Jual Milagros disini
Loading...

Andai Saya Rajin sejak Dulu ...


SMA 2 Bekasi. Foto Internet
Kenangan Masa SMA Yang Galau
Catatan Asep Haryono

Orang bilang masa SMA adalah masa yang paling Indah dan begitu pula sebaliknya masa SMA adalah masa yang paling indah.  Tentu sebagian besar dari kita sudah pernah menonton film Remaja yang dibintangi oleh aktor terkenal Rano Karno, Yessy Gusman, dan lain lain?.

Saya sering menonton cuplikan film mereka dengan melihatnya di Youtube yang bisa diliat kapan saja.  Ah kenangan Indah sekali menonton film film mereka.  Rasanya abadi dikenang masa.

Ya mereka adalah bintang pujaan para remaja seantero Indonesia di jamannnya. Film film mereka amat terkenal misalnya saja "Gita Cinta dari SMA" dengan peran Galih dan Ratna itu.  Mungkin kalau jaman sekarang disejajarkan dengan bintang remaja nan ganteng Nicholas Saputra dan Dian Sasto dengan fim genre remajanya yang fenomenal "Ada Apa Dengan Cinta" atau sering disingkat dengan AADC. Nah sayangnya saya tidak membahas profil dan atau pemain film tersebut.

Masa Yang Hilang
Saya dulu menamatkan Sekolah Menengah Atas (SMA) saya di kota Bekasi, tepatnya di daerah Bekasi Selatan. Mungkin sekarang sudahh berganti menjadi wilayah Bekasi Barat menurut kabar terbaru yang saya dengar.  Saya menamatkan SMA saya pada tahun 1989;  Nah nah jangan jangan ada yang lahir di tahu 1989 nda nih kawan kawan?.  Tepatnya di SMA Negeri 2 Bekasi. Situs website resminya juga sudah ada kok bisa dimampiri (dikunjungi) kapan saja di sini.

Jaman saya SMA dahulu tentu beda dengan anak anak SMA (SMU) jaman Millenium seperti sekarang ini. Tidak ada itu yang namanya SMS, apalagi BB (Bukan Bau Badan-red), Gajet atau apalah "mainan" anak anak jaman sekarang, plus apalagi yang namanya Internet.  Jaman saya masih era Jadul hiheiheiee.  Beda generasi memang.  

OLAH RAGA : Ini foto dari kawan reuni saya. Saya masih ingat inilah kaos "kebangsaan" yang dipakai setiap kali jam Olah Raga. Hiks hiks kenangan.  Foto Istimewa
GANK : Ini gank Cewe kelas saya waktu itu.  Dalam foto ini ada si dia yang naksir berat waktu saya SMA sayangnya sayanya waktu itu nda mau. Nda mau atau lagi Lugu lugu bego. Hahahhaa.  Yang mana hayooo.  Yang ditengah. Hhihhi. Foto Istimewa
NGUMPUL :  Kebiasaan kami kadang ngumpul setelah pulang sekolah. Acaranya bisa rujakan, atau merumpi ngerjain para Guru. Saya tidak ingat apakah saya ada dalam foto ini. Foto Istimewa
Seperti kata pak Dahlan Iskan (Sekarang menteri BUMN-red) yang dalam sebuah bukunya pernah menulis bahwa "tiap generasi memang berbeda beda, dan beda generasi tidak bisa dipaksa untuk didekat dekatkan". Menarik memang.  Kata orang penyesalan selalu datang terlambat.  Memang saya juga belum pernah dengarada  orang menyesal itu di awal, menyesal selalu datangnya belakangan. Jika sudah terjadi dan menyesali diri tidak akan ada gunanya. 
  1. Miskin Dokumentasi
    Jaman saya SMA dahulu mungkin tidak pernah ada terpikir untuk hobi foto foto. Tidak jaman sekarang yang begitu mudahnya punya kamera baik kamera HP, atau kamera digital.  Jaman saya SMA dahulu , tahun 87-89 , belum ada kepikir jeprat jepret.   Walhasil nyaris tidak ada "jejak" foto saya berseragam putih abu abu sampai sekarang.  Mungkin ada di foto kawan kawan reuni tapi itu kan perlu waktu untuk "menelusurinya".

    Kalau dipikir pikir suedih juga memang. Saya memang punya banyak foto kawan kawan kelas saya, angkatan saya, dari facebook para alumni angkatan saya juga. Namun dari semuanya itu jarang saya lihat ada foto saya diantara kerumunan foto foto lama teman sekelas. Mungkin karena rata rata kualitas fotonya kurang bagus jadi tidak jelas itu foto saya bukan. Hiheihiee.  Saya berharap menemukan foto saya yang masih berpakaian putih abu abu.  Ah kenangan yang hilang rasanya kalau begini.  :))))

  2. Tidak Pernah Selesai
    Sejak saya SMA di kelas 1 saya sudah mendaftar di LEMKARI (Karate) saat itu sudah latihan di bulan bulan pertama dan hanya "tahan" beberapa bulan saja tanpa naik apa apa. Bahkan ke sabuk Kuning saja tidak sampai. 

    Jadi khusus yang satu ini tidak pernah selesai. Bisa dibayangkan jika dari tahun itu (87an) saya masih menggeluti KARATE tentu sudah sabuk HITAM (Black Belt).  Sayang sekali mungkin passion saya tidak untuk martial art.   Sampai sekarang saya klemar klemer hiehiheiehe.  Kena angin kenceng aja sudah semaput hiehiheiheihee.

    Kebiasaan tidak pernah selesai juga berlanjut saat saya kuliah di Pontianak tahun 1990 yang lalu. Saya sempat ikut kursus Gitar Klasik YAMAHA (Yamaha Guitar Course Fundamental). Itu tuh yang metik gitar dan baca not.  Dan "hanya" tahan beberapa bulan saja lalu berhenti.


Kopdar Sama Ucha

Kalau mendengar nama Ucha apa yang terlintas dalam benak kawan kawan?  Seperti nama seorang wanita atau perempuan bukan?Kalau itu dalam pikiran kawan kawan tentu kurang tepat. Ucha adalah nama kecil dari Nurhasan Samin. Dia salah satu alumni SMA Negeri 2 Bekasi yang kebetulan domisilinya di Kampung Dua, suatu wilayah di daerah Kranji, Bekasi.  Saat saya "mudik" tahun 2005 lalu saya sempat mendatangi rumahnya.  Ucha itu teman sekelas saya.  Orangnya ramah, baik hati, dan suka menabung. :P

Dia memang teman sekelas saya juga waktu di SMA Negeri 2 Bekasi, hobinya maen Bola. Kalau lihat dari fotonya mungkin kawab kawan menduga kayak anak India atau Pakistan atau apalah, karena idungnya kaya Pinokio alias Mancung semancung mancungnya hhieiehiehiehiee.   Penasaran sama wajah Ucha, yang kini aktifis Masjid Al Fallah di Bekasi?  Nah silahkan menikmati fotonya di bawah ini :


Ucha sudah lihat foto ini. "Wah keren kaya Pak Ustad ya" katanya. Iya Ucha ini foto kita waktu Kopdar.  Masih sama seperti dulu lo Cha,  Jangkung hiehiehiehiee.  Foto Asep Haryono
TANDA TANGAN :  Map tas saya yang penuh isi coretan dan tanda tangan teman teman sekelas saya di II IPS- SMA Negeri 2 Bekasi.  Foto Asep Haryono

FAVE : John Stamos dan Cindy Lauper adalah Idola saya waktu SMA dulu. Hiehiehihee

Terakhir itulah saya juma Ucha, yang sampai sekarang masih tetap kontak kontakan walau hanya sebatas suara di telepon dan di facebook.   Selain itu "secuil" kenangan lainnya adalah Memorabilia saya waktu di SMA 2 Bekasi dulu masih tersimpan dengan baik di rumah orang tua saya di Bekasi.  Memorabilia ini berupa map, tas map lipat, yang berisi beberapa tanda tangan teman sekelas saya.    Tanda tangan berikut pesan pesannya yang lucu, konyol dan kocak hiehiheiheee


Silaturahmi Tetap Oke
"Penyesalan" saya yang lain adalah kurang bergaul. Sejak saya di kelas 1 SMA temen saya banyakan di perpustakaan dalam arti kata baca buku kebanyakan sih membaca Kamus.  Saya masih ingat kamus Bahasa Inggris andalan saya waktu SMA adalah Black English Dictionary atau lebih dikenal dengan sebutan "Kamus Hitam" karangan Purwadarminta. Mangap eh maaf kalau saya salah tulis. Kira kira begitu deh.

Terakhir reuni Akbar pada bulan Juni 2012 lalu di sebuah kafe di kota Bekasi.  Alumni tahun 1989 dari dua sekolah (SMA Negeri 2 Bekasi dan SMA Negeri 3 Bekasi) digabung jadi satu. Sayang sekali saya tidak dapat hadir di acara Reuni Akbar tersebut. Namun pesan pesan saya sampai di forum tersebut. Bagi saya mungkin momennya kurang tepat selain kesibukan tentunya.  


KENANGAN : Inilah badge SMA N 2 Bekasi saya.  Saya suka terkenang jika melihat badge ini.  Ini foto dari kawan reuni yang diunggah di facebooknya.  Foto Istimewa


Tak banyak prestasi yang berhasil saya raih saat saya bersekolah di SMA Negeri 2 Bekasi (angkatan 1989) ini.  Yang saya ingat cuma satu aja.  Pernah Juara II Lomba Translate Inggris - Indonesia se SMA Negeri 2 Bekasi (Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia) saat saya duduk di kelas 1 D.  Saya masih ingat kepala Sekolahnya saya waktu itu Ny.Siti Bulan Rasyid. Piagam Penghargaannya masih ada sampai sekarang dan terawat dengan baik. Hanya itu saya "prestasi" saya waktu SMA.  Menyedihkan sekali hiheiheiheiheiee.


SEKELAS:  Ini foto teman sekelas saya. Kelas II IPS. Cewek yang saya beri tanda silang (X) itu namanya Tiara Devita.  Dan cowok disebelahnya yang bertanda silang (X) juga namanya Nurhafiz Mahkota. Dia juga pernah satu kampus sama saya di Universitas Tanjungpura Pontianak (angkatan 90). Foto NurHafiz Mahkota 

Dari semuanya kawan sekelas saya di SMA Negeri 2 Bekasi, hanya Tiara Devita (ada di foto di atas) yang kebetulan tugasnya di kota Pontianak. Namanya sapaanya Devi.  Sekarang dia tugasnya di Hotel Mahkota Pontianak. Dia memang aseli orang Pontianak. Devi juga sudah berkeluarga dan sudah memiliki satu orang anak.  Satu yang tidak berubah dari Devi adalah kaca mata. Sejak SMA sampai sekarang kaca matanya masih lekat.  Sekilas mirip Betty Lafea ya. Hiheiheee.  Ooops nanti marah dianya

Sedangkan Nurhafiz Mahkota (ada dalam foto di atas juga) pernah satu Kosan waktu kuliah di Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak. Kami angkatan 1990.  Hafiz waktu itu fakultas Ekonomi (FEKON) sedangkan saya di FPBS Bahasa Inggris.  Sekarang Hafiz sudah S2 berkeluarga dan tinggal di Aceh.  Saya masih ingat sering di "culik" Hafiz untuk berlatih Bahasa Inggris di Perpustakaan Sekolah.  Honornya ditraktir Bakwan di Kantin sekolah.  Maklum Hafiz ini dari keluarga tajir (Kaya-red). Hiheiheiheiee.  Ahhhh kenangan indah :)))

Bagaimana dengan asmara atau cinta monyet? Hahhahaa ini dia nih. Memang waktu itu ada anak cewek sekelas yang "naksir" saya ehem ehem.  Dari bahasa tubuhnya keliatan ni anak agak weird (Aneh) dan pokoknya keliatan lah dari sikapnya.  Hahahaha sayangnya saya masih lugu lugu bego waktu itu justru saya malah takut hiehiheiheiee. Jadinya saya tidak menanggapi. Ceritanya tak seindah dalam film film. Hiheiheiee.  Fotonya sudah saya pasang di atas. Foto foto yang saya sertakan di sini adalah hak cipta kawan kawan Alumni SMA Negeri 2 Bekasi yang saya "culik" dari akun facebooknya.  Hehehe

Ujung ujungnya merana si dianya hiheiheiee.  Masih banyak lagi kenangan saya di SMA termasuk makan di kantin nilep bakwan, kena setrap sama Kepsek , telat bayar SPP,  dan dijemur di halaman sekolah.  Ah masa SMA memang masa yang Indah. Saya suka senyum senyum sendiri jika ingat itu semua. Iyalah masa senyum rame rame. Silaturahmi dan persahabatan akan selalu terbina dengan baik.   (Asep Haryono)

51 comments:

  1. masa lalu emang enak untuk dikenang. ngomong-ngomong tahun 89 ane blum lahih kak. hehe. zaman sudah berubah. tak seperti dulu lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fazri : Oh ya kah? Yah ini namanya sejarah. Fakta sejarah yang tidak bisa diubah, dan hanya bisa dilalui saja. Fakta bahwa sejak tahun 1989 saya sudah menamatkan SMA saya. Jadi bisa dikira kira berapa usia sekarang? Hahahahaha. Konon nanya soal Usia bagi sebagian orang adalah kurang etis

      Delete
  2. yg mana bang yang si dia,,, bocorin dooong,, haha,,

    wah 89 aku msh setaun itu

    tp kalo buatku masa paling indah itu kuliah 0^◇^0)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Uswah : Saya harus berterima kasih kepada kawan kawan Reuni yang fotonya saya "culik" di sini. Saya sendiri tak punya koleksi foto foto ini. Jadi saya pinjem dulu sama kawan kawan reuni buat kenang kenangan. Tentu hak cipta foto pada mereka.

      Masa Kuliah juga bisa disebut kenangan. Dan banyak juga loh reuno reuni akbar para Mahasiswa. Pokoknya silaturahmi tetap jalan terus tentunya

      Delete
    2. itu loh si doi nya, pakai bando tuh.

      Delete
  3. ada kesamaan saya dengan Kang Asep: Lemkari dan gitar Yamaha. selebihnya kita berbeda. Masa SMA saya jauh lebih indah daripada Kang Asep, yuhui, hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada lagi yang sama.. yaitu sama laki-laki... kecuali kang zachf beda.... hhehehe..

      Delete
    2. @zachflazz : Kesamaan saya dengan bang Zachflazz memang persis seperti yang dibilang sama mas Payz0. Sama sama laki laki hiheiehiehiehiehiehiee. Yah namanya juga kenangan, kan bisa saja beda dengan yang lain. Namanya juga berbagi :)))

      Delete
    3. kalo kang Asep berbabgi, kita mah berkali-kali... weeekk

      Delete
  4. pas hot film "Gita Cinta dari SMA", saya masih usia 5 tahun, Kang. Yessy Gusman sekarang udah jadi ninen-ninen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga nyangka ya, mas asep ternyata udah tua.. hihihi

      Delete
    2. @zachflazz : Kalau nda salah profil mereka tampil di acaranya Just Alvin Metro TV. Saat itu saya sempat menonton tayangan itu. Para pemain bintang remaja saat itu pada kumpul, juga pemain film cilik seperti Adi Bing Slamet, dan lain lain.

      @covalimawati : Yang penting semangat muda selalu ada. Seperti dalam lagu yang dinyanyikan Alphaville judulnya "Forever Young". Artinya merasa muda terus. Semangat terus hiehiehiehiheie

      Delete
    3. kalo bicara Forever Young dengan yang muda-muda, mereka nggak lagi paham Alphaville Kang. sekarang ada versi barunya, One Direction yang nyanyi.
      tuhh kan saya gaul banget.. keren ya saya??

      Delete
    4. @zachflazz : One Direction? hiehiheiehiee itu mah lagu kebangsaannya JOKOWI hiehiehiee. Ya ya saya tau boyband itu. Sudah pernah tayang di PrimeTime News nya Metro TV> Seru sekali hiheihe. Bagus juga, keren keren. Jelas sekali bang Zachflazz Gaul, dan suka menggauli

      Delete
  5. wuaahh.. sma-nya jadul amat mas.. hihihi. Aku sih ga kenal Yessy gusman, taunya nicolas saputra. Jaman sma aku jg ga populer mas, aku blg sih biasa2 aja, walo bbrp kali menyabet juara 1 di kelas *pamer* haha.. :P
    soal asmara jg sepi, coz aku kan lugu bgt, ga ngerti naksir2an gitu.. hehehe. beda deh ama anak2 skrg *bilang aja ga laku* :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. @covalimawati : Iya memang gitulah. Apapun semua itu yang jelas akan menjadi catatan buat kita semuanya. Urusan lugu ternyata saya punya kawan juga ya hiheiheie. Kalau gitu kita sama sama LUGU ya nda ngerti urusan urusan takisr menaksir. TOssssssssss hiheiheiheiheiee.

      Jangan Jangan bilang "nda laku loh". Nanti ada tersindir dengan ceria urusan bisa repot hiehiehiehiheiehiheiee

      Delete
    2. loh.. loh.. emang disini masih ada yg 'ga laku' ya..? hahaha

      Delete
  6. wah kebetulan kemaren saya juga ketemu teman SMA di BKD, dia dulu di juluki megawati dan saya di juluki amin rais, karena di dalam sebuah forum kami selalu beradu argumen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Payz0 : Hiehieheie iya kah? Wah wah Mr Amien Rais itu fave saya juga. Tokoh yang kharismatik seperti Mas Amien Rais yang saya sukai. Saat terjadinya krisis kepercayaan dan reformasi yang menggulingkan mantan presiden Alm Soeharto, beliau tampil dengan gagah di depan. Idola kita sama donk. Tossssssssss

      Delete
    2. idola saya malah Pak Harto.

      keren kan?

      Delete
    3. @zachflazz : Siapa saja boleh mengidolakan siapa saja. Saya juga mengaggumi sosok almarhum Soeharto. Gini gini saya punya foto almarhum Soeharto dan almarhumah Bu Tien Soeharto yang masih saya simpan dengan baik. Foto itu saya terima sekitar tahun 1987 dalam bentuk kiriman Pos surat.

      Delete
    4. wahh mantep tuh Kang...
      pasti asyik tuh
      Pak Harto masih ganteng

      Delete
    5. @zachflazz : Iya benar sekali. Yang saya nda habis pikir itu mengapa bangsa Indonesia rasanya "pelit" sekali mengucapkan terima kasih kepada alm Soeharto. Toh dia juga manusia dan pernah berjasa amat besar bagi bangsa Indonesia. Baik dan Buruk adalah ada di setiap orang, marilah ambil kebaikannya.

      Delete
  7. Wah fotonya kereeeennnn
    disimpen semua fotonya dengan rapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dyah Ayu Purnama Sari : Hiheiheieieie saya nda punya foto fotonya mba Dyah. Semuanya diambil dari facebook kawan akwan alumni SMA NEgeri 2 Bekasi yang saya culik dan dipasang di sini.

      Sebutan "Foto Istimewa" dalam media adalah sebutan untuk foto yang diperoleh dari hasil pemberian, hasil dari sumber lain yang tentu saja sumbernya bisa dipertanggungjawabkan. FOto Istimewa artinya foto itu bisa dikatakan hak cipta milik orang lain

      Delete
  8. penuh kenangan di masa2 sma, sampai2 badge nya masih ada. Oh iya...pacarnya mas asep yg pakai bando kan? hayoo ngaku.
    Makanya jangan klemar klemer mas, biar ndak keduluan cowok lain...hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Indah P : Huahuauhaua mba Indah ini bisa aja deh. Jaman SMA dulu saya lugu lugu culun, jadi nda ngerti yang kaya gituan sih.

      Sayanya malah nda ngeh, cuex bebek kata orang. Jadi tidak ada itu yang namanya pacar pacaran segala. Saya taunya cuma Kantin Sekolah (bakwan, bakso) sama Perpustakaan aja. Kurang Gaul lah gitu

      Delete
    2. hihiii..
      saya ketawa dengan komen Mbak Indah
      Indah P
      Indah Pelawak

      Delete
  9. pertama dari judulnya udah jleb menohok. sepertinya semua orang pernah bilang seperti itu.

    Kedua, generasi saya dang kang asep cukup jauh ternyata ya, tahun 89 boro-boro udah kenal bangku sekolah.

    Ceritanya bikin ngangenin masa-masa sekolah,
    apalagi ditambah dengan kelengkapan foto-fotonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zie : Foto fotonya saya "culik" dari facebook kawan kawan alumni SMA Negeri 2 Bekasi. Dari kawan kawan sekelas saya yang rata rata kini sudah beranak pinak, berkeluarga, tapi masih gaul punya fesbukan. Hiheiheiee. Makanya fotonya Istimewa. Kodenya Foto IST.

      Foto IST itu istilah dalam surat kabar (Media) yang berarti foto itu berasal dari sumber lain, dari pihak III dan atau foto yang berasal dari pemberian orang. Otomatis hak cipta melekat pada mereka.

      Delete
    2. okey kang asep dapet info baru tentang Foto IST

      Delete
  10. huaaa.. imut imut bangedd kang :p
    itu yang foto 'Kebiasaan ngumpul setelah pulang sekolah' nunjukin bahwa model rambut polem (poni lempar) uda ada kang iia (yg jongkok), yg paling ngTop iia pasti sii stuck on you (baca; stokonyu :p)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Belajar Photoshop : Hiheieehi iya jaman SMA dulu keliatannya jadul jadul kalau diliat dari anak jaman sekarang, era Millenium. Memang beda generasi. Seingat saya sih taun 1989 saat saya di SMA waktu itu jamannya sudah modern hiheiheiee. Model rambut ya, hahahaha saya masih ingat pernah kriting rambut hiehiehiee. Biar kayak Michael Jackson :P

      Delete
  11. hmm bahagianya biala dulu saya sekolah sampai sma,trus kuliah,

    ikut jadi mengenang masa lalu juga hehehe,masalalu anak sd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kah? Ah bisa aja. Ini semuanya kebetulan saja. Bahkan kakak kakak saya banyakan yang hanya tamatan SMA atau STM. Hanya ada 2 di keluarga saya yang mengenyam pendidikan Tinggi hingga bangku kuliah. Walau tamatan SMA/STM, jaman taun 89 dahulu masih "laku" keras sama perusahaan

      Delete
  12. Serasa lagi liat pilem Lupus atau seangkatannya, hahaha :D Tahun '89 saya masih 5 tahun, Kang -- lagi lucu-lucunya, hihihi :p

    Dulu saya juga masuk kelas IPS, walaupun nilai-nilai saya cukup (baca: pas-pasan) buat masuk kelas IPA. Untungnya saya bloon di eksak, jadi bisa masuk IPS (bangga banget, yah).

    Dan meskipun (alhamdulillah) punya banyak sahabat di SMA, saya sama sekali bukan murid populer di jaman itu (dan sebenernya saya pun gak peduli, karena yang penting punya sahabat -- soalnya waktu SMP saya lone ranger gitu).

    Tapi.... saya tetap lebih suka masa kuliah daripada masa SMA *hidup masa kuliah!* :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Diar Adhihafsari : Hi hi mba Diar, wow its been a while. Mohon maaf saya jarang mampir ke blog mba Diar, mungkin segera mungkin akan. Maklum masih nguprek sana sini hiehiehiehiehee. Pa kabarnya nih hiheiheiheiee.

      Sudah ada 2 nih blogger yang suka masa kenangan indah adalah masa Kuliah. Hiehiehiee. Konon waktu itu ada anggapan SMA Bio dan FISIK lebih keren dan canggih daripada kelas "buangan" seperti IPS hiheiheiee. Rasanya kelas BIO dan FISIK pinter pinter

      Delete
    2. kalo saya sebenarnya suka masa SMA.
      tapi di masa kuliah, saya juga suka, kan dapet jodoh disana

      Delete
    3. hahahaa akhirnya Bang Zachflazz nan keren ini membuka sedikit "rahasia" nya. Selamat selamat ya, dapat jodohnya waktu SMA taa. Nda pake LDR alias Long Distant Relationship yang sedang booming akhir akhir ini?

      Delete
  13. jd tringat masa smn dn sma dlu. kangen rasanya....
    oya tmen mas yg nmanya hafiz tgl d aceh d daerah mn mas. saya dr aceh jg....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @andy langit : Iya benar sekali. Sayang sekali saat saya SMA dahulu tidak ada yang menonjol juga sama seperti mba Diar di atas. Rasanya prestasinya "dataaaaaaaaar" aja semulus jalan tol.

      Hiheiheieee. Oh ya kah dari Aceh? Kalau nda salah di daerah Subang. Nanti saya akan find out dan explore facebooknya si Nurhafiz Mahkota. Saya akan kasih tau mas Andy segera. Wait :)))

      Delete
  14. lihat foto2 jaman SMA nya, aduh itu gaya rambutnya jadul abis...hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiheiheiee iya kah? Saya dulu waktu SMA sempat kriting Rambut loh. Tepatnya di pertokoan Kranji Bekasi, dan rasanya lucu abis, kayak kriwil kriwil gitu.

      Namun dalam perkembangannya hanya tahan 1 bulan tuh tatanan rambut kriting lemas dan hilang sendiri. Akhirnya lurus seperti semula. Katanya dalam agama Islam nda boleh ya cowok kriting rambut?

      Delete
  15. hehehehe...kenangan masa SMA yang GALAU yaa mas....saya jadi terbawa suasana membaca Artikelnya mas...saya minta izin sob follow blognya, kalau ada waktu kesebelah juga yaa jalan jalan dan follback....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Haryadin Putra : Hiahihaiaa iya habisnya bingung juga saya kasih judul karena maunya sih banyak yang mau ditulis, tapi takut kepanjangan ceritanya nanti ngalor ngidul nda jelas. Ya udah kasih judul aja GALAU hieieihee, kan lagi ngetop tuh sebutan GALAU nya. Segalau galaunya hiheihieheihee. Ok saya akan meluncur ke Blog mu :)))))))

      Delete
  16. kalau dipikir-pikir memang sma jaman dahulu kurang giat dalam dokumentasi ya..apalagi kameranya kan bukan digital, jadi masih membutuhkan roll fill yang harganya kemahalan amat..jadi dimaklumi sajalah...yang penting kenangan sma tetaplah jadi kenangan untuk memotivasi diri menjadi lebih dalam kehidupan masa depan...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @BlogS of Hariyanto : Iya benar sekali. Malah nda pernah kepikiran buat bikin Dokumentasi atau foto foto. Ya benar sekali, era 89 an masih ngetop pake kamera film dengan rol film.

      Mungkin jaman itu harganya masih murah meriah, tapi tetep aja nda ada kepikiran buat bikin dokumentasi. Mahal kali ya. Uang jajan saya seminggu cuma 5000 rupiah dari ibunda hiheiheiheieee

      Delete
    2. ahh bener, kalo soal dokumentasi, payah. saya baru punya tustel setelah 3 tahun kuliah. payah kan

      Delete
  17. ciyee... lagi kangen kangenan ya.. ^_^ .
    semoga teman teman seangkatan itu sudah pada jadi orang.

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog