Jual Milagros disini
Loading...

Pecel Atau Gado Gado ?

Gambar dari Internet
Suka Bikin Bingung Tapi Enyak Enyak
Catatan Asep Haryono

Setelah sering menuliskan tentang Bubur dalam tulisan sebelumnya seperti Bubur Kacang Ijo dan Bubur Ayam di Pontianak, nah kemarin hari Jumat (Tanggal 12 Oktober 2012) yang bertepatan dengan peringatan Bom Bali (Bali Bombing), saya sempat dibeliin rekan kantor saya, Kekes , sebungkus Gado Gado instan.

Nah nah ini yang mau langsung saya tanyakan kepada kawan kawan semuanya yang saya makan kemarin itu Gado Gado atau Pecal ya. Nah nah untuk kawan kawan yang dari Malaysia (Blogger Malaysia) tentu tidak asing dengan makanan Gado Gado atau Pecal Indonesia.

Nah  untuk kawan kawan dari Malaysia, makanan Gado Gado atau Pecal ini memang khas banged di Indonesia dan sangat digemari.. Dalam WIkipedia disebutkan dengan jelas bahwa "Pecel is an Indonesian sauce based on chillies, peanuts, tamarind and coconut sugar. It is commonly served over boiled vegetables. It is similar to the sauce used in Gado-gado".  Nah Gado Gado adalah sama dengan Pecel dalam hal konten dari gabungan berbagai sayur sayuran rebus yang digunakan ditambah dengan saus kacang (the peanut sauce). 

Ingredients
Yang Nyaris Sama

Nah saya sendiri juga kadang bingung malah sampai sekarang masih bingung membedakan yang mana yang termasuk PEcel (pecal) dan yang mana yang termasuk dengan Gado Gado itu tadi?:.   Khusus untuk Gado Gado kadang saya liat sering divariasikan dengan Emping juga (Nah nah ketemu emping lagi deh-red), dan juga dengan potogan telur rebus.  Nah nah mulai bingun dan keblinger saya. Yang mana yang benar benar Gado Gado dan yang mana Pecel atau Pecal hahahaha.   Yuuukkkkkk

Tapi yang jelas jajanan pecel atau gado gado ini harganya relatif murah dan merupakan salah satu jajanan pasar yang juga amat digemari di Indonesia.  Nah ini unik juga ya makanan yang dua ini. Kok dua? Ya kan saya sebut Gado gado dan Pecel hahahahaha, Jadinya ada dua.  Bagaimana dengan Karedok sama  Lotek dalam Bahasa Sunda atau Jawa.  Weeissssssssss  sudah sudah jangan menambah kebingungan saya hehehe. Tapi menariknya kalaw diperhatikan cara mengolahnya bisa saya lihat ada perbedaan.

MENGOLAH : Inilah penjual Pecel/Gado gado langganan saya. Murah meriah dan pas dilidah saya. Saya suka yang pedas alias banyak cabenya hihii.  SSS hah...SSS hah.  Foto Hak cipta Asep Haryono
GORENGAN : Nah kadang gorengan Bakwan atau Tahu menjadi teman atau pasangan Gado Gado dan Pecal. Yang manakah yang kamu suka?   Silahkan. Foto hak cipta Asep Haryono

PECEL DAN PC :  Inilah saya disela blogging sekalian mecel atau Menggado (makan gado gado). Wah wah ada produk XL kena tampil di sini.  Hey XL bayar donk kombis nih hihihi. Foto Hak CIpta Asep Haryono
Pertama untuk adonan saus kacang (the peanut sauce).nah baik Gado Gado atau pun Pecal ada yang saya lihat ada kesamaan dalam mengolah  the peanut sauce atau Saus Kacangnya.  Pertama sang penjual menaruh kacang tanah yang sudah digoreng di taruh di atas cobek lalu di ulek ulek dengan cobek batu atau kayu sampai halus sehingga jadilah adonan saus kacang.   Bahkan ada juga yang saya liat saus kacang nya dari bumbu kacang yang sudah berbentuk pasta. Jadi hemat waktu.

Hmmmm.    Asyik juga nih memperhatikan cara pembuatan Gado Gado dan Pecel kalaw gitu.  Oh ya bagaimana dengan harga sebungkus Pecal atau Gado Gado di kota Pontianak, Kalimantan Barat?. Harga sih bervariasi mau yang kelas RESTO atau kelas pinggiran jalan alias lesehan wisata kuliner pinggir jalan? Kalaw yang saya sering beli yang lesehan aja harganya sekitar Rp.5.000,- (Lima Ribu Rupiah) saja. Murah meriah, cukup enak, dan seru.  Kamu suka Pecal atau Gado Gado juga kah?.   (Asep Haryono) 

24 comments:

  1. salam dear asep

    momoy pernah makan pecal. enak sekali . suka bangat !
    kala itu, momoy visit satu keluarga yang asalnya dari jawa yang menghidangkan momoy pecal
    ya. itulah kali pertama momoy merasai pecal. momoy suka peanut sos bersama sayuran rebus. enak

    gado-gado pernah diat tapi belum pernah rasa
    nga tahu bagaimana rasanya gado-gado itu.
    sekarang momoy kerja di terengganu. jadi tiada gado-gado di sini. harus pulang kuala lumpur dahulu =)


    ~ lama momoy tak blogwalking atau update blog
    bandwith sudah limit. harus nungguin gaji bulan november ini. huhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun, belum tidur jam segini.
      sempat komentar makan pecal pula.

      Delete
    2. @Princess MOMOY : Hi dear MOMOY. I am so happy to be visited by you actually. Hieieiie. Mulai gombal juga nih sayah hihihiheueueue. Wah Momoy suka juga sama Pecal ya, memang enak bangeds. Berapa harge 1 porsi Pecal di Terengganu atau di Kuala Lummpur tuh Moy? Would you please say something about it?

      Delete
    3. @zachflazz : Artikel ini sebenarnya sudah lama selesai, dan diset schedule untuk terbit pada hari ini Sabtu, 13 Oktober 2012.

      Untuk tulisan postingan besok dan lusa juga sudah selesai kok dan akan auto terbit buat besok hari Minggu (14 Oktober), dan juga hari Senin (15 Oktober). Sip sip hieiheiehieiehiehieiee

      Delete
    4. ihh, GR banget. saya kan komen ke Bu Momoy, jam segitu belum tidur, malah sempat ngomentarin pecel. lihat betapa antusias dan perhatiannya beliau untuk Kang Asep.

      Delete
    5. @zachflazz : Huhahhahahaha iya nda apa sekalian aja informasi alias kasih pengumuman. Princes MOMOY baik hatinya, dan sering kasih komentar di sini hihiehehiehiee. Biasalah seleb banyak fans. :) Ge er Mode On

      Delete
    6. di Terengganu tiada pecal. di sini banyak makanan tradisional yang dihasil dari ikan kerna negeri ini banyak hasil laut

      jika pulang ke kuala lumpur (rumah saya) pecal di jual sekitar RM 1.50
      nga tahu harga in Rupiah

      Delete
  2. iya, inilah menu alternatif yang murah dan sehat. secara makanan sekarang banyak yang berkolesterol dan berkimia, pecal tampil dengan segenap keasliannya. bravo Kang, untung nggak bubur lagi postingannya. kalo bubur lagi, saya ngambek posting ntar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Hahahah ya ya episod BUBUR sudah selesai dariekemarin, dan sudah habis ide dan stok foto saya soal Buburan. Sebenarnya masih ada lagi sih jenis BUBUR juga yang khas dari daerah Sambas yang dinamakan BUBUR PEDAS atau BUBOR PADAS namun saya kurang sreg buat nulisnya. Hahahahah Nanti beneran mogok posting gawat juga nih bang Zach

      Delete
    2. hahaha... nggak ding. meski nanti posting lagi soal bubur, saya tetap berkunjung koq, meski dengan sumpah serapah! tiaraap (pinjem istilah ya..)

      Delete
    3. @zachflazz : Hahahah heheheh soal TIARAP ya hahahaha. Padahal itu cuma iseng iseng aja melihat diskusi seru di blog mba Popi tentang Kereta khusus Wanita. Keliatan seru juga dan nyerempet menegangkan hiehiheiheie. Makanya saya Tiarap. Huahhahahahahahahha

      Delete
    4. mana ada yang seru soal kereta khusus wanita, Jang. adanya juga kecewa nih yang para laki-laki ditinggalin para istri yang milih ngerumpi daripada kumpul sama suami.

      Delete
  3. ehh ada gorengan, itu makanan favorite aku lho, sanggar :)
    aku sampe skrang belum pernah buat sendiri pecel, hanya beli dan dikasih ma tetangga :)
    kantornya cantik, kayak di tipi tipi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Susan Lolo Bua : Terima Kasih sudah mampir di blog saya yang sederhana ini ya mba Susan. Pa kabarnya hari ini? Mudah mudahan sehat sehat saja ya. Ya sama juga donk saya nda bisa buat pecal, tapi kalaw beli memang jago.

      Bumbu Pecal yang sudah jadi juga banyak tersedia di toko toko, jadi praktis juga jika ingin dan mau buat sendiri pecel di rumah masing masing. Oh ya kantor saya cantik kah? Hehehe Saya memang menyiapkan tulisan tentang suasana dalam kantor ku. Hmmm boleh boleh

      Delete
  4. pecel itu menu istimewa buat saya, dulu pas waktu sekolah aku ikut mbah dijawa, tiap pagi sarapan pecel, maklum mbahku tukang jual pecel.
    sebenarnya pecel dan gado-gado gak jauh beda, cuma yang saya tahu, kalau gado-gado saus kacangnya pake santan, terus pelengkaplainnya pasti ada selain sayuran biasanya ibuku menambahkan kentang rebus, mie hun dan telor rebus. hehehe.... makan pecel yuk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @aida : Iya betul memang agak sulit membedakan antara PECAL dengan GADO GADO. Namun ada memang konten yang membedakannya seperti Potongan Telur dan Kentang yang disebut Aida tadi itu memang benar adanya.

      Bagi saya soal cita rasa nyaris tak ada beda karena ada kesamaan Peanut SOs kata Princess MOMOY di Malaysia. Ya rasa bumbu kacangnya sama. Terima Kasih sudah mampir

      Delete
  5. Kalau gado-gado kan pakai kentang dan telur pak. Tapi pecel isinya cuma sayur2an yang hampir sama dengan gado2. Bagi saya kedua makanan tersebut enak dan menyehatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @HALAMAN PUTIH : Iya benar sekali Halaman Putih. Blogger Aida juga mengatakan demikian. Ciri unik yang membedakan antara Gado Gado dengan Pecal adalah terletak di konten Potongan Telur dan Kentang. Kedua konten itu tidak ada dalam Pecal. Sedangkan untuk cita rasa nyaris sama karena sama sama pake saus kacang (Peanut Sauce)

      Delete
  6. gmn kalau gabungan dari keduanya?!?!? :p hmm.. soalnya dua dua nya pun saya suka.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ibnu Rusyd : Hahahaha kalaw digabung kedua keduanya seru sekali, dan pasti nikmat sekali. Klaw saya juga suka kedua duanya, karena aseli enak dan murah meriah. Adonan saus kacangnya itu wihh sedaaaaaaaaaaaaaaappp

      Delete
  7. salam kenal pak
    pecel ma gado2 ya sama,sama2 menggunakan bumbu kacang cuma bedanya gado2 udah campur aduk,namanya juga gado2 haaaa

    kalau dimalaysia namanya rojak...dulu pernah ke malaysia,sempet bingung juga teman bawakan bungkusan katanya rojak...eh dibuka kok isinya pecal,cuma bedanya gak pakai kencur dalam bumbunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @M Haykal : Wah saya sudah mampir loh di blog mas M Haykal dan melihat blog mas sudah dapat skor SEO nya 100 persen alias sempurna. wah keren cekalee. COngratulations ya hihihihihie.

      Saya juga pernah ke Kuala Lumpur tahun 2009 tepatya di bulan Nopember, ada kegiatan forum Pemuda Internasional Youth Engagement Summit. Namun belum sempat icip icip kuliber di sana termasuk cari gado gado hehehehe. Suseee carinye Sob. Thanks ya sudah mampir. Salam dari Pontianak

      Delete
  8. wah saya baru tau kalau makanan ini masuk wikipedia juga. ehm.. hebat berarti ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cerita anak kost : Hahhaha saya jadi bangga dengan Indonesia karena makanan apa aja di Indonesia sudah masuk ke Google, termasuk pecal dann gado gado. Bangga jadi orang Indonesia. Mari kita promosikan Indonesia melalui wisata kuliner :))))

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog