Jual Milagros disini
Loading...

Hidup Dikejar Hutang

Gambar dari Internet
Gali Lobang Tutup Lobang? Jangan ah
Catatan Asep Haryono

Dalam keseharian kadang kita tidak terlepas dari fenomena dunia pinjam meminjam mulai dari hal yang sangat sederhana hingga kepada hal yang serius dan berat. Itulah tema tulisan blog pada hari ini. Hmm. Siapa sih di dunia ini yang tidak pernah berhutang atau memberi hutang dari atau kepada orang lain?.

Ya tentu pasti ada orang yang selama hidupnya tidak pernah berhutang dari orang lain. Juga tentu sudah pasti ada orang yang selama hidupnya tidak pernah memberi hutang kepada orang lain.

Ada juga orang yang tidak pernah memberi pinjaman kepada orang lain, tetapi dia "jagoan" dalam meminta pinjaman atau berhutang dari orang lain. Hehehee. Yah namanya juga hidup, tentu kadang pinjam meminjam adalah bagian lain dari hidup kita yang kadang harus kita lalui tanpa kita sadari.

Terlepas dari jumlah gaji yang anda terima setiap bulannya memang tidak akan pernah cukup jika dipikir pikir. Namun pola berhutang seperti yang menjadi tema tulisan saya hari ini bisa membuat galau bagi mereka yang terkena lingkaran hutang seperti ini. Kalaw dulu anda giat sekali memberi pinjaman kepada orang lain, Kini bisa bisa hal itu berbalik 180 derajat dari kebiasaan memberi hutang kepada orang menjadi pribadi "jagoan" ngutang dari orang lain hehehehhee. Kok bisa ya.

Pendapatan VS Pengeluaran

Ya tentu bisa saja. Mengapa tidak. Tentu para pembaca blog setia saya akan bertanya. Apa tidak bisa mengelola keuangan sendiri, apa tidak cukup jumlah (gaji) yang diterima setiap bulan hingga selalu saja melakukan aksi meminjam atau berhutang dari orang lain?. Siapa pun yang sudah kena jerat "hutang sindorm" pasti akan berusaha keras agar "lepas" dari jeratan hutang sana sini yang terus saja membebani otak kiri dan otak kanan. Kadang kejaran orang yang memberi pinjaman kepada anda sering membuat orang tidak dapat tidur dengan nyenyak, dan kadang anda sendiri tidak dapat keluar rumah dengan leluasa.

Kenapa anda tidak dapat keluar rumah dengan leluasa? Ya karena anda takut dikejar atau ditagih orang yang merasa punya " deposit" dari anda dan sudah jatuh tempo pembayaran yang dijanjikan tapi kita tidak dapat atau tidak mampu memenuhi akad yang sudah disepakati bersama. Dan inilah momen momen yang sangat "menakutkan" dan membuat nyali anda "ciut" berhadapan dengan orang yang sudah ber"jasa" memberi hutang kepada diri anda. Lalu apa yang harus anda lakukan jika mereka yang berhak menagih utangnya dari anda  dan sudah jatuh tempo dan anda idak dapat memenuhinya.


INGAT :  Kata orang ingatlah saat tidak punya duit barang sepeser pun. Jadi jika anda punya uang banyak ingatlah selalu. Berhematlah. Mengutip kata orang bijak " Banyak orang yang tidak mulai belajar berhemat sebelum ia tidak punya uang sama sekali". Pelajaran berharga buat sayah.  Foto Kekes

Sebab bisa saja berbagai macam terjadi. Alasan bisa saja dibuat atau memang harus beralasan jika saat ini anda  belum bisa memenuhi pinjaman orang atas diri and. Lidah ini terasa kelu, kaku dan tidak dapat berkata apa apa atas semua tindakan yang berakibat pada tidak mampunya anda  membayar pinjaman itu. Kemana lagi harus anda lakukan agar dapat melunasi pinjaman yang sudah anda nikmati dari orang lain?. Apakah harus gali lobang tutup lobang lagi untuk melunasi pinjaman pinjaman itu. Tutup sudah satu pintu hutang, namun pintu hutang lain terbuka lagi. Tutup satu lobang hutang , namun lobang hutang yang lain terbuka lagi. Dan begitulah irama kehidupan yang terjadi sekarang ini.

Salah satu rumus jitu untuk mengatasi kesulitan diri dari himpitan hutang ini adalah dengan mendongkrak pemasukan (income) menjadi 2 kali lipat dari penghasilan yang ada sekarang dan mengurangi pos pos biaya yang tidak perlu. Nah Rumusnya sederhana bukan?  Untuk mengatasi hutang, tidak ada jalan lain kecuali meningkatkan pendapatan anda minimal 2x lipat dari sekarang. Ini yang sering dikatakan oleh Safir Senduk dan Rekan, Pakar Pengelolaan Keuangan Keluarga yang sudah kondang dan terkenal di mana mana itu

Resep ini sangat inspiratif, bahwa mensolusi hutang dengan berhutang lagi adalah bukan solusi terbaik, atau bisa juga melakukan penghematan di sana-sini. Bisa jadi ini juga merupakan solusi, tapi solusi yang paling ampuh adalah focus pada bagaimana anda bisa meningkatkan pendapatan. Hal inilah yang harus menjadi perhatian bersama dalam menghadapi dan mengisi tahun 2013 mendatang ini adalah bagaimana agar income anda bisa bertambah. Bagaimana secara kreatif anda bisa meningkatkan pendapatan, itulah tantangan kita semua di tahun 2013 nanti. (Asep Haryono)

21 comments:

  1. hmmm memang terkadang kita harus menghadapi pengeluaran vs pendapatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @eather station : Ya benar sekali. Namun seperti kata pak Safir Senduk dan Rekan adalah berusaha memperkecil pengeluaran atau menahan diri dari hal hal yang bisa menggerogoti pos pendapatan

      Delete
  2. semangat gan hidup memang harus dihadapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @timbangan : Benar sekali tim. Kan namanya Timbangan ya jadi dipanggilnya Tim. Ehieiehiehie keren eh kaya nama Bule. Hidup ini perjuangan tentu

      Delete
  3. semoga tahun depan pintu rezeki bisa terbuka lebih luas buat kang Asep :) amin..

    jangan ngutang terus ah, pegel kan bayarnya...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ay Sagira : Amin Ya Robbal Alamin. Wah didoain hiehiehieiee. Bener sekali. Enak ngutangnya, nanti bayarnya yang sakit. Terima Kasih hiheiheihieiehiehiehiheiehie

      Delete
    2. aamiin. saya ikut berdoa.

      Delete
    3. amin.. doakan saya juga ya, mbak ay :)

      Delete
  4. utang piutang, gali lubang tutup lubang jadi bagian dr buadaya yaa pak..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cii yuniaty : hiehieiie sebaiknya sih dihindari. Jangan menyelesaikan masalah dengan membuat masalah yang baru. Satu urusan utang selesai, sebaiknya tidak membuat utang yang baru hiehiheiheiheiee

      Delete
    2. apalagi sampai satu lobang rame-rame. kasihan krediturnya. lho!?

      Delete
  5. Kang, kalau uangnya buanyak getu mbok ya dipinjamin ke saya buat jalan-jalan ke Paris. Di jamin pasti bayarnya begitu ingat deh...#tapi banyak gak ingatnya kalau punya hutang sih *PURAK-PURAK gak kenal*

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan hanya dipinjamkan Mbak. dihibahkan mungkin tepatnya.

      Delete
  6. jangankan saya Kang, Pemerintah juga berhutang ke bangsa lain koq untuk membiayai pembangunannya. meski hutang itu jelas hanya menjadi PR bahkan bom waktu saat Agree dan Abbie besar kelak. sementara kita tahu, menajemen Pemerintah belum baik dan berbagai deviasi mengiringi penggunaan uang dari hasil hutang tersebut. Mengerikan, melebihi bubur batu. hiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Hiheiheiiee wah wah udah kaya menteri ekonomi masa depan nih Bang Zachflazz. Saingan sama mba Una yang mau jadi menteri ekonomi masa depan tuh. Tren sekarang utang diganti nama jadi Hibah. Ujung ujungnya jadi bibah utang

      Delete
  7. Waaah super sekali postingan ini kang Asep..
    saya sendiri tidak dipungkiri utang piutang itu adalah bagian hidup saya. #malu
    okelah kalo begitu saya seharusnya meningkatkan pendapatan saya menjadi 5 x lipat..di tahun 2013 insyaAllah.. :)

    ReplyDelete
  8. Huhuhu, jadi nginget nginget utang apa ya ama temenku. Utang 1500 bayar kereta keknya...
    Sebisa mungkin emang gak ngutang deh... takooott @.@

    ReplyDelete
  9. kang asep, sebenarnya saya tidak mau berhutang, tp saya butuh modal utk usaha. jadinya hutang deh ke bank utk modal. sekiranya kalo seperti itu tidak apa2 kan?

    # berharap kang asep bagi2 duit yg segepok itu

    ReplyDelete
  10. biar hidup tak senang asal tidak berhutang kan, kak asep =)

    ReplyDelete
  11. Halo,

    Untuk benar memperkenalkan diri, saya pemberi pinjaman swasta Mrs Mary Cole memberikan pinjaman sebesar 2% per tahun. Ini peluang keuangan di depan pintu Anda langkah, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman Anda lebih cepat. Ada banyak peluang di luar sana mencari bantuan keuangan dan di mana-mana, dan bahkan sekarang mereka masih belum bisa mendapatkan. Namun, peluang keuangan ini di depan pintu Anda langkah dan dengan demikian, tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini. Layanan ini akan memberikan baik perorangan, perusahaan, bisnis pria dan wanita. Jumlah pinjaman berkisar tersedia dari sejumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui email: marycoleloanscompany@gmail.com
    Formulir untuk mengisi aplikasi kredit dan mengembalikannya.

    Nama lengkap ....................................

    Nomor telepon pribadi ............................

    Negara ...........................................

    Alamat ......................................

    Negara ..............................

    Umur .............................................

    Apakah Anda diterapkan sebelumnya? ................... - ....

    Status .................................

    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan sebagai pinjaman .....................................

    Jangka waktu pinjaman .................................

    Bekerja ....................................

    Pendapatan bulanan .............................


    Konfirmasi ini, kami akan mengirimkan kondisi kami, bersama-sama dengan jadwal pembayaran dan jika Anda setuju, Anda akan menerima pinjaman dalam waktu 48 jam. Tergantung pada keparahan dan urgensi dalam mendapatkan pinjaman.
    Saya senang untuk meneruskan prompt Anda,

    Salam,
    Mrs Mary

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog