Jual Milagros disini
Loading...

9 Tahun Bencana Tsunami Aceh

Catatan Asep Haryono

Tanggal 26 Desember 2004 akan menjadi tanggal yang tidak akan mungkin terlepas dari ingatan kita semua. Diawali oleh terjadinya earthquake (Gempa bumi) berkekuatan skala 8,5 SR (Sebagian pendapat menyebut 9.3 dan 9.1 SR-red)berpusat di Samudra India di kedalaman 20 km di laut berjarak sekitar 149 km selatan kota Meulaboh, Nanggroe Aceh Darussalam. 

Gempa dahsyat yang kemudian dengan sapuan gelombang Tsunami menghantam wilayah lepas pantai di Indonesia (Aceh dan Sumatera Utara) , Sri Langka, India dan beberapa negara di Asia Tenggara lainnya.  Ada banyak versi mengenai kepastian jumlah korban tewas akibat sapuan gelombang Tsunami waktu itu.  Korban tewas di Indonesia akibat Sapuan Tsunami diperkirakan lebih dari 120 ribu orang.
Gambar dari Internet


Ayah kehilangan istri dan anak anaknya yang hanyut terbawa gelombang Tusnami.  Ibu yang kehilanga Ayahnya yang ikut tewas karena Tsunami.  Anak anak yang kehilangan kedua orang tuanya karena tewas karena terbawa arus deras Tsunami.  Gedung gedung, fasilitas umum, jembatan dan semua infrastruktur menjadi rusak. Dan masih banyak kisah pilu lainnya.  Dalam rangka memperingati 9 Tahu Tsunami ini para Nelayan Aceh sepakat untuk tidak melaut selama dua hari. (DETIK COM).

Masyarakat Kalimantan Barat juga telah memberikan bantuan nyata dan perduli yang besar terhadap penderitaan rakyat Aceh dengan membangun infrastruktur berupa gedung Sekolah (TK, SD) dan perumahan bagi para guru senilai 3 Milyar rupiah.  Dana yang dihimpun dari DOMPET ACEH yang digalang ini semuanya diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur di Aceh.  (Suara Karya ONLINE).

Mengapa Infrastruktur yang dibangun? Bukankah makanan, selimut, Tenda, makanan Bayi, Pembalut dan obat obatan yang diutamakan dalam musibah Tsunami dahsyat di  Aceh tersebut?.  Drs Salman, Koordinator yang mendampingi penyerahan bantuan Rakyat Kalbar untuk Aceh mengatakan bahwa untuk makanan, obat obatan dll sudah ada yang mengurusnya. "Tapi pendidikan harus tetap berjalan, anak anak harus tetap melanjutkan sekolahnya, dan untuk itulah pembangunan (infrastruktur) ini diprioritaskan" tegas Pak Salman. (Asep Haryono)

26 comments:

  1. semoga bencana besar tersebut membangkitkan semangat maysarakat aceh untuk membangun dan memperbaiki diri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali,. Kita akan selalu ingat musibah ini
      Kita tidak akan lupakan

      Delete
  2. Semoga kejadian ini menjadikan pelajaran yang sangat berharga buat kita semua. Saling tolong menolong, saling menghargai dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Musibah memang bisa datang saja, Kapan saja
      Musibah datangnya sewaktu waktu,. Dan setiap kali datang tidak pernah memberi tahu

      Delete
  3. Jadi teringat kejadian tsunami waktu itu om :)
    semoga dengan adanya bencana alam itu semakin menguatkan iman kita utk selalu mengingat Allah amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat terjadinya TSUNAMI di Aceh, kami sekeluarga sedang berada di Jogjakarta. Berita TSUNAMI kami liat dari TV. Iya tadi malam saya liat Video Video TSUNAMI dari Youtube.

      Delete
  4. Semoga aceh menjadi lebih baik :) Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Amin ya Robbal Alaminnnnnnnnnnn

      Delete
  5. sebuah pelajaran yang tak mungkin dilupakan oleh rakyat indonesia

    ReplyDelete
  6. Semoga penduduknya bertambah tegar dan menjadi lebih baik lagi....

    ReplyDelete
  7. mari kita sejenak menundukkan kepala untuk mendo'akan seluruh korban Tsunami Aceh 9 tahun lalu, termasuk do'a untuk para keluarga korban yang selamat.
    ...Alfatehah.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mang Lembu : Amiiiiiiiiiin Semoga keluarga yang ditinggalkan para korban TUSNAMI ACEH segera bangkit dari keterpuruka dan kesedihan. Menatap masa depan yang lebih baik lagi

      Delete
  8. semoga tidak terjadi lagi bencana besar seperti tsunami ini ya kang... tapi mungkin bencana itu satu satunya cara untuk menghentikan GAM kali ya kang... hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Nady : ada berita memang saat terjadinya musibah GEMPA BUMI dan TSUNAMI ini bertepatan dengan konflik bersenjata TNI dengan GAM

      Delete
  9. bencana ini luar biasa yg harusnya jd pelajaran kita bersama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali. Namun HIKMAH juga harus diambil buat pemerintah INDONESIA Untuk siap dan cepat tanggap ika ada Musibah seperti ini. Penanganan terhadap korban bencana alam jangan lambat dan bertele tele

      Delete
  10. ngeri bangt tsunaminya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener sekali,. Saya sudah berkali kali liat tayangan VIDEO DOkumenter saat TSUNAMI menerjang ACEH dari YoutUbe

      Delete
  11. Semoga bencana besar tersebut membangkitkan semangat maysarakat aceh untuk membangun dan memperbaiki diri untuk kemaslahatan yang lebih baik.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Indra Kusuma Sejati : Aminnnnnnnnnnn

      Delete
  12. Peringatannya dengan berdoa supaya negara RI tidak ada lagi musibah dan bencana

    ReplyDelete
  13. momentum yang akan selalu mengingatkan kita untuk selalu merasa sebagai manusia yang teramat lemah.

    ReplyDelete
  14. I just bumped into your blog and after scrolling through your posts, I must say I really like it :) How about we follow each other? :)

    Also, do join my giveaway to win 2x30$ coupon to shop at Dressale! Just follow this link here: http://beneaththecoat.blogspot.ch/2013/12/want-these-shoes.html

    Kisses from Zurich,
    K.

    http://beneaththecoat.blogspot.com

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog