Jual Milagros disini
Loading...

Anak Anak Senang Banjir

Catatan Asep Haryono


Sudah beberapa hari terakhir ini kota Pontianak (Ibukota propinsi Kalimantan Barat-red) ini dilanda curah hujan yang intentitasnya cukup tinggi.  Kadang curah hujannya juga tidak merata penyebarannya. Misalnya untuk daerah tempat "habitat" saya di Komplek Duta Bandara Supadio yang berharak lebih kurang 20 menit kendaraan dari kota Pontianak juga tidak bisa ditebak kapan dan dimana hujan akan turun.  Hujan yang turun di daerah Supadio kadang tidak sama dengan tempat lainnya yang justru terang dan tidak hujan.

Bagi yang belum terbiasa dengan cuaca kota Pontianak dikuatirkan akan down alias jatuh sakit.  Coba bayangkan saja misalnya hari ini panas terik matahari, tiba tibas sore hari nya atau besoknya turun hujan lebat yang hebat.  Bisa rontok tuh body.   Saya jadi teringat kenangan saat masih anak anak dahulu yang sangat suka jika hujan turun bahkan banjir dijadikan sebagai "kolam renang" bersama bermain bersama teman teman sebaya.

Dan keinginan kembali seperti anak anak dahulu seolah terulang kemarin.Saat hujan teras mengguyur kota Pontianak di siang hari itu, saya secara tidak sengaja dari lantai 5 Graha Pena pandangan mata saya melihat ke bawah sekelompok anak anak yang bermain main dengan banjir.   

Dari balik jendela, pandangan mata saya susah untuk beranjak menyaksikan betapa senangnya anak anak itu bermain air, dan Banjir.  Saya pun langsung spontan mengeluarkan "senjata" saya Nikon Cooplix L19 Jadoel kesayangan saya yang selalu siap menemami kemana saya pergi. Catatan : Hanya ke WC dan Mandi saja kamera tidak dibawa.  iheihiehiehiheee.  Foto Asep Haryono


PERAHU KARET : Entah dari mana datangnya perahu karet sekilas mirip alat tim SAR ini bisa ada di anak anak?   Mau main perahu perahuan ya?  Foto Asep Haryono

GILIRAN  : Bergantian satu persatu anak anak itu melarungkan Perahu Karetnya.  Eits tunggu dulu Test Drive eh salah Test Sail dulu lah   Foto Asep Haryono

SERU : Ada yang naik perahu dan yang lainnya berenang di sebelahnya, Yang lain nyebur sendiri sendiri. Asyyyiknya anak anak itu.   Foto Asep Haryono

Kalau melihat tingkah polah anak anak yang senang bermain BANJIR, sekilas jadi teringat akan masa kanak saya dahulu. Jaman saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) di Jakarta Utara tepatnya di daerah Pedemangan, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, saya dan rekan rekan sebaya saya juga senang bermain air Banjir.  Orang orang pada sibuk beresin barang barangnya agar tidak terkena air, saya dan kawan kawan sebaya malah "sibuk" bermain banjir hiehiehiheiee/

Saya terus memandangi anak anak yang sedang main Banjir Banjiran tersebut.  Dalam foto memang terlihat ada sungai kecil bukan?   Coba liat di atas jelas sekali.  Bagi masyarakat di Pontianak dan juga di daerah lain pada umumnya, sebutan "sungai kecil" dalam foto di sebut dengan "Parit".  Kalau orang Jakarta bilang selokan atau Got, namun kalau di Pontianak sering disebut "Parit".  Kondisi "Parit" di Pontianak pada umumnya cukup bersih.

Banyak warga Pontianak melakukan aktifitas mencuci , bahkan mandi di Parit.  Jarang saya dengar ada orang atau penduduk lokal yang  jatuh sakit karena mandi atau cuci di Parit Tidak takut tenggelam kah anak anak itu bermain di Sungai seperti itu?  Saya tidak terlalu mengkhawatirkannya karena toh anak anak itu pada umumnya Mahir berenang.  Mungkin karena daerah Pontianak adalah daerah pesisir dann atau dialiri oleh Snngai Kapuas yang merupakan sungai yang terpanjang di Indoneisa, masyarakat di sini pada umumnya mahir berenang. (Asep Haryono)

30 comments:

  1. Yakin pertamax kali ini mah....hehehe....
    Kalo dilihat dari foto-foto tersebut nampak kelihatan sepertinya anak-anak merasa senang sekali bermain-main dengna air banjir :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiehiehie iya nih ck ck begadang hiehiehiee. Selamat sudah PERTAMAX dinihari hhiehiehiheiehiehiee Uhuiiiiiiiiiiiiiii

      Delete
    2. Boleh ikutan berenang gak kakak???
      kayaknya seru banget yahh. .:)

      Delete
    3. @Pudan Lubis : Hiehiehiehe bole bole silahkan hiehiheihee

      Delete
    4. boleh ikut berenang rebutan pertamax

      Delete
  2. Hehehe, tiba-tiba jadi taman rekreasi gratis buat anak-anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga anak anak. Mereka bisa menciptakan areal permainan sendiri

      Delete
  3. heran sy, nih kang asep masih sempat unt mengabadikan moment inih n menjadikan postingan. keren..keren... nothing imposible yaa kang...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah tema sebuah film yang dibintangi Kang Asep: Mission Impossible.

      Delete
    2. bintang besar tentunya..kalau bintang kecil untuk aby aja

      Delete
    3. @Cii Yuniaty : Oh ya kah? Masa sih? Ya Alhamdulillah sudah dibilang keren. Padahal ini cuma tulisan abal abal.

      @zachflazz : Hiehieiehiehiehiee

      @Agus Setya : HIieiehiehie. Alhamdulillah

      Delete
  4. kirain Kang Asep mau nyebur dari ketinggian. boleh juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. ide bagus dan brilian..pake kolor kan ?

      Delete
    2. @zachflazz : Hiheiheiheiheiheiheihee

      @Agus Setya : o Kolor mah sudah pasti donk

      Delete
  5. sungai kecilnya yang mana kang kok tidak kelihatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga kecil mas arif..
      hehehe

      Delete
    2. @Thanjawa Arif : Iya itulah PARIT nya. Lebar PARIT nya sudah menyerupai sungai kecil

      @argo raung : Hheihihee. Tepat sekali

      Delete
  6. semoga saja mas agus setya nggak ikutan berenang, nanti keluar jurus-jurusnya.. wkwk :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. jurus kodok apa jurus bangau nih kang ?

      Delete
    2. woi...kok malah saya ikut-ikutan sih, saya kan lagi nginang nih...

      Delete
    3. @natureve : Hahahahah a bang Agus emang keren. Di segala cuaca Panas, Hujan, atau Banjir sekalipun

      @Acara CB : Ooo tetap lah jurus KODOK andalan yang dimainkan

      @Agus Setya : Huaaaaaaaa

      Delete
  7. anak2 malah senang bila banyak air yah haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hieiee iya namanya juga anak anak :)))
      Dunianya adalah dunia bermain

      Delete
  8. dikota saya juga gitu, anak anak sangat antusias menunggu datangnya banjir, selain sekolah diliburin mereka juga bisa maen maen aer seharian,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dwi Alfina : Hieiehie iya mba. Benar sekali. Anak anak memang suka main AIR kadang juga suka main HUJAN HUJANAN.

      Delete
  9. ternyata benar-benar bebas banjir kang..betul keren sangat deh...
    kang asep kok gak pakai kolor ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya : HIeieh iya Pontianak memang dari dulu BEBAS BANJIR*

      *Banjir Bebas Kemana Mana

      Delete
  10. Iyaa bener nih, anak-anak kalo banjir malah seneng, berenang gratiiis :D
    Ah, bahagiaanya ^^

    ReplyDelete
  11. Ada Perahu karetnya, Kalau dilihat sekilas mirip banget kayak di WaterBom, tapi ini gratisan.. :D..

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog