Jual Milagros disini
Loading...

Selamat Ulang Tahun ke 5 Abbie ...

Catatan Asep Haryono

Setelah sekian lama mengamati bagaimana situasi menyelenggarakan Selebrasi Ulang Tahun di berbagai Restoran Siap Saji kini akhirnya pengalaman pertama menyelenggarakan Hari Ulang Tahun anak di sebuah restoran siap saji di kota Pontianak pun akhirnya kami alami juga.  Tapi kenapa pula harus dirayakan di tempat seperti itu sih?  Bukannya mensyukuri Ultah bisa dengan sederhana saja di rumah? Tentu sudah kami pertimbangkan semuanya,

Salah satu alasan yang menjadi pertimbangan saya sebagai ayah Abbie mengapa memilih "syukuran" Hari Ulang Tahun ke 5 (lima) Tahun di Texas Friend Chicken bukan sekedar "gagah gagahan" bahwa keluarga kecil seperti kami menyelenggarakan seperti ini dan juga bukan ikut ikutan tred.  Salah satu alasannya karena dari tahun 1 (pertama) hingga ke 4 (Empat) tahun usia Abbie, belum pernah sekalipun dirayakan keluarga.

Ulang Tahun Abbie yang 1 (Pertama) hingga ke 4 (Empat).selalu dirayakan oleh para tetangga dan juga keluarga pengasuhnya yang memang jaraknya cukup dekat dengan rumah kami. "Ultah Abbie kok sudah 4 kali tidak dirayakan sih Ayah Bunda?" kata Ibu Pengasuhnya.   Mengapa harus menunggu Ulang Tahun yang ke 5 (Lima) tahun dulu baru dirayakan, nah itu semua tentu ada pertimbangannya.   Namun demikian Alhamdulillah "syukuran" Ultah ke 5 Tahun Abbie sudah selesai, dan semuanya berjalan dengan lancar tanpa ada kendala satu apa pun juga kemarin 11 Maret 2013.

Tanpa Api
Abbie nya sendiri sih hari lahirnya adalah 12 Maret 2013 namun karena pertimbangan hari itu adalah Tanggal Merah yakni Hari Raya Nyepi, dan dalam perhitungan kami biasanya sih yang namanya hari Besar atau Hari Libur banyak dimanfaatkan para keluarga, kerabat dan handai taulan untuk bersantai dan berlibur bersama keluarga masing masing.  Dan Sesuai dengan pertimbangan itulah makanya kami memutuskan untuk "memajukan" 1 hari di hari Seninnnya , 11 Maret 2013.  Pas Peringatan Supersemar donk yeee.

Proses eksekusi acaranya sendiri sudah "well organised" oleh pihak TEXAS itu sendiri karena semuanya sudah include dalam paket yang kami bayar, termasuk untuk urusan "ngemsi" (baca : MC) juga sudah disediakan. Padaghal kami pun sudah menyiapkan "MC" sendiri yang di "pinjam" dari guru kelas Abbie sendiri di KB/TK Islam Al Azhar Pontianak.    

POTONG KUE :  Abbie dan Bundanya memotong kue Syukuran HUT ke 5 Tahun.  Tidak ada api dalam Ultah Abbie ini karena Bundanya punya keinginan seperti itu.  Foto Asep Haryono
PAKET TAMBAHAN : Setiap anak selain mendapatkan Free meals dari Texas juga mendapatkan "BONUS" tambahan berupa paket paket ini. Silahkan bawa satu satu ya. Foto Asep Haryono
MC : Saat MC dari Texas memandu acara. Kami sendiri sudah menyiapkan MC khusus untuk acara HUT 5 Tahun ini. Foto Asep Haryono

Untuk teman Abbie se kelas sendiri jumlahnya sekitar 20 sampai dengan 30 orang, dan ditambah dengan teman teman Abbie di kelas sebelumnya. Total jendral sekitar 50 (Lima puluh) undangan yang akan disebar. Dan begitu hari "H" berlangsung semuanya sudah sesuai dengan perkiraan, dan nyaris tidak menemui kendala atau hambatan yang berarti.  

Tukar Kado
Yang unik dari tradisi Ulang Tahun di KB TK Islam Al Azhar ini adalah tradisi memberi KADO atau bingkisan Ulang Tahun tidak hanya dilakukan oleh yang diundang kepada si pengundang. Namun justru yang berulang Tahun justru juga memberikan "Kado" atau "Bingkisan" kepada para tamu ciliknya itu. Hal ini jarang dan tidak lazim sebenarnya dalam dunia perkadoan di tanah air hiheiheiheiheiheee.

Biasanya kan konsep dasarnya adalah yang berulang tahun yang akan menerima KADO, dan yang memberi KADO atau Bingkisan "hanya" akan menerima sopenir dan kue kuenya saja. Tapi ini tidak.  Sama sama Memberi dan Menerima Kado atau Bingkisan.  Dengan kata lain ujung ujungnya adalah bertukar KADO atau Bingkisan ihieiheiheee.  Bagi saya ini menarik             


NUMPUK : Ini adalah sebagian Kado atau Bingkisan yang diterima dipajang dahulu sebelum di "bedah" bersama sama. Foto Asep Haryono
SIMPAN : Sebagian ada yang disumbangkan lagi kepada para tetangga, sebagian untuk Tazkia Putri, adiknya, dan sebagian lagi di simpan di bawah lemari.  Buat Persediaan hiehihee.  Foto Asep Haryono

Alhamdulillah, acara pun berhasil dengan sukses. Tidak ada lilin yang biasa dilakukan disaat pesta Ulang Tahun. Bundanya menginginkan tidak ada Api dalam syukuran Ultah Abbie, makanya dalam Kue Tart tersebut tidak ada Lilin (Candle).

Kue Ultah Abbie sendiri tidak Kami sampai harus menyewa TAXI untuk membawa 2 (dua) bungkusan Gede yang berisi kado kado atau bingkisan yang diterima Abbie hari itu.   Begitu sampai di rumah semua kado pemberian teman teman Abbie itu di data dan dicatat sebagai arsip. Kelak jika mereka yang berulang tahun tentu akan mendapat perhatian dan mendapat kunjungan atau hadiah balasan. Saling membalas kunjungan dan saling memberi hadiah dan bingkisan.

Kue Tart yang memang berukuran cukup besar tersebut setelah dinikmati ramai ramai oleh anak anak, juga dibagikan kepada para tetangga kami di Komplek Duta Bandara.  Walau jumlah (kue Tart) nya tidak banyak namun cukup rata dibagikan kepada para tetangga sebagai rasa syukur kami sekeluarga sudah diberikan yang terbaik dari Allah SWT. (Asep Haryono)


99 comments:

  1. Selamat ulang tahun..... ♥♥♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih.. trus kadonya mana?

      Delete
    2. @Sonna Anggoro @Zachflazz @Megawatu Achmad @Budy Shinichi : Saya atas nama keluarga mengucapkan banyak terima kasih atas ucapan selamat ultahnya buat Abbie. :)))))

      Delete
    3. wah jadi malu semua pada ngucapin trima kasih, saya jadi terharu..

      Delete
    4. MEt ultah......... eaphhh.. :D

      [ Gabung yuk ke Direktori Backlink Gratis Berkualitas No.1 Indonesia ]

      Delete
  2. alhamdulillah usia 5 taun sudah ya nak... selamat yaaa semoga menjadi putra kebanggaan orang tua, putra yang soleh panjang umur dan sehat selalu...

    tukar kadonya asyik yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Uswah : Iya tidak terasa sudah 5 Tahun usia Abbie, waktu sepertinya cepat berlalu nih

      Delete
    2. perasaan baru bikin kemarin sore ya pak..?

      Delete
  3. wow ke 5 ya ^_^







    selamat ulang tahun
    WUATB .. wish u all the best :D .. bener gak tulisannya ahahh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun depan ke-enam

      Delete
    2. depannya lagi ke 7 kan?

      Delete
    3. 8-nya kapan????

      Delete
    4. 4 tahun lagi berapa?? .

      Delete
    5. aku ambil kalkulator dulu deh

      Delete
    6. ada bilangan kwadrat nggak?

      Delete
    7. 20 tahun lagi Abbie 25 tahun.
      5kuadrat.

      betul???

      Delete
    8. yang penting taun depannya semua blogger diundang makan makan di ponti plus tiket dan akomodasi

      Delete
  4. saya udah ngucapin kemaren...
    sekarang abbie tinggal belajar yang baik, biar prestasinya bagus, dan nanti ayah makin sayang, dan bisa ulang tahun lagi dengan ngundang temen2 ayah yang hobi ngocol di blog, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener ...kita di undang makan2 dong

      Delete
    2. jgn lupakan akiu ya...

      Delete
    3. cari kamus klo bingung artinya

      Delete
    4. ya ya diundang semuanya. Sekalian di rilis di online biar bisa dirayakan bareng bareng hiehiheiheiheiheihe

      Delete
    5. bentar lagi Kang Asep yang ulang tahun

      Delete
    6. kang asep ultah rayain di KFC juga dong...xixixii

      Delete
    7. enakan di cfc mang...
      cihampelas fried cingogo...

      Delete
  5. happy bd Abbie, apa kado dari ayah, minta hadiah adik lagi dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuuuuuuuuuuu juga.

      Delete
    2. @Thanjawa Arif : Alhamdulillah terima kasih atas dukungan dan doanya. Soal adik lagi? ehm ehem ehem ada deeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeh

      Delete
    3. iyah mendngan minta adik
      biar anak senang bapaknya riang...

      Delete
  6. Selamat ulang tahun abbie, semoga menjadikanmu anak yg sholehah, berbakti pd orang tua dan bermanfaat utk keluarga, lingkungan dan negara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaaaaaaaamiiiin . #semriwing.

      Delete
    2. @Indah P : Alhamdulillah. Terima kasih atas doanya mba Indah P. Semoga dijabah dan dikabulkan Allah SWT Amin Amin Amin ya Robbal Alaminnnnnnnn

      Delete
  7. Selamat ulang tahun ya Abiie,
    Jadi anak sholeh dan gagah berani kayak spiderman yg ada di kue itu #tuh kan fokusku makan-makan

    wew ketinggalan makan2nya, gpp deh, semoga yg ke enam bisa ikut #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Terima Kasih Putri. Hiheiheiheie iya bener ada SPiderman nya. Cuma Abbie nda suka sama Spiderman. Sukanya SPongeBob

      Delete
  8. Selamat milad buat Abbie ya..
    semoga kedepannya makin pintar dan jadi anak sholeh kebanggaan ayah ibunya :)

    btw, mau dong hadiahnyaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Terima Kasih Fian Syauqi. Hadiahnya mau ya? Hadiahnya untuk anak anak loh

      Delete
    2. sama2 kang..

      saya kan masih anak-anak, masih imut-imut, hahahaha :D

      Delete
  9. slmt ultah abbie,, barokalloh fii umrik...

    ReplyDelete
  10. slmt ultah abbie,, barokalloh fii umrik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Terima Kasih mba

      Delete
  11. Replies
    1. Alhamdulillah, Terima Kasih bang Ahmad

      Delete
  12. Selamat ultah Abbie, semoga sehat selalu, bahagia lahir dan batin, dan selalu menjadi kebanggaan abah dan umi, juga jadi kesayangan - NYA.
    maaf yah, pak dhe cuma bisa kirim do'a doang...pasti jadi perayaan Ultah yang ngga terlupakan untuk si buah hati kang.

    salam sehat selalu untuk semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cilembu Thea : Alhamdulillah, sukuran acaranya berlangsung dengan sukses, dan Abbie senang daoat kunjungan dari temen temennya. Terima kasih kang Lembu

      Delete
    2. komennya Kang Cilembu lagi bener

      Delete
    3. salah minum obat.

      Delete
    4. Miz Tia...masa orang bener dibilang salah minum obat, jadi....?!

      Delete
  13. semoga Abbie cepat belajarnya dan sepinter ayahnya ya..
    hehe
    selamat ulang tahun Abbie..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yudi Darmawan : Alhamdulillah. Terima Kasih bang Yudi. Abbie pasti senang dapat ucapan salam dari om Yudi

      Delete
  14. Otanjobi Omedetou, Abbie-chan ^_^b

    semoga jadi anak yg sholeh, berbakti kepada ortu, pintar..... pokoknya segala hal yg bermanfaat utk agama dan orang tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Budi Shinichi : Syukur Alhamdulillah. Terima kasih Cak Budi. Semoga harapan cak Budy dikabulkan Allah SWT Amin Ya Robbal Alamin

      Delete
    2. kokoro no tomo.. aishiteru

      Delete
    3. ana tato deauma dewa. kodoku na sasa murai bito...........................



      *bener ga tulisannya*.

      Delete
  15. di mana pun tempatnya apapun alasannya semoga berkah usianya ya abbie Aamiiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Zie : Terima Kasih Zie. Semoga harapan dan doanya di kabulkan oleh Allah SWT. Amin ya robbal alamin. Salam kami sekeluarga di Pontianak

      Delete
    2. mantap doanya.
      aamiin

      Delete
  16. ada persediaan mainan juga ya kang .. hahahaha... texas ini mungkin lebih baik daripada M ya pak, semoga abie nantinya menjadi anak yang berbakti dan menjadi kebanggaan orang tuanya . aminn. selamat ulang tahun abie

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Deby Putra Bahrodin : Alhamdulillah, Terima Kasih bang Deby, iya banyakan mainan dari mobil mobilan sampai Helikopter hiehiehiehie. Terima Kasih atas doanya. Salam kami sekeluarga

      Delete
    2. salam juga dari kami, KPK

      Delete
  17. waaah asyik sekali
    Sebentar lagi Dija juga ulang tahun
    tapi gak ada perayaan apa apa..
    cuman tumpengan di rumah aja Om

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Baby DIJA : iya kah? Wah seru juga tuh tumpengan apalagi di hadiri dengan keluarga dan kerabat pasti seru sekali hiheiheiheihiehiee

      Delete
  18. Happy Birthday Abbie...
    semoga ulang tahunnya kali ini berkesan seumur hidup yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Elsa : Thank you mba. Insya Allah ini akan menjadi pengalaman (pertama) Abbie Ultah dirayakan dengan meriah. Salam kami sekeluarga di Pontianak

      Delete
    2. kapan Kang Asep diulangtahunin?

      Delete
  19. suka bangeeet tradisi tukar kadonya kang ^^

    yuk, terapkan ke member KPK yuk, tuker2an kado kitanya :D

    btw, selamat tambah usia dek abbiee.. doanya sama kayak kemaren2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @diniehz : iya tradisi tukar menukar kado jadi lebih menarik, tadinya saya kurang "ngeh" tapi setelah melihat sendiri justru yang tidak berulan tahun malah dapat bingkisan dan KADO dari yang berulang tahun hiheiheiheiee. Ini menarik menurut saya

      Delete
    2. entar di KPK bikin t-shirt juga :D .

      Delete
    3. ih iya keren banget itu..

      ntar kita rancang yuuuk

      Delete
    4. aHAAAAAAAAAAA T-shirt KPK heiheihee. Unik dan Asyik juga. Bole boleeeeeeee mas rudy Arra jempolan urusan kaos nih

      Delete
  20. Replies
    1. @Rawins : hiheiheiheiheihee sudah mencapai Kelimax rupanya mas Johan Budi eh salah mas Rawins

      Delete
    2. jadi KPK wadah yang tepat buat si kembar ya?

      Delete
    3. weh ada mas rawin

      Delete
  21. selamat ulang tahun kang,semoga tambah sehat rejekinya banyak.ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Zig Zoor : Alhamdulillah, Terima kasih. Semoga doanya zig Zoor dikabulkan oleh Allah SWT. Amin Amin Amin Ya rObbal alamin

      Delete
  22. Acara ulang tahunnya udah selesai apa belum nih ? kalau belum aku ucapin selamat ulang tahun lagi deh...biar sehat wal 'afiyat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Indah P : Iya mba Indah. Alhamdulillah, sudah selesai, namun demikian ucapan yang masih ada akan didata dan diinventarisir kan masih bulan Maret hiehiehiehee. Terima Kashh atas doanya. Amin AMin Amin Ya Robbal Alamin

      Delete
  23. Wa seru...
    Selamat ulang tahun ya Abbie!
    Aku kok gak diundang :P :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Untje Van Wiebs : Yaaa kalau mba Una diundang nanti saya bingung mau bilang apa. Kan jadi jeroji kalau seleb datang hiheihiehieheihiee. Terima Kasih sudah mampir dan memberikan ucapan selamat ya mba Una. Salam kami sekeluarga di Pontianak

      Delete
  24. wah saya telat mengucapkan Met Ultah buat Abbie. sorry nih gak ada kado yang bisa diberi. hanya untaian kata lewat panjatan doa semoga panjang umur, tambah pinter, dan berbakti kepada ortunya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bung Penho : Oh sama sekali tidak telat kok bung Penho. Ultah Abbie kan di bulan Maret, jadi selama sebulan dirayakannya selama masih di bulan Maret tetap oke dokeh hhiheiheiee. Terima kasih atas ucapan, harapan dan doanya dari Bung Penho. Semoga bung Penho mendapatkan balasan yang lebih indah dari Allah SWT. Aminnnnnnnnnn

      Delete
  25. selamat ultah ya buat d' abbie :) maaf telat ngucapinya, skalian mmpir nih lama g maen ksini mas,hehe dbuk ddunia nyata soalnya.

    sya tunggu koment2 km y mas dpostq :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waspada ada celana melorot ntar disana

      Delete
  26. Selamat ulang tahun Ya de Abbie ^^.. Semoga umurnya barokah. Amin *maaf ucapannya telat

    ReplyDelete
  27. wah hadiahnya banyak juga.
    hadir blogwalking

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog