Jual Milagros disini
Loading...

Selamat HUT 242 Thn Pontianak

Catatan Asep Haryono

Tidak terasa hari ini Kota Pontianak, Ibukota Propinsi Kalimantan Barat genap berusia ke 242 (Dua Ratus Empat Puluh Dua) Tahun tepatnya tanggal 23 Oktober 2013Kota Pontianak pertama kali saya melakukan "invasi"  pada tahun 1990 silam memberikan banyak pencerahan dan suasana dinamis selama saya berada di propinsi nan gemuk ini.

Waktu itu saya milih kota Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak sebagai pilihan pertama dalam formulir UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi-red) yang saya isi di tahun 1990.  Pilihan keduanya jatuh pada USU (Universitas Sumatera Utara) Medan, dan ternyata akhirnya UMPTN yang kedua yang saya ikuti ini berhasil lulus.  Pada UMPTN yang pertama tahun 1989 saya memilih UNPAD (Universitas Padjajaran) Bandung dan IKIP Jakarta jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris. 

SIMBOL : Kantor Gubernur Kalmantan Barat berdiri megah di jantung kota Pontianak.  Simbol pemerintahan Propinsi Kalimantan Barat ada di sinil  Foto Asep Haryono

Ya sudahlah episod melankolis UMPTN nya.  Kembali kepada artikel semula, nah Ada beberapa catatan yang ingin saya sampaikan sebagai "kado" buat Ultah kota Pontianak yang ke 242 (dua ratus empat puluh dua) tahun yang jatuh pada tanggal 23 Oktober 2013 ini


Pertama. Tanggal 23 Oktober 2013 ini tidak terlepas dari Hari Ultah Ibu Haryono yang juga jatuh pada tanggal dan bulan yang sama.  Soal tahun lahirya off the record aja ya.  Iya Rudi Maryati SPd, seorang Ibu, istri dan juga partner dalam hidup saya yang sudah memberikan segalanya buat saya bersama kedua anak saya, Abbie Muhammad Furqan Haryono (5 thn) dan Tazkia Montessori Putri Haryono (2,8 Thn).   Bu Uud adalah nama kecilnya juga ber Hari Jadi yang sama dengan kelahiran kota Pontianak.

Kedua
  Minimnya Sarana Hiburan.  Mungkin karena luas kota Pontianak cukup tidak lebar untuk ukuran saya.   Kota yang didirikan pada tanggal 23 Oktober 1971 ini berasal dari Bahasa Melayu ini kini mungkin akan kembali dipimpin oleh H. Sutarmidji, S.H., M.Hum yang memperoleh suara terbanyak pada Pilwako kemarin.  Bang Midji (Sapaan akrabnya) perlu memikirkan suatu areal khusus sebagai rekreasi keluarga yang tidak berpindah pindah terus seperti sekaran ini
MENDIDIK : Pameran Komputer sering diadakan di kota Pontianak. Ajang seperti ini cukup positif untuk memberi hiburan yang mendidik buat generasi muda. Seperti dalam foto ini seorang pengunjung anak anak tertarik dengan komputer. Foto Asep Haryono
ANAK ANAK : Bahkan untuk peringatan Gebyar PAUD selalu diadakan di Taman Alun Alun Kapuas. Harus ada tempat lain untuk menjadi tempat hiburan buat keluarga. . Foto Asep Haryono

Ketiga
Wisata Budaya Diperkuat. Sudah bukan rahasia lagi kalau kota Pontianak sangat minim jenis Wisata Alam karena memang tidak akan ada.  Namun Wisata Budaya sangat kuat dan berpotensi menjadi daya tarik wisaawan DN/LN.  Even yang digelar seperti FBBK (Festival Bumi Budaya Khatulistiwa) perlu dipromosikan lebih gencar dan dukungan dana yang besar.  Misalnya Lomba Balap Kopi, Parade Budaya bak Festival Jember yang mendunia itu, Lomba Supit, Pemilihan Bujang dan Dare kota Pontianak dan masih banyak lagi.
WISATA : Masjid Jamek Pontianak merupakan salah satu magnet wisata yang sangat kuat untuk menarik pengunjung baik dalam maupun luar negeri untuk berkunjung ke kota Pontianak. Foto Asep Haryono
NAGA : Atraksi wisata malam (Night life) seperti arakan Naga ini sangat indah dan menjadikan kota Pontianak sangat nyaman dikunjungi bahkan untuk berwisata  malam hari.   Foto Asep Haryono

Keempat.
Kuliner Daerah Dilestarikan.  Banyak makanan khas kota Pontianak yang amat terkenal di seluruh Indonesia seperti Dodol Duren, Kue Bingka Berendam dan banyak lagi bisa menjadi simbol aneka Kuliner unik dan khas Daerah menjadi daya tarik yang kuat buat wisatawan.  Selain kuliner Internasional sebaiknya tradisi Kuliner lokal juga dipertahankan. Tunjukan kepada dunia bahwa Inilah warisan budaya kota Pontianak.

Kelima.
Kikis Budaya Korupsi.  Sudah bukan rahasia lagi kejahatan Korupsi merupakan kejahatan paling mengerikan di persada pertiwi negeri ini. Dari pejabat tinggi hingga kepada kepala daerah diduga kuat terlibat mafia dan korupsi.  Pemkot Pontianak harus mampu menjamin aparaturnya BEBAS KORUPSI.  Bukan korupsi bebas dimana mana ya.  Hukum berat pelaku Korupsi sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dengan se adil adilnya.

Keenam.
Disiplin Warga.  Sudah bukan rahasia lagi mental dan disiplin semua warga kota Pontianak pada khususnya dan seluruh warga Kalimantan Barat pada umumnya harus lebih ditingkatkan lagi.  Dengan warga yang displin dari aktifitas apa saja Insya Allah akan membawa dampak yang baik dan akan menjadi contoh bagi yang lainnya untuk menerapkan hal yang sama
KELUAR : Seorang pengendara tidak sabar menunggu lampu lalu lintas berwarna Hijau.  Berniat menerobos bahkan harus memutar walau sudah ada tanda larangan jelas di sini. Foto Asep Haryono

TIDAK PERDULI  : Tiga pengendara ini bukannya tidak tahu aturan harus berhenti di belakang Marka. Karena papan larangan sudah jelas di pasang di sebelah kanan.  Pengendara wajib berhenti di belakang Marka. Mereka tidak perduli. Foto Asep Haryono
BEBAS: Seorang ibu berjalan tidak melalui jembatan penyeberangan atau jalur khusus menyeberang di jalan. Selain tidak enak diliat juga beresiko tertabrak kendaraan.. Foto Asep Haryono

MERUSAK : Baliho dan spanduk tidak beraturan letaknya seperti ini sering mengganggu konsentrasi pengendara. Selain juga membuat pemandangan tidak enak dilihat. . Foto Asep Haryono

Saya menyambut baik berbagai fasilitas keindahan kota Pontianak misalnya dengan banyaknya Mall Mall, dan prasarana lainnya untuk memperindah dan mempercantik kota Pontianak yang sudah dilakukan oleh Pemkot Pontianak bekerja sama dengan pihak swasta dan individu lainnya.  Perbaikan dan penyempurnaan Bandara Udara Internasional Supadio sedang dalam tahap under construction (pembangunan-red) ini juga sebuah terobosan yang hebat.


Barangkali setakat ini saja dahulu catatan pribadi saya sebagai "kado" kepada kota Pontianak tercinta yang berhari jadi yang ke 242 ((Dua Ratus Empat Puluh Dua) yang jatuh pada tanggal 23 Oktober 2013 ini.  Selamat Ulang Tahun Kote Pontianak Tercinte.  Kamek bangge rasanye jadi warge kote Pontianak.  Met Ulang Taon Jak ye.  Bile kite makan makannye ne.  Jamin la (Asep Haryono)

45 comments:

  1. selamat ultah kota pontianak, mudah2an kapan2 bisa bekunjung kembali ke pontianak kalbar ini, kota yang sungguh keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya. Mudah mudahan bisa berkunjung lagi ke kota Pontianak. HIehiheie. Hari ini di kantor saya pada pake Busana Teluk Belanga untuk karyawan pria, dan Baju Kurung untuk kaum wanita nya hihihhi

      Delete
  2. maju terus ya pontianak... !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih mba Ay :)
      Salam dari kota Pontianak

      Delete
  3. Selamat hari jadi Kota Pontianak, sukses selalu untuk para pemimpin dan warganya dalam membangun daerah yang adil dan merata.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih bang Indra Kusuma Sejati atas harapan dan doanya. Semoga dikabulkan oleh Allah SWT AMinnnnnn

      Delete
  4. selamat ulang tahun Bu Uut, semoga sabar ya menghadapi Kang Asep yang nakal. ehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hieiehie iya Insya Allah dia juga baca artikel dan komentar komentar di sini iheiheiheiheihee

      Delete
    2. Nama lengkapnya Uut permatahati ya, pak..?
      Pinter nyanyi dangdut dong..?

      Delete
  5. Semoga sehat selalu buat Bu Uut dan Pak Uut, dan semua keluarga Bu Uut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Terima Kasih dari kami sekeluarga di Pontianak

      Delete
  6. waahhh... waktu bapak UMPTN aku baru lahir. hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaheiheiheieiee. Beda jauh ya. Beda Generasi. Yang jelas angkatan saya sudah SENIOR (kata pelipur lara dari TUIR) iehiheiheiheiheihiee

      Delete
  7. Semoga keluarga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan rejeki. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Amin AMinYa Robbal Alaminnnnnn

      Delete
  8. duh pengin kesana wisata kuliner deh

    ReplyDelete
  9. Selamat ulang tahun kota Pontianak :) semoga makuin maju dan makin sejahtera semua orang-orang disana. Btw, kok hampir barengan sama hari jadi kampung saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya kah mas Arief? Memang tanggal lahir kotanya kapan tuh?

      Delete
  10. Selamat ulang tahun buat Bu Uut... semoga panjang umur, sehat, sukses dan berlimpah barokah dariNYa. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Terima kasih atas ucapannya. Bingung juga saya padahal FOKUS utama artikel ini membahas HUT Kota Pontianak Hiehiehiehiee

      Delete
  11. Pontianak sudah berusia 242 tahun... Kota Madiun baru 95 tahun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya kah Madiun>? Wowwwwwwwww

      Delete
  12. Sekali-kalinya ke kalimantan cuma sampe samarinda aja, om. Tengkiu sharingnya....Salam kenal dan jalau sempat mampir ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya kah? Sama saya juga malah belum pernah sampai ke Samarinda, Palangkaraya dan Banjarmasin. Hiehiehihie. Cuma di Pontianak aja

      Delete
  13. selamat ulang tahun buat bu asep n kota pontianak,,,,,,,

    bebarengan ngrayainnya ya pak,,, jadi tambah meriah,,,,

    ngomong" kalau diambil dr bahasa melayu berarti kuntilanak

    ReplyDelete
    Replies
    1. IAlhamdulillah. Terima Kasih atas ucapan selamatnya buat yang Berultah yang bersamaan tanggal dan bulannya ini hiehiehiee.

      Iya benar sekali, nama itu berarti seperti demikian.

      Delete
  14. Saye juga bangge ngan kote pontianak..
    emg perlu om tempat wisata rekreasi perlu dibuat lagi..
    jangan nak tekorem korem yak.. buat suasana yg baru. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha wah ada bang Agus hiehiehie. Iya nih perlu sekali dibuat wilayah atau tempat khusus untuk wisata Keluarga untuk bersantai. Ruang Hijau yang asyik dan jangan berpindah pindah terus heihiehehiehiee

      Delete
  15. Selamat ulang tahun buat kota Pontianak semoga makin maju dan makin sejahtera masyarakatnya, kirain kang Asep yang ulang tahun ke-242 hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah Kalau saya ultahnya bulan April 2013 kemarin suidah lewat iheihiehiehiehiehe. Terima kasih atas ucapan selamatnya. Semoga Bang Midji membacanya

      Delete
  16. saya ngucapin selamatnya dobel kang, buat kota pontianak semoga makin maju, dan buat pendampingnya alias mantan pacar kang Asep, semoga makin solehah dan berbakti pada suami

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillah. Sejuk sekali komentarnya hiehheihee. Terima Kasih

      Delete
  17. Jangan dibilang miskin hiburan pak
    Kalo pengen refreshing, tinggal nyebur aja ke sungai Kapuas. Anggap saja di waterboom gratisan, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahahhaah Ntar kelelep saya. Serenada blogger tak bisa berenang

      Delete
    2. Ah elah gitu aja kok repot
      Nih aku kasih ban... tal

      Delete
  18. Selamat ulang tahun untuk kota kita yo mas, moga makin maju dan berbudaya. Selamat juga buat istrinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya terima kasih sudah mampir heiiehiehiee Met Ultah kota ku sayang, Pontianak.

      Delete
  19. Waah sudah berumur ternyata Pontianak ya.
    Barakallah Pontianak dan bu Rudi. Semoga sepanjang usia berkah dunia-akhirat dan menjadi lebih baik lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Terima Kasih hihihihihi

      Delete
  20. selamat ulang tahun buat kota pontianak,moga makin maju dan makmur.

    dan selamat ulangtahun juga buat bu uut,moga sukses selalu,dunia dan akhirat...aamiin

    maap pak asep,saya baru sempet mampir.
    tadi siang onlen sebentar ngisi jam rehat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiehe iya nda apa kok Mas Reo Adam. Santaii saja kalau sama saya mah hiehiheiehiehe. Teriima kasih atas ucapan dan doanya. Semoga dikabulkan oleh ALLAH SWT Aminnnnnnnnnnn

      Delete
  21. HBD pontianak...smoga mkin mju dan damai sjahtra

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog