Jual Milagros disini
Loading...

Mie Ayam Bakso. Mana Tahaann

DBamboo. Foto Asep Haryono
Catatan Asep Haryono

Hari ini Jum'at tanggal 8 Pebruary 2013 bertepatan dengan tanggal 27 Rabiul Awal 1434 Hijriah yang bagi sebagian orang adalah hari "pendek" artinya jam jam yang tersedia sangat "mepet" karena ditengahnya ada jeda waktu Sholat Jumat bagi kaum Muslimin. Nah untuk hari yang "pendek" versi saya ini saya cerita ringan saja soal cemilan sore saya kemarin Hari Kamis, 7 Pebruart 2013 yakni Mie Ayam Bakso.

Nah nah wisata kuliner hiheiheiee. Saya memang punya kebiasaan suka hunting cemilan sore baik yang pedas, tidak pedas , semi pedas atau bahkan manis atau serba manis yang jelas bukan jenis organik alias nasi nasian. Soalnya dalam konsep saya yang namanya bukanlah makan berat atau bersifat yang melibatkan Nasi. Tapi ini kan selera khan?. Yang namanya selera tidak dapat diperdebatkan. Bagi yang suka cemilan berat seperti keluarga besar nasi nasian (Nasi rames, Nasi Goreng, Nasi Uduk, Nasi Ayam, beserta keluarga dan sodaranya) ya silahkan saja.

Segar alias Full Angin
Kebiasaan saya juga sih setiap kali "menclok" untuk icip icip wisata kuliner jalanan , kafe , atau di warung sekalipun saya senang mendokumentasikannya dan membagikannya di sini. Hiheihee. Kata orang bisa menambah wawasan juga menambah teman karena biasanya obrolan di warung atau kafe bisa mengarah kemana mana selain icip icip makanannya juga sering mendapatkan gosip atau kabar terbaru. 

Urusan Gosip sering identik dengan kaum hawa, pahadal eh padahal banyak juga kaum adam (Bukan kaumnya mas Reo Adam ya hiehiehiheihee) yang suka.  Kalau saya sih nda. Nda beda. Hiheihaeee.  Maaf becanda. Saya kurang suka gosip, paling juga mendengar gosip namun tidak dibahas lagi. Biarlah gosip itu pecah di dalam perut saya aja. Hiehiheihee

RINDANG : Ini foto bagian luar kafe D'Bamboo di bilangan Jalan Veteran Pontianak. Saya suka pohon dan menyantap sore hari dibawah pohon sangat menyenangkan. Angin bertiup segar di sini. Foto Asep Haryono
NYAMAN :  Boleh pilih mau makan di areal ini atau makan di dalam saja. Saya rekomendasikan untuk menyantap di sini karena luas pemandangannya. Minimal bisa ngitung mobil yang lewat hiheiheiheee. Foto Asep Haryono

Nah cemilan saya kemarin mampir di Kafe D'Bamboo yang terletak di kawasan depan Graha Korpri atau di bilangan jalan Veteran Pontianak. Yang menarik dari kafe D'Bamboo ini yang teduh dan asri karena sang kafe terletak di bawah pohon besar dan rindang. Selain itu juga pohon pohon besar yang ada di depan kafe ini amat rimbun sehingga sinar matahari yang terik tidak bisa menembus para "pemakan" (baca : pengunjung kafe DBamboo-red) yang asyik bersantap.

Suasana seperti ini saya rasakan sangat sensasional karena sambil bersantap bisa menikmati angin segar yang berhembus di sana sini karena atapnya full angin alias beratapkan langit.  Jika mau santap di dalam juga bisa karena banyak tersedia meja mejanya. Saya memilih diluar saja karena memang asyik dan fresh alias segar. Nah bagi pecinta kuliner seperti saya menu masakan bukan satu satu yang utama. Suasana makan yang nyantai,. cozy , tenang dan go green sangat saya sukai.

Tidak Dijual Terpisah

Tadinya saya mau pesan Siomay saja karena saya termasuk semi vegetarian atau setengahnya dari Vegetarian. Maksudnya di sini adalah tidak 100 persen menu daging dagingan seperti Bakso, Siomay, Batagor beserta keluarga dan sodaranya.  Jadi tidak full meat atau meat full seperti daging ayam, sate, opor ayam , ayam bakar , sate kambing dan lain lain.

Begitupun jika saya diundang untuk menghadiri acara undangan nikah kawan atau rekan kerja (baca : Undangan kawinan-red) maka menu makanan atau kuliner yang saya sasar tidak selalu menu Nasi Lengkap (Nasi, ayam goreng, rendang, sayur, buncis, kerupuk sambel,  dan lain lain) saja.  Tetapi pilihan lain yang sering saya ambil yakni yang semi daging seperti Siomay, Bakso dan Batagor.  Kan sering ada tuh menu semi daging itu di setiap acara kondangan kawinan kan? Nah biasanya saya milih gituan. Hah Gituan? Ya maksud saya ya menu kuliner semi daging itu tadi hiehiheiheiee.

Mengurangi asupan daging dagingan? Nah nah lgi mengidap Asam Urat ya?  Alhamdulillah, tidak.  Saya cuma mengurangi mengkonsumsi daging dagingan saja, saya tetap suka makan daging dagingan hiheiheiee.  Cuma kadar atau porsinya dikurangin.  Saya sebenarnya senang dengan sayur sayuran jadi jika pun harus menyantap cemilan atau jajanan pasar yang sifatnya serius seperti berkua pedas dan bukan manis, saya pastikan ada unsur sayur sayuran di dalamnya seperti Bakso (ada sawi nya-red) ihiheiee.  

LENGKAP : Inilah paket lengkap cemilan sore saya hari itu. Uniknya ada sambel khusus di sini. Jika tidak suka boleh pake sambel dari Saos Botol.  Seruuuuh  Foto Asep Haryono

BAKSO KUAH : Inilah bakso kuah dengan bawang goreng yang ditabur di atasnya. Menggugah selera siapa pun yang melihatnya. Icip icip suegerrrrrrr.  Foto Asep Haryono

TIPIS : Mie ayam tanpa kuah. Pengunjung boleh mencampurkan kuahnya atau tidak pakai kuah sama sekali. Ada pangsit gorengnya.  Namun bagi saya pangsit goreng ini rasanya mirip kerupuk.  Pangsitr aseli tidak seperti ini. Basah bentuknya klewer klewer dan ada dagingnya di dalamnya . Foto Asep Haryono

Nah sudah liat kan menu cemilan saya hari itu. Tuh foto fotonya sudah saya unggah di sini.  Nah dari foto foto yang saya tampilkan di atas jelas terlihat saya selalu memasukkan unsur sayur sayuran di setiap cemilan seperti Bakso Kuah atau Mie Ayam.   Kayaknya menyantap cemilan tanpa ada sayur sayuran  sama sekali rasanya hambar. Bukan hambar tanpa garam ya.   Nda seru aja kalau nda pake sayur walau cuma beberapa lembar tipis sawi aja selalu saya usahakan ada sayur sayurannya.    

Mie Ayam Bakso bagi sama sama nikmatnya dengan Mie Ayam Pangsit. Sayang sekali ubek ubek saya di kota Pontianak belum pernah menjumpai pangsit yang benar benar pangsit d jajanan lesehan seperti ini.  Yang ada di Pontianak adalah pangsit goreng yang bagi saya lebih mirip kerupuk rasanya. Karena dalam pangsit goreng tidak ada isinya sama sekali,. Seharusnya ada isinya donk.  Pangsit beneran hanya dijual di dalam Mall saja seperti Solaria. Opps nyebut merek.  Jarang ada pangsit beneran di luaran

"Mau pesan apa mas?" Tanya Crew Kafe D'Bamboo begitu saya duduk di meja di bagian luar yang banyak pohonnya. "Saya pesan Siomay aja ada khan?"  kata saya.  "Ada mas, Siomay yang mana nih" kata Crewnya sambil menyodorkan Daftar Menu ke saya. 

Saya pun lantas menunjuk Daftar Siomay Udang Namun petugas sepertinya tidak paham maksud saya.  Akhirnya saya baru tau kalau Siomay tidak satu paket seperti kebanyakan Siomay dalam 1 piring.  Biasanya kan 1 piring Siomay sudah lengkap :keluarga"nya seperti kentang, kol, Tahu dan Siomay.  Nah yang ini yang dijual hanya siomay nya saja dan harganya per satuan. 1 Siomay dibandrol harga Rp.1.500,- (Seribu Lima Ratus Rupiah). (Asep Haryono)

41 comments:

  1. wah, kalo urusan bakso, kalo pak asep belum pernah ke malang saya jamin belum pernah merasakan enaknya bakso ... Malang sangat terkenal dengan keenakan baksonya pak ... Coba dah ntar kunjung mari :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Putra : Kalau ke kota Malangnya sih Alhamdulillah belum Tapi untuk bakso Malangnya banyak dijual di Kota Pontianak. Namun pada umumnya cita rasa bakso nyaris sama hanya konten Bakso saja yang bervariasi.

      Di Pontianak ada banyak produk Bakso mulai dari yang sudah punya brand sampai pada usaha rakyat atau UKM Masyarakaat. Ada Bakso Setan, Bakso Jagung, dan aneka bakso lainnya. Boleh juga nih icip icip Bakso Langsung di Kota Malang hiheihieiee. Ditunggu tiket PP, Akomodasi dan uang sakunya ya. Ngarep Dot Kom

      Delete
    2. paling enak tuh makan bakso yang dibayarin...
      *sekalian dipijitin pulang diongkosin...

      Delete
    3. @Rawins : Benar sekali mas Rawins. Boleh juga nih idenya biasanya sih gitu yang enak sih dibayarin hiehiehiee. Yang mijitnya tukang Pijit tentunya, Biar cespleng pijitnya pake garpu

      Delete
    4. disini adanya buldoser sama gradder, mau..?

      Delete
    5. sekali pijit pegel-pegel langsung ilang.

      Delete
    6. paling enak makan bakso sambil makan sate sambil makan pecel sambil makan klepon. minumannya teh botol sosor!

      Delete
    7. berlebihan itu ga enak
      bisa kena penyakit perut kembung...

      Delete
    8. kembung kayak nama jagoan. jaka kembung

      Delete
  2. Mungkin saya sama kaya kan Asep... makan nasi itu baru di bilang Makan, tapi kalau saya sudah makan mie ayam/ mie pangsit pada jam makan pasti saya tidak makan nasi lagi karena buat saya sudah mengeyangkan hehe. perut saya tidak bisa makan buanyak hehe

    Tapi makan pangsit/ mie ayam itu wueanknya pas dingin" atau pas udjan jadinya seger heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Megawati Achmad : Wah keren sekali nama depan mu Megawati mengingatkan saya pada nama Megawati Soekarno Putri.

      Oh ya benar sekali bagi saya juga gitu kalau belum ketemu sama Nasi rasanya tidak lengkap atau kurang. Jadi biar lahap cemilan cemilan teteup nda akan lengkap kalau belum menyantap sang nasi hiheiheihee. Tossssssss kita mba

      Delete
    2. makan pangsit enaknya pas pengin makan pangsit

      Delete
    3. Wuuich keren ya bang, Kang Asep sudah orang ke seribu sepertinya yang ngomong begitu heheh ( bencanda ). dari kecil semasa sekolah dasar sampai dengan Sekarang ,kalau saya menyebut nama , pasti komentar yang seperti kang Asep,,, memang rada susah menyandang nama Besar Ibu Megawati, jadi serasa selebritis hehehe :D

      KITA orang Indonesia sejati ternyata kang Asep, dibilang Klop kalau makan sudah pake Nasai heheh

      #Bang Zach : Pangsit jadi salah satu makanan favorit saya dan murah meriah dan enak heheh

      Delete
  3. cemilan berat tuh ngemil buldoser...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hieihee mungkin nama snacknya kelak ada yang dinamakan Buldoser. Bukan tidak mungkin di Pontianak aja ada banyak nama makanan atau jajanan es yang diberinama tidak lazim seperti Es Teller Suster Ngesot dan lain lain. Bukan tidak mungkin kelak ada nama makanan yang namanya Buldoser

      Delete
    2. bagaimana kalo besok pak asep bikin warung bubur sempak merosot..?

      Delete
    3. juga bikin klepon cempluk...

      Delete
    4. cemilan buldozer bisa bikin email gigi agak rusak nggak ya?

      Delete
    5. bahaha... buldozer itu makanannya mbah saya, sekarang giginya pada protol semua

      Delete
    6. mbahnya pasti hulk

      Delete
  4. cerita kuliner lagi nih. Bakso memang kegemaran saya. biasanya saban akhir pekan saya ke kota jalan2 plus nyari bakso Kang. biasalah dikampung gak ada yg jualan bakso dengan isi lengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang mau yg isi nya apa? ayam?

      Delete
    2. @Bung Penho : Oh ya kah Bung Penho suka makanan berkuah seperti Bakso? Wah kalau gitu tooss. Hiheiheihee. Kalau saya sih nda wajib ngemil atau wisata kuliner, paling minimal 2 kali dalam Seminggu liat liat Sikon duit hiheiheiheiheiheiheee.

      @ahmad rizal samsi : Iya bakso isi Ayam, bahkan isi Jagung juga ada. Macam macam. Di Pontianak ada banyak model dan macam Bakso tinggal sesuaikan selera dan juga isi lainnya. Kantong misalnya

      Delete
    3. @ahmad rizal: terserah mau isi apa deh. yang penting komplit hehehehe..

      Delete
  5. mas mie ayam bakso kok baksonya dipisah ya? kalau tempat saya beli mie ayam bakso itu baksonya dicampur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Bg : Tidak semua sih, namun tergantung selera juga sih. Ada peminat bakso yang senangnya antara kuah dan mie baksonya di pisah. Ada juga yang langsung disajikan dengan dicampur baik bakso dan kuahnya sama sama dalam 1 paket

      Delete
    2. pemisahan, kayak trias politica aja.

      Delete
  6. bikin laper aja liat gambar diatas..xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi itu dibacanya apa sih Mas? dari dulu saya suka bingung..

      Delete
    2. dibacanya mrenges, lik...

      Delete
  7. ini postingan paling provokatif yang sangat berhasil hari ini. saya tadi sempat baca sesaat sebelum jumatan. abis jumatan, saya yang sedari pagi pengin makan sayur, jadi makan bakso abis jumatan tadi. Kang Aseplah yang harus bertanggung jawab dengan ini. asem tenan ik! huhh!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Hiheiheie seharusnya tadi saya buat disclaimer : Tidak bertanggung jawab atas dampak yang ditimbulkan oleh tulisan Wisata Kuliner yang tersaji di sini. Jika setelah membaca timbul rasa lapar menderu deru adalah hikmah yang indah dan wajib disyukuri dan dilaksanakan dengan makan segera. Hiheiheihiehiehiheihe

      Delete
  8. tiap kesini bawaannya jd ngiler.. haduuuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @covalimawati : Hihiehieheie iya nih kadang kalau lagi nda mood dan belum ada topik yang pas akan saya larikan ke Postingan wisata kuliner aja. Hiehihee soalnya relatif lebih mudah, tinggal cerita cerita aja dan dibumbui foto foto orisinal jepretan sendiri. Hiehiheiheiee

      Delete
  9. pernah nyoba mie ayam ceker?
    pernah nyoba mie setan?
    pernah nyoba mie sedaap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ocha Rhoshandha : Ayam Ceker? Ya ya pernah sekali. Mie Setan belum? Mie Sedap juga belum. Tapi kalau Mie Sedap dari mie instan tiap minggu deh Ocha hiheiheiheiheiheiheihiee

      Delete
  10. Kalo aku, saat makan bakso misalnya, aku selalu pesan bakso plus sayuran tanpa mie. Pokoknya sayurannya harus ada, TIDAK BOLEH TIDAK. Sebagai penyeimbang gitu deh, Kang. hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rudy Arra : Hiheiheie wah wah sama donk sama saya, saya juga begitu mas Rudy Arra. Setiap ada cemilah seperti bakso juga selalu saya usahakan ada sayur sayurannya hiheiheiheiee. Tossssssssssss

      Delete
  11. mau dunk baksonya... oh iya tempat nya enak utk makan ++ artinya ++ sama keluarga ^_^.

    ReplyDelete
  12. Makasih untuk ulasan mie ayamnya...
    Saya dari Greenpack ingin mengenalkan produk Box Makanan kami yang cocok untuk segala jenis makanan. Jika ingin memesan silahkan kunjungi web Greenpack.

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog