Jual Milagros disini
Loading...

Karl Staben, Where are you now?

Karl Staben
Teman Korespondensi Yang Hilang Ntah Kemana
Catatan Asep Haryono

Dahulu di era sekitar taon 90 an masih gandrun gandrungnya saya berkirim surat melalui pos dengan menggunakan perangko dengan kata lain masih hobi Surat Menyurat atau dalam bahasa kondangnya Korespondensi. Nah ngomong ngomong soal korespondensi ini tetap masih tren dan masih dipakai dalam era canggih dan modern seperti sekarang ini.

Orang yang cenderung lebih menyukai memakai Surel (Surat Elektronik atau Email) daripada menggunakan amplop surat berperangko. Benarkah Surat Pos sudah ketinggalan jaman? Saya rasa jaman tidak akan ketinggalan secara jaman akan selalu bergerak maju terus dan tidak pernah jaman surut ke belakang. Kalau majunya ke belakang bukan maju namanya tapi mundur hiheiheiheie.

Surat menyurat (korespondensi) tetap dibutuhkan dalam dunia kerja atau dunia usaha misalnya saja untuk mengirimkan paket barang yang dipesan melalui media ONLINE (biasanya toko ONLINE-red) tetap menggunakan jasa kurir konvensional bisa dengan JNE, TIKI, Pos Dan Giro atau apa saja. Halah saya menyebut merek secara vulgar. Hiehiehiee.

Menghilang Entah Kemana
Walah kok ceritanya malah "lari lari" sih tapi tetap ada kaitannya dengan topik atau judul postingan saya kali ini yang pada intinya mencari sahabat korenspondensi saya yang hilang entah kemana.  Kalaw kata Ayu Ting Ting kemanaa... kemanaaaaaa, ke sana ke mari membawa alamat teng teng, nah yang satu ini bukan alamat yang saya bawa tapi foto foto yang saya punya untuk mencari jejak sahabat saya Karl Staben.  Siapakah Karl Staben yang fotonya saya pasang di halaman atas.

Saya cerita sedikit ya.  Dahulu ketika saya masih berstatus sebagai emhaes (baca : mahasiswa) sekitar semester4 atrau 5  di era sekitar tahun 1995 an saya hobi dengan berkirim surat atau korenspondensi. Bahkan saya masuk menjadi salah satu anggota PFI (persatuan Filatelis Indonesia) cabang Kalimantan Barat saat itu.  Saya dapat seorang sahabat pena (sebutan kondangnya begitu) dari sebuah majalah remaja yang kondang saat itu, Majalah HAI (Tau donk majalah itu-red). Yah mudah mudahan tau yah. Kalaw belum tau juga majalah HAI ya tidak apa.

Karl Staben namanya, cowok berkebangsaan Swedia (tepatnya di kota Nynashm, maaf kalau salah tulis-red) sudah bertahun tahun lamanya. Umurnya saat itu sebaya dengan saya. Karena waktu itu belum ada EMAIL atau Internet, jadi kita kontek kontekannya pake surat menyurat POS langsung dari Pontianak - Swedia.  Saya sudah tidak ingat lagi berapa biaya PORTO atau biaya perangko surat pos dari Pontianak ke Sweden. Soalnya kadang pake perangko kadang juga pake Registered Mail atau surat tercatat. Nah ini saya cantumkan foto dia yang lain :

Karl Staben.  Ini adalah foto Karl Staben yang dikirimkan kepada saya via Pos langsung dari Swedia yang masih saya simpan dengan baik.  Karl pernah bilang dinegaranya Nude Swimming adalah hal yang biasa. "I am not sexually arroused in nude swimming" katanya dalam salah satu isi suratnya.  Ya iyalah di Indonesia kagak boleh bro mandi atau berenang musti pake busana atau baju.  Foto Karl

Apa aja yang dibahas? Ya apa aja lah namanya juga hobi surat menyurat, dan Karl Staben adalah sahabat pena saya yang intens saat itu. Mulai dari cerita ngalor ngidul soal HOBI, kuliner, Tuker tukeran Souvenir gantungan kunci (key chain) sampai kepada cerita Budaya kedua negara. Karl Staben sering cerita kebudayaan di negaranya, Sweden, termasuk kebiasaan warga Nynashm yang seneng Nude Swimming, berenang tanpa sehelai benang sekalipun. Hiyyyyyyyy Hororrr.

Dia bilang walau begitu dia tidak merasa turning on saat melihat orang nude swimming. Ya iyalah kalaw di Indonesia ya kagak boleh 'gituan'. Halah apa tuh gituan hiehiheiheiee. Ya maksudnya Nude Swimming tadi. Saya masih menyimpan foto Karl Staben yang baru selesai swimming dalam kondisi maaf seperti itu namun tertutup dibagian tertentu dengan balutan kain handuknya. Atas pertimbangan khusus foto Karl dalam posisi itu tidak saya publish di sini karena bisa memancing kerusuhan.  Hiheiheiheiheee

Menghilang Entah Kemana
Pernah suatu ketika Karl Staben menyampaikan keinginanya untuk memiliki beberapa potong kecil Anggrek Hitam (black orchid) dari Kalimantan Barat dan juga beberapa Kupu Kupu hias (butterfly). Wah kalaw sudah menyebut Kupu Kupu jadi ingat sama blognya Miss Syahdini The Kupu deh hiehiehie.  Jungkir balik saya cari info ke sana kemari untuk mendapatkan keterangan bagaimana memperoleh Anggrek Hitam dan Kupu Kupu hiasan itu.  Soalnya membawa keluar satwa atau tanaman yang dilindungi dari Kalimantan Barat harus dilengkapi dengan dokumen resmi , belum lagi biayanya.  "I will send US Dollars for it" katanya. Huaaaaaaaaa duittttttttt duitttttttttttt begitu kata saya kegirangan dalam hati.

Gambar dari Internet
Saya nyerah deh akhirnya, kesana kemari akhirnya wis plek saya tidak mampu menyediakan apa yang menjadi permintaan sahabat saya itu, Anggrek Hitam dan Kupu Kupu Hias.  Saya hanya mampu mengirimkan kartu kartu telephone bekas (used telephone card) saja kepada Karl Staben yang memang gemar juga sama koleksi kartu telepon bekas. 

Cukup banyak saya kirim kartu telepon bekas yang saya peroleh hasil nake sama buda buda (Bahasa Pontianak yang artinya "hasil minta atau nodong sama teman teman atau sahabat"-red ) dan saya kirimkan sekaligus kepada Karl Staben melalui Pos biasa dan bukan pake Registered Mail sebagaimana yang dia sarankan, namun entah kenapa sampai kiriman tersebut tidak sampai kepadanya. 

Hilang di jalan.  Saya sudah konfirmasi kepada Pos Dan Giro Besar I Pontianak untuk melacak keberadaan kiriman paket yang saya kirim tersebut.  Aneh bin ajaib. Hilang niyeee.  Ya sudahlah.  Karl Staben pun menyurati saya lagi bahwa tidak ada paket POS apa pun yang dikirimkan dari saya sampai kepadanya.  Waktu pun berlalu demikian cepatnya hingga akhirnya Karl Staben sudah tidak menghubungi saya lagi via surat menyurat. Tak terasa bertahun tahun kontek kontekan akhirnya lenyap begitu saja.

Sampai sekarang di era tahun 2012 saya coba melacak keberadaanya Kal Staben dengan mengontak kembali alamat rumahnya di Nynashm, Swedia, namun surat pos yang saya kirim kembali dengan tulisan status di pos "alamat tidak dikenal". Saya pun tidak patah arang coba google lagi dan mencari ke mana mana lewat dunia maya namun sejauh ini tidak menghasilkan apa apa.  Dia lenyap bagai ditelan bumi. Karl Staben pun tidak mengontak saya lagi. Seperti lirik lagunya Ayu Ting Ting ." Dimanaaaaaa.. Dimanaa ..Dimanaaa. Kesana kemari mencari alamat tung..tung(Asep Haryono)

31 comments:

  1. aww, ternyata si bule suka kupukupu :p

    btw kang, udah lamaaa bener ndak dengar orang gunakan kata "nake'" muehuehue.. been so looong..

    it must be a great thing to have time corresponding with a native ones. Hopefully you'll find him soon.

    Come on, Karl, googling yourself! Google will direct you to this post :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @diniehz : hiheiheie ya benar. Permintaannya akan Kupu Kupu hias yang sudah diberikan album atau bingkai foto tetap tidak bisa saya penuhi karena memang sulit sekali proses perizinannya. Belum lagi dananya yang masih kembang kempis hiheiheiheihieiee.

      Ya memang begitulah jika hobi surat menyurat, Jaman saya dahulu belum gandrung surat elektronik atau EMAIL hiehiheiheie. Terima Kasih atas kunjungannya miss Syahdini

      Delete
    2. kang, kok direpost?

      supaya karl nya cepet nongol kali ya hehe

      Delete
    3. karena kang Asep belum bikin rapelan posting barunya, haha...

      Delete
    4. @diniehz : Iya bisa dikatakan repost. Tapi cuma digeser tanggalnya aja. Iheieiiehiee. Sampai sekarang belum ketemu juga di semua sosial media, browsing kemana mana juga hampa

      @zachflazz : iya stok rapelan tulisan saya besok adalah terakhir. HIheiheie enak juga nyetok tulisan untuk 1 minggu. Jadi jika pas ada kesibukan di alam nyata, tulisan terjadual sangat membantu tu tu tu tuuuuuuuuu (ada echo)

      Delete
  2. Blognya bagus banget, mas.
    Salam kenal dan kalau sempat mampir sekalian gabung dengan teman-teman lain yang sudah SUBMIT URL BLOG-nya di Direktori Weblog Indonesia. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Direktori WeBlog : Alhamdulillah. Segala puji hanya milik allah SWT. Iya Inysa Allah saya akan submit URL blognya dalam waktu yang tidak terlalu lama

      Delete
  3. yang foto atas kayak Mc Gyver, yang bawah kayak Edwin Van der Saar. di samping ada foto mirip Rano Karno, wahh, macem2 sadayana di sini.

    kupu-kupu hias banyak di Makassar, Kang.

    Ayo teruskan pencarianmu Kang, lama-lama juga ketemu. kalo udah pada ubanan dan pake tongkat nanti, bakalan jadi reuni yang asyik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : kalaw Mc Giver saya tau, yang banyak akalnya di film itu ya. Padahal ilmu terapan yang konon bisa dipraktekkan sama kita kita ya. Heihiehieieei Kalaw gitu film kartun DORAEMON itu pasti berguru sama Mc Giver. Nenek moyangnya

      Delete
    2. haha.. mc gyver yang sepupunya mandra bukan bang asep...hehe

      Delete
    3. hihi....sepupunya krisyanto(vokalis jamrud) datang nih.....:D

      Delete
    4. Sepupunya Che Guevara juga hadir nihh!

      Delete
    5. temennya wonder woman datang

      Delete
  4. mau dunk dikenalin ma karl...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tak kenal maka tak sayang. kebersihan pangkal kesehatan

      Delete
  5. pokeke sukses buat bang asep..buat urusan bisnis nya...jangan lupa kirim bubur nya ke rumah ya hehe :D

    ReplyDelete
  6. wow, kemana ya Pak, temennya..
    Rada misterius juga ya pak, tapi kalo entar ketemu pasti rasanya luar biasa bener dah

    ReplyDelete
  7. tenang mas asep..jaman canggih kayak sekarang, pasti bisa diketemukan deh...cepat ato lambat nanti sahabatnya mas pasti nongol...hahahhaa

    ReplyDelete
  8. keren mas asep ya,temanya buanyak banget sampai ada yg dari swedia juga.

    eh....tapi aq juga banyak temen dari swedia loh mas,nih dia
    anto.....penjual buah dibekasi(swedia,semangka,mamngga,apel dll fresh)

    joko....penjual mie ayam di cengkareng (swedia mie ayam spesial)

    udin...penjual mie tiaw di medan (swedia mie tiaw rebus dan mie tiaw goreng spesial)

    wuahahahahahahahaha.....mangap eh maap mas komen q oot
    ini lah gara2 makannbubur sama pancinya....jadi gini dah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga kenal roxette yang asal swedia. sayang mereka nggak kenal saya.

      Delete
  9. wah keren, pernah surat menyurat dari pontianak - swedia :D
    kemanaaaaaa kemanaaaaaaaaa..

    ReplyDelete
  10. Sudah dicari melalui SosNet Kang? Mungkin saja bisa ketemu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ketemunya kalo sama2 udah jadi kakek ntar. reuni kakek-kakek narsis, wkwkwk

      Delete
  11. Asyik juga ya Kang dapa sahabat pena dari berbagai macam budaya dan negara. Kita dapat tukar informasi dan hobi dengan saling melengkapi. Ya..... itu tetnunya dengan sebatas kemampuan kita untuk tidak melanggar hukum dan peraturan yang ada.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    ReplyDelete
  12. wah kalo sampai ketemu sepertinya lluar biasa yah..semoga cepat dipertemukan sob, barangkali ia punya blog dan namanya sama seperti namanya, mungkin coba aja searching, siapa tahu ketemu hihi...

    ReplyDelete
  13. Waaaa kerusuhannya mau dipancing mas! Aplut aplut! Wkwkwk!
    Seru ya punya sahabat pena... fufufu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutan mancing boleh....:)

      Delete
  14. Info terbaru untuk Anda pemilik usaha mie tiaw, saya memiliki Kemasan Makanan untuk kebutuhan branding Anda. Jika Anda ingin membuatnya menarik, Anda dapat menggunakan kemasan kami.
    Jika ingin mencari tahu lebih lanjut lagi, silahkan kunjungi link berikut ini : http://kask.us/hRTlN

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog