Jual Milagros disini
Loading...

Juri Yang Friendly, Suasana Yang Bersahabat

Foto Asep Haryono

Catatan Asep Haryono*

Gelaran akhir perhelatan lomba Desain Blog dalam rangka Gebyar Kominfo ICT-BSI yang pertama di tahun 2012 yang dibesut oleh Pemkab Kubu Raya akhirnya bisa dilaksanakan dengan sukses dan tanpa ada kendala teknis maupun non teknis sekalipun.

Baik peserta desain lomba sendiri maupun kesiapan daripada penyelenggaraan lomba tersebut dapat berlangsung dengan aman terkendali. Ini adalah catatan saya yang mengikuti Lomba Desain Blog yang diselenggarakan oleh Kantor Kominfo Pemkab Kubu Raya Kalimantan Barat di Taman Gardenia pagi dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai selesai pada tanggal 6 Juni 2012 lalu.

Acara lomba desain blog ini adalah salah satu lomba yang digelar dalam rangka Gebyar 1st ICT Expo Kominfo-BSI dari  tanggal 6 s/d 9 Juni 2012 yang lalu sedangkan acarfa penutupannya sendiri dilakukan di sore harinya sekaligus pengumuman pemenang lomba secara keseluruan pada malam harinya. 

Yang namanya The First pastilah kelak akan ada yang second atau mungkin third alias yang ketiga, namun saya sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya (KKR) Kalimantan Barat yang sudah berani melaksanakannya. Tekad Pemkab Kubu Raya For Indonesia sepertinya sudah mulai digadang sejak saat itu.

Serba Minjam
Saya masih ingat watu itu beberapa peserta sebenarnya sudah berdatangan sebelum pukul 09.00 WIB tadi pagi, dan saat registrasi ulang peserta dilakukan, semua peserta yang masuk dalam katagori lolos seleksi tahap 1 diperkirakan berjumlah sebanyak 25 orang peserta itu memang diwajibkan untuk hadir pada hari ini untuk melakukan seleksi tahap ke 2 yakni presentasi hasil postingan dan materi yang sudah dipublish sebelumnya. Ketentuan ini bersifat mengikat dan tiap peserta tidak dibenarkan melakukan pemutakhiran data sebelum tampil presentasi di depan dewan Juri.

Beberapa orang peserta yang berhasil ditemui banyak menyebutkan perasaannya dalam mengikuti gelaran lomba desain Blog ICT yang memang baru pertama kali diselenggarakan oleh Pemkab Kubu Raya ini. Salah seorang peserta kegiatan tersebut Dwi Wahyudi dari Pontianak menyebutkan bahwa ajang lomba seperti ini sangat dinanti nantikan oleh banyak blogger di Pontianak.

"Saya rasa banyak yang tertarik, apalagi saya search tadi malam ternyata blogger kabupaten Kubu Raya juga sudah ada yang memulai hanya saja kurang  tergarap maksimal, dan postingannya sangat minim" kata Dwi Wahyudi.

Cuaca hari itu cukup bersahabat dan cerah, walaupun terlihat beberapa awan berjenis Cummulus  (nebak aja sih heihieiehie) bergelantungan di langit di atas Taman Gardenia tempat berlangsungnya ajang lomba Desain  yang sudah memasuki babak final yang berlangsung waku itu.

"Wah jiper (ngeper-red) juga saya liat para blogger lainnya yang hadir di acara presentasi finalis ini" gumam saya dalam hat.  Dan memang saya liat waktu itu beberapa peserta tampil dengan persiapan yang baik dari saya dan didukung dengan kesiapan matang dari panitia penyelenggara Lomba Desain Blog ICT 2012 Pemkab Kubu Raya sendiri yang menurut saya juga sudah bekerja keras dan layak mendapatkan pujian dari saya.

Saya memakai Laptop boleh minjam dari Istri untuk presentasi desain Blog saya pada waktu itu bersama dengan 25 finalis lainnya. Motor pun juga minjam dari istri, saya pake motor MIO dia waktu itu.  Kamera digital yang saya gunakan untuk jepret sana sini di acara tersebut juga boleh pinjam sama kamera kawan saya yang bekerja sebagai staff di FKIP Universitas Tanjungpura. "Mau dipake buat lomba foto ya ma Mas Asep, ya udah pake aja kamera saya" kata Mas Ngatiran ketika mengizinkan saya memakai kamera Nikon coolpixnya.


DEWAN JURI :  Tim dewan Juri sebanyak 3 orang dari Pemkab Kubu Raya disiapkan untuk menguji presentasi para peserta desain blog.  Juri yang ramah, friendly membuat suasana presentasi menjadi cair, gembira dan menyenangkan.  Photo Hak Cipta Asep Haryono

PRESENTASI :  Salah seorang peserta yang bernama Dwi Wahyudi saat mempresentasikan desain blognya dihadapan dewan juri. Setiap peserta mendapat kesempatan selama sekitar 10 menit untuk mempresentasikan desainnya, Photo hak cipta Asep Haryono

OUTDOOR : Suasana saat berlangsungnya presentasi peserta di ajang lomba Desain Blog ICT Kominfo-BSI Pontianak tahun 2012 ini dilaksankan diudara terbuka (outdoor) sehingga peserta dalam leluasa dan lincah dalam mempresentasikan materinya masing masing.  Photo hak cipta Asep Haryono


TAMPIL :  Ini sayaa saat in action mempresentasikan rancangan desain blog di depan dewan Juri dan para peserta lainnya yang juga sebagai penonton. Total peserta yang ikot lomba desain blog ini berjumlah 25 orang.   Foto Dwi Wahyudi/Borneo Blogger

Namun demikian para peserta lomba Desain Blog ICT Kominfo-BSI Kubu Raya 2012 ini belum mengetahui dengan lengkap juri juri yang hadir di acara final presentasi peserta Lomba Design Blog 21012 ini, dan andai mereka tahu profil singkat mereka tentu akan semakin lengkap lagi.  "Eh Jurinya dari mana aja ya kok saya tidak tau sih"  sebut salah seorang peserta di sebelah kanan tempat duduk saya tanpa mau disebutkan namanya itu.

Diiringi Hujan Rintik
Sedikit catatan yang bisa diambil dari penyelengaraan desain Blog ICT Kominfo-BSI tahun 2012 ini bahwa ajang seperti ini sangat positif dan sangat diminati para blogger di Kubu Raya dan Pontianak pada khususnya dan di Kalimantan Barat pada umumnya.

"Saya harap ke depannya hasil daripada kegiatan ajang lomba desain blog ini bisa menjadi wadah pemersatu blogger di Kabupaten Kubu Raya dalam suatu wadah misalnya sehingga bisa bersinergi dengan wadah blogger yang sudah ada , dan akan semakin semarak" harap Dwi Wahyudi.

Salah seorang Panitia Pelaksana Lomba Design Blog ICT Kominfo-BSI ini menyebutkan bahwa yang menjadi aspek penilaian lomba Desain Blog ICT Kominfo Kubu Raya yang bekerja sama dengan Kampus BSI Pontianak ini menyangkut tiga aspek utama.  "Juri mempunyai hak untuk menentukan kriterianya diantaranya adalah disain arsitektur blog, tautan , interaktifitas, dan juga postingan yang diharapkan menyangkut potensi Kubu Raya" kata panitia tersebut.

Hujan yang turun tiada hentinya yang turun mengguyur kota Pontianak dan di beberapa bagian lain di Kabupaten Kubu Raya itu tidak menciutkan nyali warga Kubu Raya, untuk bersuka ria di malam penutupannya di hari Minggu kemarin tanggal 9 Juni 2012  , acara penutupannya sendiri dilakukan sendiri oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kubu Raya, Bapak Yusran Annizam S.Sos. M.si.

Penutupan secara resmi gelaran perdana Gebyar ICT Expo 2012 Kominfo Kubu Raya-BSI Pontianak ini  menurut rencana akan disampaikan sendiri secara langsung oleh Bupati Kubu Raya Mudah Mahendrawan, namun sayang sekali beliau tidak dapat hadir menutup rangkaian kegiatan expo malam itu. Penutupan akhirnya diwakili oleh  Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kubu Raya, Bapak Yusran Annizam S.Sos. M.si.

PENTAS TARI MODERN :  Para pelajar SMA menampilkan tari kreasi modern menyemarakkan  penutupan  secara resmi Gebyar ICT EXPO 2012 di Gardenia  Photo Dwi Wahyudi 

 "Bupati mengirimkan SMS kepada saya yang intinya beliau minta disampaikan permohonan maaf beliau karena tidak dapat hadir di acara ini dan beliau menghargai semua peserta dan acara penutupan hari ini" kata Yusran Annizam  Namun demikian menang atau kalah bukannlah maksud dan tujuan utama dari penyelenggaraan lomba desain Blog ini , namun pemkab Kubu Raya mau melihat masukan dan inpirasi peserta semuanya untuk kemajuan pemkab Kubu Raya katanya menambahkan. Ah kenangan manis hieiehiehiheiee  (Asep Haryono)



 
Hasil Lomba :
Juara I : Asep Haryono – http://kuburayamandiri.blogspot.com
Juara II : Dwi Wahyudi – http://kuburayablog.wordpress.com
Juara III : Abdul Rohmansyah – http://ict-kkr.blogspot.com


36 comments:

  1. kayak pemilihan lurah ya pak :D

    .sselamat buat yang menang, mampir ya :)
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Miz Tia : Alhamdulillah, Terima kasih mba Tia. Iya bener sekali udah kaya pemilihan Lurah betul betul. Memang lokasinya juga di Desa kok mba.

      Kubu Raya sudah masuk wilayah luar kota Pontianak, dan itu di desa loh. Namanya Desa Parit Sumbin kalaw nda salah hiehiehiehiheiehie

      Delete
    2. kang Asep memang Lurah. Lurah KPK

      Delete
    3. KPK....polepel :D

      Delete
    4. Hiheihieei wah wah mantaf SUSU eh salah kok susu sih. Maskud eh maksud saya SUHU merangkap Lurah di KPK. Wah keren sekali saya merangkap jabatan nih. Widiwwwwwwwwwwww. Honornya Bubur gratis setiap harii ya. Rikwes aja nih

      Delete
    5. bubur pahit, minumnya jus lele

      Delete
  2. juara I? wiih selamat ya pak... kalo saya mungkin pas bicara di depan begitu gemeteran x hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @NF : Alhamdulillah, Terima kasih. Padahal saat saya ikut tidak ada niatkan mau menang sama sekali. Malah maunya saya sebagai penggembira aja.

      Iya sama saya juga nervous selalu ada, namun harus pandai pandai aja jangan sampai keliatan sama dewan Juri.

      Delete
    2. Kang Asep gemeteran kalo buburnya nggak jadi Mbak

      Delete
    3. @zachflazz : Kalaw dalam bahasa Pontianaknya disebut "begegar" atau gemetaran hiheiheiie. Iya kalaw nda makan Bubur Ayam seminggu aja ini badan meriang cenat cenut tidak karu karuan hiehiheiehiehiee.

      Delete
    4. ibarat popeye nggak makan bayam. tapi siapa brutusnya?

      Delete
  3. Selamat ya Kang atas prestasi yang diraih.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ejawantah Wisata : Alhamdulillah. Terima Kash atas ucapan selamatnya. Sepanjang dalam hidup saya baru kali inilah saya merasakan nikmatnya jadi Juara I. Memang agak norak dan gokil, yah itulah saya. Tapi tidak apa ya seumur hidup jadi pengalaman yang manis dan bia dikenang. Memang menyenangkan

      Delete
    2. lomba makan kerupuk emang nggak pernah juara Kang?

      Delete
  4. pantes aja bilang jurinya friendly, lha wong Kang Asep menang. coba kalo kalah, bakalan bilang jurinya edan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jurinya ada yg cantik loh....:)

      Delete
    2. Wah bener juga tuh jurinya ternyata ada yg cantik...,,

      Delete
    3. Bwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakakakakakkakakakakaka iya benar juga apa yang disampaikan bang Zachflazz. Bisa jadi kalaw kalah ngomongnya laen hiehiehiehiehiehiheiheiheiehiehie. Masuk akal

      @cik awi dan @Reo Adam: Oh ya juri yang ditengah itu Juri dari Pemkab Kubu Raya atau dari Kominfo KKR yang canggih ilmu komputerya. Saya dicecar oleh dia mengenai maksud penggunaan LIVE TRAFIC FEED dalam blog desain saya.

      Untung saya tidak terpukau oleh kecantikannya, namun konsentrasi di pertanyaanya yang Alhamdulillah berhasil saja jawab waktu itu

      Delete
    4. kalo jurinya Mbak Chantal? malah nggak bikin blog ya Kang..

      Delete
  5. wah menang ya bang. ehm... iya bener kata atas ane, pantesan jurinya friendly. coba kalau ga mengang, mungkin beda istilahnya.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cerita anak kost : Alhamdulillah. Huhiahihaihaihaihaihaihaihaihaia benar juga kata mas ya. Kok saya nda mikir sejauh dan secerdas mas. Hiehiheiheiheiheiee. Kalaw kalah ngomong nya pasti laen ya hiehiehihie. Ya mudah mudahan tidak

      Delete
    2. kalo kalah, jurinya ditantang tinju

      Delete
  6. Di ajang bergengsi lomba desain blog Kang Asep menang ya.. wah hebat itu berarti kang Asep sudah gak di ragukan lagi kemampuanya di dalam dunia blog.. SELAMAT YA .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cik awi : Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah SWT. Padahal dalam saya mengikuti lomba ini sama sekali tidak ada persiapan yang memadai. Niat ikut hanya sebagai "penggembira" saja, dan itu sudah saya sampaikan kepada istri. Saya ikut lomba ini iseng iseng berhadiah.

      Delete
    2. kalo menang: juri ISDEBES
      kalo kalah: juri ISBEDES

      Delete
  7. Iya tuh jurinya memang bener friendly coba kalau kang Asep kalah judul di atas pasti beda, juri tidak friendly... He..he..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cik awi : huehuuehuehuehuehueue masuk akal juga ya. Jangan jangan kalaw kalah ngomongnya laen atau beda. Insya Allah tidak akan seperti itu. Insya Allah mas sayah mah

      Delete
  8. wes pokoke selamat mas atas prestasinya
    memang pantas suhu kita yg satu ini jadi juara 1 lomba desain blog.

    kami dan segenap anggota KPK mengucapkan selamat,jgn lupa slametan bubur ya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan Reo tenang sajalah kalau soal bubur nanti pasti ada jatah..

      Delete
    2. @Reo Adam : Alhamdulillah. Segala Puji bagi Allah SWT Yang Maha Kuasa Maha Perkasa Maha Bijaksana Maha Mulia Maha Kaya Maha Bijaksana. Kemenangan ini saya dedikasikan buat seluruh jajaran anggota Komunitas KPK tanpa kecuali mulai dari HULU sampai Hilir.

      @cik awi : Saya dan bang Dwi Wahydudi waktu itu sempat "ngacir" ke rumah makan untuk makan siang setelah lomba di gelar. Namun tidak makan bubur.

      Saya masih ingat sebelum lomba dimulai, saya sempat solat 2 rakaat di Mushola sekitar tempat kegiatan. Solat Dhuha. Saya sempat memohon kepada Allah agar diberikan ketenangan dalam berlaga. Itu saja

      Delete
  9. kang! saya juga punya baju borneo blogger yg tanggal 22 juni itu hihihi..

    gak heraaaan, jawara 1 dan 2 nya saya kenal, dan tak diragukan lagi deeh kapasitasnya dalam design mendesign blog ^^

    Congrats ya kang, pastilah makin semangat ngeblognya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @diniehz : HIheieih wah ada Miss Syahdini hiheiheiee. Ya benar sekali Gawa Blogger 22 Juni lalu memang sering saya pakai, soale yang ada tulisan "blog" hanya di kaos itu. Cuma satu satunya ya kaos yang itu, dan belum ada kaos yang lainnya

      Delete
  10. Replies
    1. @Ahmad Lukman Nulhakim : Terima Kasih mas Ahmad Lukman Nulhakim, wah nama mu seganteng orangnya. Salam dari kami sekeluarga di Pontianak

      Delete
  11. wiss keren... selamat ya pak Asep, semoga lebih sukses lagi..

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog