Jual Milagros disini
Loading...

Menikmati Menu Makan Siang Di Rumah

Foto Asep Haryono
Catatan Asep Haryono

Alhamdulillah akhirnya sampailah pada tulisan tentang kuliner. Kali ini bukan wisata kuliner dalam artian makan diluar, tetapi menu makanan rumah alias menu masakan orang rumah.  Terus terang kalau saya sih kurang begitu pandai masak memasak organik alias memasak berat.

Saya hanya praktis praktis aja seperti masak mie rebus merek tertentu (Mohon dimengerti kalau saya tidak suka mencantumkan nama merek produk iklan commercial, tapai eh salah tapi saya tidak takut untuk menuliskan review produk yang saya pakai-red). 

Nah "prestasi" saya dalam masak memasak tidak ada yang menarik. Paling banter sesekali saya bereksperimen mencoba resep dari buku resep yang saya beli dari toko buku dan diuji coba di dapur Asep. Hiheihiehiehiehiehe. 

Ada catatan kecil saat istri tercinta berulang tahun pada tanggal 23 Oktober 2012 yang lalu saya memberi "hadiah" buatnya Omelet Mie. Resep membuat Omelet Mienya ada di resep dan diinternet juga loh. Hiehiee.  Silahkan diliat tulisan Omelet Mie saya di sini.   Hasilnya memang tidak karuan namun senang karena Omelet Mie itu saya hadiahkan kepada istri tercinta,. Uhuiiiiiiiii.  Nah bagaimana dengan menu makan siang saya kemarin di rumah?  Berikut catatannya buat anda.

Meriah Masak Sendiri
Menu makan siang kemarin yang ingin saya bagikan adalah Sayur Bayam dengan Jagung , Ayam Goreng , dan sambel. Sedangkan untuk minumnya Jeruk aja. Murah meriah semuanya. Untuk minum jeruknya mekaia Sirup merek tertentu yang banyak dijual bebas. Dari dulu saya suka dengan minuman jeruk dan atau Jus Jeruk. Dulu waktu saya masih aktif di KangGuru Indonesia dan sering mengadkan consultative meeting di Denpasar, Bali, setiap kali breakfast atau dinner saya selalu pake jus Jeruk.

Untuk sayur Bayamnya senang dengan jagung iieiheiheiee.   Nah nah menu seru ini hanya sesekali disajikan dalam seminggu,  Menu makan siang di rumah yang dimasak istri tercinta selalu bervariasi mulai dari hari Senin sampai dengan hari Sabtu. Tidak banyak kontribusi dari saya untuk soal masak memasak ini. HIheiheie. Selain tanya tanya, saya juga praktek masak dari buku resep.  Campurin semua bahan, diracik, diolah dan dinikmati. Hasilnya ampuradul hiehiehiehiee.

Sayur Bayam Jagung.  Foto Asep Haryono

Porsi lengkap Makan Siang kami.  Foto Asep Haryono

Ayam Goreng. Uhuiiiiiiii   Foto Asep Haryono

Minuman Jeruk Es.  Foto Asep Haryono

Ada catatan kecil lainnya di sini adalah mengurangi kebiasaan menggunakan Bumbu Racik Instan yang banyak beredar di pasaran. Kan ada tuh bumbu racik Ikan Goreng, Bumbu racik siap saji Sayur Asam, Sayur Lodeh , bumbu siap saji membuat rendang dan masih baaaaaaaaaanyak lagi bumbu bumbu racik yang praktis dan siap pakai, mudah dibeli di berbagai toko dan supermarket.   Ini memang selera juga sih loh. Jika selera kawan kawan mauj praktis ya silahkan memakai bumbu racik instant.  Bebas aja :))

Nah bagaiman dengan Sambel? Uhuiiiiiiii.   Bagi penyuka pedas seperti saya, pasti tidak lengkap kalau menu masakan yang dimakan tanpa ada sensasi pedas (ssss hah ssssss hahh ssss hah). Nah untuk menu makan Siang kemarin saya jajal sendiri membuat Sambel Terasi yang bahan bahannya mudah didapat seperti Terasi, gula putih, cabe merah dan cabe rawit,l dan juga tomat. 

Nah inilah Sambel Terasi ala rumahan yang bisa dibuat siapa saja.  Walau banyak tersedia Sambel Terasi instant di pasaran, namun saya suka meracik Sambel Terasi sendiri.  Keculai eh kecuali mau traveling atau trip ke luar kota, biasanya saya selalu menyelipkan Sambel Terasi Instant merek tertentu. Praktis Mudah dan sudah pasti Pedas. Ya Iyalah naman juga Sambel.    (Asep Haryono)

11 comments:

  1. Sayur + nasi + sambel udah nikmat lan mantrabs apalagi plus ayam... bikin keringet di mulut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiehiehie. Iya bener bener hihihihie. Keren keren hiehiehie. Masak sendiri memang huasyeeeeeeeeeeeeeek

      Delete
  2. Hm..... buat ngiler aja nih photonya. Kalau utuk urusan lauk pauk seperti ini mah, pasti oke, apalagi kalau di sajikan dengan bubum dapaur yang non instan di tambah dengan suguhan kasih sayang. Pasti nimat banget deh.

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi iya kah. bener bangeds. Tapi selera masing masing sih, mau masak sendiri dengan bumbun olahan sendiri atau langsung pake bumbu instans silahkan aja hiehiehiheiheihee

      Delete
  3. Replies
    1. heya Momoy, iya benar sekali. :)

      Delete
  4. oh. pertama kali diat. gimana rasanya kak asep ?

    ReplyDelete
  5. lihat gambarnya jadi pengen makan
    wah top banget, bikin laperrrr
    apalagi pake sambel terasi wuihhh mabtab pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiieheie kalau sambel terasi nda punya, ya pake sambel terasi instant aja Hiheihiehiheiee

      Delete
  6. Kayaknya enak banget ya pak menu masakannya Sayur Bayam dengan Jagung, ayam goreng, dan sambal goreng. Ini cocok untuk dihidangkan saat makan siang tiba. Selain mudah untuk disajikan atau cara memasaknya, juga menarik. Thanks pak atas sharing nya. Ntar kapan-kapa saya coba memasak menu tersebut ^^

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog