Jual Milagros disini
Loading...

Kubu Raya - HIPMI EXPO 2013 Sukses Digelar

 
Foto Asep Haryono
Catatan Asep Haryono

Gawe akbar Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang diberi nama  Kubu Raya HIPMI Expo And Fair 2013 secara resmi memang sudah ditutup pada hari Sabtu tanggal 15 Juni 2013 dalam sebuah acara penutupan (Closing Ceremony) oleh Bupati Muda Mahendrawan, SH dengan acara yang cukup meriah..

Even akbar tahun 2013 kali ini ,  Kubu RayaHIPMI Expo And Fair 2013 , mengusung tema "Dari dahulu hingga masa depan Kubu Raya tetap untuk Indonesia ini sedikit berbeda dari even pada tahun 2012.

 Dalam tahun 2012 lalu Pemerintah Kabupaten Kubu Raya secara mandiri menggelar even ini yang dikoordinasikan oleh Kominfo Kubu Raya.   Even waktu itu "ICT KUBU RAYA EXPO 2012" yang sukses diselenggarakan di Kafe Gardenia and Restaurant tanggal 6-9 Juni 2012 yang lalu.

Di Halaman dan Aula Makodam XII Tanjungpura yang terletak di Jalan Mayor Ali Anyang (arah ke jembatan tol 2) inilah menjadi lokasi tempat berlangsungnya. Kubu RayaHIPMI Expo And Fair 2013 yang berlangsung dari tanggal 12-15 Juni 2013. Ada berbagai even lomba yang cukup menarik yang berhasil di selenggarakan selama berlangsungnya Pameran tersebut.

Misalnya saja Pameran ICT, UKM, dan mutli product. , Lomba dan pameran foto potensi Kubu Raya , Lomba desain blog umum , Lomba typing master pelajar , Lomba cerdas cermat pelajar via SMS Gateway , Lomba menggambar dan mewarnai untuk ana ,  Festival modern dance umum dan anak.  Lomba busana batik casual umum dan anak serta Display drumband pelajar dan peserta seni/hiburan.


DisKominfo

Ini adalah salah satu stand yang ada di Pameran yang cukup banyak menarik minat pengunjung.  Stand ini juga menyediakan informasi menegnai ruang kerja diskominfo.  Juga pelayanan pembuatan Email khusus untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Seluruh Kubu Raya dan sekitarnya.  Ada layar LCD lengkap dengan kameranya yang bisa menjadi daya tarik yang sangat ampuh bagi anak anak.

Dispora Kalbar

Stand Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan OlahRaga ini meniadi salah satu stand Terbaik di even Kubu Raya – HIPMI Expo And Fair 2013.  Ada banyak informasi tentang Pemuda dan Kebudayaan dalam bentuk brosur dan barang cetakan. Aneka kerajinan tangan sebagai sopenir yang menarik juga dijual di sini. Edisi terbatas karena itu sayang jika ada even seperti ini anda tidak mampir hiehiehiee.


Dinas Cipta Karya

Stand Dinas Cipta Karya Tata Ruang Dan Kebersihan memang agak kurang saya kenal namun dengan hadirnya stand ini di pameran menjadi obat bagi saya. Semua informasi ada di sini, dan juga penyajiaannya yang santai seolah menyatu dengan ruangannya.  Saya senang di berlama lama di stand ini karena ada hiburan musik livenya.  Yuk nyanyi karaokean bersama staf dan pegawai Dinas Cipta Karya ini hihihi


Bang Bentang

Saya kurang tau persis mengenai Boneka yang dijual di stand Dispora Kalimantan Barat yang bernama Bang Bentang ini. Konon ini adalah maskot Pariwisata Kabupten Kubu Raya yang kemudian dikenal dengan Bang Bentang.

Mungkin nama Bang Bentang ini diambil dari filosofi Rumah Bentang yang merupakan rumah khas Suku Dayak yang ada di propinsi Kalimantan Barat, Saya akan coba cari tahu lagi lebih banyak mengenai hal ini.  Sayang sekali saya nda sempat beli oleh oleh ini. hmmmm


Nanas - Pineapple
Ada yang suka nanas?  Saya juga senang juga dengan buah Nanas , terutama yang dicampur dengan rujak.  Nanas banyak diproduksi di daerah Rasau dan bahkan pabrik yang mengolah serbuk nanas juga ada.

Nah aneka buah nanas yang merupakan salah satu produk unggulan Kalbar juga dipamerkan di pameran ini.  Jagung juga ada, Nanas dan Jagung sangat kondang dan terkenal di Kalimantan Barat.  Potensi yang amat besar untuk dikembangkan menjadi bahan ekspor dan menghasilkan pemasukan buat Kubu Raya

Mungkin nama Bang Bentang ini diambil dari filosofi Rumah Bentang yang merupakan rumah khas Suku Dayak yang ada di propinsi Kalimantan Barat, Saya akan coba cari tahu lagi lebih banyak mengenai hal ini.  Sayang sekali saya nda sempat beli oleh oleh ini. hmmmm



Dinas Pendidikan

Stand Dinas Pendidikan inilah yang menjadi jawara atai pemenang dalam pemilihan stand terbaik di even  Kubu Raya – HIPMI Expo And Fair 2013.  Ada banyak informasi tentang Dinas Pendidikan di sini, selain itu juga adanya peragaan membatik. Cukup dengan membayar Rp.3.000,- anda sudah bisa praktek langsung bagaimana cara membatik di sini. Saya sempat mencobanya di sini. Nantikan fotonya di bawah hehe


Stand BPMPT
Stand Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BPMPT) Kubu Raya ini juga cukup menarik.  Sayang sekali saat saya datang ke stand ini petugasnya tidak ditempat.
Padahal saya mau bertanya sedikit tentang  visi-misi, tujuan, motto, Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dan hal-hal yang berkenaan dengan proses perizinan di stand BPMPT ini.




Dinas Pendidikan

Stand Patri - HW Trans Patri atau kepanjangan dari Himpunan Anak Transmigran Republik Indonesia dan Himpunan Wanita Trans Rasau juga cukup menarik.  Di stand inilah dipamerkan aneka produk cinderamata, olah penganan dan kerajinan hasil kreasi anak anak transmigran yang tergabung dalam  Patri - HW Trans Patri  ini.



Lotion Malaysia
Saya tidak sempat mengingat nama Stand dari Negeri Jiran Malaysia padai even  Kubu Raya – HIPMI Expo And Fair 2013.  Ketika saya melintas saya pun "diculik": untuk mencoba produk pemutih kulit dari Negeri Jiran Malaysia ini   Jadilah "model" dadakan didandanin eh salah dibedakin segala hehehee.  Hasilnya kulit memang agak putih saat uji coba berlangsung. Beli?  nda ah



Teknologi Tepat Guna
Maksudnya adalah aneka sopenir dan pernai pernik yang dijual di salah satu stand yang memamerkan aneka Teknologi Tepat Guna.  Ada beberapa sopenir yang keren buat di ruang tamu seperti tempat tisu yang indah ini.   Saya tidak sempat menanyakan harga per item yang dipamerkan di sini. Yah minimal informasinya aja dulu




Dekranasda PKK DWP GOW
Nah ini termasuk stand resmi Pemerintah Kubu Raya, yakni  Dekranasda PKK DWP GOW dan sudah banyak aneka sopenir, kerajiann tangan, aneka cindera mata Khas Kalimantan Barat pada umumnya dan Kubu Raya pada khususnya dipamerkan di sini.  Saya suka dengan aneka kerajinan tangan berbasis bunga kertas dan juga bunga hiasan ruang tamu nya.  Its cool



Even Rangkaian  Kubu Raya – HIPMI Expo And Fair 2013  ini bersamaan dengan diselenggarakannya Rakernas XV HIPMI ini juga semakin semarak, dan saya kira sponsor utama atau yang menjadi media partner even ini adalah HIPMI Kalimantan Barat.  Yang unik dalam penyelenggaraan  Kubu Raya – HIPMI Expo And Fair 2013 adalah lokasi penyelenggaraanya yang di Makodam Tanjungpura yang notabene adalah kawasan militer (Military Zone).

Kabupaten Kubu Raya memang pantas berbangga selain berhasilnya penyelenggaraan   Kubu Raya – HIPMI Expo And Fair 2013 juga karena Bupati Muda Mahendrawan, SH adalah salah satu Bupati Terbaik dan Terpilih oleh TEMPO sebagai salah satu Bupati yang masuk katagori ":Bukan Bupati Biasa". Penghargaan khusus TEMPO kepada  Bupati Kubu Raya Muda  Mahendrawan, SH  sebagai salah satu dari tujuh Kepala Daerah di Indonesia yang banyak memberikan pencerahaan dan inspirasi bagi masyarakat.
MEMBATIK  :  Ahaa saya pun penasaran mencoba membatik di stand Dinas Pendidikan. Ternyata susah sekali dan hasilnya berantakan. Anak saya Abbie malah liat kamera. Sadar kamera. Foto IST
RAMA :  Salah satu sudut Kubu Raya – HIPMI Expo And Fair 2013 di Makodam Tanjungpura  Foto Asep Haryono


Seperti pada even di tahun sebelumnya , maka kegiatan  Kubu Raya – HIPMI Expo And Fair 2013  ini dari pihak Panitia penyelenggara menggandeng Akademik Manajemen Informatika dan Komunikasi Bina Sarana Informatika (AMIK BSI) yang terletak di jalan Sultan Abdurrahman, BLKI khususnya untuk katagori lomba desain blog, cerdas cermat, dan typing master.   Tak ada gading yang tak retak, dan tentu saja ini berlaku untuk even sebesar  Kubu Raya – HIPMI Expo And Fair 2013 ini.

Dengan begitu padatnya kegiatan sudah tentu memerlukan persiapan yang seharusnya jauh lebih baik dari tahuns sebelumnya. Salah satu indikator keberhasilan tersebut adalah kunjungan masyarakat yang lebih banyak pada even  Kubu Raya – HIPMI Expo And Fair 2013  kali ini.   Seperti harapan semula penyelengaraan kali ini di Makodam Tanjungpura agar lebih dapat lebih sering lagi dikunjungi oleh masyarakat dan menjadi lebih dicintai warga dan masyarakatnya. (Asep Haryono)

43 comments:

  1. ternyata lengkap ya mas.... nanasnya manis kayaknya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. lengkap jalingkap deh

      Delete
    2. @Yono Karyono : Padahal komen ini sudah saya reply pake BB dengan paket full service dari XL hahahaha. Pamer halah. Tapi ya sudah saya tulis lagi aja di sini. Memang gitulah banyak pengrajin kerajinan dan budi daya Nanas dan Jagung. Komoditi primadona Kalbar juga

      Delete
    3. primadona itu kata dasarnya pasti madona

      Delete
    4. Madona alias madon alias apa hayoo. Tau nda? Yang sudah tau kasih tau ke saya ya hieiehiehiheiee

      Delete
    5. kasih tau ndak ya?

      Delete
  2. nah kalo semacam ini saya dukung, mestinya lapangan kerja dibanyakin. bikin kegiatan2 yg menggairahkan perputaran roda ekonomi, bukan berupa uang tunai BLSM. rakyat kecil hanya diberi ikan, bukan pancing yg mampu membuat mereka mandiri dan punya harga diri, rakyat dijadikan pengemis. semoga kegiatan HIPMI bisa meningkatkan semangat berkarya, bukan sebatas organisasi penguasaha yg 'dekat' dengan penguasa. slam super.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget. superman banget komennya

      Delete
    2. @rusydi hikmawan : Saya dari dulu memang tidak atau kurang setuju BLT diberikan secara tunai begitu saja kepada masyarakat. Kesannya tidak mendidik. Benar kata bang Rusydi sebaiknya dikasih KAIL agar bisa mencari ikan sendiri.

      @zachflazz : hahahaha. Saingan sama super sekali

      Delete
    3. wonder woman dong tanpa saingan

      Delete
    4. Wah kalau sudah urusan Wonder Woman, saya angkat tangan kalau perlu angkat kaki deh. Top semuanya sama Bang Zachflazz hieiehehieiee

      Delete
    5. itu masuk 5M ya Kang?

      Delete
    6. ohh salah kolom, harusnya yang diatas

      Delete
  3. musim nih Kang, di mana-mana banyak ekspo begini. semoga menjadi ajang untuk makin meningkatkan kreasi dan kejayaan masing2 instansi yang menunjukkan betapa kuatnya keekonomian indonesia. begitu nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Iya benar sekali. Expo semacam ini kan semacam expose atau pameran kemajuan yang dicapai oleh suatu daerah biasanya ditunjukkan dengan ajang pameran pembangunan atau semacam expo semacam ini. Luar biasa emmang

      Delete
    2. biasa luar juga sih kang

      Delete
    3. Hiehiehie luar biasa atau biasa luar kalau dibalik balik akan semakin membingungkan diriku yang bersahaja ini taelaaa gayaaaaa

      Delete
    4. gaya punggung aja Kang

      Delete
  4. ada praktek membatik juga ya Kang? wahh hebat tuh dinas pendidikan. kayak kang asep aja hebatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Iya nih hiehiehiee. Ada prakteknya. Membatik ternyata cukup sulit juga buat saya yang baru pertama kali kotak katik membatik. Wih susahnya kesana kemari goresan penanya. Hmmmmm

      Delete
    2. kang asep nggak bakat mbatik kayaknya. kang asep bakatnya bikin blog. buktinya piala batik nggak punya kan.. kalo ngeblog, baru tuh nyata banget prestasinya

      Delete
    3. @zachflazz : Hiehiieiee iya bener cekaleee, nda bakat membatik padahal yang ngajarin saya, ibu ibu kayaknya, sudah memberikan arahan, dan tata cara membatiknya. Tetap aja hasilnya wis plek ancur tidak karu karuan hiehiehiheiee. Memang nda bakat membatik hiehieiheiheiheiheiheiee

      Delete
  5. Wah nggak bilang kang... tahu gitu nitip ane kang... sangat bermanfaat tuh kang...mantap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Budi Siswanto : Hiheiehie kira kira nitip apa ya mohon konfirmasi dahulu nih. Kalau sudah urusan nitip Wonder Woman nyerah dah. Yang urusan gini sama Bang Zachflazz hehehiheiheee

      Delete
  6. wuuiih komplit amat ya. Aku malah tertarik mbatiknya. Sapa tau bisa bikin kain batik dgn motif rancangan sndri. Pasti seru ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. motif Iron Maiden bisa dong berarti

      Delete
    2. @covalimawati : Mba cova thanks ya sudah add saya di Twitter. Apa sudah add Twitternya mas Reo Adam vokalis Jamrud itu? Juga sama Twitternya mas A.Y Indrayana, mba Ay Sagira , mas Rawins "The Tower Man" dan masih banyak lagi

      Urusan mbatik kayaknya saya harus belajar lagi deh heiieiehiee. Diajarin nda bisa bisa. Memang tidak bakatnya, atau sayanya yang ndableg hiheieiiee

      @zachflaz : Wah wah kalau saya bisa membatik tentu motif yang saya buat gambarnya khusus buat bang Zachflazz kalau nda gambar Klepon ya gambar Wonder Woman

      Delete
    3. hihi... iya iya... saya ikut kalo begitu

      Delete
  7. Kang Asep dengan tas kebesaran tuh ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya itu tas Elizabeth yang saya beli beberapa minggu yang lalu. Tasnya kecil mungil sangat pas buat travel atau berjalan jalan. Hiehiehie. Tasnya cukup muat HP, BB, dompet, charger, pulpen dan beberapa kartu nama. Kartu kredit nda ada hiheihieeiiee

      Delete
    2. sama kalo begitu, hehe

      Delete
  8. Kang Asep suka baju kotak-kotak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener sekali. Tadinya sih mau pake gambar WOnder Woman tapi di lemari pakaian saya nda ada atau memang belum ada hieehe. Kalau ada kemeja gambar wonder woman bagus nda ya hiehiheiheiheiee

      Delete
    2. ya jelas lahh. bandingin sama gambar menteri2 di baju kita. coba bayangkan.

      Delete
  9. Jadi gimana hasil produk lotion pemutih buatan malaysia nya, om? Jadi putih ga skrg? Hehehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mila said. hahahahaa hihihihi. Ih jadi malu ada Mba Mila nih hihiehe. Iya saat itu memang keren juga ya. Tangan kanan saya di bagian lengan sampai siku jadi lebih putih bersih daripada tangan lengan sebelah kiri. Sayang sekali harganya cukup mahal untuk lotion tabung sekecil itu.

      Mungkin soal harga tidak masalah, yang saya kautirkan adalah dampak atau efeknya. Sebab itu produk asing yang mungkin belum lolos seleksi BPOM atau uji dinas kesehatan Indonesia. Jadi alasan yang terakhir itu saya akhirnya (memutuskan) tidak jadi beli

      Delete
  10. Saya senang bertamu di blog ini. Sekedar koreksi. Ada tertulis STAND HWTrans dan PATRI. Singkatan yang benar PATRI adalah Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia. Untuk HWTrans singkatan dari Himpunan Wirausaha Transmigran. Mestinya stand tersebut masuk dalam kelompok Transmigrasi, bukan di Pendidikan.

    Demikian, selamat berkarya
    hasprabu

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hasprabu Budi : Terima kasih atas koreksinya. Insya Allah akan saya perbaiki segera. Salam dari Pontianak. Terima kasih atas kunjungannya

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog