Jual Milagros disini
Loading...

Pak La ,Penjual Es Sari Kacang Hijau


 Catatan Asep Haryono

Setelah kemarin bercerita tetang Pak De,Penjual Sayur keliling, nah kal ini saya mau cerita tentang Pak La, Penual Es Sari Kacang Hijau.  Namun tunggu dulu, apa ada yang suka es Sari KacangHijau?  Es Sari Kacang Hijau ini mungkin agak sedikit "beda" dengan Es Kacang Hijau.  Mungkin secara sederhana dalam pengertian saya adalah Kacang Hijau yang dikasih Es batu ata Es Serut. Hiehiheiheiheie.

Nah jika kawan kawan berada di kota Pontianak, bisa dengan mudah berkunjung ke penjual es sari kacang hijau langganan saya.  Bukan di Kafe , Pub , Kafetaria , Kantin atau di Mall ya.   Salah satu penjual es sari kacang langganan saya adalah berada di lapak, alias dipinggir jalan. 

Walah sudah bekerja sebagai orang "kantoran" namun selera saya tetaplah selera pinggir jalan. Tukang jajanan pasar, dan lesehan dipinggir jalan.  Namanya juga selera.  Selera memang tidak dapat diperdebatkan.  Saya mau cerita sedikit tentang Penjual Es Sari Kacang langganan saya, Pak Lah.  Berikut catatannya.

Panggilan kesehariannya Pak Lah.  Padahal nama aselinya adalah Bapak Suranto, namun beliau lebih suka disapa dengan panggilan Pak Lah.  Siapakah Pak Lah?  Seperti yang sudah saya sebut pada bagian awal tulisan ini, beliau adalah penjual Es Sari Kacang Hijau langganan saya.   Beluay biasa menjajakan dagangan es sari Kacang yang mangkal hampir setiap hari di depan Restoran fajar di bilangan jalan Pahlawan, Pontiamak

Persis letaknya di depan restoran fajar atau di depan tukang bakso rudal. Hampir seminggu sekali saya pasti menyempatkan diri untuk membeli sebungkus es sari kacang hijau. Yah paling apes kaalw hari itu tidak ada es Sari kacang, maka saya akan memilih menu lain yang tersedia. Es Air Tahu. Wah seger banged. Apa lagi kalau diminum pas tengah hari. Wadoh seger.

Add caption
Siang siang nan panas di kota Pontianak memang kadang menyesakkan. Cuaca yang begitu susah diprediksi selalu melanda kota Pontianak tecinta.

Bisa dibayangkan jika hari ini hujan turun dengan lebatnya hingga berhari hari lalu kemudian di susun dengan panas menyengat. Begitu juga sebaliknya jika panas kemarau hingga berhari hari lamanya tiba tiba hujan datang deras mengguyur seluruh kota Pontianak.

Hahah apa hubungannya sama paragraf pertama saya di atas yang ngomongin penjuas es Sari Kacang. Hahaha memang nda ada.

Nah yuk kita liat apa sih menu minuman yang mau saya ceritakan sedikit aja di sini. Ya siapa lagi kalau bukan es sari kacang. Hmm membayangkannya aja udah bikin ngiler ya, apalagi meminum es sari kacang hijau yang sudah dibuat halus dengan blender itu dalam sebuah gelas yang diisi dengan butiran es. Lebih sip lagi kalau ditambah dengan susu baik itu susu coklat maupun susu putih. Kan yang namanya susu tidak selalu putih. Susu coklat lah salah satunya. Nah penggemar Es Sari Kacang memang banyak di kota Pontianak, dan juga mungkin dikota lainnya di Kalimantan Barat. Sayang sekali tidak ada.


PINGGIR :  Posisinya sekarang berada persis di depan Restoran Fajar di Jalan Pahlawan Pontianak.  Semoga lapak beliau tidak digusur Satpol PP karena dianggap PKL Liar.  Foto Asep Haryono
Ini sedang "meracik" Es Air Tahu.  Ada yang suka?   Foto Asep Haryono


Penjual Es Sari Kacang ini mengaku memiliki seorang anak laki laki yang baru saja menyelesaikan bangku sekolah SMAnya. Dia bilang akan berusaha menyekolahkan anakknya ditingkat yang lebih tinggi. "Saya punya anak yang tinggal tidak jauh dari sini, kalaw kamu ada kerjaan di kantor bolehlah titip anak saya ya"  katanya.  Hhiehiheie iya deh.  Saya pun menjelaskan kepadanya kalau pun kantor buka lowongan pasti akan diumumkan secara transparan di media massa.

Ia pun menjelaskan kalau harga es Sari Kacangnya sudah naik. "Dulu memang tiga ribu sebungkus, sekarang apa apa sudah naik, beli beras aja sudah naik harganya, dan apa apa naik makanya sejak bulan kemarin harganya sekarang sebungkus es Sari Kacang 4000 rupiah ya " jelas Pak Lah.  Suatu permintaan yang wajar ditengah tengah naiknya harga harga ini.

Mendengar kata penjual es Sari Kacang ini saya hanya menjawab "iya Insya Allah". Nah apa yang dapat kita lakukan untuk membantunya bisa berkembang dan maju taraf hidupnya. Sayang sekali saya tidak tau namanya, dan saya yakin saya akan tau dalam beberapa hari ke depannya lagi untuk mengorek keterangan lebih banyak tentang dirinya. Penjuas es Sari Kacang ini bersahaja, dan jujur. Saya senang.  (Asep Haryono)

34 comments:

  1. wah ini kesukaan saya mas, es sari kacang hijau bikin seger dan tentunya menyehatkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiehiehe. Apa kabar hari Senin ini? Iya kah? Iya sama. Es Sari Kacang Hijau juga salah satu es kesukaan saya hiheiheihiee. Makasih ya sudah mampirsssss

      Delete
    2. bikin hijau mata kaya liat kacangnya sari gak pak..?
      *sambit panci

      Delete
  2. aku kok baru tau ada es air tahu. Di tempatku keknya ga ada deh. Adanya es sari kedele ma sari kacang ijo.
    Tapi klo ngliat gambarnya keknya es sari kacang ijonya 'racikannya' beda nih ma di t4 lain. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @covalimawati : Es air tahu mungkin sama lebih kurang dengan kembang tahu kayaknya deh. Bisa dicampur dengan susu kental dan atau dengan tambahan satu sendok gula pasir biar agak tambah manis. HIheihiehiehiehiehie.

      Iya ini bukan murni Es Kacang Ijo. Ini adalah sari kacang Hijau aja. Tidak ada butiran kacang hijau yang kasat mata jika membeli semangkuk Bubur Kacang Hijau. Es Sari Kacang Hijau adalah sarinya aja. Mungkin bahan dasarnya kacang hijau juga yang sudah dihaluskan atau diblender.

      Racikan es Sari Kacang Hijau ini hanya ditambahka susu kental manis merek apa saja agar terasa lebih nikmat. Gitu deh mba Cova. Terima Kasih sudah mampirsssssssss

      Delete
    2. ckckck.. mantap skali penjelasannya.. pernah jualan dimana mas? hihihiii.. :P

      Delete
    3. kacang hijaunya ditumbuk gitu pak..?

      es kembang tahu juga baru denger
      bukannya itu biasanya disayur..?

      Delete
    4. @Rawins : hiehiehiehiee kita ini "satu sekolah" alias sama sama dari Pulau Kalimantan. Hiehiheie ya tradisi di Pontianak (Kalimantan Barat) memang unik kulinernya. Misalnya saja Nanas. Siapa yang tau Nanas? eheheiheie Insya Allah pada tau semuanya.

      Nanas aja bisa dijadikan makanan sayuran atau lauk makanan mulai dari pacri nanas yang segar dan bisa dijadikan temen masakan. Khusus untuk menu Kuliner Melayu Pontianak yang masih belum keterima sama perut sayaa adalah "tempoyak". Bahan dasar Duren yang sudah difernentasi, Bagi saya tidak tahan sama aromanya yang menyengat. Saya sering throw up (muntah) jika icip icip tempoyak ini.

      Delete
    5. @covalimawati : Hieeieiei dulu saya jualan es potong sama Ban Zachflazz di ujung jalan sama dekat masjid. Namun karena belum prospek ganti profesi jadi pencari kodok. E akhirnya bubar gitu deh hihihiheiieee.

      Delete
  3. saya belum pernah merasakan es sari kacang hijau apakah ada bedanya dengan es dari kedelai, proses dan pembuatanyya?apalagi es tahu, apa lagi ini, apakah dari bekas saringan tahu yang biasa di jadikan tempe menjes atau tempe mbus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya : Iya ini es Sari Kacang Hijau yang halus. Es Sari Kacang Hijau ini bahan dasarnya Kacang Hijau aja yang mungkin telah dihaluskan atau diblender. Sedangkan untuk air Kedelai, mungkin yang sering saya coba adalah susu kedelai.

      Di Mall mall juga banyak tersedia susu kedelai dalam bentuk bubuk. Bubuk Sari KEdelai yang bisa siap minum. Mirip memang dengan susu bubuk

      Delete
  4. es sari kacang hijau memang enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @KeKe Naima : Iiehiheiheie. Iya kah? Hihihi es Sari Kacang Hijau memang asyik dan menyegarkan. Hiheiheiee. Baru saja saya beli 2 gelas sari kacang Hijaunya hihieiehiee

      Delete
  5. Yg belum pernah es sari tahu! Gimana ya rasanya? Di kampung gue gak ada sih, Pak! Apa musti ke Pontianak? Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @eksak : Huaaaaaaaahahahahahahah hiehiehiehie. Kalau ke Pontianak wah saya senang sekali, Mari mari datang berkunjung ke Pontianak heheihee. Selamat datang di kota Khatulistiwa. Kapan mampir ke Pontianak kabar kabari ya hihihhie

      Delete
  6. lihat saja udah kebayang mag gleg
    apalagi saat memakannya ya ..

    enak dan segernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh ada mba Anisayu hihihih. Iya mbak. Ini Es Sari Kacang Ijo huasyekkkkkkkkkkkkkkk

      Delete
  7. wah kayaknya seger banget, saya pesen satu ya pak...
    jajan mah saya dimana saja pak yg penting enak dan bersih, emang kalau orang kantoran harus jajan di restoran ya ? berat diongkos..hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukur syukur gratisan ya bu..?

      Delete
    2. @Mba Iis : Hiheiee iya sip. Sebentar lagi saya buatin 1 gelas Es Sari Kacang Hijaunya buat mba Iis. Secara saya sekarang sudah jadi asistensi alias asitensi tidak resmi tuksng es ini hiheiheiheie

      Delete
    3. hehheee.....gak pakai lama ya pak

      Delete
  8. Baju yang dipakai Pak Lah kok di foto ada yang beda. Emang Kang Asep sering beli Es Sari Kacang Hijau di tempat ini ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhahaha sudah ada dua orang yang melihat adanya "kejanggalam" disini. Untuk menghindari polemik maka foto yang beda pakaiannya akan saya turunkan. Iya memang sering banged beli hiheihieie. Terima kasih atas kejelian dan koreksnya. Foto akan diturunkan

      Delete
  9. Sepertinya manknyus pak es sari kacang hijaunya. Pantas saja menjadi langganan anda :D

    Saya malah baru tahu kalau ternyata ada juga es sari kacang hijau. Setahu saya, atau yang ada di daerah saya, hanya es kacang hijau pak hehehe :D

    Mungkin kalau kita/teman-teman semua yang sedang berkunjung di kota pontianak, bisa mencoba es langganan Pak Asep tersebut, yakni es kacang sari kacang hijau :)

    Terimakasih banyak pak sudah berbagi informasi yang menarik dan bermanfaat untuk kita semua. Salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terima kasih juga sudah berkunjung, tapi sepertinya saya yang Insya Allah akan sering berkunjung karena materi tulisan mba Ririn berbobot dan berkualitas, Beda dengan tulisan saya yang lebih banyak teori, dan "bunga bunga" kata, padahal isinya gitu gitu aja hihihihihihi

      Delete
  10. sewaktu saya 5 tahhun di pontianak seperti penjual es kacang ijo belum ada Kang (ato saya yang belum tahu). Kala itu tahun 93-98 yang banyak justru penjual es tebu.
    Tapi saya dulu sering beli ronde di dekat pelabuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiheiieiee wah wah saya datang ke Pontianak era taon 1990 an gitu deh saat itu masih disemester 1 alias semeter pertama. Saya sudah tidak ingat lagi kira es model mana yang "in" saat itu. Hmmm kalau es tebu sampai sekarang masih ada dan masih banyak dimana mana. Mau nulis tentang es tebu kah ? Hihihihii bole tu

      Delete
  11. aku juga numpang dicarikan kerja dong ? :)
    Pak La, jauh sekali dari nama aslinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiheeiee hiheihiehiee. Pak La ini nama kesehariannya. Sedangkan menurut pengakuannya sih gitu ihiehiehiehiheie

      Delete
  12. pak Asep Haryono, itu kacang hijau lezat sekali. Jujur itu harga mati, apalgi hidup sehat!

    SEMOGA BAPAK PENJUAL PANJANG UMURRRRR

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa kaget saya hihihihi. Baru saja saya menjawab yang di atas e muncul yang baru hiehehiehie. Iya bener bener uenak tenan ik hiehiehiee. Sari kacang Hijau maupun kacang hijo yang normatif alias yang biasa biasa aja sangat menyehatkan, murah harganya dan juga bergizi tinggi hiehiehiehheiheiee

      Delete
  13. ternyata kacang hijau itu dijual sama Pak La ya Kang?

    ReplyDelete
  14. pasti Pak La itu anak keenam. tau kenapa?
    karena anak pertama sampai kelima adalah Pak Do, re, mi, fa, dan sol.
    ups..
    hihi

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog