Jual Milagros disini
Loading...

Nikmatnya Buah Durian Pontianak

Foto Asep Haryini
Catatan Asep Haryono

Kota Pontianak, Ibukota Propinsi Kalimantan Barat , kini dibanjiri oleh maraknya buah buahan, dan salah satu diantaranya yang sedang booming di kota ini adalah Buah Durian. Ini cerita kami sekeluarga yang kebetulan tanpa rencana membeli durian yang banyak berjejeran di sepanjang Jalan Soekarno Hatta atau biasa disebut dengan Jalan Ahmad Yani II menuju arah Bandara Supadio.

Tadinya atau awalnya sih cuma JJS (Jalan Jalan Sore-red) saja sambil menikmati suasana evening nya kota Pontianak yang cukup gemerlang di Malam hari. Mau memutuskan makan dinner di kafe malam itu juga tidak dilakukan karena kebetulan kami sudah memasak di rumah,  jadi rencana atau Plan B nya untuk nonton sekeluarga juga ditunda. Jadilah rencana dadakan diwujudkan. Cari buah Durian di jalan. Wisata Kuliner juga kah ini?

Terinspirasi akan cerita dan tips mengenai bagaimana memilih Durian yang masak yang sudah ditulis dengan apik sekali oleh Mas Budi os 19 dan sudah kami praktekkan dengan baik dan bijaksana hiheiheie. Apa hubungannya ya.Hieihiee. Yang pasti ilmu dan tips memilih buah Durian yang baik dan benar (halah) sudah diterapkan dan mangcapps.  Saya harus berterima kasih atas tips tips memilih durian yang masak oleh mas Budi os 19.

Murah Meriah
Akhirnya kami sekeluarga pun mencari cari kira kira penjual Durian yang mana yang beruntung kami datangi secara kami ini juga konsumen alias siap bagi bagi rezeki bagi penjual Durian yang beruntung kami datangi dan sudah pasti akan kami beli (Setelah tawar menawar tentunya-red).   Sekilas memang agak confuse (bingung-red) juga karena berderet deret penjual buah Durian di sepanjang jalan Ahmad Yani II menuju arah Bandara Supadio ini.

Akhirnya pilihan kami sekeluarga jatuh pada penjual Buah Durian yang terletak persis di sebelah Bengkel Mobil yang juga masih dikawasan jalan Ahmad Yani 2.  Dari kejauhan kami sudah melihat betapa ramainya orang yang duduk duduk lesehan sambil icip icip buah Durian.  Konon kata orang lebih syedep nyantap buah Durian sambil nongkrong nongkrong di pinggir jalan, tapi hal itu tidak kami lakukan.  Alasannya sederhana saja karena kami punya BALITA yang tentu tidak tahan hawa dingin malam hari.


DURIAN : Jejeran buah Durian yang bisa dipilih bahkan untuk yang harga Rp.7.500,- per butirnya ada.  Jangan yang digantung ya karena harganya jauh lebih mahal.  Foto Asep Haryono

PRAKTEK : Ilmu dan teknik milih Durian yang masak kami praktekkan di sini. Hasilnya mantapps. Ilmu memilih buah Durian yang masak kami peroleh dari tulisannya mas Budi Os 19.    Foto Asep Haryono

CANTEL : Cara membawanya cukup mudah. Jika bawa motor bisa dicantelkan dibagian sisi belakang kiri atau kanan Motor. Hati hati jangan diinjak karena ada tajam tajam durinya hiehiehiee.  Foto Asep Haryono

MALAM : Inilah mamang Penjual Buah Durian yang beruntung kami datangi dan kami beli i (halah bahasanya).   Karena di sepanjang jalan Ahmad Yani II ini banyak penjual Buah Durian jadi suka bikin puyeng milih yang mana.  Foto Asep Haryono

Akhirnya Buah Durian pun di dapat. Bagaimana dengan harganya per buah Durian di kota Pontianak?.  Harga per butirnya untuk ukuran sedang dibandrol dengan harga sekitar Rp.15.000,- (Lima Belas Ribu Rupiah) per butirnya.  Sedangkan untuk ukuran yang dibawahnya ada yang berharga Rp.10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah), Rp.7.500,- (Tujuh Ribu Lima Ratus Rupiah) bahkan yang goceng (baca : Lima Ribu Rupiah) juga banyak juga. Silahkan dipilih saja mana yang disuka.

Bingung bawa nya? Kebetulan saja mobil kami masih dititipkan di toko dan belum kelar kelar dibetulin (yang ini jelas ngayal dot kom-red), jadi dicantelin saja di motor Honda kesayangan saya karena banyak cantelannya sedangkan IRON MAN (baca : MIO) agak terbatas cantelannya.  Selain itu bangku duduk Honda jauh lebih memanjang daripada IRON MAN jadi cucok buat ber 4 (empat) bermotor ria.  Bagaimana dengan rasanya? Sudah pasti yamiii dan banyak dagingnya hiheiheiee(Asep Haryono)

37 comments:

  1. enak mana dengan durian dari sumatera ya mas? pasti sama-sama enak # jawab ndiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Agus pa kabarnya? Terima kasih sudah Pertamax di sini hiehieiehiee. Selamat Hari Sabtu. Kalau kata mas Rawins yang enak tentu yang dibayarin alias gratis hiheihieheiee. Tentu saja nyaris sama ya secara rasa Duren dimana mana ya rasa Duren itu sendiri

      Delete
    2. sejauh namanya sama-sama duren, mungkin rasanya mirip-mirip kali ya. yang jelas beda dengan rasa semangka, itu aja.

      sesekali kalo ke Medan, mampir di depot duren Pak Singlet, lalu tanyalah pengunjung di sana. pasti kata mereka, bahkan rasa duren di depot situ beda dengan depot lain.

      Delete
    3. kirain baru posting....bisa dapat duren,eh pertamax
      rupanya udah pull.

      Delete
    4. mau tau enak apa enggak
      sundul dulu dong...

      Delete
    5. Hiehiheie Durian Pontianak memang yahud dan asyik sekali harganya pun relatif terjangkau hiheheiheiheiheiheihee

      Delete
    6. nih yang dah nyobain nyundul...

      Delete
    7. buat taste sama kualitas nya durian pontianak memang udah kesohor tuh kang asep...durian petruk...masih di bawahnya... :)

      Delete
    8. buat taste sama kualitas nya durian pontianak memang udah kesohor tuh kang asep...durian petruk...masih di bawahnya... :)

      Delete
    9. durian petruk pasti yang ada hidungnya

      Delete
  2. murah banget semurah-murahnya. padahal di sini Kang, harganya bisa bikin frustrasi deh. pengin rasanya nyekik pedagangnya sebagai ganti harga dia yang menyekik keuangan saya, hehe..

    di halaman rumah saya juga ada pohon duren. cuma jenisnya nggak begitu bagus, jadi anak2 dan istri yang duren fans club itu nggak antusias sama produk halaman itu. jadilah mereka memburu duren di supermarket yang harganya bisa bikin nangis massal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau murah tetep aku ga doyan...

      Delete
    2. @zachflazz : Hiheihee iyakah saya dengar sih gitu. Lain beda lain pula harganya ya. Saya pernah dengar ada Jenis Durian yang enak dan mahal harganya kalau nda salah namanya Durian Monthong ya. Sering liat di mall tapi nda pernah nyobain. Pasti uenak tentu hiheiheiheiee

      @Rawins : Wah baru tau nih mas Rawins nda suka Durian. Hiheihe. Tapi selera juga ya. Yang namanya Selera tidak dapat diperdebatkan

      Delete
    3. biar kata durian montong tetep ga suka
      kalo penjual duriannya montok, bisa jadi suka
      *sama penjualnya

      Delete
    4. haha..semok ya lik :)

      Delete
    5. selalu ya pembicaraan apapun bisa dibawa ke tema eksotik? ampuuun

      Delete
  3. duren....duda keren,eh bukan itu ya maksudnya :D

    wah penggemar durian juga ya mas asep.
    disini lebih murah lagi mas,tapi ya disesuaikan dengan nilai mata uang sini tentunya.
    yang saya heran disini gak harus nunggu musim,karena setap saat ada yg jualan duren baik di supermarket ataupun dipasar tradisional.
    tapi saya ga berani makan banyak2 durian.....takut overdose....hehe

    saya paling suka buah durian belanda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Reo Adam : Hiheiheie kalau Duren alias Duda Keren mah banyak di TV TV Swasta di Indonesia mas Reo Adam, secara banyak tayangan di TV di Indonesia yang menyajikan profil para selebritis di tanah air yang masuk katagori DUREN alias Duda Keren. Kalau (maaf) Janda Keren apa donk. Jadi JUREN ya

      Delete
    2. aku gasuka duda birpun keren...
      kalo belah duren sih mau...
      *duren montok...

      Delete
  4. waahh .. duriannn!!! yumm!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yumm itu rasa apa Mbak?

      Delete
    2. Hieiheie saya kira asyik juga ya ngemil Durian atau Duren. Tapi yang belum saya ketahui ini ada vitaminnya nda ya Durian? Hiehieiee. Lempengan tidak tau saya ini hiheiheiheiee

      Delete
    3. sy pernah ikutan seminar sehari 3thn lalu kang..ngebahas soal dunia retail..khusus tentang buah berduri ini.. :)

      klw ga salah...dan seingat sy..kandungan vit C ,protein dan zat besinya cukup tinggi pd durian..selain itu memang kadar gulanya juga...

      maka utk penderita diabetes jgn sekali mencoba.
      sanking tinggi nya...kandungan zat besi konon bila mkn durian ..mengalahkan 10 buah pisang kualitas bagus produk Sunfride..
      hehe...sok teu.nih jadinya...

      kurang lebihnya sih..gitu kang asep :)

      Delete
  5. waduh ngabibita pisan kang,musim durian ya,sammma kang ditempat sage lagi musim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Zig Zoor : Hiehiheie iya kah wah kalau gitu yang sedang musim Durian ternyata banyak juga ya tidak hanya di kota Pontianak hiheiheihee. KEren keren keren

      Delete
  6. durian kalo lagi musim memang pasti murah. tapi hati2 kang Asep....TEKANAN ! hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bung Penho : Iya iya tentu saya akan selalu berusaha berhati hati terhadap makanan atau jajanan yang berpotensi menaikkan kadar darah atau menimbulkan kerawanan dalam kesehatan. Untuk daging dagingan saya sudah berusaha mengurangi tidak full daging. Terimna kasih sudah mengingatkan saya ya

      Delete
  7. haaahh? harganya murah banget mas... wah, kalau keluargaku ke pontianak. pasti udah di serbu tuh durian. di bandung aja yang harganya selangit. keluargaku pada syirik beli durian, karena hampir semua anggota keluarga hobi makan durian :D
    tapi kaloke pontianak, mahal ongkooss ;p

    http://vanisadesfriani.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Vanisa Desfriani : Iya kata orang harga buah Durian di kota Pontianak ini lumayan sangat murah. Bahkan banyak warga dari negeri Jiran (Kuching, Malaysia) yang juga datang "menyerbu" kota Pontianak untuk bawa pulang Durian Pontianak

      Delete
  8. Wah di jember sangat sulit mas cari harga segitu paling murah malah dia ats 20000 an itupun denga kwalitas sedang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mahfid Mayanto : Hihiehee wah Jember? Saya sering liat tulisan , profil dan artikel tentang kota Jember yang sangat mendunia acara Fashionnya. Wah senang sekali kenal dengan Blogger Jember, Saya senang dengan Jember walau blum pernah ke Jember hiheiheiheee. Salam dari Blogger Pontianak ya mas Mahfid Mayanto :)))

      Suka Durian juga nih? HIheihiehiee

      Delete
  9. woww, murah amat harganya. Disini bisa mendekati 30 ribuan. Paketin duriannya dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Djangkaru Bumi : hiehieiee iya iya siap dipaketin sekalian sama Panci kualitas ekspor yang canggih buatan mas Rawins

      Delete
  10. hihi...jadi tersipu malu nih...ane di sebut2..kang asep mah berlebihan...tuing..hehe

    ngelihat harganya..durian di tp kang asep..sangat murah tu kang...terakhir minggu kmrn.saat sy nemenin mamahnya belanja di swalayan.untk durian montong per kilonya Rp.42 ribu...mahal bgt kan..hihi

    sip..deh..kapan2 boleh pesan sama kang asep aja deh..kalo pengen duren hihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar sekali mas Budi os 19, tuh Durian Montong memang mahal. Ada banyak dijual di bagian buah sayur daging dan ikan di Ahmad Yani MEga Mall. Tapi sampai sekarang saya belum pernah nyobain Durian Montong yang konon kata orang wangi, lezat dan banya dagingnya itu

      Delete
  11. This is my first time I visit here. I found so many interesting stuff in your blog especially its discussion. From the tons of comments on your articles, I guess I am not the only one having all the enjoyment here! Keep up the good work.

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog