Jual Milagros disini
Loading...

Teknik Schedule Dalam Postingan Blog

Foto Asep Haryono
Catatan Asep Haryono

"oh..pantas aza saya sering temukan tulisan artikel yang anda cari tidak ditemukan disini. jadi pake jadwal ya postingnya" kata Bung Penho. Kemudian datang lagi komentar dari Mas Rudy Arra "Oh ternyata begitu tho, aku juga pernah mengalaminya Kang, bahkan pernah postingan yang sudah aku beri komentarpun, begitu aku cek kembali eh ternyata sudah lenyap".
Dan masih banyak lagi yang menanyakannya. Mengapa ada postingan baru di blog namun setelah diklik tidak mau "muncul" atau "keluar" tulisannya. Saya tertarik untuk menulis teknik Blogging yang menggunakan sistim terjadual (schedule) yang sangat sederhana dan mudah diikuti oleh siapa saja dimana saja dan makan apa saja. Hiheiheiheie.  Salah satu alasan yang mendasari saya menggunakan teknik Schedule ini adalah "tabungan" saja.

Artinya saya sudah "menabung" tulisan atau postingan di blog yang sudah siap dan jadi dan ditayangkan untuk beberapa hari ke depan. Dan inilah alasan utamanya saya menjadualkan (schedule) tulisan tulisan yang sudah siap tersebut untuk publish atau tayang di besok hari, lusa atau kapan saja saya inginkan di masa depan. Caranya juga sanagt mudah sekali, dan bisa diikuti oleh siapa saja. 

Mudah Dan Sederhana
Langkah pertama yang harus kawan kawan blogger lakukan adalah menyiapkan tulisan, artikel atau postingan apa saja yang kawan kawan rencanakan untuk publish (tayang) besok hari, lusa, atau kapan saja bisa kawan kawan tentukan sendiri untuk terbit di masa yang akan datang.  Nah begitu artikel, tulisan, atau postingan sudah jadi dan sudah dicek previewnya (Automatic), maka segeralah lakukan langkah langkah yang sederhana seperti terangkum dalam uraian singkat di bawah ini :



STEP 1 :  Begitu tulisan atau artikel kawan kawan sudah selesai, segera lihat kontrol panel yang ada di sebelah kanan Dashboard blog kawan kawan.   Setelah mengisi Labels dengan keyword yang kawan kawan sukai, lalu centang kan saja atau pilih "Schedule"Set Date and TimeNah tentukan Kapan mau ditayangkan Jam , Bulan, Tanggal dan Tahun yang kawan kawan inginkan

STEP 2 : Tentukan Bulan atau Tahun apa yang ingin ditampilkan , kemudian tentukan Tanggalnya, serta JAM berapa atau Pukul Berapa tulisan atau artikel kawan kawan itu "publish" atau "tayang" di blog masing masing. Sebagai contoh saya mau setting tayang pada pukul 00.00 WIB Dinhari nanti maka dipilihlah pilihan 00.00 AM.  Ini sistim barat. AM = Ante Meridiem artinya dari Jam 12 Malam ke jam 12 Siang seperti dalam gambar STEP 1.  Setelah selesai semaunya arahkan Mouse ke "Publish" 

STEP 3 : Jika langkah langkahnya benar, maka dalam setelah tombol PUBLISH di klik , maka kawan kawan akan "dikembalikan" ke halaman semula dashboard dan akan tampak tulisan Schedule di sebelah kanan Judul Postingan atau di sebelah kiri nama penulis.  Lebih jelasnya digambarkan dalam gambar ini.  Nah sudah cukup jelas kah?

FINAL STEP :  Dalam lingkarang warna MERAH adalah Scheduled artinya tulisan kawan kawan siap muncul di JAM , TANGGAL dan BULAN yang sudah direncanakan.  Dan lingkaran warna BIRU adalah Tanggal, Bulan dan Tahun yang sudah disiapkan atau yang sudah dipilih sebelumnya


Tukar Tukaran Jadual Tayang
Nah jika kita sudah mahir dalam mengelola jadual atau kapan artikel atau tulisan kawan kawan ditayangkan, maka kawan kawan blogger bisa mengatur sesuka hati artikel mana saja yang dipilih untuk diterbitkan (di tayangkan- publish) di esok, lusa atau kapan saja diinginkan.

Begitupula sebaliknya artikel atau postingan yang sudah disetting untuk publish besok hari bisa "ditukar" menjadi tayang hari ini (setting pilih Automatic ya).  Nah begitu pula sebaliknya artikel atau postingan yang sudah dibaca banyak orang, dan sudah mendapat traffic kunjungan dan komentar komentar, bisa di "pindah:" kan untuk terbit besoknya. 

Jadi jangan bingung jika kawan kawan menemukan artikel atau postingan yang sudah kawan kawan blogger kunjungi dan komentari tiba tiba "hilang" hari ini.  Ini bisa berarti saya "memindahkan" artikel tersebut untuk tayang di hari yang akan datang atau jadual lain di masa datang.  Begitupula jika kawan kawan menemukan artikel atau postingan yang sudah dikenal "eh ini kan sudah pernah saya lihat" nah itulah yang saya maksudkan. Bisa jadi artikel itu memang sudah pernah ditayangkan kemarin, namun dipindahkan kepada terbitan hari ini. Bulak balik eh bolak balik gitu deh,. Hiheiheiheihieee. (Asep Haryono)

48 comments:

  1. sy juga mulai pk schedule gini.. enak ternyata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ke2nai : Hioheiheiheie iya kadang saya juga pake teknik sederhana ini. Baru dipake beberapa minggu lalu saat nganggur nda ada yang dikerjain ya "nyetok" tulisan seminggu ke depan hiehiheiheieiee

      Delete
  2. sip senang rupanya,makasih sharenya sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Albarnation : Terima Kasih sudah berkunjung ya mas atau mba nih? Berbagi kebaikan buat sesama Insya Allah akan selalu saya lakukan. Salam dari Pontianak

      Delete
    2. Haha.. albarnation itu salah satu tean blogger saya pak . beliau seorang pria.

      mas, jadi kalo kita pake jadwal, muncul gak dalam postingan blog kita walaupun sudah ada jawdalnya?

      Delete
  3. saya juga lagi getol-getolnya pake postingan terjadwal bang..
    Sebagai antisipasi kuota internet dan mood menulis aja sih Bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Riki Ananda Nasution : Iya bener juga. Yang namanya MOOD kadang kadang nyamber tidak tahu sebab sebabnya, dan kalaw sudah nda MOOD hal hal yang sederhana saja jadi kagok atau susah.

      Kalaw sudah MOOD menulis, apa saja bisa menjadi topik yang menarik. Hal yang sederhana saja bisa jadi menarik dan panjang. Terima Kasih sudah berkunjung ya bang Riki dan Bang Zachflazz

      Delete
  4. ga pernah mikirin jadwal om
    kebiasaan nulis mengalir apa aja yang lewat di otak
    lagian aku ga pernah nargetin kuantitas jurnal
    kalo ga sempet ya ga ngejurnal
    payah ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. prinsipnya sih pengin seperti ini. tapi pekerjaan di luar sana kadang nggak memungkinkan buat bikin postingan. itu hambatan untuk eksis.

      Delete
    2. @Rawins : Payah? Ah nda juga. Ini kan soal selera juga mas Rawins. Ada yang selera memosting terjadual ada yang langsung on the spot begitu ide mengalir langsung ditulis posting. Hiheihiehieiehiheiee.

      @zachflazz : Benar sekali bang Zachflazz. Jika pekerjaan utama menyita waktu, biarlah pekerjaan utama dahulu, baru Blogging. Secara blogging adalah hobi dan kesenangan. Pekerjaan Utama harus didahulukan

      Delete
  5. oh gitu ya mas,sekarang dah paham tentang schedule
    tapi aq lebih suka nulis trus posting heeeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. nulis apa ngetik?

      Delete
    2. mbatik kalo Mas Rudy, hehe

      Delete
    3. @Reo Adam : Oh ya benar sekali mas Reo Adam. Saya termasuk yang otaknya agak jadul, tulalit kadang TELL ME alias telat mikir. Otak saya kadang harus dipanasin dulu kayak motor untuk bisa nulis. Kadang angin anginan begitu sang MOOD datang bisa cespleng langsung menulis di platform Blog secara ONLINE dan langsung ditayangkan seperti mas Reo Adam

      Delete
    4. bubur bubur bubur......:)

      Delete
    5. enaknya sih gitu mas Reo, tapi terkadang kita abis ide sejenak untuk lanjutkan tulisan :)
      aku sering ngalami itu,, ketika mau nulis semangat. sampai ditenga2h..apalagi ya yang berkaitan dan mau ditulis..xixi..

      Delete
  6. untuk teknis schedule memang sudah saya ketahui. tetapi yg masih bingung mengenai penjadwalan ini. apakah ketika di klik publish hari ini utk ditayangkan besok tetapi tetap terbaca bahwa hari ini diblog kang asep telah terpublish artikel baru. sehingga ketika di saya klik lewat widget blog status update yg saya miliki, ternyata artikel yg dicari tidak ditemukan. kalau blogger versi lama, memang tidak ada widget ini, tetapi untuk blogger baru, ini cukup membingungkan. jadi biasanya saya simpan sebagai draft artikel aza buat di posting besok atau minggu akan datang. (itu kalo sanggup nulis sih)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bung Penho : Oh ya kah? sama saya pun dulu bingung bagaimana cara membuat artikel ini di set tayang untuk jadual esok, lusa atau di hari mendatang apa saja yang saya inginkan. Ternyata masalah yang saya alami juga dialami oleh Bung Pengo rupanya ya.

      Kadang saya tulisnya OFF LINE juga loh Bung Penho. Aseli beneran deh. Saya nulis artikel atau postingannya pake Microsoft Word (MS Word), lalu edit photo yang relevan (biasanya foto hak cipta sendiri yang diambil sendiri pake digicam sendiri) sesuai dengan ukuran standar 500 pixel.

      Baru deh setelah kelar semuanya, begitu ada kesempatan ONLINE langsung saya setting Publish terjadual. Kadang juga nulis langsunhg di platform Blognya saat koneksi Internet masih menyala. Huaaaaaaaa ngomong apa sayah ni

      Delete
  7. Kalo mau berlibur atau hiatus ngeblog/blogwalking, inilah yang biasanya saya lakukan, schedule post :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Dini sama Mbak Nufa keliatan begitunya

      Delete
    2. @diniehz : Iya kah miss Syahdini? Wah hampir sama juga ya. Saya kalaw ada waktu luang, Insya Allah akan melakukan hal yang sama menyetok tulisan untuk beberapa hari ke depan agar waktu hari ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya.

      Delete
  8. .. ouwwww,, jadi seperti itu. enak donk,, cz aq sich secara manual. bahkan semua postingan udah aq ketik n tinggal public aja. namun ternyata ada yg lebih mudah. tenkz ya kawan?!? ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ : Tenks juga buat mba ♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ atas kunjungannya juga buat Bang Zachflazz. Saya sedang menyiapkan satu drat AWARD atau Piagam Penghargaan buat kawan kawan Blogger tanpa Syarat dan ketentuan yang Berlaku.

      Masih rencana (draft) aja, dan masih dikaji dulu dampak positif dan negatifnya. Apa ada ide kawan kawan?

      Delete
    2. aq kebagian ga ya...? ngarep dot com

      Delete
    3. .. wachhhhh,, kayaknya mantavVv tuch. tapi,, kira^ aq dapet juga gak ya?!? he..86x. oia kawan,, ini sich hanya pendapat aq ya?!? kan situ suka banget icip makanan sana sini,, kira^ ntar award nya berupa makanan gak ya?!? he..86x. cz aq lagi laaappeeeeeeerrrr,, ..

      Delete
  9. saat sedang sibuk, saya pakai ini sob.. agar selalu teratur updatenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yousake NKRI : benar sekali. Kadang saya harus menggunakan teknik Schedule ini untuk "mengamankan" waktu saya menulis postingan baru dengan santai tanpa harus terburu buru. Karena tulisan untuk hari ini sudah tayang, dan juga artikel lainnya siap tayang di hari mendatang.

      Jadi dengan demikian saya lebih tenang menulis postingan buat edisi jauh ke depan dengan santai dan damain. Membalas komen komen yang masuk. Dan kalaw sedang "tamak" yah nulis beberapa posting dalam 1 hari untuk minggu minggu depannya. Hiheiheiheiiee

      Delete
  10. siip. tiga postingan saya untuk Senin-Rabu-Jumat selalu saya bikin sebelum senin (kecuali berubah mood). so, saya di hari kerja nggak sibuk mikirin posting, cukup BW ngeliat artikel dengan segala rupa dan tema dari teman-teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiik...aku mau nyetok juga ah.

      Delete
    2. @zachflazz : Bagi blogger kondang sekelas Mba Una tidak perlu nulis tiap hari, ratusan komentar sudah masuk dengan sendirinya. Juga blog kondang lainnya dari Bang Zachflazz posting satu kali aja, tuh komentar buanyak masuk mengalir seperti air.

      Tidak dengan saya yang masih belum establish blognya, dan masih perlu kerja keras lagi mengembangkan Network, dan kualitas postingan agar selalu dinanti dan dikunjungi. Namun yang lebih utama lagi adalah bagaimana menulis sesuatu yang bisa bermanfaat buat orang lain adalah tantangan terbesar buat saya

      Delete
  11. informasi yang bermanfaat nih untuk mengatur jadwal posting.. perlu dicoba nih.. hehehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Andy Borneo : Eh iya ada bang Andy Borneo. Ya silahkan mau nulis langsung tayang alias on the spot, atau menyetok dulu nanti diterbitkan di edisi mendatang juga boleh boleh aja. Hihieiheiheie. Terima kasih abang sudah mampir di blog saya

      Delete
  12. sdh jd blogger 1 thn tp sy baru tau ni mas.., soalx sy malas utak-atik blogger.., bermanfaat sekali infox mas.., terima kasih ya.., kapan2 sy coba ni.. *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rohis Facebook : Saya aja baru tau setelah coba coba "kotak katik" settingan di Dashboard dan akhirnya ketemu nda sengaja. Setelah saya tau ada artikel yang sudah jadi dan siap tayang, makanya saya "nabung" dulu dan ditayangkan sesuai jadualnya.

      Nah stok tulisan saya hanya sampai pada tanggal 10 November 2012 nanti, dan saya sudah harus membuat tulisan lagi untuk beberapa hari ke depannya. Idenya mengalir aja hiehiheiheiheie

      Delete
  13. iya, saya juga pernah pake skejul ini,
    biasanya kalo saya lagi sibuk banget sebulan penuh,
    daripada blognya mati, saya buat terjadwal setiap minggunya,
    dan nulisnya pas waktu senggang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yudi Darmawan : Bener sekali mas Yudi. Sistim schedule ini juga bermanfaat untuk "mengisi" jeda postingan yang kadang tidak teratur.

      Jadi dengan "menabung" tulisan buat edisi mendatang bisa membuat kita lebih santai di hari ini, atau hari mendatang karena tulisan sudah siap jadi dan siap tayang. Namun ini optional alias pilihan saja mas Yudi

      Delete
  14. Cara menghemat ongkos internet dan cara untuk lebih memperpulerkan postingan yang lama. Saya kadang juga menggunakan cara tersebut jika sudah punya draf posting yang banyak.
    Cara praktis dan hemat, tatkala online tinggal membalas komentar yang masuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Djangkaru Bumi : Bener sekali mas. Ini juga salah satu cara menghemat waktu jadi waktu yang ada bisa digunakan untuk yang lainnya misalnya Blogwalking jika sempat. Atau kita tinggal "menuai hasil" nya saja alias tinggal membalas komentar komentar yang masuk.

      Namun kenyataan saya malah "tergoda" untuk menulis lagi untuk edisi mendatang lainnya padahal sudah banyak komentar yang masuk dan perlu dijawab segera oleh saya.

      Andai saya nda bisa membalas koment yang masuk, yah saya harus memberitahukan melalui "papan informasi" atau Breaking News di sudut kiri atas tersebut. Biasanya info mendadak saya postingkan ke Breaking News yang berbasis Twitter itu. Wah antik juga papan Infonya ya. Ngarang aja saya mah

      Delete
  15. Harus ku akui Kang, aku baru mengetahui Teknik Schedule ini, payahnya aku.

    Kalau postingan ku sih kebanyakan kejar tayang Kang. Ada sih beberapa tulisanku yang masih aku simpan dalam format 'word', tapi aku masih merasa ragu untuk dijadikan posting, jadi intinya kalau aku sih mengalir aja seperti halnya Mas Raw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Raw itu nggak mengalir, tapi mbludak!

      Delete
    2. @Rudy Arra : Ah masa sih? Padahal saya juga "nda sengaja" ketemu teknik Schedule ini karena kotak katik widget Blogging yang sudah diupgrade. Karena susah juga kalaw masih memakai format blog yang old fashion alias yang sudah jadul.

      Mengalir kan biasanya air ya. Mengalir air dari sungai Kapuas ke sungai lainnya hiheiheihiee. Sungai Kapuas sungai yang terpanjang di Indonesia hihiehiehieie. La kok ke sungai sih?

      Delete
  16. Iya, beberapa kali saya kecele mampir kesini. pas lihat apdet blog ada postingan baru dr kang asep tp pas sampai sini udah gak ada lagi.

    Saia juga sesekali bikin tulisan terhadwal, tp gk sering. Hanya buat ritme saa biar jarak waktu antar postingannya gak jauh banget gapnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ririe Khayan : Mohon maaf atas ketidak nyamanan ini buat Mba Ririe Khayan. Memang kadang artikel yang sudah direncanakan tayang hari ini saya "tukar" lalu dipindahkan untuk tayang di hari mendatang. Begitupula sebaliknya yang sudah di set tayang hari mendatang saya pasang untuk hari ini.

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog