Jual Milagros disini
Loading...

Lomba Desain Blog Yang (Sempat) Menjadi Kontroversial

Catatan Kecil Lomba Desain Blog Kubu Raya Tahun 2012
Asep Haryono

Setelah dua hari ini dibombardir dengan berita membosan lomba desain Blog tahun 2013, nah semoga kali ini juga tidak bosen membacanya, Siapa tahu kan kawan kawan ada yang mau ikut lomba Blog di kota masing masing kan bisa liat liat atau studi banding dari lomba desain blog serupa dari kota lain.  Hehehee. Nilai moral mulianya sih begitu, dampak lainnya ya pamer aja saya ini hiehiehiee.  Gubrak** 

Ini adalah catatan kecil saya saat Ini berlangsungnya Gelaran lomba Desain Blog Pemerintah Kabupaten Kubu Raya (Kalimantan Barat) yang berjudul  " Gebyar Kominfo ICT-BSI yang pertama di tahun 2012" yang dibesut oleh Pemkad Kubu Raya akhirnya bisa dilaksanakan dengan sukses dan tanpa ada kendala teknis maupun non teknis sekalipun pada tanggal 9 Juni 2012 yang lalu. .

Baik peserta desain lomba sendiri maupun kesiapan daripada penyelenggaraan lomba tersebut dapat berlangsung dengan aman terkendali. Hal ini yang bisa dilihat secara kasat penyelenggaran lomba Desain Blog yang digelar di Taman Gardenia  yang dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada siang hari dan kemudian dilanjutkan hingga selesai.  Pepatah bilang "Tak ada gading yang tak retak". Tidak ada sesuatu pun yang sempurna.  Berikut catatannya.

Acara nya sendiri adalah Gebyar The 1st ICT Expo Kominfo-BSI ini memang sudah digelar  tanggal 6 - 9 Juni 2012 yang lalu.  Pada bagian akhirnya tanggal 9 Juni 2012 sekaligus dirangkai dengan acara penutupan sekaligus pengumuman pemenang lomba secara keseluruhan pada malam harinya.  Namun demikian agenda penutupan acara Gebyar 1st ICT Expo Kominfo-BSI pada akhirnya bisa berlangsung sesuai dengan rencana.

Lomba Desain Atau Lomba Blog
Pada intinya dalam lomba Blog ini adalah rancangan desain diserahkan melalui EMAIL dan dikirimkan kepada panitia.  Dari catatan saya sendiri jumlah peserta yang ikut dalam lomba desain blog sekitar 40 (Empat puluh) orang lebih.    Nah dari semuanya itu, secara fisik para peserta yang sudah mendaftar diwajibkan datang secara fisik ke lokasi lomba untuk daftar ulang dan kepastian kehadiran.

Seluruh peserta yang terdaftar dalam lomba Blog ini diberikan pengarahan dan briefing oleh Panitia Pelaksana lomba Blog dari Kampus BSI Pontianak.  Saya masih ingat salah seorang panitianya bernama Bang Hasanuddin yang memberikan taklimat dan briefing kepada para peserta lomba blog termasuk pembahasan kriteria dan juga teknis pelaksanaannya.

DEWAN JURI : Tim dewan Juri sebanyak 3 orang dari Pemkab Kubu Raya disiapkan untuk menguji presentasi para peserta desain blog. Juri yang ramah, friendly membuat suasana presentasi menjadi cair, gembira dan menyenangkan. Photo Hak Cipta Asep Haryono

TAMPIL : Ini penulis saat mempresentasikan rancangan desain blog di depan dewan Juri dan para peserta lainnya yang juga sebagai penonton. Total peserta yang ikot lomba desain blog ini berjumlah 25 orang.   Foto Dwi Wahyudi/Borneo Blogger

OUTDOOR : Suasana saat berlangsungnya presentasi peserta di ajang lomba Desain Blog ICT Kominfo-BSI Pontianak tahun 2012 ini dilaksankan diudara terbuka (outdoor) sehingga peserta dalam leluasa dan lincah dalam mempresentasikan materinya masing masing.  Photo hak cipta Asep Haryono


Inti dari briefing tersebut adalah para peserta dipersilahkan membuat dan mendesain Blognya sendiri di rumah masing masing.   Para peserta diberi waktu sekitar 2 hari untuk mendesain blognya masing masing sesuai dengan ketentuan dari Juri lomba misalnya tema blog harus mengacu pada potensi daerah Kabupaten Kubu Raya misalnya pariwisatanya, penghasil berasnya, dan lain sebagainya.   Para peserta harus mengirim URL Blog rancangannya kepada Panitia melalui email.

Nah singkat kata , ternyata terdapat 20 (dua puluh) orang blogger atau Finalis yang berhasil terpilih oleh dewan juri dan para finalis yang 20 orang tersebut di wajibkan atau diharuskan PRESENTASI.  Ya ini adalah tahap seleksi final yakni presentasi dari para peserta yang masuk finalis.  Ke 20 (Dua puluh) Blogger finalis ini diundang oleh Panitia dan satu per satu presentasi rancangan desain BLOG nya di hadapan 3 (tiga) orang Juri.   Para juri sendiri saya kurang tau persis dari mana.  Dugaan saya sih Juri dari Panitia, Kominfo dan Pemkab Kubu Raya sendiri.

Salah seorang peserta kegiatan tersebut Dwi Wahyudi dari Pontianak menyebutkan bahwa ajang lomba seperti ini sangat dinanti nantikan oleh banyak blogger di Pontianak. "Saya rasa banyak yang tertarik, apalagi saya search tadi malam ternyata blogger kabupaten Kubu Raya juga sudah ada yang memulai hanya saja kurang tergarap maksimal, dan postingannya sangat minim" kata Dwi Wahyudi.

Salah seorang Panitia Pelaksana Lomba Design Blog ICT Kominfo-BSI ini menyebutkan bahwa yang menjadi aspek penilaian lomba Desain Blog ICT Kominfo Kubu Raya yang bekerja sama dengan Kampus BSI Pontianak ini menyangkut tiga aspek utama. "Juri mempunyai hak untuk menentukan kriterianya diantaranya adalah disain arsitektur blog, tautan , interaktifitas, dan juga postingan yang diharapkan menyangkut potensi Kubu Raya" kata panitia tersebut. 



Nah inilah yang menjadi isu dan sempat menjadi kontroversial.  Walaupun  lomba Desain Blog dalam rangka  Gebyar The 1st ICT Expo Kominfo-BSI  tahun 2012 ini sudah lama usai namun di Twitter dan dijejaring sosial media Facebook ramai digunjingkan mengenai standar ganda penilaian Juri.  Saya yang saat itu dinobatkan sebagai Juara I Lomba Desain Blog dan Dwi Wahyudi sebagai Juara II nya habis  "dibantai" di Twitter dan di Facebook.   

  "Apa salah kami, kok kami yang juara yang disalahkan. Sebaiknya tidak perlu saling salah menyalahkan, karena yang memilih kami juara adalah para dewan Juri. Silahkan bertanya kepada Juri kenapa memilih kami sebagai pemenangnya" tangkis Dwi Wahyudi di akun Facebooknya.  

Saya sendiri juga merasakan memang "ada yang tidak beres" dengan standar penilaiannya. Karena judulnya Lomba Desain Blog tapi fakta di lapangan adalah yang terbanyak postingan Blog menjadi juaranya.  Saya mengaku postingan saya paling banyak di antara para peserta. Sedangkan rancangan desain blog saya adalah biasa biasa saja.  Banyak rancangan blog para peserta lain yang jauh lebih canggih.  Tapi Juri adalah mutlak dan keputusan yang dibuat tidak dapat diganggu gugat.  Bagaimana pendapat kawan kawan dalam hal ini? Silahkan di share dan berbagi bersama sama..  (Asep Haryono)




PIAGAM : Inilah piagam penghargaannya. Juara I.  Asep Haryono


Hasil Lomba :
Juara I : Asep Haryono – http://kuburayamandiri.blogspot.com
Juara II : Dwi Wahyudi – http://kuburayablog.wordpress.com
Juara III : Abdul Rohmansyah – http://ict-kkr.blogspot.com

52 comments:

  1. kalau mamang belum pernah mas ikut lomba blog , belum berani... bisa di catet nih buat pedoman kalau mamang ikut lomba hehehe...

    mantap Juara 1 ckckckck

    ReplyDelete
  2. Selamat ya mas...jadi juara desain blog.
    Maju terus dan tingkatkan prestasinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. maju terus tapi sambil liat ke depan lho yaa

      Delete
    2. @Foto prawedding Jogja : Alhamdulillah. Terima kasih atas ucapan selamatnya. Mangap eh maaf baru bisa membalas komen pada hari ini hiheiheheiee.

      @Zachflazz : Hiheiheie maju terus kalau nda liat liat bisa heboooh hiheheiheihehieee

      Delete
    3. las jelas.. oiya Kang. tolong di desain tuh web/blog komunitas KPK.

      sebagai seorang juara desain blog dan sesepuh KPK, harus mau desain web/blog komunitas KPK.

      kalau nggak mau saya laporkan sama Kang Hadi biar di jewer..xixixixi

      Delete
    4. @Kstiawan : Kalau platformnya blogspot wah cukup menguasai karena aplikasi saya di blogspot. Senang sekali karea fiturnya simple dan sederhana. Wordpress jauh lebih keren , dan SEO oriented. Saya sudah liat kontrol panel dashboard wordpress memang sangat menggiurkan.

      Justru itulah masalahnya. Saya NOL pengalaman "bermain" di wordpress. Saya malah mau belajar sama kawan kawan praktisi wordpress. Jadi buat mempercantik desain blog dengan platform wordpress saya tidak tahu harus memulai dari manah

      Delete
  3. udah kang Asep, nggak usah dipikirin, udah ditetapkan juaranya, dan kang asep sebagai peserta sudah menunaikan tugas semestinya, selesai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali sih. Tapi "kicauan" di twitter dan facebook juga bikin "rusuh" hati ini hiehiehiee. Tapi apa mau dikata penyelenggaraannya sudah sesuai dengan kemauan Juri. Bahasa kerennya Juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

      Delete
    2. iya, gitu aja. yang penting ikhlas semua pihaknya

      Delete
    3. itu tandanya tidak mau nerima kekalahan.
      kalau nggak mau kalah jangan ikut lomba.

      saya aja kalah lomba makan krupuk happy-happy aja..xixixi

      Delete
    4. @zachflazz : Menang atau kalah sih memang hal yang biasa dalam pertandingan atau sebuah kompetisi. Memang harus ikhlas tentunya hihiehiheiee

      @Kstiawan : Kalah terhormat, menang pun dengan fair. Kalau urusan lomba makan kerupuk sih saya juga mau. Menang atau kalah tetap kenyang makan kerupuknya hiehiheiheiheihei

      Delete
  4. soal protes memprotes, mah biasaa, dimana-mana juga ada begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow bener sekali bang Zachflazz. Kadang protes ini biasanya ditembakkan oleh kelompok yang kalah. Namun kadang juga sering disebut sebut mencari kesalahan hiehiheiehe. Bener tidaknya kurang tau

      Delete
    2. itulah Kang, seiring jalannya peradaban, yang suka maupun tidak suka akan tetap ada

      Delete
    3. antara ada dan tiada

      Delete
  5. yang penting Kang Asep udah sportif koq

    ReplyDelete
  6. sekarang gini, kapan dipestainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bole bole di tempat kang Lembu

      Delete
    2. jelass apanya nih?

      Delete
    3. Jelas makan kerupuk yang tadi itu bli

      Delete
  7. namanya juga orang, pasti ada yang sirik hehe :D

    ReplyDelete
  8. sirik tanda nggak mampu,benerkan bro,,,nyantai saja kang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarkan anjing menggonggong asal tidak menggigit, kalau menggigit balang watu..

      Delete
    2. kalau yang gigit kang Hadi piye?
      Gigit balik

      Delete
  9. Yahhhh... Kirain saya tulisan tentang lomba desain blog terbaru yang hadiah uang tunainya hanya Rp. 200.000,- saja bagi pemenang juara I. Hehehhe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dwi Wahyudi : Saya memang ada plan untuk memposting catatan lain sekitar lomba blog terbaru Kubu Raya-Hipmi Expo 2013 ini. Termasuk soal hadiah yang "cuma" 200 ribu rupiah bagi juara I nya itu

      Delete
  10. mantap bangat ini.. kang asep ... prrritt prriitt.. ayo salto!!.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jongkok sambil berdiri kalee..

      Delete
    2. @Miz Tia : Kalau disuruh salto mau. Tapi hadiahnya klepon sepiring ya

      @Kstiawan : Berdiri kayak disetrap bang Zach

      @Boku no Blog : Huaaaaaaaaaaaa

      Delete
  11. bisa ikutan lomba aja udah suatu kebanggan tersendiri apalagi kalau bisa sampai menang. selamat ya pak atas kemenangannya...orang lain mah kagak usah dipikirin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo makan-makan..:)

      Delete
    2. @Mba Iis : Iya kah mba? HIhihihihihi. Alhamdulillah. Terima kasih atas ucapan selamat dari mba Iis. Saya senang mendengarnya. Iya bener juga ya ngapa pula saya mikirin orang ya ihieiheiheiheihiee

      @Boku No Blog : Horeee makaan.. Makan apa ya

      Delete
  12. Kemenangan seorang admin blogger apapun keputusannya memang ditangan juri. Dan prestasi seorang blogger dalam membangun sebuah blognya bila sudah memiliki sebuah sertifikat lomba yang bergengsi dan menjadi pemenangnya itu merupakan suatu pengakuan prestasi yang luar biasa Kang.

    Tapi ngomong-ngomong kapan selamatannya kang. he,,, he,,, he,, selamat ya kang.


    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamatannya malam jumat legi sobat..:)

      Delete
    2. @Ejawantah Wisata : ya benar. Sertifikat atau piagam sebuah kompetisi atau kejuaraan akan menjadi kenang kenangan yang indah yang bisa diperlihatkan kepada anak cucu kelak hheiheiheiee. Ini loh kakek waktu masih muda juara I Desain blog loh cu ihihihihihihieie

      @Boku No Blog : Hahahhaaha pasti itu malam masih sodaraan sama Malam jumat Kliwon

      Delete
  13. Kang Asep. tolong blog KPK di desain yang bagus ya. kalau bisa Kang Asep juga posting di blog itu. tentang kuliner, travelling, teknologi dll. http://komunitas-kpk.org

    nanti saya kirim user login nya.
    atau hubungi saya lewat E-mail: kstiawanbali@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hore..dapat job.., lumayan..:)

      Delete
    2. @Kstiawan : Insya Allah saya dan Kang Bli siap tandem dalam mengurus website atau Blog KPK. Sungguh suatu kehormatan bagi saya bisa berbagi dengan kawan kawan KPK. Bagi saya membuat website atau blog bukan untuk PAMER kecanggihan teknologi. Tetapi lebih kepada wadah kebersamaan, kekeluargaan dan persahabatan.

      Saya akan segera menghubungi Kang Bli di email dalam tempoh yang sesingkat singkatnya. Email saya di cepot71@gmail.com

      Mari kita kontak kontakan via email, kalau perlu adu "pedang" waaaaaaaaaaaaaaaaakakakakakakakakkaaa

      Delete
  14. Kalau menang ya tetap menang ya Kang.., yang menang memang itu prestasinya, yang kalah harus coba dan mencoba lagi sembari meningkatkan terus keahliannya. Keep Fair Play..!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Boku No Blog : Benar sekali. Tidak puas dimana mana akan selalu ada. Dalam setiap kompetisi atau pertandingan apa pun nyaris tidak pernah ada yang sempurna.

      Kalau nda RULE nya yang disentil, ya jenis hadiahnya, pesertanya , jurinya dan lain sebagainya. Tidak ada sistim pertandingan yang sempurna. Biarpun sedikit pasti ada cacatnya. Thanks mas Boku

      Delete
  15. kan sudah dilatakan oleh juri, bahwa "Juri mempunyai hak untuk menentukan kriterianya diantaranya adalah disain arsitektur blog, tautan , interaktifitas, dan juga postingan yang diharapkan menyangkut potensi Kubu Raya"..jadi kalo yang juara adalah yang terbanyak postingannya..ya wajar sajalah, keep happy blogging always :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @BlogS Of Hariyanto : Iya mas, Terima Kasih atas kunjungannya, dan juga dukungannya yang seru sekali. Walaupun demikian, saya akan menarik manfaat dan juga menarik hikmah dalam hal hal seperti ini

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog