Jual Milagros disini
Loading...

Ada Pesawat Tempur di desa Ku...

Foto Asep Haryono
Wisata Murah Meriah Namun Berkesan
Catatan Asep Haryono

Desa? Barangkali itu yang ada di benak kawan kawan semua ketika membaca judul tulisan saya kali ini "ada pesawat tempur di Desaku". Ya benar sekali, saya sekarang ini berlokasi di sebuah Desa, dan dari 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Kubu Raya sampai sekarang ini, tempat tinggal saya sekarang berada di kecamatan Kubu Raya yang terdiri dari 8 desa, 65 dusun dan luas wilayah 1.211,60 km² (Data dari Pemda setempat). Nah walaupun sebutannya desa namun fasilitas dan infrakstrukturnya bukan ndeso.

Lalu kok ada pesawat Tempur sih?  Pesawat beneran? Ya benar sekali. Ada pesawat sungguhan, dan itu pesawat tempur A-4 Skyhawk yang kini bertengger di simpang Bandara Supadio sebagai monumen yang sangat memikat hati bagi siapa saya yang kebetulan melintas di areal tersebut.  Sebenarnya saya sudah sering melewati monumen pesawat tempur ini namun belum pernah mampir di TKP.  Kebetulan saja pekan lalu saya kesampaian ke sini bersama keluarga. Wisata Murah Meriah hiehiehiee.  Kok murah? Apanya yang murah?

Pesawat Tempur Sungguhan
Konon kata orang yang namanya monumen adalah bentuk bangunan atau benda yang dibuat sama persis dengan bahan yang berbeda atau dengan kata lain semacam "replika" dari benda yang aseli. Misalnya sebagai contoh Monumen Tugu Tani di Jakarta. Itu aseli dari bahan batu dan dibuat menyerupai bentuk fisik manusia sesungguhnya tapi bahan monumen tugu Tani itu dari batu, dan bukan manusia aseli yang dijadikan patung seperti di film "house of wax" yang dibintangi oleh Paris Hilton itu. Sudah nonton belum filmnya? Saya sih sudah.

Nah Monumen Pesawat Tempur A-4 Skyhawk di simpang Bandara Supadio Pontianak adalah pesawat aseli alias sungguhan.  Menurut informasi yang saya terima jenis pesawat Tempur A-4 Skyhawk tersebut  dibawa oleh  pesawat Hercules A-1321 dari Skadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma yang dipiloti Mayor Pnb Sugeng .  Nah pesawat A-4 Skyhawk tersebut itulah  yang kini sudah menjadi Monumen di Simpang Lanud Supadio. Nah berbekal informasi inilah saya mengajak keluarga untuk mampir sejenak di monumen ini sambil berfoto foto tentunya hiehiheie. 

SENJATA : Saya duga inilah benda mirip pipa warnamerah ini adalah laras cannon ataupun moncong senapan mesin dibagian bawah pesawat.  Foto Asep Haryono

NARSIS : Siapa bilang jalan jalan harus ke Mall, atau ke tempat Gunung, Sungai, Sawah dan Pantai?. Mampir leyeh leyeh di Monumen Pesawat juga sudah membuat anak anak senang. Hiehiehiee. Pulang dari sini, kami makan siang di kedai Pak Dori.  Foto Asep Haryono

WISATA  : Banyak masyarakat yang mampir ke sini sekedar liat liat atau foto foto. Jadi kalau foto foto harus liat liat dulu jangan sampai ada yang :"ganggu". Hiheiehee.  Pandai pandai aja cari celah agar bisa foto dengan leluasa di obyek wisata murah meriah seperti ini.    Foto Asep Haryono

BARU : Diresmikan penggunaannya sebagai Monumen pada tanggal  27 September 2012 jelas terlihat dai prasasti perermiannya di sini.  Foto Asep Haryono

GAGAH  : Pesawat ini keliatan kecil dan mungil namun tetaplah lethal weapon alias senjata yang sangat mematikan. Ini adalah pesawat tempur.  Foto Asep Haryono
       
Konon kata orang sih proses perakitan pesawat A-4 Skyhawk ini memakan waktu selama10 hari dan merupakan satu satunya Monumen yang ada di daerah Bandar Udara Supadio di Pontianak, Propinsi Kalimantan Barat yang terbuka untuk umum.  Monumen ini bisa dengan mudah dilihat karena memang letaknya di simpang lalu lintas kendaraan dari berbagai sudut.

Tentunya dengan ditempatkannya Monumen Pesawat Tempur A-4 Skyhawk ini diharapkan akan menjadikan kawasan Bandar Udara Supadio menjadi lebih menarik.  Masyarakat sekitar akan lebih merasa "mesra" dan "dekat" dengan TNI Angkatan Udara yang konon terkesan "sangar" dan "menakutkan". Dengan monumen inilah masyarakat bisa mengenal lebih dekat dengan alat utama sistim persenjataan (alusista) walau hanyta dari sebuah monumen saja.


WISATA : Siapa saja boleh memasuki areal foto ini dan dilarang mendekat pesawat karena ini pesawat aseli. Namun pada prakteknya pengunjung pun bebas menyentuh sang pesawat dan mendekatinya.  Apa kah karena tanpa pengawasan?  Foto Asep Haryono


Sayang sekali dalam monumen ini tidak disebutkan spesifikasi atau keterangan apapun mengenai profil Pesawat A-4 Skyhawk ini.   Biasanya jika kita berkunjung ke sebuah Museum akan dengan mudah terlihat data spesifikasi atau keterangan artifaknya. Dengan demikian masyarakat akan paham akan benda atau artefak yang dipamerkan.  Namun tidak dengan monumen Pesawat Tempur A-4 Skyhawk ini.  Jadi saya sebagai masyarakat hanya melihat "seonggok" pesawat saja bagaikan melihat sebuah patung yang membisu seribu bahasa.   Namun lumayanlah bisa buat anak anak saya senang. Hieiehiee (Asep Haryono)



59 comments:

  1. Replies
    1. weeeh Kubu Raya kereeen. Pontianak jak ndak punya bandara ya jadinya heuehuehehe..

      kayaknya dini belom pernah liat nih kang pesawatnya.. bolehlah nanti kalo ke supadio, foto2 di depan pesawatnye hihi

      Delete
    2. @diniehz : Selamat atas PERTAMAX nya. Sungguh suatu prestasi yang mangcappss di hari Senin tanggal 14 January 2013 atau bertepatan dengan 2 Rabiul Awwak 1434 Hijriah.

      Hiheiheiehe, memang betul sekali Kubu Raya bertambah iconnya sekarang, ada icon Pesawat Tempur. Mudah mudahan akan banyak wisatawan dalam dan luar negeri mampir ke sini hiheiheiheiee

      Delete
    3. duuuuuuuuh !! keduluan deh

      Delete
    4. heheeiii, sdh taggal 2 Rabiul Awwak 1434 Hijriah ya?

      Delete
    5. yup, 2 Rabi'ul Awal, tanggal pernikahan saya dan suami :)

      Delete
    6. hahaiii. selamaaat Mbak Dini.

      Delete
    7. gagal pertamax :D

      Delete
    8. makasih pak zach :D

      mas reo, coba lagi besok \m/

      Delete
  2. Pontianak ya kang,saya belum pernah kesana,kalau ke kalimantannya sih pernah cuman sampai ke sampit doang.seneng bisa poto-poto di tugunya,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Zig Zoor : Benar sekali hiehiheiee. Tepatnya di Pontianak, Propinsi Kalimantan Barat. Kalaw saya sih belum pernah mampir ke mana mana, bahkan untuk ke Kaltim, Kalsel, atau Kalteng aja belum pernah hieieiehiehiee. Kapan ya

      Delete
  3. itu nggak boleh naik di atasnya ya mas, enak kalau boleh photo saat duduk di pesawatnya hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kata pak asep :D

      Delete
    2. @agus bg : Sebenarnya pengunjung tidak diperkenankan melewati batas atau pembatas rantainya. Namun pada kenyataannya para pengunjung bebas mendekati bahkan menyentuh sang pesawat.

      Apa karena tidak ada pengawasankah? Saya kurang mengerti. Tapi sejauh ini tidak ada yang berani sampai nekad naik naik ke atasnya

      @cii yuniaty : Hiheiheiheiehiheiee

      Delete
    3. kalau ada tulisan DILARANG dekat-dekat itu yg terbaca di otak kan: SiLAHKAN dekat-dekat saja boleh kok.. hehehe

      Delete
    4. MOMOY PUN MAHU BERTANYA perkara yag sama dengan kak asep. boleh nga naik duduk di atas bergambar? mmoy diat ada chain di sekeliling pesawat. apakah itu semacam barrier tidak boleh mendekati pesawat tersebut. dikuatiri ada vandelism, conteng2 badan pesawat itu.

      Delete
  4. gede aMAT mainan pesawat tempur nya haha.. brapa harga nya ya... di pasar ntuh aku ngga dapat dapat

    ReplyDelete
    Replies
    1. km pswt dr koran ajah, kan msh anak2.....hihihi

      Delete
    2. @ahmad rizal samsi : Hiehiehiee saya kurang tau berapa harga jenis Pesawat Tempur A-4 Skyhawk ini, mungkin bisa dicoba search di Google. HIheiheieihe. Di pasaran banyak tersedia jenis pesawat yang bisa dimainkan, Aeromodelling.

      @cii yuniaty : Ada juga pesawat yang bisa dimiliki oleh setiap orang dan bisa dimainkan oleh anak anak : Pesawat Telepon

      Delete
    3. odong-odong terbang

      Delete
  5. boleh masuk lewat pembatas ya kang..?
    biasanya kalo udah ada pembatasnya suka ada tulisan 'dilarang melewati garis pembatas..'

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ay Sagira : Sebenarnya ada larangan melewati rantai pembatas buat para pengunjung. Tapi saya liat para pengunjung yang lain juga pada ikut ikutan foto foto dekat pesawat bahkan sampai menyentuh segala. Yah saya juga ikut ikutan donk. HIehieiehiehiee

      Delete
    2. nggak tertib hahahaha

      Delete
    3. kan budaya orang kita suka menerobos pembatas :D

      Delete
  6. selalu ada cara untuk bisa menarik wisata.. Indonesia memang potensial sekali tuk urusan satu ini.. :) keren kang foto2nya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rahasia Ikhlas : Hiehihee iya benar sekali. Bahkan untuk hal yang bagi orang kota adalah sesuatu yang biasa, namun bagi warga desa bisa jadi menjadi sesuatu hal yang istimewa misalnya.

      Saya aja baru bisa megang dan nyentuh pesawat tempur baru sekarang. Soale yang sering dipegang badan pesawat Garuda Indonesia sih ihieiehiehiehiee

      Delete
    2. keren photonya....,aku malah ga bisa liat photonya mas....koneksi internetku bermasalah dari operator sih,udah 2 hari....hemmm kudu sabar.

      Delete
  7. wuuiih pesawatnya kereeen... bisa dinaikin ga?
    bisa terbang ga? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @covalimawati : Menurut informasi yang saya dapatkan memang ini adalah pesawat tempur sungguhan yang sudah tentu bisa terbang.

      Namun karena sesuatu dan lain hal, pesawat Tempur A-4 Skyhawk ini diputuskan oleh TNI Angkatan Udara dijadikan semacam museum. Tentu saja mesin mesin aseli, dan bagian penting pesawat tempur ini sudah di "preteli" heihiehiehe

      Delete
  8. siapa bilang jalan2 harus ke Mall? setujuu, jalan2 ke museum malah nambah pengetahuan ya pak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @NF : Iya jelas sekali. Walaupun Mall juga merupakan tempat fave saya dan keluarga dalam mengisi weekend, namun demikian berkunjung ke Museum juga tidak jelek. Bahkan pergi ketempat yang biasa biasa sekalipun, jika itu baru pertama kali, bisa menjadi hal yang berbeda

      Delete
    2. setujuh Mbak Nufa.
      tapi mall bisa buat latihan THAWAF.

      Delete
    3. bisa sekalian tahalul pak di jhonny andrea..

      Delete
  9. cuma mau mengomentari fotonya, kang asep.

    suasananya asyik banget, terutama foto terakhir.. jadi bisa membayangkan seakan-akan pesawat itu terbang melintasi dan menembus awan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @budy sinichi : Hiehheehiehiehiee iya bener sekali. Kayaknya asyik nih bisa terbang pake pesawat tempur seperti ini.

      Kalau di pangkalan TNI AU di Supadio memang sudah ada skuadron jenis ini yang sering bersliweran di atas kota Pontianak. Seru juga karena suaranya yang berisik hiheiheiheieie

      Delete
    2. menembus awan... huo huo...
      lagunya sapa ya?

      Delete
  10. wisata yang murah meriah dan mampu menghibur. Bisa memberi edukasi pada anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan bisa publish di media blogger...wkwkwkwk

      Delete
    2. @Djangkaru Bumi : Iya mas Insya Allah ini akan menjadi salah satu alternatif liburan dan wisata keluarga yang murah meriah namun berkesan.

      Delete
  11. maaf ya mas,sepintas lalu nih.....line internetku lemod.
    musiumnya keren mas,mudah-mudahan menyusul didaerah-daerah yg lainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ralat....monumen maksudnya :D

      Delete
    2. ralat itu hewan yang menyukai tempat kotor kan?

      Delete
    3. hahha pake ralat segala om reo adam... musium ama monumen emang beda yah...

      hehee

      Delete
    4. sebentar ta' pikir'e dulu

      Delete
  12. ahh, andai itu deket tempat saya.. di bogor ada sih cuma agak jauh. yang deket kereta, jadi paling2 agree cukup bangga dengan foto dengan kereta.

    kang asep nggak pengin masuk ke kokpit, lalu bikin postingan yang seru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pesawat kayak gitu ada pramugarinya nggak ya Kang? //pramugari edyan

      Delete
  13. wah luar bisa yah, sayang saya jauh mas, ga bisa kesana hehe..

    ReplyDelete
  14. kalo pesawat seperti ini di malang ada 2 tempat pak .. yang pertama ada di bundaran jalan sukarno hatta dan yang ke dua ada di pintu masuk bandara abdul rahman shaleh ... bentuknya berbeda karena lebih kecil ... kalo historinya saya nyari2 belum ada yang valid .... ya meskipun kita di desa tapi setidaknya kita berwawasan internasional pak ... hehehe ...

    ReplyDelete
  15. ni bukan pesawat yang menggerkan dulu ya pak, yang ada penampakanya itu....

    ternyata serem juga ya kalau siang.... tapi selain itu menarik juga pak. :D

    ReplyDelete
  16. pesawat itu saja sudah bisa buat tempat kak asep glamour gitu =)
    lagi-lagi di tempat kenderaan lalu lalang. mesti orang lain , maksud momoy, bukan penduduk situ kagum bila terlihat.

    ReplyDelete
  17. wow...keren... asli...
    kalau jalan2 ke mall mah sudah biasa gan...

    ReplyDelete
  18. pesawat tempur mabuur....

    ReplyDelete
  19. dimana mana deket bandara pasti ada monumen pesawat
    tapi yang keurus kayak di supadio jarang tuh
    karena di ponti ada pak asep kali ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh aapa iya??
      saya deket asrama juga da pesawat *kadang-kadang siH :D .

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog