Jual Milagros disini
Loading...

Sumpah Untuk Indonesia

Gambar dari muhammadiyahunited.wordpress.com

Pemuda Indonesia harus mampu memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai dengan bidang dan kemampuannya masing masing. Terdengar klise namun dibalik itu semau peran pemuda dalam turut berperan secara aktif membangun Indonesia bukanlah semudah membalik telapan tangan.  Bagaimana upaya pemuda dan pemudi Indonesia dalam membangun bangsa  dan tanah air Indonesia saat sekarang ini?

Tidak mungkin menunggu sampai seluruh rakyat Indonesia bergelar sarjana untuk bisa membangun negeri ini.   Contoh yang sederhana adalah profesi mulia seperti guru. Mengapa harus Guru yang menjadi contoh teladan bagi kita semua? 

Tidak mungkin dinafikan peran guru lah turut membentuk karakter pemuda dan pemudi Indonesia sejak duduk di bangku pendidikan dasar  hingga mungkin sampai pada tinggkat pendidikan tinggi. Sungguh beruntung kepada mereka yang diberikan kesempatan merasakan bangku pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi atau universitas.

Jika berprofesi menjadi seorang guru maka berbuatlah yang terbaik sebagai pendidik dan pengajar.  Mendidik  calon pemimpin bangsa di masa depan dan membekalinya dengan pengetahuan dan bimbingan mental yang baik sehingga tidak akan terpengaruh oleh budaya hedonis yang berdampak buruk bagi perkembangan mental mereka.  

Sudah bukan rahasia lagi budaya Korupsi harus dianggap sebagai musuh utama bangsa Indonesia yang harus benar benar diperangi dan dibersihkan sampai ke akar akarnya.  Pemuda dan Pemudi Indonesia juga dapat mengfungsikan dirinya sebagai kontrol sosial agar arah pembangunan Bangsa Indonesia berjalan sesuai dengan yang telah diamanatkan  dalam Sumpah Pemuda tahun 1928

Jika Segenap komponen bangsa dengan kemampuan dan potensi yang ada pada dirinya punya kesempatan untuk berbuat untuk bangsa Indonesia , marilah mulai dari sekarang  wujudkan tekad untuk membangun bangsa ini dengan mengajak semua pemuda  pemudi Indonesia bersumpah

Pertama. Bersumpah Untuk Membangun.  Bahwa pemuda dan pemudi di seluruh Indonesia dapat memainkan perannya yang aktif dengan berkontribusi untuk bangsa dan negaranya mulai dari lingkungan yang paling sederhana dalam rumah tangga hingga kepada bangsa Indonesia

Kedua. Besumpah Untuk Maju.  Dengan bekal dan kemampuan serta ketrampilan yang dimiliki pemuda dan pemudi Indonesia diharapkan mampu melakukan terobosan dalam mengembangkan diri dengan menyerap ilmu dan teknologi terbaru. Pemuda dan Pemudi Indonesia tidak puas diri tetapi terus mengembangkan dirinya untuk maju bersama Bangsa Indonesia

Ketiga. Bersumpah Untuk Setia. Ketahanan pemuda dan pemudi Indonesia dalam menghadapi tekanan Internasional yang berpotensi memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa harus dapat diredam serta ditangkal sedini mungkin.
Ada banyak hambatan dan rintangan yang menghadang pemuda pemudi Indonesia.  

Dari tantangan, dan hambatan itulah pemuda pemudi Indonesia harus kembali menyusun kerangka dan konsep dirinya untuk membentuk kekuatan baru negeri ini  untuk bersama sama dengan komponen bangsa lainnya membangun bangsa Indonesia yang lebih baik.   Semoga.


32 comments:

  1. SUMPAHMU UNTUK INDONESIA
    LOMBA BLOG DALAM RANGKA HARI SUMPAH PEMUDA
    Kapan mas lomba-nya
    hehehe

    ReplyDelete
  2. Besok terakhir mas. 25 Oktober 2013. Buruan.
    Tolong kirim data-data untuk kelengkapan lomba blog Neo Sumpah Pemuda, dan kirim ke rizal.maulana[at]viva.co.id dengan di beri subjek "Neo Sumpah Pemuda".

    Data berupa: Username VIVAlog, Judul Blog, Link Blog, Nama Lengkap, Alamat, No Telp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Postingan-nya seperti di atas y mas

      Delete
    2. Ketentuannya bisa dibaca kok hiehiehie. Buat 3 sumpah pemuda VERSI Reusam Endatu sendiri lengkap dengan penjelasannya maksimal 500 kata. Dan seterusnya ada di sana Hieiehiehiee. Silahkan silahkan

      Delete
    3. makasih kang Asep info-nya

      Delete
    4. Ayo siap-siap di sumpah....... ha,, ha,, ha,,,,

      Delete
  3. sumpah pemuda khusus untuk para pemuda kalau sumpah orang tua ada nggak yah he..he...semoga menang kang lombanya kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Azie Thea : Hieiehie terima kasih. Ini aja kesannya mendadak. Ikut aja ah.

      Delete
  4. Semoga pemuda-pemudi sekarang bisa bangkit dari apa yang telah diperjuangkan dari pemuda/i terdahulu semasa masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Abed Saragih : Benar sekali, saya setuju. Semoga pemuda pemudi Indonesia bangkit dari ketidakberdayaan pemimpin saat ini dalam menangani kasus kejahatan Korupsi yang semakin tidak tertangani

      Delete
  5. tapi pendidikan dinegara kita matrealistis pak,gak tau sistemnya apa oknumnya yg salah tapi tetep aja berjalan seperti tak ada malunya.

    gurunya asik minta naik gaji,...
    muridnya asik main suap untuk mendapatkan kelayakan nilai.....gimana coba?
    ujung-ujungnya duit (UUD) juga kan

    pemuda harus mencontoh yg tua,tapi yg tua dah salah kaprah....ya mending mlumah,gurih tur sumringah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas Reo Adam/ Itulah salah satu tantangan terbesar yang harus dialami pemuda pemudi Indonesia saat ini. Mental yang tangguh

      Delete
    2. bener sekali. nggak salah dua kali

      Delete
    3. mental yang tangguh itu yang bagaimana kang asep ? tangguh nya negatif atau positif.
      Soalnya teman saya mentalnya tangguh sekali dalam hal makan, kalau tidak makan rasanya kayak diserang musuh. gimana dong ?

      Delete
  6. Ada tambahan satu lagi sumpah pemuda yg harus diucapkan saat ini mas,,,
    Bersumpah tidak korupsi jika menjadi orang penting nanti, hehehe ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIheiheie benar bangeds. HIheihie. KORUPSI memang harus diberantas sama sama. Tanpa pandang bulu.

      Delete
  7. berhrap smoga pmuda2 yg ada di indonesia ttap berbakti kepada bngsa dan negara,,jngan mlah mrusak dan mnghncurkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali. Saya harap PEmuda Pemudi Indonesia bahu membahu membangun bangsa ini dengan segala kemampuan yang ada pada dirinya

      Delete
  8. Wah, sudah mepet nih, kok saya g tahu ya? Coba tahu pasti ikut saya (modus).

    Semoga menang, pak. Nunggu traktirannya aja deh!

    ReplyDelete
  9. Kalu ingat arti sumpah itu saya takut banget kang Kalau tidak bisa menjalaninya dan komitmen terhadap sumpah yangpernah di ucapkan, waduh,,,,,,, repot benar deh.


    Salam

    ReplyDelete
  10. bersumpah menjadi orang jujur yang takut kepada TUHAN...adalah salah satu jalan untuk mewujudkan indonesia yang aman dari koruptor :-)

    ReplyDelete
  11. wah lagi ikutan kontes ya kang... saya doakan menang ya kang.. karena tulisan kang asep sudah tidak bisa di remehkan lagi.. sudah sama dengan jurnalis profesional deh..... hehe

    ReplyDelete
  12. asal jangan nyumpahin ya Kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sumpah , aku pengen ikutan :| .

      Delete
  13. Pemuda bukan hanya harapan pemudi saja. Pemuda (dan pemudi) adalah harapan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Pemuda (dan pemudi) calon penerus perjuangan untuk mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Tentu untuk mewujudkan pemuda (dan pemudi) harapan bangsa dibutuhkan pendidikan yang baik. Namun faktanya pendidikan saat ini lebih banyak yang menekankan pada 'mencetak murid yang pandai atau pintar'. Adakah lembaga yang juga mendidik muridnya agar menjadi 'anak yang berbudi luhur' ? Coba perhatikan pujian sebagian orang tua, begitu bangga karena melihat anaknya cerdas di bidang ini dan itu. Lalu apakah ada orang tua yang bangga karena akhlaq anaknya yang mulia. Bila hal ini tidak kita perhatikan akan sia-sialah tampaknya Sumpah Untuk Indonesia.

    Semoga sukses. Salam cemerlang!

    ReplyDelete
  14. sumpah, saya dukung Kang Asep utk juara kok..

    #makan-makan

    ReplyDelete
  15. walaupun guru sekarang bukan lagi pahlawan tanpa jasa (karena guru sekarang sudah terima gaji apalagi PNS), tanpa guru bangsa ini takkan terdidik seperti yang disebut di atas, sebagai modal untuk membentuk karakter bangsa, ya guru kerjaannya :)

    tapi kita semua harus ikut andil dalam membentuk karakter bangsa :)

    ReplyDelete
  16. Kalo saya Kagak Berani Sumpah Sumpahan ahhh Takut kagak Kelakasanain Nati malah Dosa Lagi Karena Sumpahnya kagak Terlaksanakan :D

    ReplyDelete
  17. setuju banget dengan Sumpah untuk Indonesia versi blog ini, sungguh sangat pas jikasumpah ini disosialisasikan keseluruh pelosok negeri, khususnya kepada para pemuda, agar mematrikan ketiga sumpah diatas dalam dadanya....untuk itu sangatlah layak jika artikel inilah yang jadi pemenang kontes ini....;o)
    kalau menang inget loh 10% dikirim ke Rekening KPK dan 3%nya transfer ke Cilembu...okeh?!

    ReplyDelete
  18. Aku mau bersumpah untuk pemudi saja, pak
    bolehkah..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oooh ga boleh ya, pak..?
      *sampluk panci

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog