Jual Milagros disini
Loading...

Ada "Haji Cilik" di Al Azhar

Foto Asep Haryono
Catatan Asep Haryono

Suasana Lebaran Iedul Qurban 1433 Hijriah dalam bentuk pemotongan hewan qurban memang sudah lama berlalu, namun suasana bulan yang sering dikenal dengan bulan Haji ini masih terasa hingga di akhir penghujung bulan Dzulhijjah 1433 Hijriah atau kalau dalam perhitungan kalender Masehi masih di bulan Oktober 2012.

Ketika saya tahu bahwa ada jadual manasik haji bagi kelas TK A Peguruan Islam Al Azhar Pontianak, saya pun mempercayakan kepada bunda Abbie untuk antar jemputnya hari itu. Namun kekecewaan saya karena tidak dapat hadir menyaksikan "haji haji kecil" itu bermanasik haji terbayarkan sudah dengan bebera foto foto yang berhasil dibuat bundanya.

Sebagai kelengkapan untuk artikel hari ini, saya sempatkan untuk hadir di acara Manasik Haji yang diselenggarakan oleh TK Islam Al Azhar Pontianak di hari yang lain, namun juga belum berhasil.  Ada memang kegiatan Manasik Haji namun diselenggarakan khusus anak tingkat SD saja dan berdasarkan informasi yang saya dapatkan di sana bahwa penyelanggaraan manasik untuk tingkat TK sudah selesai. "Wah sudah selesai ya sudahlah tidak apa saya ambil gambar yang ini saja" gumam saya dalam hati


Menanamkan Disiplin

Saya pun memarkir motor Honda SupraFit saya di halaman luar dibalik pintu gerbang Perguruan Islam Al Azhar tersebut bergabung dengan kendaraan para pengunjung lainnya yang juga dipakrir di luar. Saya melihat betapa banyaknya anak anak SD yang ikut kegiatan latihan manasik haji yang diselenggarakan di Halaman atau Plaza Perguruan Islam Al Azhar tersebut.   Banyak dari para pengunjung (mungkin juga para orang tua) yang menggunakan kamera digital dan juga Handphonenya mengambil foto foto di sana.

Abbie.  Foto Asep Haryono
Abbie, putra pertama saya juga ikut kegiatan manasik Haji tingkat TK di hari sebelumnya.  Kebetulan saja baju Ihram (Begitukah tulisannya? Maaf kalaw salah) sudah dimiliki sejak acara kegitan acara Manasik Haji yang sudha diselenggarakan pada tahun sebelumnya.  Jadi begitu ada agenda atau jadual Manasik Haji pada tahun ini, Abbie sudah punya jadi tidak perlu (membeli baju) lagi.  

Bunda Abbie pun sudah saya "bekali" dengan kamera digital Nikon Coolpix S3000 yang biasa saya pakei itu untuk digunakan dalam mengambil gambar atau foto selama berlangsungnya kegiatan di acara manasik Haji hari itu.  Namun sayang sekali tidak banyak foto yang berhasil diambil oleh bundanya saat itu. Namun demikian saya tidak berkecil hati karena bisa "terbayar" dengan foto foto yang saya ambil sendiri pada kesempatan Manasik Haji di kesempatan yang lain.

Saya memperhatikan urutan demi urutan Manasik Haji tingkat SD yang sudah dilaksanakan dengan baik oleh Perguruan Islam Al Azhar tersebut mulai dari pengaturan barisan yang dipimpin oleh para Gurunya masing masing kemudian "Sholat" yang juga dipimpin oleh gurunya.  Kemudian dilanjutkan dengan peragaan bagaimana rombongan "haji cilik" ini memasuki bentuk bangunan yang diibaratkan sebagai Terowongan Mina dugaan saya sih. Maaf kalau salah.  Hingga aktifitas anak anak tersebut berkeliling bangunan yang diibaratkan sebagai "KaBah".  Menarik sekali rangkaian tata urutan manasik Haji ini


BATU : Para "Haji Cilik" ini memungut batu batu yang diibaratkan kegiatan melempar Jumrah di rangkaian manasik Haji yang diselenggarakan oleh Perguruan Islam Al Azhar ini. Foto Asep Haryono

KELILING  : Para "Haji Cilik" dengan dibimbing oleh para "pembimbing haji" berjalan berkeliling bangunan yang berbentuk kubus yang diibaratkan Kabah. "Labaikka Allah huma Labaikk. Labaik Kalla Sarri Kallakalla baik".  Foto Asep Haryono

MELEMPAR JUMRAH : Para "Haji Cilik" kemudian melempar bangunan yang dianggap sebagai pelemparan Jumrah. Saya sempat terkena lemparan batu para "haji cilik" ini beberapa kali saat mengambil foto ini .  Hiheiheiheiee.  Jangan jangan saya dianggap setan jadi pantas ditimpuk hahahahahaha  Foto Asep Haryono
TEROWONGAN : Para "Haji Cilik" berbaris rapih melewati bentuk seperti terowongan yang diibaratkan sebagai Terowongan MIna. Benarkah demikian?    . Foto Asep Haryono
ISTIRAHAT : Abbie yang paling tengah saat mengikuti Manasik Haji khusus TK di hari sebelumnya.  Foto ini diambil oleh bundanya.  Foto Rudi Maryati.S.Pd
Demikianlah sekelumit foto foto yang berhasil saya ambil pada pelaksanaan Manasik Haji tingkat SD yang diselenggarakan oleh Perguruan Islam Al Azhar Pontianak yang merupakan agenda atau kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap bulan Dzulqaidah setiap tahunnya.  Dari kegiatan manasik Haji inilah anak anak kita ditanamkan kepercayaan dan kemantapan niat yang suci dan ikhlas untuk bisa melaksanakan perintah Allah SWT jika sudah diberikan kemampuan untuk berangkat Haji ke tanah suci di masa yang akan datang. Amin Amin Amin Ya Robbal Alamin.  (Asep Haryono)

31 comments:

  1. ihihihi lucu2 banget haji kecilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lucuan abbie atau abi-nya, hayoo?

      Delete
  2. ane jadi pengen naik haji gan

    ReplyDelete
  3. mudah2an anak2nya jadi haji yang mabrur nanti, amin

    ReplyDelete

  4. Senang sekali rasanya melihat Anak^ ini sudah dibekali pengetahuan Tentang Manasik Haji, saya sendiri sampai sekarang belum tahu karena belum pernah melakukan hal seperti ini, dengan adanya kegiatan yg dilakukan oleh TK Islam Al Azhar ini akan membangkitkan motivasi dan semangat generasi kedepan lebih baik lagi dan perkembangan Pendidikan Islam semakin bermutu.dan banyak Calon Haji untuk ke depannya.
    salam sukses sahabat
    Terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  5. wah, sama seperti SMP ku donk .,.,.,.hehehehe

    ReplyDelete
  6. d usia yg msh dini udah d ajarkan cara2 naik Haji. luar biasa sekali. nanti kl udah besar jd ngerti cra menunaikan ibadah haji.

    makasih sob salam sukses...

    ReplyDelete
  7. wah, kreatif sekali tuh anak2x....berguna sekali buat mereka nanti kedepannya.

    ReplyDelete
  8. Penanaman ilmu sejak dini pada memang akan sangat besar manfaatnya. Menurut yang aku dengar, seorang anak memunyai daya tangkap dan kemampuan menyimpan memory yang sangat baik, sehingga ilmu yang dipelajarinya akan melekat dalam ingatan mereka (mudah-mudahan) sampai mereka dewasa kelak. Reportase yang sangat bermakna dari Kang Asep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, sangat sepakat. memori, ini kunci banget. memang kalo doktrin disampaikan saat anak masih kecil begitu, lebih tertanam ketimbang kalo si anak udah beranjak besar.

      Delete
  9. seru ya pak menyaksikan anak anak TK melakukan manasik haji seperti itu ya....anak saya malah belum pernah melakukannya pak...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mami Zidane : Iya kah Mami? MEmang menarik sekali anak anak sudah diajarkan tata cara Berhaji. Insya Allah mereka semua berangkat ke tanah suci, Amin Amin Amin ya Robbal Alamin

      Delete
  10. terlihat lucu ya.., tp btw sy kalah ma anak2 soalx gk prnah ikut latihan manazik.., *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rohis Facebook : Hiehiheiee ya sama juga nih. Sejak saya kecil juga belum pernah mendapatkan hal hal seperti Manasik haji seperti anak anak sekarang. Terima Kasih sudah mampir ya mas

      Delete
  11. adik sya ua prnah manasik haji ...

    ini hnya sebagai pelatihan sja kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Limit Komputer : Iya benar sekali mas. Ini hanya pelatihan saja, namanya juga masih anak anak TK, dan SD. Manasik Haji buat anak anak, Biarpun manasik, tapi tata urutannya sesuai dengan sesungguhnya

      Delete
  12. Luar biasa ya zaman sekarang di usia dini merekah telah di bekali tentang cara berhaji..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cik Awi : Iya mas Cik Awi. Pengetahuan tentang Manasik Haji sudah sejak dini diberikan bahkan ketika sang anak masih duduk di bangku TK.

      Delete
  13. Pembelajaran yg memang perlu dan penting...tentunya buat anak2 kita ya bang :)

    Amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga abi-nya abbie cepet haji juga. aamiin.

      Delete
    2. @Budi os 19 : Benar sekali mas Budi, ini memang pengalaman yang kedua buat Abbie dalam Manasik Haji di TK Islam Al Azhar ini. Benar sekali. Setidaknya mereka mendapatkan wawasan dan pengetahuan ber Haji kelak Insya Allah

      @zachflazz : Semoga doa bang Zachflazz dijabah oleh Allah SWT. Amin ya robbal alaminn

      Delete
    3. ikut mendoakan selalu, Kang

      Delete
  14. bakalan tak terlupakan nih buat Abbie. kata anak saya, saat momen ini yang paling menarik saat melempar jumrah. hehe..
    tu Abbie keliatan pede pake busana haji itu. kelihatan gagah pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Iya bang Roni. Ini merupakan kesenangan juga buat ABbie karena bisa kumpul dan bermain main dengan rekan rekan sebayanya. Alhamdulillah. Terima Kasih. Abbie senang sekali hari itu bisa bermain main dan belajar jadi Haji katanya

      Delete
  15. Jaman TK dulu aku juga manasik gitu-gituan, belasan tahun silam... *meh, sudah tua ya eike*
    Setujuuu paling asik bagian ngelempar batu. Sayang cuma tujuh apa ya batunya, lupa :D
    Maunya 100 batu, kalo perlu batu kali lemparin juga!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Tebak Ini Siapa : Wah ternyata yang sudah "tua" bukan cuma saya aja rupanya ada kawan juga hiehiehieiee. Hiheihee ya serunga melempar batu saat peragaan Jumrah di manasik haji ya.

      Saya sempat beberapa kali kena lemparan batu Jumrah yang dilesatkan anak anak saat mengambil foto mereka lempar Jumrah di Manasik haji itu. Dikiranya saya setan kalee ditimpuk hahahahhaa

      Delete
  16. comelnya anak-anak kecil buat haji =)

    ReplyDelete
  17. dulu semasa momoy sekolah juga buat sebegini. lagi mudah ingat bila ada soalan haji dalam exam

    ReplyDelete
  18. Abbie sudah menjadi contoh untuk haji cilik
    dan mudah-mudahan bapaknya Abbie segera menjadi haji betulan
    aamiin

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog