Jual Milagros disini
Loading...

Ayam Gebug Di Pak De Darno

Foto Asep Haryono
Catatan Asep Haryono

Pulang kantor pada jam makan siang (sekitar jam 12.00 WIB) tentu membuat kampung tengah alias perut sudah harus segera di isi ibarat motor yang juga harus diisi bahan bakarnya nah saya juga perlu bahan bakar alias maksi atau makan siang ihiehiehiehie. 

Nah jam seperti itu saya harus menjemput putra pertama saya, Abbie Muhammad Furqan Haryono atau biasa dipanggil abbie dari TK Islam Al Azhar Pontianak yang letaknya cukup dengan Gedung Graha Pena sekitar 5 menit saja sudah sampai.

Nah biasanya Abbie pulang dari sekolah langsung masuk ke "akademi Muhyar" di komplek Duta Bandara satu komplek juga dengan rumah kontrakan kami di sana.  Nah yang saya maksud adalah rumah pengasuhnya di keluarga Bapak Muhyar yang sudah turut "membesarkan" Abbie sejak berusia 8 (delapan) minggu.  Biasanya sih Abbie makan siang di rumah mereka, namun hari itu saya memutuskan untuk mengajak Abbie makan Ayam Gebuk di Pak De Darno.yang menjadi tema saya hari ini

Banyak Menu Pilihan
Dimanakah letak Ayam Gebuk Pak De Darno ini? Mudah saja kok. Bagi yang tinggal di kota Pontianak bisa dengan mudah mengunjungi restoran atau cafe ini tinggal menuju ke arah Bandara Supadio saja sudah bisa ketemu kok.   Nah bagaimana sama pengunjung yang dari Jakarta atau dari kota lainnya di Indonesia yang mau mampir ke resto ini, yah mudah saja. Begitu mendarat di Bandara Supadio Pontianak bisa langsung naik Taksi Bandara langsung saja minta diturunkan di Ayam Gebuk Pak De Darno persis di depan Sekolah Tunas Bangsa. Hiheiheiheiheie

Begitu saya duduk bersama Abbie, saya pun melongo melihat papan besar yang terpanjang cukup menyolok di Ayam Gebuk Pak De Darno ini ya itulah daftar menu menu masakan beserta daftar harnya yang bisa dilihat oleh para pengunjung.  Saya rasa dengan penempelan papan informasi ini cukup penting sehingga para calon penikma masakan di Ayam Gebuk Pak De Darno ini bisa "mengukur" sendiri isi kantongnya masing masing.   Mahalkah?  Relatif saja kok karena bisa jadi harga di sini berbeda dengan tempat lainnya.

PARKIR : Parkir kendaraan di sini dan pengunjung bisa dengan nyaman menikmati menu menu yang ada di Ayam Gebuk PakDe Darno ini.  Foto Asep Haryono

DAFTAR HARGA : Deretan menu masakan dan juga daftar harganya terpampang dengan jelas di Ayam Gebuk PakDe Darno ini.  Silahkan pilih sesuai selera dan kantong anda. Foto Asep Haryono


LEGA  : Suasana dalam  Ayam Gebuk PakDe Darno ini cukup luas, namun jika pelanggan datangnya pas sudah penuh ya terpaksa anda gigit jari tidak kebagian duduk. Dibungkus aja kali ya hiheiheiheiheiheiheie .  Foto Asep Haryono

Berdoa Sebelum Makan
Saya pun memesan 1 porsi Pecel Lele yang memang merupakan salah satu makanan fave saya selain Pecel Bebek, dan Bubur Ayam juga iheiheiheiheie.  Sedangkan anak saya, Abbie, saya pesankan Pecel Ayam lengkap dengan nasi dan "asesories" lainnya seperti Kol, Daun Kemangi, dan juga semangkuk sambal. 

Namun beda loh sambal untuk Pecel Lele dengan Sambal untuk Ayam Gebuk tidaklah sama.  Namun saya kurang sreg dengan cita rasa sambel untuk Pecel Lelenya di sini, dan lebih gurih dan sedap sambel untuk Pecel Ayamnya.  Dan saya pesan Ayam Gebuk nya buat Abbie

Sambel Lele yang disajikan tidak sreg dilidah saya karena tidak sama seperti sambel Pecel Lele pada umumnya berupa ulekkan bawang merah, cabe, tomat dan lain lain, namun lebih mirip dengan sambel konvensional.  Sedangkan sambel untuk ayam gebuknya yang bikin saya ketagihan karena pedasnya ngepop. Nah "ngepop" ini sebutan saya untuk "sambel yang tidak terlalu pedas, namun bisa membuat ketagihan".  Beda dengan Sambel buat Pecel Lele nya pedas banged.


PECEL LELE   : Satu porsi Pecel Lele yang memang sangat saya sukai sudah terhidang. Sebelum dimakan ya difoto dulu buat kawan kawan hiheiheiiee.   Foto Asep Haryono

AYAM GEBUK  : Seporsi ayam Gebuk saya pesankan buat ABbie. Nah satu potong paha yang dipilih. Enak paha atau dada? Enak dua duanya kaleee hiheiheie.  Nah semangkuk sambalnya itu yang bikin saya ketagihan.  Lah bukan Ayam Gebuknya?   Foto Asep Haryono

TIDAK HABIS  : Hhiheiheiee ternyata Abbie hanya makan Ayam Gebuknya saja, nasinya sedikit. Saat lensa Nikon Coolpix S3000 saya arahkan ke nampan makann Abbie saya melihat wanita di sebelah Abbie inilah yang nampak jelas berdoa sebelum dia menyantap makanan di depannya   Foto Asep Haryono

Ketika Abbie makan, datanglah seorang wanita yang duduk persis di sebelah kiri Abbie. Saya merhatikan dengan seksama saat kedua tangganya menggenggam di depan wajahnya duduk diam memejamkan mata dan tampak seperti berdoa.    Bisa dilihat dari foto di atas keliatan bukan?. Nah si dialah wanita itu yang saya maksud.  Wanita ini saya yakini berdoa sebelum makan sesuai dengan keyakinan yang dia anut, dan inilah pembelajaran yang saya maksud.  Abbie pun saya tanamkan untuk berdoa sebelum makan, dan ternyata kebiasaan baik ini berlanjut terus setiap kali Abbie makan.

Berdoa sebelum makan adalah salah satu kebiasaan baik yang saya coba tanamkan kepada Abbie, dan juga kebiasaan untuk tidak bersendawa jika perut Abbie sudah terasa penuh atau kenyang.  Menggosok gigi sebelum tidur dan juga di pagi hari juga merupakan kebiasaan kebiasaan yang sederhana lainnya namun bermanfaat untuknya.  Berdoa sebelum makan seperti yang dicontohkan wanita tadi seperti mengingatkan saya untuk tetap mengajarkan kebiasaan berdoa sebelum makan buatnya. Suatu pembelajaran yang berharga saya peroleh dari Ayam Gebug Pak De Darno hari ini. (Asep Haryono)

35 comments:

  1. Bekunjung pagi-pagi begini sudah disuguhi makanan lezat seperti ini oleh Kang Asep, dijamin tubuhku makin makmur nih hihihi...

    Awas ya, nanti aku bakal postingan tentang kuliner juga loh hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makmur apaan Mas? dipamerin doang!
      ditunggu postingan kulinernya.

      Delete
  2. abbie doyan pedes juga ya Kang Asep?

    kalo Kang Asep kan dari fotonya aja keliatan doyan pedes, doyan asin, manis, bahkan pahit. //larii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : hiheiheiheie iya nih saya suka sekali dengan pedas atau memakai bubuk cabe. Paling parah adalah makan dengan cabe bulat. Ini istilah orang Pontianak artinya "cabe dari petik pohon" dan bukan olahan ulekan cobek. Hihiehiehiee

      Delete
    2. besok bikin bubur cabe dong

      Delete
  3. Ayam gebuk nya mas nggak tahan , bikin perut jadi laper..
    Mas asep suka yg pedas pedas ya ? Kalo saya emang doyang ama yg pedas...bikin berasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @BeeBekkkk : huaaaaayowwwwwwwww ada BeeBekkk hiheiheihieiee. Enak juga nih kalaw BeeBekkk hadir di sini hiheiheie. Oh iya saya suka sekali sama yang pedas. Rasanya tidak lengkap kalaw nda makan cabe hiheihiehiehiheiee

      Delete
  4. kalau ayam penyet saya tau bang, tapi kalau ayam gebuk baru tau ni. Gimana proses penyajiannya ya, digebukin dulu kah? =_=;

    ReplyDelete
    Replies
    1. @sigoblogx : saya juga bingung sama namanya AYAM GEBUK, hiehiheie. Tapi kalwa dilihat dari fotonya atau saya sendiri yang sudah pesen Ayam Gebug tadi seperti kayak krispi gitu deh.

      Ada kenyes kenyes seperti Fried Chicken. Ayam goreng krispi kayaknya sih. Sambelnya yang lumayan enak, saya suka sekali. Pedes Ngepop artinya pedas tapi bikin nambah terus.

      Delete
  5. ini aku BW subuh-subuh, udah disuguhin pemandangan seperti ini ...

    jadi pengen cepet-cepet jam delapan pagiiii ... soalnya saatnya sarapan :D

    Ayam Gebug ... namanya kok memiliki kesan ayamnya abis dipukulin rame-rame gitu yaah? Hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @A.Y.Indrayana : Hiehieiegugeuge Gile Bennerr udah subuh gentayangan nih. Memangla mas A.Y.Indrayana ini bisa menjadi Dedemit Maya yang tulen cap jempol dah e. HIheiheiheiee tentunya sudah sarapan duonkkksss. Hiheiheie Iya namanya Unik Ayam digebukin kayaknya hiheiheiheiheiee

      Delete
    2. kue subuh banyak di Pasar Senen

      Delete
  6. Cik awi di bungkusin satu porsi pecel lelenya juga gak nolak kang.. Terus Ntar Paketin saja lewat pak post.. He..he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cik awi : Hiheiheie iya saya akan siapkan 1 porsi ayam gebuk dan 1 porsi Pecel Lelenya via email secara gambarnya aja hiehiheiee. Terima Kasih atas kunjungannya ya Mas Cik Awi. Salammmm

      Delete
  7. silaturahmi sob...

    postingan yang menggugah selera...
    mampir blogku yaa sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @E.D.A.L.O.G.I : sALAM silaturahmi juga. Saya sangat senang jika ada yang datang untuk bersilaturahmi dengan sayah yang humble ini. Ealah *plak*. Terima Kasih atas kunjungannya, dan Insya Allah saya akan kunjungan Balik juga. Salam dari Pontianak

      Delete
  8. ayam gebuk. ehm.... namanya aneh, tapi itu yang bikin penasaran. ayo kesana lah biar bisa nyoba, jadi ga cuma bubur ayam aja.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cerita anak kost : HIheiiee ya ini termasuk salah satu makanan fave saya di Pontianak yakni Ayam Gebuk dan atau Pecel Ayam/Pecel Lele. Selain harganya murah, dan merakyat, juga sangat mengenyangkan. iheihiheiheie. Terima Kasih

      Delete
  9. Nice post gan
    jangan lupa kunjungan persahabatan bro..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @R : Iya terima Kasih sudah mampir. Terima Kasih atas kunjungan silaturahmi dan persahabatannya. Insya Allah saya akan melakukan kunjungan Balik

      Delete
  10. kalo diperhatiin hampir sama dg pecel lele atau pecel ayam di jakarta, cuma bumbunya sedikit beda.. :)
    yang penting makyuss :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @riaberbagi : hiehiieiee ya benar sekali mba Ria. Baik PEcel Lele maupun Pecel Ayam adalah salah satu makanan kesukaan saya. HIheiheiheei asyik juga ya.

      Delete
    2. kalo di Jawa namanya Pecak Lele. Kalo di olahraga namanya Pencak Silat.

      Delete
    3. hehehe... bumbunya itu lho, ga naham, pengen nambah trs. apalagi kalo hidangannya pake nasi hangat.. weleh, jadi laper dech :D

      Delete
  11. kalo ke pontianak harus nyobain nih! ntar kasih tau orangnya, pak de, saya ke sini karena baca postingannya kang asep loh.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @diniehz : HIheiieiheiehe. Kalaw untuk Ayam Gebuknya mirip Ayam Kremes gitu deh. Secara ada krispinya iheiheieiheiheiheiee

      Delete
  12. hemmm
    saya sih lebih selera yang di makan si kecil abbie, ayam gebuuk psti yummy sekali
    btw kok namanya ayam gebung kang? sama kaya ayam penyet kali yah? :D

    ReplyDelete
  13. kunjungan sore bos jdi lper sore2 dah di kasih hidangan yang enek heheh

    ReplyDelete
  14. Berdoa sebelum makan ,wajib itu.Tempatnya asri dan bersih, namanya keren sekali ya ayam gebug hehheee

    ReplyDelete
  15. Tempat yang nyaman, bersih akan membuat calon pembeli merasa tambah lapar dan juga akan bisa lebih menikmati akan suguhan makanan yang diberikan di tempat tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar tambah lapar lagi, para calon pembeli disuruh lari-lari dulu.

      Delete
  16. Anonymous10:13:00 PM

    What's up to every single one, it's in fact a fastidious for me to visit this website,
    it contains helpful Information.
    My web blog :: www.xxxvideofix.com

    ReplyDelete
  17. Dari penampilan gambar photonya sepetinya masakannya enak benar tuh Kang. Memang benar anak haruus dibiasakan untuk selalu berdoa sebelum dan sesudahmakan. Agar menjadi kebisaan yang baik untuk dia kelak ya Kang.

    Walau terlihat sederhana tempatnyanya cukup bersih dan nyaman. Itu yang akan membaut orang merasa nyaman untuk hadir ditempat itu kali ya Kang.

    Dan aku suku dengan inovasi kraetif namanya "ayam gebug" mantap sekali.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog