Jual Milagros disini
Loading...

Es Tebu Suegerrrrr .......

Catatan Asep Haryono

Siang siang panas menyengat menyeruput minus es? Suegerr tentunya ya. Hieiehiheihee. Banyak kawan kawan saya yang punya kebiasaan kalau waktu panas menyengat pasti bawaannya pengen yang seugerr seugeer misalnya minum Es.  Es apa saja tuh? Apa saja terserah selera masing masing.

Ada yang Es Teh (kadang saya suka terbalik dengan Teh Es-red), Es Campur, Es Rujak, Es Teler, dan berbagai jenis Es lainnya.  Kalau saya perhatikan sih "minum" Es nya bisa dibedakan ada 2 (dua) macam .  Pertama, jenis Es yang lebih banyak konten mengandung cairan atau air seperti Es Teh, Es Sirup , Es Limun. Kedua Es berbentuk "makanan" bergumpal, dan bisa dikunyah. Glek jadi haus deh.

Karena kontennya padat dan biasanya sih berbentuk demikian yang bisa dikunyah dan dimakan layaknya makan organik seperti Es Campur, Es Teller, Es Cendol, apa saja Es yang konten atau "isi" nya bisa dkunyah atau bisa dimakan.  Hanya sedikit airnya yang bisa diseruput alias diminum.  Selain itu ada bentuk Es lainnya yang tidak termasuk kedua katagori yang saya sebutkan tadi.

Minuman elektrolit, jenis minuman Suplemen, atau bahkan dari minuman Botol dan karton pun bisa dituangkan ke dalam gelas dan diberikan potongan es batu, juga bisa disebut Es Cair yang bisa diminum, dan ini sudah bisa dipastikan konten air nya lebih dominan. Nah kali ini saya coba cerita dikit soal Es Tebu. Ada yang suka Es Tebu?

Tidak Kalah
Yang unik dari Es Tebu ini, pengalaman sebagai penikmat Es Tebu sudah beberapa tahun yang lalu , adalah kandungan air nya yang banyak.  Dominan berbentuk cairan atau air.  Hal ini mungkin tidak jauh berbeda dengan Air Kelapa Muda atau sering disingkat dengan Air "Klamud"  alias Air Kelapa Muda.  Kelapa Muda dominan dengan air, beda dengan jenis Kelapa yang tidak muda.  Begiti sang Kelapa Muda dibelah, maka akan membahana lah airnya, dan "daging" nya bisa juga dimakan.

Begitu terkenalnya Air Kelapa Muda, sampai ada produsen yang memproduksi Minuman Energi yang digadang gadang berasal murni dari Air Kelapa Muda.  Ada lah iklannya di Televisi Swasta. Minuman yang konon harganya sekitar 5 ribu rupiah ini bisa dengan mudah dijumpai di toko.  Nah sayang sekali Es Tebu atau Air Tebu ini belum "dilirik"  pengusaha untuk di Suplemenkan.

Beberapa waktu yang lalu sepulang menjemput Abbie dari KB/TK Islam Al Azhar, kami pun merasa haus dan ingin sekali nyeruput yang sueger suegger.   Kebiasaan Abbie sih maunya minuman yang dipromosiin sama BE CE EL yang terkenal dengan slogan PresMopiSakaaaaaaaaaa itu.  Tau kan, jadi saya nda perlu menyebutkan merek di sini hiehiheiheiee.     Tapi siang itu saya ajak Abbie unutk menikmati Es Tebu yang sugeernya tidak kalah sama Presmopisakaaaaaaaaa itu tadi.


MESIN : Bang Adi sedang in action dengan kedai Tebu nya. Inilah mesin penggilas Tebu yang digunakan untuk memeras tebu, dan air nya ditampung di bawahnya. Foto Asep Haryono

SIAP :  Begitu air ditampung di wadah dibawah mesin, maka dituangkan ke dalam kantung plastik sesuai pesanan klien atau penikmat Es Tebunya.  Harga per kantung 2 ribu rupiah. Murah khan.  Foto Asep Haryono

Kreatif Pasti Untung
Bang Adi
, namanya.  Pemuda ini adalah penjual Es Tebu yang mangkalnya di depan Komplek Duta Bandara Permai Supadio.  Jadi jika kawan kawan yang kebetulan berada di Pontianak, akan dengan mudah menjumpai pemuda kreatif ini, jualan Es Tebu persis di depan Komplek Duta Bandara (DUBAN) Pontianak. Selain menjual Es Tebu, bang Adi ini juga jualan Bensin dan menebas rumput.  Untuk "tarif" beliau menebas rumput dengan mesin potong rumput dipatok harga sekitar Rp.25.000,- (Dua Puluh Lima Ribu Rupiah). 

Berapa harga sekantung Es Tebu di kedai Tebunya Bang Adi ini? Murah meriah saja. Jika dibungkus dengan kantung plastik dibandrol harga Rp.2.000,- (Dua Ribu Rupiah).  Jika dengan wadah CUP plastik harganya bisa lebih sedikit lebih mahal, saya kira wajar saja karena wadahnya keren. Hiehiehiehieee.  Jika bang Adi ini bisa menjual sedikitnya 10 kantong Es Tebu per hari maka keuntungan yang didapat bisa dihitung.

10 Kantong Es Tebu x @Rp.2.000,- = maka keuntungan yang didapat adalah sekitar Rp.20.000,- (Dua puluh Ribu Rupiah) per hari.  Ini belum termasuk penghasilannya menjual BENSIN eceran yang dipatok Rp.6.000,- per Liternya dan juga pendapatan lainnya dari Menebas Rumput. 

Nah bisa dihitung pendapatannya dalam sebulan.  Dalam 1 bulan bang Adi ini menebas rumput sesuai dengan pesanan dari "klien" nya minimal 1 kali tebas Rumput.  Saya termasuk salah satu pengguna "jasa" bang Adi untuk menebas rumput di rumah saya. Di Pontianak mencari uang relatif mudah, asal kreatif, semangat, tidak gengsi, pasti untung.  Mau mau mau?. (Asep Haryono)

38 comments:

  1. Di Solo belum banyak yang jual nih
    Mungkin bisa jadi peluang usaha ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kang asep barangkali mau buka usaha di solo, ada tawaran menarik nih.

      Delete
    2. sana cepetan, ntar keduluan sama Bang Uz loh

      Delete
    3. malah keduluan sama mas zac :d

      Delete
    4. @cah solo : Saya jadi ingat kalau membaca nama dengan sebutan di depannya "cah". Jaman saya suka mirc dulu ada yang namanya "cah jogja". Lalu ada penjual bakso urat yang menamakan dirinya "cah sobo". Mungkin ini berasal dari "cah Wonosobo" ya. Sekarang "cah Solo" hiehiheiheiee. Saya suka tertukar antar Solo dengan Surakarta. Bisa dijelaskan mas?

      @uzayzie : Hheiehie bener juga ya. Kalau ada kesempatan boleh juga terjun bebas buka peluang usaha atau melebarkan usaha sampingan. Kerja sebagai Karyawan kurang "memuaskan" hiehehieiee

      @Reo Adam : oalaa rupanya bang Zachflazz sudah membuka usaha di Solo rupanya. Jangan jangan buka cabang KLEPON di Solo. Kira kira Klepon SOLO sama nda ya sama Klepon Bogor/CIlacap?

      Delete
    5. agak beda Kang, enakan klepon yogya Kang

      Delete
    6. udah prnah klepon pontianak belum?

      Delete
    7. di solo keren itu sari kacang ijo bang

      atau minuman tradisional
      di waktu dingin dan dapat menghangatkan badan

      wedhang rondho #eh...#

      Delete
  2. Wah Bang Adi ini pandai melihat peluang usaha yak...
    Aku suka banget es tebu, jaman SMP sering beli depan sekolahan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ceritain dong berapa tebu dihabiskan selama sekolah

      Delete
    2. tebu sapa tuh yg dihabisin?
      #jangan2 yg dibelakang sekolah,milik wa dolah :d

      Delete
    3. @Reo Adam : Tebu yang letaknya di belakang sekolahnya Mba Una (Untje van Wiebs) ini dulu punya Wak Kundil. Masa lupa sih. Itu tu yang baru pulang mudik ke Wonogiri. Kemarin sempat pesan 2 Panci sama saya. Pesanannya belum sempat dipaketin.

      @Untje van Wiebs : Es Tebu ini kira kira sudah beredar kapan ya. Sudah tidak ingat lagi kapan ya kira kira ada?. Apa ada yang mengetahuinya? Halah bahasanya. *plak

      @zachflazz: Hhiheihiehiehie iya bener juga. Jangan jangan mba Una Untje van Wiebs ini jago minum Es Tebu di jaman sekolahnya dulu. Jadi mau tau juga nih hieheiheiheiheiheie

      Delete
    4. nama gang rumah saya yg di Pontianak gang tebu baru loh.

      Delete
    5. @zachflazz: Kasih tau gak yuaaaaaa~

      Delete
  3. aaaah salah waktu baca postingan ini. kebetulan abis bongkar bongkar gudang kan jadi tambah aus denger banyak es es di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di gudang nggak nemu taneman tebu Bang?

      Delete
    2. @uzayzie : hehiheheiee kalau haus ya minum. Kalau lapar ya bisa minum juga lah. Hiheihehiee. Kalau habis makan biasanya orang kan minum ya. Tapi saya ada teman yang habis makan lalu "makan" lagi. Yakni Makan Es Campur. Makan apa minum sih? Soalnya dalam Es Campur banyak kontennya yang bisa dikunyah laksana makan. Ini yang sering bikin saya bingung sebingung bingungnya.

      @zachflazz : Tanaman Tebu bukannya ada Di sawah ya. Hiheheiheie

      Delete
  4. ini si Arien anak saya, hobi banget. sampai jauh2 puluhan kilo dilakoni ngajak saya buat beli minuman ini segelas doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayah juga hobi minium es tebu (tanpa gula)
      #sekilas inpoh

      Delete
    2. @zachflazz : Oh ya kah Arien suka sekali rupanya sama Es Tebu? Memang enak sih, suegeerrr. Saya suka buah yang banyak mengandung air seperti Kelapa Muda, dan Tebu ini. Kandungan airnya banyak, dan sudah pasti menyehatkan dan menyegarkan.

      @Reo Adam : Berita terkini dari Lapangan Gelora Bung Karno dimana TIMNAS Indonesia berlambang SOSIS berhasil dibungkam dengan gemilang oleh Tim KORMA Saudi Arabia dengan skor tipis 1-2. Haaaaaaaa Jaka sembung naek ojek. Sayanya yang nda nyambung hihiehiehiheiheiehhehei

      Delete
    3. andai Lionel Messi gabung timnas pun, kayaknya PSSI tetep begini. sudah kutukan yaa..

      Delete
    4. tanah air vs tanah suci.

      Delete
    5. @zacfhlazz : Hiheiheiee kasian sama Lionel Messinya kalau gabung ke TIMNAS. Bisa bangkrut negara ini hanya untuk membayar gaji Lionel Messi yang ratusan mIlYAR ITU biaya transfernya hiheihehee

      Delete
  5. Tika belum pernah minum es tebu, di parepare juga gak ada yang jual.. Gimana mau nyoba rasanya? Hehehe

    tapi kalo berbicara soal jenis minuman kala haus banget di siang terik, sy pilihnya es kelapa muda tanpa es (karna kalo pake es bisa2 sakit kepala kambuh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hay.....
      #salaman

      Delete
    2. @Etika Maria : Oh ya masa sih mba Tika belum pernah satu kali pun minum Es Tebu? hiheiheiehe. Pare Pare itu Sulawesi kah? Hihiehie maklum lah nih, nilai pelajaran Geografis saya 6, wah itu jelek sekali.

      Nama nama kota propinsi di Indonesia saja saya nda hapal hiehheiheie. Terima Kasih sudah mampir ya. Salam kenalan juga dari saya dan mas Reo Adam. Kalau saya di Pontianak, kalau mas Reo Adam di Malaysia. Nda nanya khan? Nda apa Inpoh aja hiehihiheiheihiee

      Delete
    3. Pak Asep
      iya, parepare itu sulawesi selatan.. Beneran, belum pernah nyoba..

      Reo Adam
      hay juga, salam :)

      ZachFlazz
      alaihumgambreng.. Hehehe

      Delete
  6. kalo dulu waktu kecil mau tebu gampang banget, tinggal datang ke kebun modal golok doang, terus tebasss ... tapi gigi di jamin linu setelahnya. sekarang lebih kreatif lagi, gigi di jamin gak rusak, tinggal glek ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Stupid Monkey : Bener sekali. Jaman saya kecil waktu SD dulu sempat mampir ke rumah famili di Rawamangun, dan ada banyak tanaman tebu di sana. Enak banged tinggal digigitin keluar deh air tebunya.

      Hiheihiehiee. Sekarang sih udah canggih, dan praktis, tinggal ke tukang es tebu langsung dapat air tebu yang aseli tanpa campuran, dan hargnya pun murah

      Delete
  7. Belom pernah tu minumnya pak, hanya dulu waktu kecil pernah beberapa kali mencicipi tebunya langsung dengan dihisap" gitu. Enak.
    Wah, berwirausaha dari muda tuh ya Bang Adi
    Semoga usahanya makin besar
    amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. @EYSurbakti : Iya bener juga, tinggal digigitin tebunya, di hisap keluar air tebunya hiehiheiheiee. Iya bang Adi ini mangkalnya di depan komplek saya, dan mudah ditemui setiap saat. Ssst bang Adi dulu mantan SATPAM komplek loh

      Delete
  8. paporit saya sekeluarga nih buat buka puasa.. nyaris tiap hari bapak beli es tebu kalo bulan ramadhan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @diniehz : Ah kalau urusan Takjil buka puasa saya sukanya air tahu hiehiehe. Biasanya belinya di Plaza Masjid Islamiyah jalan Imam Bonjol. Hihiehiheie. Kalau Es Tebu jarang jarang

      Delete
  9. Di daerah saya jika panen tebu byk yg jualan Es Tebu. rasanya manis banget, lebih enak lagi jk di kasih air jeruk nipis.....hmmmmm nikkmat dan seger

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Indah P : Huaaaaaaaa baru saya dengar dari mba Indah nih, ada air tebu dipadu atau dicampurrrr dengan air jeruk nipis. Seperti apa ya rasanya. Asem asem manis gitu kali ya. Mau coba takut aja, takut mules. Hiheiheiheiheiee

      Delete
  10. saya pilih tebunya aja bang
    esnya tak kunyah belakangan

    kurang sreg kalo es tebu cairnya
    lebih merapat ke es buah aja

    kalo di sana es tebu murah meriah
    di sini es buah meriah dan murah

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog