Jual Milagros disini
Loading...

Forum CPNS Kubu Raya Tahun 2008

Gambar dari Internet
Romantika Perjalanan Seleksi CPNS
Kabupaten Kubu Raya 2008


Catatan Asep Haryono

Ini adalah catatan kecil saja yang saya sampaikan kepada kawan kawan semua.  Apa kawan kawan ada yang pernah ikutan bertarung dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ? Apakah dari kawan kawan semua ada yang berhasil lulus?    Apa ada yang berhasil diterima di jurusan atau progam yang dipilih?.    Ataukah kawan kawan ada yang gagal atau tidak lulus dalam seleksi CPNS?.   Ini adalah catatan perjalanan saya bak wartawan perang yang embed atau mengikuti pertarungan seleksi CPNS tahun 2008 di Kabupaten Kubu Raya (KKR) yang sempat "memanas" dan hampir di selenggarakan Tes Ulang tersebut.

Alhamdulillah , istri tercinta yang ikut bertarung dalam seleksi CPNS Tahun 2008 di KKR berhasil lulus gemilang dan langsung di terima di jurusan yang dia sukai.  Syukur Alhamdulillah, sang istri ikut TES seleksi CPNS adalah yang pertama sekali, dan langsung LULUS.    Ada banyak cerita yang mengisahkan sudah berkali kali ikut tes CPNS namun baru LULUS pada tes yang 4 atau ke 5 nya.  Ada juga cerita yang sudah berkali kali ikut seleksi CPNS namun belum juga diterima atau LULUS.

Sayang sekali saya tidak punya data data Valid mengenai jumlah peserta yang ikut dalam seleksi Tes CPNS Tahun 2008 di Kabupaten Kubu Raya (KKR) yang diikuti oleh sang istri mengingat guntingan klipin dan artikel lain yang sudah saya kumpulkan tersebut nyelip entah di mana.   Namun sebagai gambarannya sih berkisar sekitar 5000 orang deh yang ikut tes waktu itu.   Begitu Tes CPNS dilakukan, dan kemudian diumumkan serentak di media masa mulai lah cerita cerita ini terjadi.  Saya mengikuti semua rangkaian kejadiannya, dan bak wartawan perang yang ikut dalam pasukan saya menuturkan tulisan ini.

Lulus VS Tidak Lulus
Mengingat tulisan ini sangat berpotensi menimbulkan POLEMIK maka saya tidak membahas hal hal yang menimbulkan provokasi kepada pihak tertentu, atau juga menyinggung pihak tertentu yang secara langsung maupun tidak langsung turut terlibat dalam pelaksanaan seleksi CPNS Tahun 2008 Kabupaten Kubu Raya tersebut.  Walaupun istri saya ikut dalam seleksi tes CPNS Tahun 2008 KKR kemarin dan merupakan salah satu yang dinyatakan LULUS dan DITERIMA,  saya tetap netral dalam tulisan ini.  Saya tidak memihak manapun baik kepada pihak yang LULUS diterima maupun kepada pihak yang TIDAK LULUS.

Begitu pengumuman CPNS KKR Tahun 2008 itu diumumkan pada bulan Desember 2008,  Forum Silaturahmi Calon Pegawai Negeri Sipil dibentuk dan dipimpin oleh Bang Dedy.  Forum ini adalah wadah para peserta Calon CPNS KKR Tahun 2008 yang LULUS dan DITERIMA untuk mengadakan audiensi kepada Pemkab Kubu Raya agar mereka ini segera diberikan Nomor Induk Pegawai (NIP) karena sudah sah secara hukum dibuktikan dengan surat dari Bupati Kubu Raya yang menguatkan kelulusan mereka.

Di pihak lain, Forum Silaturahmi Calon Peserta CPNS KKR Tahun 2008 yang TIDAK LULUS juga mengadakan kegiatan yang nyaris serupa yakni melakukan audiensi kepada Pemkab KUBU RAYA agar Kelulusan CPNS Tahun 2008 tersebut dibatalkan dan diadakan TES ULANG.  Mereka pun mengumpulkan bukti bukti yang menurut mereka cukup memadai untuk diajukan kepada Pemkab Kubu Raya.   Menanggapi usulan dari kedua forum tersebut, maka dibentuklah PANSUS.  Nah cukup sampai di sini , sebab ke sananya saya sudah tidak punya data lagi.

Rapat Persiapan Audiensi
Saya sempat mengikuti FORUM CPNS Lulus ini di rumah ketua Forum tersebut Bang Dedy,  menyimak detil demi detil suasana rapat tersebut, dan mengabadikannya dalam foto foto ekslusif yang yang berhasil saya rekam dengan Kamera KODAK Z812 IS yang saya punya waktu itu.  Kamera Prosumer produksi KODAK ini cukup mumpuni karena bisa mengambil foto dari jarak yang cukup jauh dengan lensa TELE nya yang sudah dilengkapi dengan sistim anti shake atau goyang. 

Hari itu saya lupa tanggalnya, saya yang sudah siap dengan Kodak Z812 IS yang baru saya beli itu ikut sang istri tercinta untuk hadir dalam sebuah pertemuan rahasia Forum CPNS Tahun 2008 yang LULUS di rumah ketuanya Bang Dedy yang terletak di daerah Kota Baru Pontianak.  Saya pun pergi dengan sang istri yang juga anggota forum tersebut, kapasitas saya hanya tukang ojek saja alias antar jemput, namun saya juga mencoba mengikuti jalannya rapat tersebut dan mencatat hal hal yang penting
RAPAT : Bang Dedy memimpin pertemuan dengan para peserta CPNS KKR 2008 yang LULUS dan DITERIMA membahas agenda dan isu isu panas saat itu.  Foto Asep Haryono

DUO  : Bang Dedy dan  Bang Via saat membeirkan gambaran dan rencana yang akan dilaksanakan hari itu yakni menuju gedung DPRD KKR untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada dewan  Yang berkerudung PINK itulah istri saya hiehiheiehiheie.  Prikitiwwwww.   Foto Asep Haryono

AUDIENSI  :  Forum CPNS KKR Tahun 2008 yang sudah dinyatkan LULUS menyampaikan aspirasi dan harapan mereka agar mereka yang sudah sah dinyatakan lulus segera di berikan NIP (Nomro Induk Pegawai) dan bertugas sebagai Pelayan Masyarakat seceaptnya.  Foto Asep Haryono


ZOOM : Bang Dedy dan Bang Via yang memimpin rapat pertemuan dengan para peserta CPNS KKR 2008 yang LULUS saya zoom gambarnya agar tampak lebih jelas sedikit wajahnya mereka yang ganteng ganteng kayak saya itu,  Halah ngomong apa saya.   Foto Asep Haryono
Nah sudah jelas dari foto foto di atas bukan. Jadi pada intinya foto sudah bercerita banyak.  Nah begitu rapat selesai,  maka para peserta rapat yang saya hitung kira kira berjumlah sekitar 50 (Lima Puluh) orang tersebut bergerak konvoy menuju Dewan Kabupaten Kubu Raya untuk menyampaikan aspirasi dan harapan mereka selaku yang sudah dinyatakan LULUS dan DITERIMA sebagai CPNS Tahun 2008 Kabupaten Kubu Raya.

Ada kejadian unik saat konvoy mulai bergerak. Dari atas podium dengan lantang Bang Dedy "kampanye" di hadapan puluhan peserta forum yang lulus tersebut.  ",... begitu urusan ini selesai, dan kita semua sudah mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP) masing masing, saya akan traktir kalian makan makan okeeeeeeee?"   kata Dedy dengan gegap gempita.   Gemuruh sorak sorai orang orang yang mendengar "kampanye" pemimpin mereka.  Bang Dedy tidak menyadari saat dia berdiri di atas Podium itu, ada saya dibelakangnya dan mencatat. Hahhahahahahahaahhaaha


Penyampaian Aspirasi
Masih di hari yang sama, ada masalah sedikit bagi saya.  Apa masalahnya?  Nda ikut tes CPNS tahun 2008 kok ada merasa punya masalah juga?  Ada masalah buat lo Sep? Bukan bukan.  Ini masalah Battery kamera KODAK Z812 IS saya yang sudah low bat yang kata orang pontianak sering disebut udah "5 watt" alias sudah "mengantuk".  Kamera saya sudah sekarat battery nya dan perlu battery baru.   Walah mana sudah di gedung Dewan mana sempat ke luar cari atau beli battery baru.   Ya sudah metal saja, pinjam sana sini dan akhirnya bisa dapat pinjaman battery,.  Horeeeeeee

Jadilah saya jepret sana sini dalam gedung Dewan saat Forum Silaturahmi CPNS KKR Tahun 2008 yang LULUS itu mengadakan audiensi dan pertemuan dengan anggota Dewan yang pada intinya menuntut segera diberikannya Nomor Induk Pegawai (NIP).   Pertemuan yang saya perkirakan akan selesai sebentar ini ternyata cukup lama juga sampai perut saya laper.  Mana nda ada jual BUBUR AYAM nih di sekitar Kantin gedung Dewan yang terhormat itu. Hiheiheie Bubur lagiiiii


SALAMAN : Setelah menyampaikan aspirasi nya, Para peserta FORUM CPNS Tahun 2008 yang sudah dinyatakan LULUS ini berpamitan kepada Dewan dengan menyalami mereka satu persatu.   Foto Asep Haryono

Belum Dibubarkan ya?
Nah begitulah kira kira jalannya cerita yang berhasil saya persembahkan pada hari ini.  Dan secara kebetulan kemarin hari Senin tanggal 12 Nopember 2012 lalu ada pertemuan antara dewan redaksi dengan para tokoh dari PHRI (Perhimpunan Hotel Dan Restauran Indonesia) Kalimantan Barat,  saya melihat salah satu sosok dari anggota PHRI yang datang tersebut pernah saya lihat dan wajahnya sangat familiar bagi saya.

Saya sudah pengalaman salah orang. Maskud eh maksud saya saya kenal wajah seseorang di jalan, dan begitu saya tepuk pundaknya dan menyapa "haiii pa kabar, ini saya" sambil menengok wajahnya dan ternyata orang lain.  Duuh duh malunya minta ampun.  Walaupun saya sudah pake celana waktu itu, tetap saja maluuu ee.   :"Oh maaf saya kira si (menyebutkan nama), ternyata bukan maaf " kata saya cengengesan sambil berlalu.  Pengalaman salah orang ini sudah sering terjadi dan saya alami.

Akhirnya takut salah lagi, saya pun memberanikan diri untuk bertanya dahulu kepada sosok bertubuh gempal yang wajahnya sangat familiar bagi saya itu. "Maaf ini kan Bang Dedy?"  tanya saya kepada nya.  "Siapa yah, iyah iyah?" jawab Bang Dedy penuh heran kepada saya.  " Saya bang, Asep, kan saya pernah ikut rapat FORUM CPNS 2008 di rumah abang,  istri saya ikut juga waktu itu, saya moto moto di sana bang" kata saya kepada Bang Dedy".  "Haaa ya iya saya ingat".     Akhirnya plong benar bang Dedy.  Horee kali ini saya tidak salah orang hiheiheihieheiee. (Asep Haryono)


KETEMU  : Bang Dedy orang nomor satu yang memimpin aksi DEMO dari Forum Silaturahmi CPNS Tahun 2008 yang LULUS bertemu dengan saya kemarin, Senin 12 Nopember 2012. Beliau rupanya salah seorang anggota PHRI Kalbar loh. Itulah himpunan Pengusaha Hotel Dan Restauran. Hahahah masih kenal saya rupanya ya bang.  Silaturahmi lagi hiheiheiheie. Foto Ist

Asep  :  "Eh bang Dedy, forum CPNS 2008 belum dibubarkan ya" 
Dedy  : "Eh iya belum belum.  Belum sempat nih"
Asep  :  "Janji makan makannya kapan donk?" 

26 comments:

  1. pasti seneng bagi mereka yg lulus jadi CPNS ya mas
    semoga mereka yg diterima,dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik....itu point yg terpenting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Reo Adam : Benar sekali mas Reo Adam. Sangat berbahagia sekali kepada mereka yang sudah dinyatakan LULUS dan diterima sebagai "pelayan masyarakat" dan "abdi negara".

      Semoga amanat dan kepercayaan yang sudah diterima bisa dijalankan dengan maksimal dan bekerja keras melayani masyarakat sepenuh hati

      Delete
  2. Salud nih ma bang asep...tiap kali posting...nyimpan aja foto dokumentasi nya hehe.....ketauan selain senang sama kuliner hobi juga jeprat _jepret ya bang...hehe

    Apa...ada kemungkinan faktor lucky...dlm ke ikut sertaan tes cpns buat seseorang ya bang.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong Mas, lha wong kamera saku beliau itu selalu ikut serta seakan menempel pada tubuhnya.

      Delete
    2. @budi os 19 : hiheiheiee biasanya sih jika ada hal yang dianggap penting dan menarik untuk ukuran saya biasa sih saya ambil fotonya.

      Masih ada beberapa even even lainnya yang masih dalam hardisk komputer saya dan beberapa dokumentasi foto lainnya saya "save" di FaceBook dan di Photobucket. Begitu banyakknya foto sampai saya bingung sendiri yang mana foto kegiatan A mana yang yang kegiatan B.

      @Rudy Arra : Hiehiehiehiehiehie Kamera Sakunya biasanya selalu saya bawa jika ada kesempatan. Kadang juga tidak diikutsertakan sama "induk"nya alias saya :P

      Delete
    3. iya, Kang Asep pinter mainin dokumentasinya. saya yakin saat 2008 itu belum kepikir bakal dirilis di publik begini. sekarang jadi ada gunanya buat ngeblog

      Delete
  3. Seleksi yang selalu berlangsung ketat memang menunutut peserta untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya supaya dapat lolos seleksi dan diterima menjadi PNS. Dengan segala 'serba-serbi' didalamnya nya, seleksi CPNS memang selalu mempunyai daya tarik tersendiri untuk diperbincangkan. Setiap aku terlibat dalam perbincangan mengenai hal ini, aku selalu mendapat penilaia-penilaian miring pada proses seleksi CPNS ini. Akan tetapi aku rasa itu hanya paparan fenomena yang tidak pantas diperdebatkan, apalagi oleh pihak yang samasekali tidak terlibat didalamnya.

    Dan aku sungguh salut kepada Ibu yang telah mampu lulus dengan gemilang pada seleksi pertamanya, tentu ini tidak terlepas dari kualitas diri Beliau.

    Sebelum Kang Asep menagih janji traktirannya Bang Dedy, aku mau nagih traktiran buburnya Kang Asep terlebih dahulu hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Kang, aku juga merasakan jika artikel ini tidak memihak pada siapapun, tidak seperti artikel yang bernah aku baca di beberapa blog dan forum, saat membahas soal ini, seakan artikel itu memojokkan salah satu pihak, dan akhirnya kolom komentarpun tidak kalah panasnya dengan kasus yang diangkat pada artikel tersebut. Tapi jika ada yang beradu argumen di kotak komentar sebuah blog atau forum, Aku mah suka seru juga lho waktu membacanya hahaha...

      Delete
    2. @Rudy Arra : Benar sekali. Saya yang menjadi salah satu saksi sejarah "memanas" nya dua kubu FORUM CPNS Yang LULUS VS Forum CPNS yang tidak lulus itu bertarung sengit.

      Tuduhan kecurangan dan pelanggaran yang dihembuskan FOrum tidak lulus ditangkis oleh Forum yang lulus. Kedua kubu mengeluarkan jurus pemungkasnya lengkap dengan bukti dan saksi saksi. Mencekam suasananya saat itu.

      Makanya di awal postingan saya sudah sebutkan. Tidak membahas hal hal yang bisa membuat "luka" kembali menganga, dan supaya tidak ada pihak yang tersinggung atau SALAH PAHAM dari case sepert ini

      Delete
    3. @Rudy Arra : Yah saya pun merasakan hal yang sama. Yang terjadi malah "perkelahian" kalaw boleh disebut begitu di kolom komentar suatu postingan. Ini tidak sudah mengarah kepada "comment war" atau "blog War". Saya juga senyum senyum membacanya, dan berusaha menahan diri untuk tidak menambah keruh suasana.

      Delete
    4. ya cerita miring itu selalu ada di setiap penerimaan PNS. tapi ada beberapa instansi yang sangat berkualitas dalam seleksinya

      Delete
  4. Selamat mengabdi untuk nusa dan bangsa ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wong Cilik : Terima Kasih sudah berkunjung ya. Salam

      Delete
  5. semoga yg lulus amanah melaksanakan tugasnya....selamat jg buat si pink ya pak heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mimi RaDiAl : Hiheiheiiee iya yang kerudung PINK adalah istri saya yang ikut bertarung dalam seleksi CPNS Tahun 2008 yang lalu dan berhasil dinyatakan LULUS dan Diterima.

      Tidak terasa sudah 3 tahun dia ditugaskan di daerah, masih menunggu beberapa tahun lagi agar bisa pindah ke Pontianak kumpul bersama saya, dan anak anak :)))

      Delete
  6. Saya pernah ikut test tapi tidak lulus. Mungkin Tuhan menyuruh saya jadi petani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Djangkaru Bumi : oh ya kah mas? Ikut tes CPNS tahun 2012 ya?

      Delete
  7. Dulu aku pernah jadi guru di sekolah dasar. tapi belum sempat daftar CPNS, karena sudah pindah kerja ke Bank..
    sekarang aku merasa ingin kembali lagi, agar bisa jadi PNS..

    oh iya, benar sekali blognya mas asep suasana alam dengan diwarnai hijau..
    aku suka dengan blog mas asep,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @lukman hakim : wah wah rupanya mas Lukman Hakim ini eksekutif muda. Sopan dan lemah lembut tutur bahasanya, ini tebakan saya saja loh ditambah unsur 'feeling' saya yang jarang meleset. |

      Sederhana orangnya mas Lukman ini ternyata seorang karyawan sebuah bank. Diam diam menghanyutkan. Low profile mas Lukman, membumi orangnya. Cool. Saya orangnya sportif kalaw muji mas Lukman apa adanya. Cowok atau Cewek sama saja bagi saya. Terima Kasih sudah mampir nih mas. Kebetulan saja saya sedang menulis artikel blog untuk edisi mendatang.

      Delete
  8. buat yang tidak lulus, hmm ... mungkin memang ada sesuatu yang membuat panitia CPNS harus melakukan itu.

    Tapi menurut perspektifku pribadi, dan adalah aku ...
    PNS bukanlah satu-satunya pekerjaan yang bisa dijadikan karir tetap. Buatku, pekerjaan swasta justru yang bisa menjadikan aku lebih betah di dunia kerja .. hehe ....

    Buat yang sudah menang, semoga jadi 'Pelayan Masyarakat yang Abdi' yaa ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @A.Y.Indrayana : Wah wah saya tidak mau terjebak di sini karena artikel ini saya usahakan NETRAL dan tidak MEMIHAK manapun baik yang LULUS maupun yang tidak LULUS pada seleseksi CPNS KKR Tahun 2008 yang lalu. Soalnya sensitif banged dan sarat menimbulkan POLEMIK

      Tidak menjadi PNS bukan kiamat kata orang. Malah dengan menjadi pengusaha dan wiraswasta juga salah satu trik jitu untuk survive. Dunia tidak selebar daun kelor kata orang. Padahal saya belum tau Daun Kelor itu kaya apa hiheiheiheiee

      Delete
    2. bener banget, PNS hanya salah satu pilihan. dan yang pasti gajinya nggak bisa seluas orang swasta pasti

      Delete
  9. saya belasan kali ikut tes CPNS. hasilnya, seringnya gugur di tes2 akhir (dari sekian tahap tes. bahkan ada yang 9 tahap tes, saya gugur di wawancara akhir. nggak tau kenapa.

    hingga saya menemukan sebuah tes CPNS yang benar2 mengandalkan pikiran sama dengkul. instansi yang saya hormati. saat itu saya yakini inilah satu dari beberapa saja instansi yang fair dalam rekruitmennya.
    jadilah saya bekerja disitu sampai sekarang.

    ReplyDelete
  10. KISAH NYATA SUKSES SAYA JADI PNS

    berkat bantuan Bpk Drs Warli, M.Si di BKN pusat no Hp
    pribadi beliau ……..

    3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SMU Negeri 1 BATURAJA, Sudah 13 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Warli, M.Si beliau selaku (Kepala Biro Kepegawaia dan Kerjasama antar Lembaga)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs Warli, M.Si no HP Beliau: 082317773907 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 02 Desember 2015 kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Drs Warli, M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog