Jual Milagros disini
Loading...

Menikmati Bubur Kacang Ijo Bang Rasyid

Foto Asep Haryono
Murah Meriah, Enak Dan Bergizi
Catatan Asep Haryono

Dari judulnya saja sudah terbayang kelezatanya (Wah sudah mirip iklan di TV-red) ya siapa sih yang belum pernah nyobain sajian kuliner yang satu ini. Namanya sudah sangat akrab di telinga kita, Bubur Kacang Ijo , atau biasa disebut dengan "BurJo". Wah saya tau singkatan kata ini juga dari orang ya sudah saya adopsi saja sekalian biar enak diingat.

Haha pengalaman kuliner ini saya alami kemarin saat pulang ngantor biasanya sih pukul 16.00 WIB waktu Pontianak, Kalmantan Barat.  Letaknya memang sangat dekat dan persis di seberang jalan gedung Graha Pena Pontianak Post.  Untuk menuju ke mamang Kacang Ijo ini bisa menyeberangi jalan karena letaknya memang di seberang jalan. Harus hati hati jika menyeberangi jalan ini karena ada dua arah kendaraan yang berlawanan siap menghadang. Liat kiri kanan dahulu baru deh kalaw sudah dirasa aman baru menyeberang.

Alih Profesi Dari Sopir
Begitu dekatnya jaraknya jadi saat saya pulang mengitari nya sangat mudah. Begitu sampai di depan mamang Kacang Ijo ini saya langsung menghentikan motor saya dan memarkirnya di samping atau dibelakang mamang kacang ijo ini.  Saya lihat memang sudah disediakan bangku kayu memanjang di depannya atau juga bangku plastik yang juga sudah disediakan.

"Wah balik awal ke nih" sapa Pak Abdul Rasyid, penjual Kacang ijo ini.  "Iya bang biaselah jam ginek lah kamek baru pulang bang. Buat satu di bungkus ya kacang ijo aja, dan satu lagi makan sinek jak lah" kata saya dengan logat Pontianak.    Melihat dari perawakan penjual kacang ijo ini masih segar bugar alias masih energic, jadi saya panggil saja dengan sebutan "bang Rasyid".   Setelah saya duduk di depan bangku panjang yang sudah disediakan, bang Rasyid pun membuatkan kacang ijo pesanan saya.


CAMPUR : Inilah semangkuk Bubur Kacang Ijo nya Bang Rasyid yang sudah dicampur dengan susu kental manis dan santan hasilnya seperti ini. Siap disantap, tapi saya foto dulu buat kawan kawan biar bisa iktu menikmati hiehieeheehiheieiehe.  Harga seporsi Kacang Ijo ini  Rp.4.000,-.  Yuk maree.  Foto Hak Cipta Asep Haryono

BANG RASYID :  "Saye ni bejualan sudah sejak Januari 2012 lalu bentar sih, ngawankan istri saye yang bejualan gak di sinek, tapi die jual Gado Gado jak gantian saye la"  kata Bang Rasyid sambil membungkuskan pesanan saya. Dia senang di foto kayaknya biar masuk koran ya.  Foto hak cipta Asep Haryono
"Campur atau kacang ijo aja dik" kata Bang Rasyid. "Boleh gak" kata saya.  Saya biasanya sih order Kacang Ijo saja tanpa pake campuran Ketan Hitam pasangannya. Namun entah kenapa hari itu saya ingin sekali menantang diri sendiri dengan mencampurkan dua genre itu menjadi satu Kacang Ijo dan Ketan Hitam dan ternyata setelah saya icip icip rasanya enak juga ya.Hiheiehiehiee  "Bener enak bang, jadi beda nih ada variasinya masak kacang ijo terus ya" puji saya.

Sambil menikmati Kacang Ijo di sore hari itu, kami pun terlibat obrolan ringan. "Saye dulu kerje sebagai sopir oplet jurusan Pontianak - Siantan lame dah, dan sekarang sudah nda kerje agek.  Sejak Januari 2012 saye jualan bubur kacang ijo ni ngawankan istri saye ba jualan Gado Gado disinek gak"  cerita Bang Rasyid kepada saya.  Memang istrinya bang Rasyid ini jualan Gado Gado persis di samping kedai kacang ijonya. Suami istri ini sama sama bekerja rupanya.

Pilihan Alternatif
Cukup sulit mencari kacang ijo di kota Pontianak yang sesuai dengan selera dan lidah saya dan saya bersyukur ternyata untuk dapat menikmati Bubur Kacang Ijo tidak perlu jauh sudah terbentang di depan kantor saya sendiri.  Tinggal menyeberang jalan saja sudah ketemu.  Letaknya persis di depan kantor atau gedung Graha Pena Pontianak Post jalan Gajah Mada, nah bagi kalian yang kebetulan di koa Pontianak saya rekomendasikan ke sini.

Soal harga? Wow tentu sangat terjangkau. 1 porsi kacang ijo dan ketan itam misalnya dibandrol dengan harga Rp.4.000,- (Empat ribu rupiah) saja.  Bisa makan di tempat atau dibungkus untuk dibawa pulang juga boleh terserah yang kawan kawn sukai saja.  Di mana saja boleh.  Untuk sementara Kedai Kacang Ijo Bang Rasyid ini hanya menyediakan menu Kacang Ijo danKetan Itam saja, belum ada kue kue kecil, atau sajian kue kue lainnya buat menemani makan kacangijo. Mungkin nanti. (Asep Haryono)

(Asep Haryono)

31 comments:

  1. Are you syurrr ..... empat ribu rupiah???

    di kotaku, di Depok, Jawa Barat, mungkin udah nggak segitu kali kang.
    Hiehiehieheiheiehie .......

    Lezat sangat kelihatannya kang. Suruh buka franchise di Jabodetabek kang. Hehehehe ......

    ReplyDelete
    Replies
    1. @A.Y.Indrayana : Absolutely. Harga semangkuk Kacang Ijo spesial gini cuma dibandrol 4 ribu rupiah. Murah meriah, enak rasanya dan sudah pasti bergizi tinggi.

      Saya mau kampanyekan makan bubur kacang ijo kepada anak anak saya. Jajanan kayak gini sangat dianjurkan selain sehat, juga bergizi tinggi. Ow sudah pasti rasanya yang luar biasa lezatnya. Pake susu kental manis lebih lagi nikmatnya

      Delete
    2. halah..Dra, masa bubur kacang ijo aja harus franchise? emang resepnya rahasia dan istimewa pa' gimana??

      eh, tp Kang Asep,,,harga bubur kacang ijo di kantorku Rp6000,- loh! mahal ya? hm..buka lapak ah, jual harga tengah2...Rp5000,- **otakbisnisjalan**

      Delete
    3. di tempat saya, yang suka lewat depan rumah, malah cuma 2 ribu, tu yang biasa Agree beli. kalo saya yang beli, ya 3 ribu lah.

      Delete
    4. @Popi : Heheh Franchise ya? Kalaw saya yang jual bubur kacang Ijonya mau pake resep tambahan yakni pake Keju. Nah jarang dengar kan ada bubur kacang ijo pake Keju? Saya dulu yang punya ide.

      @zachflazz : hahaha biar nda sama ya. Kalaw beli cuma 2 ribu kan sedikit, nah kalaw beli kacang ijonya 3 ribu ya sudah pasti banyakan dikit. Apalagi kalaw belinya sampai 1 porsi 5 ribu wah senang sekali yang jualnya. Nanti yang jual bilang "Ih ni Bapak makannya banyak amat"

      Delete
    5. tapi saya kalo makan imut Kang, nggak kelihatan banyak. hihi

      Delete
  2. kebiasaan kalo dikampung, bubur kacang ijo dicampur ama roti gambung namanya. terus bisa juga dicampur telur ayam...nyaamm!
    kalo pake ketan baru kali ini ngeliatnya. tapi sepertinya maknyuss rasanya Kang! jadi pengen nyoba tuh hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bung Penho : Hahahhaa ya benar benar. Saya sering dengar itu bubur kacang ijonya dikasih remah remahan roti, kadang skoteng juga pake format seperti ini. Oh jelas rasanya yang enak sekali, lezat dan sudah pasti bergizi

      Delete
  3. Makanan sehat nih pak, jd ingin bikin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yunda Hamasah : hihieiehiee ya benar bangeds. Yuk mareeeee

      Delete
  4. saya pesan bubur kacang ijonya plus ketan hitam tapi gak pakai susu kental ya Kang...hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ririe : hehehe iya mba Ririe. Sudah saya pesankan 1 porsi buat mba Kacang ijo plus ketan hitam tanpa pake susu. Siap diantarkan hihiheheihiehiehieieee

      Delete
  5. hahha, wenak ye pak, tapi mahal juga 4000, dideket rumah saa harganya 3000, saya dicampur juga biasanya ,, wenak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @EYSurbakti : Ah masa iya sih 4000 aja mahal? Tapi bisa jadi sih soalnya beda beda tiap daerah atau tiap provinsi di Indonsia. Wah ternyata masih ada yang lebih murah ya dari Pontianak hihihihihihi

      Delete
    2. mahalan mana sama bubur sumsum Kang?

      Delete
  6. ada juga yang sama kang dekat alun-alun kapuas, enak juga tuh disana bubur kacang dan ketan hitamya disantap sore hari :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @artiirhamna : hehehe iya kah? Wah Insya Allah saya segera meluncur ke TKP di alun alun Kapuas , dan Insya Allah akan segera dibuat reviewnya juga. Terima Kasih sudah mampir ya. Salam :)))

      Delete
  7. wahh...lain benar ya bubur kacang ijo Indonesia dengan bubur kacang ijo di tempat momoy
    rasa mau coba bubur ijo kamu
    mau ditanya
    apaan yang warna hitam-hitam sekeping itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @:: Princess MOMOY :: Hi again MOMOY. Saya sendiri waktu berkunjung ke Kuala Lumpur Nopember 2009 lalu sebenarnya sudah keliling cari BubuR Kacang Ijo terutama di sekitar tempat hotel saya menginap di Hotel Malaka, dan sekitar jalan Thun Shue lee namun belum ketemu.

      Warna hitam sekeping? Itulah Ketan Hitam nya. Ketan Hitam is about similar to Rice puddings which are found in nearly every area of the world including in Indonesia.
      The Different types of pudding vary depending on preparation methods and the ingredients selected.

      Its seem like "Pulut hitam" which served in a Malaysian restaurant and I think the Pulut hitam (Malaysian/Singaporean) similar to ketan hitam in Indonesian

      Delete
    2. oh pulut hitam rupanya.
      tentang bubur ijo itu jika di malaysia lain juga cara penyediaannya for each country

      example at Terengganu , mereka masukkan telur
      jika di kedah, dimasukkan durian (yang ini momoy suka bangat)

      Delete
  8. Bubur ketan hitam is one my fave food. Saya udah pernah dua kali beli bubur di tempat ini, Kang. Tapi gak tau kenapa rasa buburnya kurang sreg di lidah saya. Jadi saya lebih memilih jauh-jauh ke Sungai Jawa nun jauh di sana untuk beli bubur ketan hitam atau kacang hijau. Tempat lain yang buburnya juga enak itu di Alun-alun Kapuas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Diar Adhihafsari : Hehehe ya benar memang lidah orang lain lain. Enak menurut saya belum tentu bagi lidah orang. Banyak juga referensi spot penjual Bubu Kacang Ijo ya mulai dari alun alun Kapuas hingga ke Sungai Jawi. Insya Allah saya mau cek langsung ke TKP. Buat perbandingan itung itung wisata Kuliner hihihihihi

      Delete
    2. Oya, ada juga tukang bubur yang terkenal, 'merek'nya Lima Benua. Kalo Minggu pagi nongkrong di GOR, kalo hari biasa saya pernah liat di Jl. Penjara. Cuma dia gak ada kacang ijo. Terus bubur ketan itemnya rasanya beda dari bubur biasa. Kayak ada cokelatnya atau gimana gitu.

      Delete
  9. lihat gambarnya #elapiler

    mau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Annesya : Wah ada blogger Surabaya nih. Mampir ya mas atau mba nih?. Hihihihi senang rasanya. Wah kapan ya saya bisa mempir ke Surabaya?. Terima Kasih sudah mampir ya. Nantikan kunjungan saya di blogmu. Salam dari Blogger Pontianak

      Delete
  10. kalo ibu saya bikin bubur kacang ijo, tu ada pake coklat segala. rasanya enak banget. coba Bang Rasyid dikasih saran pake coklat Kang, siapa tau bisa jadi alternatif. Bubur kacang Ijo rasa Coklat.

    (btw, heran nih,sebentar-sebentar makanan, sedikit-sedikit masakan. ampuuun deh Kang Asep, sana nonton tivi acara para koki memasak! hihi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : hahahaha saya jadi ada ide menulis tentang tayangan memasak ala chef Farrah Quin minggu depan. Soalnya saya ada teman di Pontianak yang "jeles" karena suaminya senang nonton acara memasak ala chef dengan koki cantik berkaki jenjang itu hahahahhahahahahahahahaha.

      Wah saya paling suka sama tayangan Masak memasak, atau liputan Wisata Kuliner di TV atau juga dari koran koran nasional seperti KOMPAS> oops nyebut merek hahahahaa. Bubur kacang Ijo rasa coklat? Wow menarik sekali hihihihii

      Delete
    2. nah menarik nih kalo posting chef farah. awas ya jangan mbak farah lagi bikin bubur lagi..

      Delete
  11. mamamiaa, jadi pengen deh kan..

    *kemudian masak kacang ijo*

    ReplyDelete
    Replies
    1. @diniehz : hihihihi ya ya mari mari icip icip BurJo alias Bubur Kacang Ijo. Kadang juga disenut eh salah disebut dengan BKI alias Bukur Kacang Ijo. Mari icip icip penganan yang satu ini murah meriah, enak dan sudan pasti bergizi tinggi

      Delete
  12. Berkunjung tengah malam lihat postingannya bubur kacang Ijo jadi nyari bubur nih teman.

    Salam kenal ya Teman dari Kami, sukses selalu.

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog