Jual Milagros disini
Loading...

Miss Indonesia 2013 itu Dari Kalimantan Barat

Foto Kapan Lagi
Catatan Asep Haryono

Membuncah rasanya saat saya menyaksikan di salah satu TV Swasta detik detik penobatan Miss Indonesia akhirnya jatuh kepada propinsi Kalimantan Barat yang diwakili oleh Vania Larisaa (17 tahun).

Siapakah dara di ajang pemilihan Miss Indonesia 2013 itu? Ya dialah wakil dari propinsi Kalimantan Barat yang berhasil Juara I dalam ajang pemilihan Miss Indonesia tahun 2013 yang berlangsung di Jakarta baru baru ini.

Bukan sulit untuk mencari informasi siapakah Vania Larissa itu, dan informasi itu saya peroleh dengan cukup mudah dari Wikipedia Indonesia. Disebutkan di sana bahwa Vania Larissa ini terlahir di Pontianak (Ibukota propinsi Kalimantan Barat).


Vania Larissa lahir pada tanggal 18 November 1995 ini sontak mulai terkenal sejak menjuarai ajang ajang pencarian bakat Indonesia's Got Talent tahun 2010.  Vania mulai mencoba peruntungannya dalam karir musik sejak tahun tahun 2010. 

Pernah mengeluarkan lagu yang kemudian dirilisnya sendiri pada tahun 2011 yang berjudul "rahasia" dan juga beberapa album lainnya.  Berkolborasi dengan penyayanyi dan pencipta lagu papan atas Indonesia juga pernah dilakukan Vania misalnya bersama  Agnes Monica, Ruth Sahanaya, Once, Mike Mohede, Sammy Simorangkir, Rio Febrian, Ari Lasso, Maria Shandi dan masih banyak lagi. Semuanya ada di Wikipedia Indonesia jadi kawan kawan bisa langsung ke TKP untuk mencari informasi lainnya

Cantik Saja tidak Cukup
Terlepas dari pro dan kontra ajang ratu ratuan yang pernag mencuat di Indonesia beberapa tahun bekalangan eh salah belakangan, nampaknya Pemerintah Indonesia tetap :"rutin" mengirimkan  wakilnya di ajang kontes Pemilihan Ratu Dunia atau yang biasa disebut dengan Miss Universe yang diadakan setiap tahun.  Sudah banyak dibahas dalam berbagai media di tanah air yang mendukung ajang ratu ratuan ini dan mereka yang mencaci maki ajang kontes kecantikan ini juga tidak sedikit jumlahnya.

Saya punya teman dari Indonesia yang sudah lama bermukim di Perancis, namanya Unique Rose (Tentu bukan nama aseli-red) yang juga senang mengikuti kontes kecantikan di negara itu. Walau tidak setenar Kontes Kecantikan setingkat Miss Universe, kawan saya Unique Rose ini hanya ikut Kontes Kecantikan tingkat "Kabupaten" saja di Perancis.  Bisa dikatakan ajang lokal saja.

Namun beliau yang juga sahabat saya saat aktif di forum Komunitas SCTV ajang OOT kita kita waktu itu (Kalau sekarang yah mirip dengan komunitas KPK kita gitu deh). Nah forum SCTV ini saya termasuk dari beberapa "tokoh:" OOT nya waktu itu.  Ada nama GreatDay, GedeAnune, Botaks dan beberapa nama lainnya di forum KPK nya SCTV itu.  Nah kawan saya, Unique Rose, baru bulan lalu meng add akun Facebook saya dan dari sanalah saya tau kalau kawan saya itu ikut kontes ratuan seperti ini walau hanya setingkat lokal saja.
Vania Larisaa. Foto dari Internet

Dia bercerita bahwa di negara Peancis ajang kontes ratu ratuan walaupun hanya tingkat "kabupaten" tetap menggunakan skala ukuran tertentu pada bagian tertentu dari tubuh calon ratu atau puteri.  Pengakuan ini benar benar mengejutkan saya. Hal ini jadi mengingatkan saya betapa Pro dan Kontra mengenai ukuran tertentu yang jadi penilain di ajang Miss Universe ini mempunyai alasan yang jelas.  Semakin mendekati kebenaran kalau di ajang dunia nanti ukuran fisik akan menjadi salah satu penilainnya.

Mungkin karena tidak tahan diserang sana sini oleh pengkritiknya, maka Pemerintah Indonesia yang "diwakili" oleh Yayasan Putri Indonesia menambahkan 2 (dua) kriteria lainnya selain Beauty (Kecantikan) tadi yakni aspek penilaian Brain dan Behavior.    Saya rasa untuk Behavior ini juga tidak kalah penting karena menyangkut moral dan kepatutan sang calon puteri untuk berbuat yang benr dan tidak melanggar undang undang yang berlaku.

Behavior ini dalam prespektif saya seharusnya dinomor satukan, selain OTAK atau BRAIN yang menjadi ukuran lainnya. Pintar atau Cerdas tetapi berpotensi Korupsi atau berbuat kejahatan untuk apa.  Angelina Patricia Pingkan Sondakh, Putri Indonesia 2001, yang kini sudah ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dan dikuatkan oleh Pengadilan sudah berstatus TERDAKWA adalah contohnya.  Cantik dan Pintar tetapi melakukan tindak perbuatan yang tidak terpuji, Korupsi.  Cantik saja tidak cukup.

Orang Pertama

Dalam perkembangan terakhirnya Vania Larrisa ini adalah orang pertama yang berasal dari Propinsi Kalimantan Barat yang tercatat menjadi Juara I dan sekaligus dinobatkan menjadi Putri Indonesia 2013 dan secara otomatis akan menjadi wakil INDONESIA di ajang Miss Universe nantinya.  Mendapatkan kunjunagn Putri Indonesia bukan hal yang baru bagi saya pribadi.

Beberapa tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2003,  kantor saya didatangi oleh Putri Indonesia 2003 yang bernama Siska Amelia,  dan kedatangan beliau yang didampingi oleh Ayah Andanya itu hanya bersifat silaturahmi dan perkenalan saja.   Siska Amelia pada tahun 2003 adalah wakil dari Propinsi Kalimantan Barat pada ajang Seleksi Miss Indonesia 2003 dan hanya RUNNER UP saja. Juara I nya saat itu adalah Dian Krisna.  Sayang sekali tidak banyak foto fotonya saat itu.  Setelah diobrak abrik saya hanya dapat 1 (satu) foto dibawah ini saja sebagai bukti



"Minta tanda tanganya mba Siska"
Dia lagi setengah duduk. Saat Siska Berdiri wuaaaaaaa saya hanya sebahu dia saja. Orangnga tinggi masbroo hiehiheihee

Siska Amelia, Runner Up Miss  Indonesia 2003. Dia aja masih setengah duduk
Coba kalau beridir wuaa keliatan pendeknya saya hiehiheieee
Beberapa take foto saya dengan Siska Amelia, Runner Up Putri Indonesia 2003
Siska Amalia, wakil dari Propinsi Kalimantan Barat


Hiehihee sekalian aja ah ajang Narsis di sini.  Kapan lagi nih bisa foto bareng dengan Putri Indonesia. Nah biasanya sih delegasi dari Propinsi Kalimantan Barat yang akan berkompetisi di ajang Putri Indonesia selalu menyambangi Graha Pena, lantai 5, Harian Pontianak Post baik yang akan bertanding maupun mereka yang sudah selesai bertanding.  Saya harapkan sih Putri Indonesia 2013 , Vania Larissa ini juga akan datang ke kantor kami untuk bersilaturahmi sebagaimana putri putri Kalbar sebelumnya.

Harapan saya kepada Vania Larissa, wakil Kalimantan Barat yang sudah dinobatkan sebagai Putri Indonesia 2013 ini bisa dengan gemilang dan sukses dalam menjalankan "fungsi" nya selama 1 (satu) tahun dengan sebaik baiknya yakni menjalankan "tugas" dan "misi" Miss Indonesia 2013 sekaligus membawa nama propinsi Kalimantan Barat dan mempromosikan propinsii Kalimantan Barat dalam setiap kesempatan yang ada. 

Seperti yang diutarakan oleh  Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya, yang dikutip dari Harian Pontianak Post, agar Vania bisa selalu menjaga nama baik Kalimantan Barat.  Maju terus Vania Larissa, Maju terus Kalimantan Barat.  You have all our support. Go Vania. (Asep Haryono). 

76 comments:

  1. waaaaahhh selamat ya dari kalbar,,
    kapan dari daerah masa kcil ane kalteng ya ada, atau daerah lahir ane kaltim, atau daerah darah ane kediri (kediri kan jatim),,,
    wah ganteng bgt org baju putih yang disamping perempuan berdiri itu,, hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. @muarra : Iya terima Kasih atas ucapan selamatnya. Padahal si SIska itu tidak sedang full berdiri di kedua kakinya. Dia masih agak duduk atau membungkuk. Begitu dia berdiri wuaa tinggi, saya aja tingginya sebahu sama dia.

      Peserta dari Kaltim dan Kalteng juga trampil dan lugas dalam menjawab pertanyaan juri. Wakil dari Kalbar kebetulan saja lebih beruntung. Semua peserta dari seluruh Indonesia bagus, cerdas, trampil dan juga briliant

      Delete
    2. kalbar tidak hanya pusat equator, tapi pusatnya dewi-dewi rupanya

      Delete
    3. Saya titip tanda tang y kang Asep :p

      Delete
    4. wah wah wah.,, kalau dia belum berdiri full saja sudah setinggi itu apa lagi berdiri full,, berarti kalau nanti dia kerumah saya harus diubah nih tinggi pintu rumah saya,, hehee mngharap banget,,

      Delete
    5. @kang Zach,, ada referensi baru nich untuk para bujang yg mencar dewi-dewi yg tidak hanya cantik tp juga cerdas,,
      sya boleh dong krna masih bujang,, hehhe

      Delete
    6. boleh. soalnya kalo nggak boleh, ntar dikira saya nggak memberi kesempatan

      Delete
    7. @Megawati Achmad : Oh ya titip ya. Bole bole. Bisa di aturrrrrrrrrrr. Wani piro?

      @muarra : HIhiehiehe kadang nyesel juga kenapa nda olah raga renang waktu kecil ya. Konon kata orang berenang memang cara yang yahuud buat menambah tinggi badan

      @zachflazz : Senior memang harus menjadi contoh buat "anak anaknya" hihiehihee. Maklum lah ayah teladan tahun ini masih dipegang sama bang Zachflazz

      Delete
    8. iyah tumben neh pak asep keren dan ga perlu pake...

      *sampluk dingklik...

      Delete
  2. luar biasa bisa berdekatan dengan miss indonesia ya... gimana rasanya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. @agus bg : ah biasa aja. Tidak ada yang namanya Sindrom Pejabat/Seleb/Artis toh mereka juga sama seperti kita. Tidak ada perbedaan kalau sudah bersilaturahmi dan bertemu muka selalu ada canda tawa, dan tidak ada sekat apa apa. Bersahaja

      Delete
    2. malah kalo kalian yang berdekatan, ada rasanya. rasa gemerutuk menahan amarah.

      Delete
    3. hieieiei iya kalau berebut panci sama klepon urusannya bisa galau segalau galaunya hieiheiheiiehiehe

      Delete
    4. kondisi tower gimana, pak...?
      *serius...

      Delete
  3. talentanya memang luar biasanya ya orang kalimantan, itu pertanda kalo orang kalimantan juga tidak kalah cantik dengan pulau lain ya pak., kerennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas, Debi kalah canti dengan Miss Indonesia 2013!

      Delete
    2. @Putra : Saya rasa ukurannya kan tidak cuma cantik, tetapi masih ada unsur "brain" dan "behavior" nya itu yang juga harus mendapatkan perhatian kita semua.Cantik tapi berkelakuan tidak baik seperti korupsi juga buat apa. Cantik fisik, juga harus cantik dalamnya, cantik behavior, sikap dan tingkah lakunya

      Delete
    3. kok tau dalemannya cantik..?
      emang pernah buka buka ya..?

      Delete
  4. diawal kata,aku membaca kata membuncah...itu maksudnya apa ya?

    cantik ya miss indonesia 2013 dari kalimantan barat,semoga sukses misinya secantik orangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membuncah artinya lebih semangat yang menggebu gebu akhirnya tertumpahkan juga. Mengandung arti kata "kegelisahan" atau "kecemasan". Jadi perasaan membuncah adalah perasaan was was , atau takut jika terjadi sesuatu yang buruk.

      Jadi perasaan saya "membuncah" saat menyaksikan SIAPA yang akan mendapatkan CROWN atau mahkota Miss Indonsia 2013. Saya gelisah atau cemas jika wakil dari Kalbar tidak terpilih

      Delete
    2. kirain maksutnya bisul pecah...

      Delete
  5. Kang Asep, kapan-kapan kalau Miss Indonesia mampir ke Radar Pontianaka...saya mintai tanda tangan plus poto banreng sama Kang Asep yaaa..

    #lho apa maksudnya neh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ririe Khayan : Tadinya ini mau saya jadikan postingan yang mau dilombakan di Give Away nya mba Una tapi terlambar ya. Kalau nda salah tutupnya tanggal 15 February, huaaaa telat deh. Pahadal eh padahal narsis sama Putri Indonesia kan artistik hiheieiheiiee. Ngarang dot kom

      Nanti deh kalau beliau dan manajemennya menyambangi kantor kita, nanti saya coba mintakan khusus buat Mba Ririe Khayan tentu dengan catatan tidak janji. HIehiheiheihehiee

      Delete
    2. kalo disuruh milih, saya milih foto bareng kang Asep deh

      Delete
    3. jangan lupa kasih cap jempol, pak...

      Delete
  6. nah to bener, mas Asep pasti seneng bener wakil dari Kalbar (Pontianak) menang di ajang Miss Indonesia,, hihihi

    Herannya pas nonton trus diumumin pemenangnya dari Kalbar, eh langsung keingetan mas Asep x_x

    ReplyDelete
    Replies
    1. @tujuh bunga : Iya mba benar sekali. Soale dari sekian lama keikutsertaan wakil dari Kalimantan Barat yang tertinggi baru sebatas "RUNNER UP" di ajang Miss Indonesia 2003 yang lalu. Baru sekarang dapat Juara I nya.

      Tentunya seluruh masyarakat Kalimantan Barat tentunya senang dan bangga akan prestasinya. Oh ya kah jangan jangan icon Kalbar itu sayah ya. Hiheiheihie mimpi kali yeee

      Delete
    2. Kang Asep memang identik dengan puterikecantikan

      Delete
    3. btw, kaget aku liat fotonya mas Asep kok masih kinyis-kinyis gitu, kirain abis facial mahal, tiwas mau nanya facial dimana, ealah ternyata itu foto tahun 2003, pantesaaaann #facepalm
      lha klo 10th yang lalu ya aku baru lulus SMA, ora umum kinyis-kinyise, wkwkwkwk

      *muleh ahhh

      Delete
    4. saya juga masih sangat muda dulu tuh

      Delete
    5. wahaha mbak bunga, keinget kang asep :D .

      Delete
    6. pas pengumuman pak asep pake koprol gak..?

      Delete
    7. terus kang asep bilang WOW gitu.

      Delete
  7. dia juga pelantun lagu "Rahasia" kesukaanku kang...


    lama tak mendengar lagi suara khasnya, eh tiba" dia menang sebagai Miss Indonesia ajaa...
    makin ngefans aku sama dia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @A.Y.Indrayana : Oh ya sama donk ieiehiee. Kok bisa asmaan eh samaan gitu ya. Lagu "rahasia" enak juga loh didengerin hiehiheiee. Wah ngefans nih ye mas Indrayana

      Delete
    2. enak lagunya Iron Maiden sama Metallica

      Delete
    3. sebagai penggemar jazz...
      aku tetap ngefans ke jazza miharza saza...

      Delete
  8. akang guru ga mau coba ikutan kontes kecantikan juga? siapa tau menang hihihiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada tuh acaranya sendiri. yang menang kebanyakan ceweq macho

      Delete
  9. Kang Asep memang paling bisa foto sama orang2 cantik. saya hampir ngiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo sini foto sama aku mas

      Delete
    2. foto sama orang cantik? nggak lengkap kalo belum foto sama saya... muehehe

      Delete
    3. sini saya kasih tanda tangan dulu kalian. biar nanti kalo saya udah terkenal, nggak perlu minta lagi tanda tangan. sekalian foto deh.

      Delete
    4. untung aku gak mau poto sama pak asep...
      *tar jadi gemulai dah...

      Delete
  10. semoga kalbar makin oke dokeh di mata dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahh jadi kangen Sanggau #lho :D

      Delete
    2. ahh Sekadau juga makin okeh di dunia maya kok. Buktinya ada Mbak Dini disini #lho :D

      Delete
    3. minimal di mata pak asep

      Delete
  11. Sik om
    2003 om Asep keliatan muda bangetttt hihihi
    Eiya si Vania itu
    Umurnya masih 17 lagi
    Berasa tuaaa eikeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. neh tak riplei...
      kowe ncen masih muda kok un...
      tuh masih ingusan...

      Delete
    2. @Untje van Wiebs : hiheiheie masih muda taa mba Una? Di KPK banyak yang merasa muda, walau sudah tidak sudah tidak (muda) lagi kayak sayah hiehiehiehiehehiehieee.

      @Rawins : Biar muda tapi keren, biar keren tapi tetap muda. Ada apa dengan Ingusan?

      Delete
  12. selamat buat kalimantan timur ya,ralat kang tulisan di atas salah ya harusnya berdiri jadi beridir he...he...

    ReplyDelete
  13. iia kebetulan juga saiia liad acara tsb.. cantik.. selamat kalimantan.. sampai nanit di miss world bali.. hehehe.. :) support!!!

    ReplyDelete
  14. Selamat buat Sumatera Barat...
    hehehhe... jawa timurnya ngalah dulu deh..hehehhe

    tapi aku senang sekali Sumatera Barat yang menang, karena ini berarti dominasi DKI Jakarta sedikit berakhir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Elsa.... Vania Larissa itu dari Nusa Tenggara Barat,,
      #loh....

      mencoba menjerumuskan......

      Delete
    2. ngawurrr...
      yang benar dari irian baraaaat...

      Delete
    3. @Elsa : Miss Indonesia 2013 itu Dari Kalimantan Barat. Hiehiehiehiee Vania itu dari Kalimantan Barat mba. Hiehieiheiheieeh

      Delete
  15. uhuk-uhuk, itu om asep masih imut-imutnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kalo sekarang gimana?

      Delete
    2. Tepat sekali sodara sodara

      Delete
  16. Whaa, sesuatu banget kan, Kang. Hihihi...

    Kalo aku yang deketan sama wanita cantik itu, boleh gak ya dia aku gombalin? :D

    ReplyDelete
  17. wehehe... gak enek sak pudake ya...

    kerja di graha pena, keren tuh sepertinya.. pasti baca koran gratis terus

    ReplyDelete
  18. sempat nonton sebentar kemarin pas waktu miss Indonesia dari Kalbar ini menjawab sebuah pertanyaan akhir tentang apa yang akan dilakukan setelah terpilih jadi miss indonesia 2013. dari jawabannya terlihat banget kalo bakal juara. dan akhrnya tebakan gue benar juga.

    ReplyDelete
  19. selamat untuk Vina mojang pontianak yang jadi juara 1 miss Indonesia 2013, semoga jadi duta indonesia bagi dunia, tapi jangan maen politik yah jadi seleb azh cukup deh.

    betewe..2003 kang asep masih unyu unyu yah.hehee

    ReplyDelete
  20. Wajahnya cantik, ayu dan pintar. Sempurna. Gimana rasanya dekat sama orang cantik om , ada rasa grogi kagak ? :D
    Kalau saya pasti langsung pingsan !

    ReplyDelete
  21. wah hebat tenan mas, ternyata banyak mutiara yang terpendam dan mulai bermunculan dari Kalbar yah..selamat mas, tentunya mas ikut bangga yah:}

    ReplyDelete
  22. awesome :D

    selamat ya........... ^_^ .lengkap banget nih artikel sampe menjurus ke TKP dan ....apa ya.

    ReplyDelete
  23. selamat ya buat terpilihnya putri indonesia...dari klabar

    ReplyDelete
  24. cantiikk sekali ya Vania..mirip pas daku msh muda dl.. *gubraakkk .. :D

    ReplyDelete
  25. emang bener gak cukup cantik doang
    sms lebih penting...

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog