Jual Milagros disini
Loading...

Mau Belajar Ke Luar Negeri?

Foto Asep Haryono
International Education Expo 2013
Catatan Asep Haryono

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pendidikan adalah kunci sukses dan masa depan anak anak kita, para pelajar Indonesia, baik yang ingin meniti karir dalam bidang usahanya dan ataupun ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Belajar di dalam negeri dan atau di luar negeri adalah pilihan, dan setiap pilihan tentu mempunyai dampak konsekuensi logis baik dalam hal pembiayaan maupun hal teknis lainnya. Semua masyarakat berhak untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik apakah itu di dalam maupun di luar negeri. Jika dana mencukupi , belajar ke luar negeri, mengapa tidak

Barangkali itulah kesimpulan yang saya peroleh saat berkunjung melihat expo pendidikan luar negeri yang bertajuk "International Education Expo 2013" yang diselengarakan oleh SUN Education Group di Hotel Mercure Pontianak tepatnya di Meranti Ballroom dari jam 13.00 sampai dengan jam 18.00 WIB itu.  Saya sering mengiuti gelaran expo pendidikan yang diselenggarakan oleh SUN Education di Mercure sampai beberapa kali hingga saat ini. Berikut laporannya.

Dapat Paket Merchandise
Begitu saya datang di ruangan Meranti Ball Room di Mercure itu dan saya langsung mengisi buku tamu (guest book) yang sudah disediakan dengan gemilang (eala bahasanya) oleh staf SUN Education yang dominan berwarna oranye itu. "Mau daftar Simulasi IELTS kah mas? Silahkan isi buku tamu dahulu" kata seorang petugas menyilahkan saya untuk duduk dan mengisi halaman buku tamu yang amat mirip isi buku tamu kondangan orang kawinan."eala sudah mirip ngisi buku tamu orang kawinan nih"  gumam saya dalam hati hiehiheiee.

Foto Asep Haryono
Enaknya setiap kali saya menghadiri expo pendidikan luar negeri yang diselenggaakan oleh SUN Education Group ini saya pasti mendapat souvenir free alias gratis berupa 1 buah paket merchandise yang berisi 1 (satu) buah pulpen, brosur leaflet pendidikan, dan juga Handbook Study Guide 2014-2015.

Semua free merchandise itu bagi saya cukup menarik dan penting.  Kan ada tuh buku yang penting namun tidak menarik, dan ada juga buku yang menarik tapi tidak penting. Hheihee. Bingung khan:? Sama.

Selain Pameran Expo Pendidikan Luar Negeri pada International Education Expo 2013 yang diselenggarakan oleh SUN Education Group kali ini juga menyediakan Simulasi IELTS (International English Language Testing System) secara Free alias gratis selama kurang lebih 1 (satu) jam di hari yang sama, namun di selenggarkan pada sore harinya sekitar pukul 17.00 WIB.

Juga ada seminar free juga yakni "Design and develop your entrepeneurship skill" , "Busines Gateway to a career in Canada" dan "How to boost your success in life and study with 21st Century Learning  Skills" oleh Adam Khoo dan timnya.  Adam Khoo dikenal luas sebagai motivator ternama di Asia.  Ngomongin soal motivator kalau buat saya sih yang saya sukai adalah Andrie Wongso dan mas Ippho "right" Sentosa. Saya  sudah pernah ikut seminar 7 Keajaiban rezeki dengan otak kanan yang amat terkenal itu.  Luar biasa memang. Hiheiheihee

RAMAI : Baru jam pembukaan saja para pengunjung sudah ramai berdatangan yang kebanyakan adalah para pelajar sekolah mengenah atas dan mahasiswa.  Foto Asep Haryono

SPANDUK : Mentereng terlihat di jelas di pintu keluar Hotel Mercure Pontianak. Saya selalu menyempatkan diri untuk melihat pameran expo pendidikan ini untuk mengupdate informasi belajar ke luar negeri.  Foto Asep Haryono

Konon kata orang kalau mau mendapatkan merchandise keren dan juga gretong seperti ini diharapkan datang pada jam pembukaan atau jam jam awal.  Biasanya sih stok atau persediaan merchandfisenya masih banyak tersedia dan bisa mendapatkan satu paket cuma cuma.  Misalnya kalau pembukaan pamerannya jam 13.00 WIB bolehlah datang 30 (tiga puluh) menit kemudian.  Kalau datangnya di jam jam akhir penutupan expo bisa jadi souvenirnya sudah tidak ada lagi alias huabis hiheiheiheheiee.. Maklum sebagai salah satu pemburu gratisan bersertifikat saya selalu berusaha terdepan untuk urusan gratisan hiheiheiheiee

Banyak Pilihan
Sebenarnya bukan cuma mendapatkan Free 1 tas cantik berisi aneka merchandise itu loh, masih ada juga gratisan lainnya misalnya Gratis biaya aplikasi atau pendaftaran yang tentunya Term and Condition Apply alias Syarat dan ketentuan berlaku, juga Gratis biaya terjemahan Ijasah Transkip Akademis/Raport juga dengan ketentuan yang sama. Nah banyak khan?

Para pengunjung memang benar benar dimanjain oleh penyelenggara. Kalau haus ya silahkan minum air mineral yang sudah tersedia.  Cemilan permen juga ada. Sayang sekali tidak ada sedia bubur ayam ya.  Sebab kalau ada sedia Bubur Ayam nanti bukannya liat pameran malah pada ngebubur donk. 

PENJELASAN :  Para calon mahasiswa LN ini sedang berkonsultasi dengan staff dan tenaga pengajar yang langsung didatangkan dari negara asal pendidikan itu.  Kemampuan Bahasa Inggris mu sudah diuji di sini.  Foto Asep Haryono

ANTUSIAS :  Para pengunjung rata rata anak kuliahan dan juga para pelajar sekolah menengah yang tertarik mencari informasi pendidikan di luar negeri hadir di sini.  Foto Asep Haryono

Selain itu cukup banyak lembaga pendidikan luar negeri yang hadir di acara ini. Saya melihat ada Swinburne University Sarawak, Curtin University Singapore ,University of Reading Canada, Australia Catholic University , Rafles University,  PSB  , Monash University Australia, Blue Mountain, UNSW Global. Grifith University, UTS Sydney dan masih banyak lagi.   Saya perhatikan tidak ada wakil dari University of Wollongong Australia di sini.  Biasanya sih ada, tumben kali ini nda ada. Kemana ya.  Hmmm. 

Biaya Sendiri
"Saya tau ada pameran expo ini lihat dari baliho yang ada di jalan aja jadi langsung ke sini mas" kata Heru, pelajar SMA Negeri 7 Pontianak yang berhasil saya temui di ruangan.  Heru dan rekannya tertarik pada jurusan International Relation karena menurutnya bidang itu menarik. "Yah senang aja dengan jurusan itu mas" katanya.    

"Kalau saya sih tertarik dengan jurusan kedokteran saja, dan ini masih melihat lihat mau yang mana minimal dapat info dulu lah" kata Fikri, Mahasiswa semester 4 (empat) Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak.    Mau jadi dokter ya Fikri, ya iyalah masak mau jadi pilot sih.

Bukan hanya pelajar dan mahasiswa saja yang antusias pada International Education Expo 2013 ini, mahasiswa Pasca Sarjana pun ikut "blusukan" di sini. "Saya memilih jurusan Teknik Lingkungan karena sesuai dengan bidang saya melalui info dari pameran ini saya harap saya bisa ketemu, tapi nda ada ya kayaknya" kata Ully yang kini mengajar di Fakultas Teknik UNTAN Pontianak.  

Ternyata mba Ully ini mengambil S2 nya di ITS Surabaya (Jawa Timur). "Saya ambil jurusan Teknik Lingkungan di ITS Surabaya Jawa Timur kemudian mengajar di Fakultas Teknik sampai sekarang saya masih cari informasi jurusan yang sama untuk S3 saya" kata Ully.  Semuanya dengan biaya sendiri. "Maunya sih pake beasiswa, tapi saat saya sudah mendaftar S2 kemarin informasi beasiswanya baru dibuka jadi saya terlambat untuk apply nya" katanya. (Asep Haryono)

32 comments:

  1. saya pengen s2 ke jepang,,
    tapi g tau ini bakal kesampaian or g
    heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rezKY p-RA-tama : Hi hi terima kasih atas kunjungannya yang di sini ya. Wah selamat sudah mendapatkan PERTAMAX di halaman ini hiheiheiheihee. Wah ke Jepang ya, wah tentu mas Rezky ini mahir bahasa Jepang donk ya.

      Kalaw mau belajar bahasa Jepang enaknya mulai dari percakapan atau dari bahasa tulisan kanjinya ya? Kasih tau donk

      Delete
    2. saya pernah les bahasa jepang tapi cuman dateng beberapa kali
      sekarang malah g sempet untuk les bahasa jepang,,
      pengennya si,,,
      belajar bahasanya dulu...

      Delete
    3. @rezKY p-RA-tama : Oh gitu ha hmmm. ic ic ic. Saya akan mempertimbangkan juga nih untuk belajar bahasa asing selain bahasa Inggris yang sudah ada. Enak juga ya kalau bisa bahasa Jepang karena prospeknya di masa depan cukup cerah. Terima Kasih informasinya ya. Thank you :)))))))

      Delete
    4. saya ikut berdoa semoga mas rezky bisa ke jepang, dan kang asep mengausai bahasa jepang. kalo perlu, menjajah jepang.

      Delete
    5. yang penting titip salam buat miyabi pak...

      Delete
    6. @zachflazz : Hhehehheeei wah saya komen di blognya bang Zachflazz kok nda bisa masuk masuk ya? Apa sudah overload alias kepenuhan kuota komennya ya. Ihiehiheiheie mangcappss sudah mendekati 300 yang kasih komen. Bener bener ancur hiehiheiheiheiheiheiheiheiheihiee. Wah wah kok sampai menjajah Jepang sih? Hiheiheiheiheihe.

      @Rawins : Miyabi belun pernah saya makan. Kalau Mie Telor atau Mie ayam sering. Rasanya gimana tuh mas Rawins Miyabinya. Wah wah saya baca di TP nya mas Rudy Arra ada gambarnya mas Rawins jadi model. Wow ck ck ck kayaknya ada skandal Jeruk sama Jeruk

      Delete
  2. Selamat sore mas Asep.. :)
    lukman setuju sekali dengan postingan ini,
    jadi ingin sekali belajar ke luar negeri.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Lukman Hakim : Hi hi mas Lukman Hakim. Mangap eh maaf baru online nih karena beberapa hari ini sibuk mengerjakan proyek klien website saya yang baru yang kini masih sibuk ditangani hiheiheiheee. Alhamdulillah.

      Iya saya juga kepengen mau ikutan lagi seleksi study ke luar negeri. 2 (dua) tahun lalu saya ikut seleksi Study in US lewat seleksi beasiswa FULBRIGHT-AMINEF untuk jurusan News MEdia Studies namun belum berhasil. Insya Allah coba lagi tahun ini

      Delete
    2. saya mendukung Kang. semoga bisa ya..

      Delete
    3. wah jadi isin ketemu orang pinter semua...

      *rumasa stm aja ga lulus...

      Delete
    4. @zachflazz : Hiheuihieie iya bang Zachflazz. Terima kasih sudah berkunjung di sini. Saya mohon maaf karena baru kali ini berkibar di blogwalking secara beberapa hari kemarin "menghilang" dari peredaran BW karena mengurus Klien website sayah.

      @Rawins : Ah mas Raw ini merendahkan diri tapi meninggikan mutu. Hiheiheiheihiee. Saya bersyukur tidak lulus STM karena memang tidak sekolah di STM hiehiheihee. Saya di SMU aja

      Delete
    5. isin itu kalo foto kang rawin yang lagi di jamban ikut ke upload.

      Delete
  3. informasi gratisan yang menarik kang, pokoknya kalu exspo pasti rame dan penuh dengan informasi, sampe sempet mewawancarai segala, akang sendiri mau cari lanjutan pendidikan kemana ko' ngga ada ceritanya?
    salam ke m'ba ulli nya kang..ups kira-kira ketemuan lagi ngga y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampaikan saja kang, salamnya kang cilembu. daripada nanti nyamperin sendiri, bisa-bisa malah gaswat.

      Delete
    2. asal jangan disamperin miyabi lik
      bisa-bisa malah sahwat...

      Delete
    3. @Rawins : hiheihiehiehie saya masih ingat waktu rame rame berita gambar Miyabi dalam buku pelajaran sekolah, tuh banyak dibicarakan di berbagai forum dan milis. Saya sendiri malah dapat bocoran gambar gambar Miyabi lengkap dengan profilnya. Saya sudah hapus semuanya, soale horor bangeds.

      @Cilembu Thea : Ketika saya temui mba Ully saat interview dia bilang masih berburu S3 nya. Hiehihee mangcappps. Iya deh Insya Allah jika saya mampir ke fakultas Teknik , pesan mas akan saya sampaikan.

      Delete
  4. siip Kang.. saya mendukung rekan2 yang mau bergerak maju. ambil setiap kesempatan yang ada. apalagi masih pada muda usia. kalo saya, konsentrasi ke anak-anak Kang. mereka harus ngelead untuk masa depannya nanti, dan saya adalah pengawal mereka. udah itu saja yang ada pada diri saya. merdeka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Iya benar sekali bang Zachflazz. Anak anak adalah segalanya buat kita kita. Saya salut dengan kepemimpinan dan juga leadership skills yang bang Zachflazz tanamkan kepada anak anak bang Zach. Saya selalu mengikuti perkembangan Arien dan Agree dari tulisan tulisan bang Zachflazz.

      Saya tetap fokus juga kepada keluarga, namun saya sudah mendapat izin dari istri agar saya terus berjuang merebut satu slot dalam seleksi beasiswa yang kini masih diburu. Tidak ada yang mudah, namun tidak ada yang tidak mungkin

      Delete
  5. saya juka mendukung semua yang mau belajar kesan,semoga saja sukses jadi pelajar yang bisa membangun bangsa indonesia,merdeka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Zig Zoor : Hiheiheie pada umumnya sih yang sudah sukses meraih apa yang diinginkannya di LN jadi agak "ogah" balik ke Indonesia karena sudah merasa "nyaman" di Luar Negeri.

      Boleh saja sih namanya juga hak masing masing. Namun sebaiknya diaplikasikan dulu ilmunya di Indonesia minimal 2 tahun setelah itu boleh diajukan lagi untuk studi lanjutan ke LN

      Delete
  6. Sangat manfaat, sehingga yg pingin belajar ke luar negeri dapat info cukup layak di sini atau untuk referensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Harun Ar : Biasanya sih yang hadir di acara semacam expo pendidikan LN ini karena tertarik mau melanjutkan studi ke LN. Kalau saya liat sih memang ditujukan buat keluarga yang akan merencanakan kuliah anaknya ke LN dengan biaya sendiri.

      Bagi yang jelas, informasi dari pameran seperti ini sebagai referensi, benar sekali mas Harun Ar. Jeli sekali mas ini. Bagi peminat gratisa seperti saya info ini selain sebagai referensi juga sebagai motivasi karena berburu beasiswa study LN lewat beasiswa. Bukan pake biaya sendiri

      Delete
  7. kalo ngomong keinginan aku juga pengen sekolah lagi pak
    apalagi keluar negeri gratisan
    namun apa daya otakku ga mampu
    jadi biarlah aku belajar ke alam semesta saja
    itung-itung ngasih kesempatan kepada yang muda-muda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rawins : Benar sekali mas Rawins, jika ada kesempatan lanjutkan sekolah kalau perlu sampai ke luar negeri. Tidak akan mudah dalam meraihnya, namun juga tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

      Kalau belajar sama alam semesta ya nengok ke mas Lukman Hakim hiheiheiee. Soale dia belajar tentang kehidupan di blognya hiheiheiee

      Delete
    2. okay okay.. saya cerna dulu kalimat bapak bapak ini :) .

      Delete
  8. salam kenal kang.
    Maaf mampir tanpa di undang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @TiranaAduka : wAH Wah ada blogger lagi dan domisilinya di Shah Alam, Malaysia ya. Terima kasih sudah mampir di sini, wah saya senang sekali mendapat sahabat blogger baru seperti mu. Selamat datang dan membaca baca di sini sesuai dengan minat dan kesukaan mu. Salam kenal juga dari saya, Blogger Pontianak

      Delete
    2. Kang Asep haryono
      Terima kasih sahabat. Syukur terima kasih atas kesudian kakang.terimas.

      Delete
    3. kakang memang kesudian

      Delete
    4. artinya apa *gak maksut* .

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog