainkan Siomay. Sudah dicoba semua yang ada di Buku Resep Buat Siomay yang saya beli dari toko Buku Gramedia di Pontianak  Hasilnya malah lebih mirip jadi Bakso daripada Siomay.  *Mengharukan*. 

BAKSO OPLOS : Inilah kreasi iseng.  Mie Instant dari Mie Instant yang dimask dan dicampur dengan bulatan Bakso dari mamang Bakso nya.  Liat serbuk bumbu nya tidak saya pakai lagi.  Foto Asep Haryono

ES TELER : Inilah cuma pelengkap aja. Temannya maem Bakso saya punya kebiasaan kecil.  Minumnya ya es Teler.  Heiheihe. Idealnya kan Minumnya ya air misalnya Es Teh. Ini minum sekalian makan Es Teler.   Foto Asep Haryono

Nah sudah diliat foto fotonya di atas bukan?   Inilah yang saya maksud dengan Bakso "oplosan".  Eit jangan negative thingking dahulu.  Yang saya maksud dengan Bakso yang dioplos di sini adalah Mie biasa (Boleh diambil dari  Indomie atau mie siap saji merek lainnya).  Nah dimasak atau direbus  dan setelah jadi barulah di campur dengan bulatan bulatan (pentol-red) Bakso nya sendiri. Lali eh lalu bagaimana dengan serbuk bumbu yang ada dalam kemasan Mie Instan tersebut? 

Oh ya ini soal SELERA juga sih.  Saya sudah ujicoba loh. Serbuk Bumbu yang memang sudah ada dalam kemasan Mie Instant tersebut bisa dipake sebagian dan atau seluruhnya.  Soalnya saya punya teman yang "pantang" memakai serbuk bumbu di dalam Mie Instant  Katanya sih kebanyakan MSG alias Vetsin. Ada juga yang justru memakai racikan bumbu dari mamang baksonya sendiri.  Serbuk cabe dan bumbu sang Mie Instant diabaikan. (Asep Haryono)

49 comments:

  1. tertipuuu aku >.< kirain baso oplosan yg begimana, tau nya di oplos pake mie instan hhihhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi hi mba Ani.
      Hiehiheihee ya kah tertipu ya Hiheiheiheihee.
      Terima Kasih sudah meluangkan waktunya

      Delete
    2. tapi manteb juga mas baksonya mirip hehehe ... mirip oplosan maksudnya hehehe

      Delete
    3. iya nih. Saking LAFARR nya mau dimakan tuh Bakso, ngambil gambarnya buru buru. Miring pula posisi jepretannya. GALAU juga hasilnya,.
      Beuhhhhhhh

      Delete
    4. Jika di perkenankan saya boleh nimbrung dengan oplosanya Pak Asep
      Asal jangan Oplosan yang rasa nya Pahit bisa bikin Mendem hhhhh

      Delete
  2. oplosan bikinan sendiri ya Pak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hieeihee iya gitulah kira kira.
      Terkecoh sama judulnya ya :P

      Delete
    2. tapi mas asep ada bakat jadi tukang bakso nih ... hehehe..

      blognya sekarang enteng mas... langsung wuuussss

      Delete
    3. heheheee....perhatiin azh atuh mang....hidungnya kang asep jadi beukah mirip bakso deh tuh....
      #cling...ngilang

      Delete
    4. @Yono Karyono : Oh ya kah? Lebih ringan ya? Hmmm Masa iya sih. Wah apa perlu buat polling nih. CEPET atau Lambat Blog ini didownload

      @mang Lembu : Wah ada ilmu bisa NGILANG rupanya mang LEmbu. CK CK ck ini lebih SAKTI dari Jurus "kodok mati menahan nafsu" sayah

      Delete
  3. Kalau lapar, tetep saja makanan itu adanya enak dan enak banget kang Asep .. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah benar sekali mas Mohammad Isnaeni.
      Jangankan BAKSO yang masih tergolong MEWAH. Kalau sudah LAPAR BERAT dan kebetulan kagak ada DUIT sama sekali, Makan pake KERUPUK sama Kecap aja Luarrrrrrrrrrrrrrrrrr Biasaaaaaaaa nikmatnya

      Delete
  4. saya malah lebih tertarik esnya kang dari pada baksonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya kah, Makan Es TEller ya namana
      Soalnya bisa dimakan sambil diminum

      Delete
    2. makan bakso plus es teler, dijamin lgs kenyang makfull ya Kang.

      #bedanya es teler dengan es campur itu apa ya Kang?

      Delete
  5. haha, saya mau ketawa beneran saat ada istilah tidak elegan muncul, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tadi bingung mau kasih padanan kata apa ya
      Ya udah pake acak aja "elegan". Bener bener nda cocok bangeds.
      Maksa-in aja ya

      Delete
  6. maem itu sambil joged2 oplosannnn ^^
    enyak nyam2

    ReplyDelete
  7. wah denger namanya saja sudah bikin joged OPLOSAN.
    hehehhe

    ReplyDelete
  8. oooh saya kira baso oplosan, dioplos pakai pertamax hehehehe... ternyata oh ternyata, bikin saya ngeces hehehe

    ReplyDelete
  9. saya jadi ingat judul lagu dangdut oplosan nih kang, hehehe......
    hehehe...bakso ya..saya lebih memilih mie ayam,hehehe
    bakso juga saya pernah bikin sendiri, saya yang menggiling dagingnya istri saya kebagian yang membuat bulatan pentolnya, hehehe.....
    gimana kalau bakso di oplos pakai rawons........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sudah banyak yang komen tentang JOGED OPLOSAN ya. Waaa ketinggalan informasi nih sayah kayaknya. Ntar malam mau dicek di Youtube ah. Kayak apa sih joget Oplosan itu

      Kata orang sih (kata Buku Resep) juga Bakso nya dibuat pake alat. Maksudnya giling dagingny pake Alat Food Processor. Alatnya kaya apa saya blum tau deh. Katanya FOOD PROCESSOR ini cocok buat giling daging untuk dijadikan BAKSO. Bakso dioplos pake Rawons>? Bakso Rawons donk

      Delete
  10. hadeuh....jadi tambah laper deh tuh....manaan bos baru nongol pula, ngga mungkin banget nyelinap keluar ruangan nyari bakso deh.....huh

    ReplyDelete
    Replies
    1. BAKSO nya di call atau di SMS aja mang Lembu. Sekarang mamang Bakso atau SIomay udah pake SMS. Tinggal SMS pesen bisa diantar hiheiheiheiheie

      Delete
  11. wohhh, jd kang asep nih yg suka ngoplos2???

    btw, habis makan panas2 jgn langsung minum yg dingin2, kang... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hieieie Panas langsung ke Dingin

      Delete
  12. pas banget dingin2 musim ujan makan baso :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiehie heihei iya iya

      Delete
    2. lebih paas lagi kalau saya di kasih sama kang asep nih...

      Delete
  13. yang oplosan itu emang lagi trend ya mas. cocok jadi pengusaha mie ayam bakso mas. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnnnnnnnnnnnnn Hheiheihiee

      Delete
  14. waduh.. baso apa aja saya suka pak.. baso oplosan juga suka,hehehe

    ReplyDelete
  15. Wah pak,,, saya suka sekali itu sama Bakso Oplosan "Beneran".... Biasanya kalau ada mamang tukang bakso yang lewat, saya siapin sendiri mienya,,,trus tinggal minta deh kuah dan baksonya sama si mamang yang jual *minta??? Beliiii dong... hehehe

    ReplyDelete
  16. wah asem kang asep.. bikin saya ngiler lihat cendolnya hehehehe.. beneran menggoda deh minumannya itu kang... lempar sini kang....

    ReplyDelete
  17. oalah ternyata kolaborasi antara bakso ama mie instan toh.. hehehe.. kreatip loh.. Dari penampakannya keknya enak tuh.. Apalg dimakan pas sore adem mendung bgini.. #cleguk

    ReplyDelete
  18. es telernya menggoyang iman mas..

    ReplyDelete
  19. Selamat petang Pak Asep Kira in Oplosan yang bisa mendem Pak?
    EEeeh gak tau nya Enak wahh saya jadi lapar nih Pak Asep boleh nimbrung nih hh :D

    ReplyDelete
  20. yang enak tuh ya brocyin yaaa.. itu indomie buatan mang entob, yang disajikan pake cabe :))

    ngga percaya? baca deh di sini:

    https://oomguru.wordpress.com/2013/12/25/the-story-of-mang-entob/

    :))

    ReplyDelete
  21. Replies
    1. Huaaaaaaaaaaaaaa hiiehiehiee Mariiiiiiiiiiii

      Delete
  22. kwkwkww, ane mah udah mikir yang tidak-tidak tentang mie oplosan.

    kirain mie yg bisa goyang oplosan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haheehiehe ia kah?
      Ini cuma iseng aja. Soal Judul Tulisan memang kadang saya buat nyeleneh untuk memancing rasa penasaran orang. Ilmu dari media sih hiehiheihhee

      Delete
  23. wah kreatif banget pak bisa bikin bakso oplosan getu. jadi penasaran saya ingin tahu rasanya. Dilihat dari tekstur nya sepertinya maknyus hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wahyu Eka Prasetiyarini : HIhiehe iya ini namanya Kreatif alias Akal Akalan saja. Mie Instant tapi dimasaknya pake bumbu dan kuah serta Bulatan Bakso dari Mamang Bakso. HIheiheihee. ISeng aja ini

      Delete
  24. Malem-malem liat postingan yang beginian jadi laper. Untung persediaan mie instant di rumah masih ada. Sayang bulat baksonya yang gak ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Juniyarsa Ardilla : iheheiheie Rupanya mosting Makanan banyak yang ,membuat orang jadi laper hiehehiheiee. Wah kalau bulatan Bakso nya tidak ada bisa disiasatii tuh. Bisa pakei Bakso Ayam, atau Bakso Sapi produk SO GOOD. Kan ada banyak tuh variannnya. Ada Bakso Udang, Bakso Goreng dan lain sebagainya,

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog