Jual Milagros disini
Loading...

Nikmatnya Pempek Palembang

Catatan Asep Haryono

Kalau mendengar kata Pempek Palembang tentu bayangan kita semuanya adalah cemllan santai berbahan dasar ikan Tenggiri yang merupakan salah satu makanan khas dari Palembang.  Kalau nda salah dari Sumatera Selatan ya?  Maklum aja untuk nama nama kota di Indonesia saya kurang hafal. HIheiheiee. *mengharukan*.

Ada banyak tempat orang jualan makanan khas Palembang (Baca : Plembang) ini di kota Pontianak. Salah satu yang terkenal adalah Pempek Palembang "Nurali".  Nah jika mendengar nama "Nurali" ini sekilas mirip nama burung ya. Saya sendiri kurang tau mengapa dinamakan demikian. Yang jelas letaknya memang di Jalan Nurali Pontianak. Ada banyak menu yang dijual di sini tidak hanya mengandalkan Pempek Palembang saja misalnya Bakso Urat, Nasi Goreng dan lain sebagainya.

Bagaimana cara membedakan Pempek Palembang yang ASELI dengan bukan? Saya sendiri kurang mengetahuinya. Taunya cuma beli dan makan saja. Kalau dirasa banyak dominan ikan Tengiri kali ya.  Apa kawan kawan di sini ada yang tau cara membedakan yang mana Pempek Aseli Palembang dengan yang bukan? Share ya.  Soalnya waktu pekan kemarin saya berkesempatan icip icip Pempek Palembang "Nurali" memang yahuud dan makyus seperti kata pak Bondan pakar Kuliner itu
SEDAP : Ini porsi yang saya pesan.  Pempek jenis Kapal Selam dan Dadaan yang mirip dengan otak otak, Kalau ndas salah sih hiheiheihee  Ada yang tau jenis jenis Pempek Palembang?  Foto Asep Haryono

Konon kata orang juga cara memakan Pempek Palembang juga ada urut urutannya? AH masa sih?  Saya sih langsung hap aja hiehiehiee.   Tapi memang ada kebiasaan juga kalau memakan Pempek Palembang ini. Kalau saya sih "adab" menikmati Pempek urutannya sebagai berikut.  



Pertama potongam kecil pempek Palembang dicocol pakei sebuah Garpu.  Kedua, potongan pempek Palembang itu di "rendam" ke dalam mangkuk Cuka nya sekalian di aduk aduk agar pempeknya "mandi" di sana. Ketiga, setelah "basah kuyup" dengan cuka, barulah pempek ini di "blesekkan" lagi dalam taburan Ebi dan timun.  Terakhir, antar dia ke mulut. Dan Happ. Enaakk. 

Konon masih kata orang juga, salah satu pembeda mana Pempek Palembang aseli atau bukan adalah cita rasa sensasi pedasnya.  Pempek yang aseli Palembang itu sensasi pedasnya "belakangan".  Sejatinya saya kurang tau membedakannya mana yang aseli dan bukan.  Ada yang tau? (Asep Haryono)

51 comments:

  1. berarti yg dijual di sini aseli toh. soalnya selesai makan, pedasnya baru datang. apa karena asamnya cuka itu ya yg membuat gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rusydi Hikmawan : Iya kata orang sih heiheihie. Sensasi rasa cuko Pempek nyo Oala Lemak Nian hiehiehiehiehe. Plembang . Top Wong Kito Galo hiheiheiheihieee

      Delete
  2. pempek palembang emang mantap rasanya, Pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Keke Naima : Hiheiheie iya. Tapi kata orang juga (eaa kata orang terus-red) kebanyakan juga kurang bagus karena CUKA nya itu heiheihiehiheihee. Bene tidakya Mene Ketehe jheihiehiehiheiheiheie

      Delete
  3. terus maksudnya pamer doang...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biki orang ngiler aja..

      Delete
    2. yg soal hadiah lomba kemarin minta ditambahin pempek 2 porsi.

      Delete
    3. @zachlfazz : Hheiheiheiiee Sepertinya itu. One Man Show wahiehiheiheiehiehiheiee

      @Cak Budy : Hiehiheiee ngiler ya

      @Pri Enamsatutujuh : Hiahiheiheiee Iya bener juga ya. Hiehiehiheiee.

      Tapi beneran loh saya pernah dihadiahi Pempek Plembang dari teman saya yang aseli orang Palembang. Dikirim paket paket TIKI isinya 5 Pempek Kapal Selam + Resep membuat cukanya hiehiheiheiee

      Delete
  4. lokasi langganan nih kalau mau makan pempek palembang, dari masa kecil sampai sekarang masih bertahan tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @artiirhamna : Oh ya kah Saya taunya lokasi Pempek di Jalan Nurali itu sejak tahun 1990 tahu pertama saya Kuliah heiehiehe. Wah sudah lama sekali dan masih bertahan ya

      Delete
  5. sampai sekarang saya kurang doyan dengan pempek, mungkin karena anyir :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Intan Sudibjo : Hiehihee iya kadang saya juga mencium ada bau demikian. Tapi itu kembali ke soal selra sih heihehiee. Kalau sudah yang namanya selera memang tidak dapat diperdebatkan

      Delete
  6. kalo di tasik pempek yang paling enak itu pempek palembang "calista", ada beberapa cabang yang bisa ditemukan pinggir jalan tapi rasanya khas. beli satu kapal selam itu dalam satu mangkuk itu sudah dicampur cuka, ebi dan timun.. nah kita tanggal makan aja tanpa ada acara celup-celupan hehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kirimin saya 1 porsi nggak, mbak

      Delete
    2. @Elsanawati Dewi : Iya hiehiehe Bagus gitu hiehiehiee; Langsung aja semua bahan dicampur asyik juga. Hiehiehiehe. Soalnya tiap orang punya seni dalam makan memakan . Termasuk makan Pempek Plembang ini.

      Sama seperti saya makan STEAK yang konon harus pake Pisau dulu untuk memotong motong. Ada yang tidak pake garpu dalam mencocol daging steak. Saya mah pake tangan aja. LEsehan. Memang unik memang, Itulah yang mewarnai heihiehiehiee

      @Cak Budi : Saya minta dikiriin 1 Kontainer

      Delete
  7. huwaaaaa...makanan kesukaan saya Pak Asep. saya biasanya langganan ke tempat Pak Rudiandi di Food Court sini...tapi kalau lagi pengen ya bikin sendiri, mumpung di sini ikan tengiri gampang banget dicari...

    saya pernah makan pempek palembang aseli dari sononya saat saya hamil...tapi makannya tidak di palembang lho...kebetulan ada seorang teman yang pulang kampung ke sana, nah sekalian saya nitip dibelikan...alamaaak cuko-nya itu lho...mak nyoooos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi ceritanya ngidam pempek ya, mbak

      Delete
    2. ya gitu deh Pak Budy...namanya juga ngidam..apapun sah dong ya..termasuk ngidam duit

      Delete
    3. @Khusna Khairunnisa : Wah sama donk. Ternuata pempek Palembang banyak peminatnya hiehiehiehiehie. Wah kalau sudah yang namanya DUIT, Saya juga mauuuu

      @Cak Budy : Ngidam Panci bisa

      Delete
  8. tesss.. tesss.. tesss..

    ngowos sambil ngiler kepengen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Budy Shinichi : Iya ya saya tidak menyangka foto yang saya jepret pake kamera Poket ini bisa menggoda selera makan kawan kawan heiheiheihiee. Terasa lezatnya si Pempek Plembang hiheiheiheie

      @Khusna Khairunnisa : Siapin Panci

      Delete
  9. baru sekali makan pempek mas... emmang rasanya enak... jadi pengen makan pempek lagi nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Sabda Awal : Iya sih enak heihehiehe.

      Delete
  10. aku kurang suka kang dengan empek empek nurali. Ada rasa yang aneh aja gitu. Gak seperti beberapa tahun yang lalu, rasanya cita rasanya berkurang deh.

    sekarang lebih suka dengan mpek-mpek yang di gajahmada

    ReplyDelete
    Replies
    1. @niee : Hmmm. Iya saya juga merasakan hal yang sama. Seperti ada yang kurang greget. Seperti berkurang SPICY nya ya. Entah karena perasaan saya aja ya. Hmmm.Kalau Pempek Gajah Mada boleh juga nih di coba Kebetulan deket sama kantor saya

      Delete
  11. yang dijual didekat rumah, asli nggak ya pempek palembangnya. hihihi
    tapi mantap kok.. kenyang lagi ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Sari Widiarti : Hehiehie iya kah? Eah enak lah kalau dekat dengan rumah. Lebih enak lagii diundang gretong hiehheiheihehiehiee

      Delete
  12. Lenggang telor, khasnya Palembang, juga kesukaan Gia nih pak..

    ReplyDelete
  13. Pempek kapal selamnyo mano gan :D daerah wong kito e..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaaaaaaaaaaaaaaaaaa
      Wong Kito Galo hiheiheiheiheiee

      Pempek Plembangnyo Lemak Niannnn

      Delete
  14. Masalah pempek serahkan sama saya kang, kebetulan dulu saya lama di palembang, bahkan sempet juga jadi penjual pempek.

    ReplyDelete
  15. @Azie Thea : Hiehheiheiee. Wong Kito Galo. HIhiehiehiheiee. Serahkan sama ahlinya deh hiehheiheiehe

    ReplyDelete
  16. Replies
    1. Hi hi makasih ya sudah berkunjung
      Iya Insya Allah kunjungan balik

      Delete
  17. Kang Asep dapet pesen gambar di blog saya. silahkan diliat pesennya ya Kang..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Kstiawan : Huaaaaaaaaaaa asyeeeeeek Dapat Award ya. Hiehiehihee. Meluncurrrrrrrrrrrrrrrr ke TEKAPEH

      Delete
  18. waah udah lama nih ga makan empek2 yg maknyus.. jd ngiler.. huhuuuu...
    Pengenya sih makan empek2nya langsung di palembang sono yg terjamin aslinya... hihihi.. *nunggu ajakan* :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Cova. Saya juga pengennya gitu. Selain icip icip Kulinernya, juga pengen lihat Jembatan MUSI yang terkenal itu

      Delete
  19. Pempek palembang asli palembang hanya di pulau sumatra saja. Selain yang ada di pulau sumatra sdah bisa di pastikan bukan pempek asli palembang.

    Betul?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Musjono : Hiheihiehiee iya bener juga ya. HIehiheiheiheiee

      Delete
  20. kebetulan saya juga suka sama pempek palembang. Dulu pernah makan dikasih sama temen heheehe :D
    yang paling saya suka adalah pempek yang kapal terbang. Maknyus pokoknya hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha baru ku dengar nih pempek Kapal Terbang. Yang saya tau sih jenisnya hanya ada JENIS PEMPEK Kapal Selam

      Delete
  21. maaf pak, bukan kapal terbang, tapi kapal selam hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kapalnya bisa terbang ya Mba ?

      Delete
    2. @Mba Ririn : Hiehiehie iya tidak apa hiehiehiehiehiehiehe

      @Indra Kusuma Sejati : Iya bisa Terbang (Kapal Terbang), dan bisa menyelam (Kapal Selam)

      Delete
  22. Empek-empek palembang memang menggiurkan dan nikmat, apalagi kalau szmpai di cocol dengan bumbu khasnya. Mantap.......

    Salam

    ReplyDelete
  23. kurang ajib ah kang asep pempek nurali nya, kemaren nyobain ga ada aroma ikannya...entah klo dulu, mungkin kah ada penurunan kualitas?...

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog