Jual Milagros disini
Loading...

Makanan Kesukaan Ku Uhuyyy....

Foto Asep Haryono
Catatan Asep Haryono

Pa kabar semuanya hari ini? Langsung aja ya saya mau cerita beberapa makanan (food) atau jajanan kesukaan saya sekeluarga di rumah. Nah beberapa makanan kesukaan ini sangat mudah ditemui di berbagai sudut di kota Pontianak, ibukota propinsi Kalimantan Barat dan sangat dimungkinkan juga relatif ada di setiap kota di seluruh pelosok wilayah Kesatuan Negara Republik Indonesia cieee bahasanya eh tak mampu oi. Apa "tak mampu?"

Hehehhee tak mampu bagaimana sih yang saya maksudkan. Ini tak mampu adalah padanan kata dalam bahasa Pontianak yang artinya kurang lebih "tak sanggup tapi keren", jadi dalam kalimat bisa diberikan contoh lain misalnya seperti pada kalimat "harga sepatu di Pontianak mahalnye tak mampu pren" ini artinya "harga sepatu di Pontianak mahalnya tak sanggup deh" hiheiheiheihei. Ada yang mau menambahkan arti kata ini, silahkan di share. Nah cukup dulu pelajaran Bahasa Pontianaknya. Mari lanjut kepada wisata kuliner yang menjadi tema hari ini. Makanan fave saya ahaayyy. Makan makan mamen

Murah Meriah Namun Cukup Nikmat
Menu menu yang saya ceritakan di sini adalah sebagian dari berderet deret makanan fave saya yang bisa saya ceritakan dan tampilkan pada hari ini.   Nah menu yang pertama tampil dalam cerita ini adalah Pecel Bebek.  Nah bagi saya pecel bebek cukup nikmat dan mengenai cita rasanya amat mirip dengan daging burung Dara goreng ya  Bener khan? Mungkin karena sejenis unggas dkali ya jadi rasanya amat mirip dengan Burung Dara goreng yang sering saya makan waktu kecik. (Bahasa Pontianak yang artinya kecil-red). Nah silahkan dinikmati fotonya di bawah ini :

LEZAT : Inilah seporsi Bebek atau pecel bebek yang saya coba pada tanggal 23 Oktober 2012 lalu (saat selebrasi hari jadi kota Pontianak dan hari jadi istri) sempat saya ambil gambarnya sebelum masuk ke perut saya hehehe. 1 porsi pecel bebek dibandrol sekitar Rp.30.000,- di Pontianak. Foto Asep Haryono

Nah ini dia bagi penggemar Pecel Lele pasti senang.  Yah saya suka juga dengan sajian kuliner Pecel Lele ini hiehiehiheeie.  Ini menu kedua yang merupakan salah satu menu fave kesukaan saya, Pecel Lele yang dibandrol seharga berkisar antara Rp.12.000,- (Dua Belas Ribu Rupiah) sampai dengan Rp.15.000,- (Lima Belas Ribu Rupiah).  Jenis Pecel Lele orisinal alias standar. Karena ada juga orang jualan Lele Fillet, Lele Nugget (maaf kalaw salah tulis), Lele Asam manis dan segala macam lele lainnya juga.  Nah ini dia ada gambar atau fotonya di bawah ini.  Syedaaap e


PECEL LELE : Nah ini sih pecel lele buatan sendiri. Karena sambelnya saya racik sendiri hanya pake bawang merah, cabe saja mirip makan ikan Bakar biasa. Pecel lele yang aseli sambelnya nda  kaya ini, namun pake sambel khusus Lele yang pake bawang putih goreng, tomat dan kawan kawannya.  Foto Asep Haryono

SAMBEL KECAP : Ini pecel Lele yang saya karang sendiri karena sambelnya hanya dipasangkan dengan sambel kecap bawang merah biasa. Pecel Lele yang lebih mirip dengan perlakuan makan ikan goreng biasa dicocol sambel kecap. Sambel Pecel Lele nda seperti ini.  Foto Asep Haryono.

Nah pada bagian penutup dari tulisan saya kali ini adalah menu Ketiga dan juga salah satu menu kesukaan saya adalah nasi goreng, ahaaaa  banyak yang suka sama Nasgor ini ya.  Tentu ada buanyak macam model Nasi Goreng di seluruh Indonesia baik cita rasa, teman Nasi Goreng hingga tata cara penyajian dan juga pengolahannya.  

Ada nasi goreng yang menggunakan acar cina seperti temnnya Martabak Telor, ada juga yang disajikan dengan cara lain. Padahal bahan dasarnya ya Nasi juga namun beda penyajian bisa jadi akan beda juga cita rasanya.  Selera setiap orang tentu berbeda beda bukan dan yang namanya selera tidak dapat diperdebatkan.  Nah kebetulan juga saya buat sendiri nasi gorengnya. Saya kadang mau prakmatis aja dengan menggunakan bumbu nasi goreng merek tertentu yang sudah siap pakai. Baik bumbu nasi Goreng merek Ko**ta, atau Bumbu Nasi Goreng yang bentuk pasta atau bubuk tabur. Silahkan sesuai dengan selera masing masing.  Ini dia fotonya d ibawah ini :

Add caption

Hehehhee tak mampu ya.  Bagaimana dengan cerita ngalor ngidul saya hari in? hiehiheiheiheiehiheiheiee. Nah masih banyak lagi jajanan pasar atau menu fave kesukaan saya lainnya seperti Bubur Ayam (ehm uhuk uhuk uhuk), Pempek Plembang, Tongseng, Sate Ayam, Martabak Telor, Martabak Manis,  dan lain sebagainya.  Juga dengan aneka minuman fave saya seperti air kembang tahu (Air Tahu), Cendol, Sekoteng, Es Tebu,  Es Kelapa Muda dan masih buanyaak lagi yang bisa saya ceritakan. Yang namanya makanan sih asyyiiik (Asep Haryono)

40 comments:

  1. padahal ini masih tengah malem .... ada ajaa yaa godaannya ...

    salah satunya ini ... hahaha :D

    bukan ulasan tentang 'bubur' lagi kang? hiehieheieheieheiheihiehie
    *gaya tertawa kang asep yang paling asik* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling asik apanya, paling bikin takut, iya. hiehiehie (halahh, nular ternyata)

      Delete
    2. @A.Y.Indrayana : Hiheiheiee sebenarnya artikel atau postinga ini selesai sudah beberapa hari lalu, namun saya schedulled untuk tampil pada hari Senin (29 Oktober 2012) tepat tengah malam pukul 00.00 WIB. Jadi begitu deh membuat rancangan tulisan off line dan disiapkan untuk tambil besok.

      Seperti hari ini Senin, 29 Oktober 2012 saya mosting baru namun saya rencanakan publish besok harinya jadi gitu deh hiehiehiheiehiehiheiee.

      Delete
    3. @zachflazz : Sebenere banyak sekali gaya tertawa yang sudah beredar sejak lama. Namun saya sendiri belum tau siapa penciptanya. Misalnya : Heuheuheuheuheuheu, xixixiixxiixixixie, wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk, kekekekekekkekekeke, gegegeggegegegegee, Ah apa aja deh yang panting asyeeek hiehiheiheiheiheiheiee

      Delete
    4. tuh kan kita bertiga jadi samaan gaya tertawanya ...
      siapa dulu dong 'leader' nya ...


      kang asep haryonoooo ...


      hieheiheiheiheiheiheihiehiehie :D

      Delete
    5. @A.Y.Indrayana : hiheiheiiee iya nih ketawaan gini kadang kalaw saya tulis di SMS panjangnya sudah kaya kereta api

      Delete
    6. saya tau, karena di hp kang asep ada autotext yang bunyinya begitu kan?

      Delete
    7. @zachflazz : absolutely

      Delete
  2. pantesan Kang Asep makin gendut ajah..lha dari sehari ke sehari sibuk terus dengan menganalisis makanan. dari menganalisis saja, udah bisa tambah lemak di perut, apalagi pas makan, hiehiehie.

    nanti kalo mau cerita lagi, jangan bubur dulu lho. pasang di agenda terakhir pas hari libur gitu, biar nggak bikin senewen orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Iheihiehiehiee iya kah? Pahadul eh padahal berat saya turun loh dari sekitar 61 Kilogram kini menjadi 58, 5 Kilogram bulan lalu. Nda tau yang sekarang ini belum nimbang berat badan iheiheiheiheiheiehiheiheiheie.

      Iya deh tayangan episod Bubur kayaknya udahan dulu padahal masih ada 2 entry soal Bubur juga yakni bubur khas Sambas (Kalimantan barat) yakni Bubur Pedas. Hiheiheiheiieee. Ya udah episod Bubur break alias istirahat dulu

      Delete
    2. loh, langsing to ternyata..

      Delete
  3. Menetes air liur baca postingan pak asep neh..*slruuppp sedap betol lele sambal kecap tuh..

    Sepertinya menu favorit kita sama ya, saya juga suka nasi goreng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zasachi : Hihiehiheihieiee iya benar bangeds. Pecel Lele bagi saya sekeluarga sudah tradisi, namun sang istri lebih pro sama Pecel Bebek. Yah masih sodaraanlah sama Pecel Lele hiheiheiheihihiee. Kalaw pake sambel kecap bawang merah dicocol sama Ikan Bandeng wuiiiiiiiih syedaaaaaaaaaaaaappp.

      Nah nah NasGor alias Nasi Goreng ternyata juga ada fans juga ya. Hiheiheiheie. NasGor memang syedap , murah meriah, dan mudah didapatkan di mana mana

      Delete
  4. hehhee...suka kuliner bisa mencicipi beraneka ragam makanan, wah itu bebek ama lele 1 porsi mahal banget ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mbak Iis : Iya kah mba? Harga Pecel Bebek memang sekitar 30 ribuan di kota Pontianak. Mungkin beda harga ya di kota lainnya. Hmmm kalaw sudah sesuai dengan selera dan nikmat di lidah konon soal harga bukan hal yang penting lagi. HIheihiehiehieiee. Terima Kasih atas kunjungannya ya mba Iis. Salam

      Delete
  5. momoy suka nasi goreng =)
    simple tapi sedap
    malam-malam mesti makan jika nga tahu mau makan apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Princess MOMOY : Iya kah Momoy suka juga sama Nasi Goreng?. Waktu saya ke Kuala Lumpur last November 17th to 18th, 2009, saya tidak sempat cari Nasi Goreng di sekitar Hotel saya menginap waktu itu, Hotel Malaka di sekitar Thun Shee Lee. Hehehe I am so sorry for mistaken in typing the name.

      Fried Rice is really simple, and one of the most cheapest local food I ate at least twice a week. :)))))

      Delete
    2. iya . benar
      mudah aja mau buat nasi goreng
      campak saja apa bahan pun dan nah sudah tersedia =)

      Delete
  6. Makin sering aku berkunjung ke Blognya Kang Asep, sepertinya tubuhku akan makin gendut aja nih, lha wong disuguhin makanan enak terus hihi...

    Kang asep gak bereksperimen membuat makanan dari buku resep yang Akang beli di Gramedia itu lagi toh? Kalau nanti Kang Asep melakukan itu lagi, pasti aku bakal penasaran banget sama ending nya wehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rudy Arra : Hiheiheihee iya nih saya suka sama Wisata Kuliner alias makan makan. Saya suka Makanan dan sepertinya juga makanan menyukai saya. Kita sama sama saling menyukai hiehiheiheiheiee.

      Oh ya rencana sih mau praktek Uji coba Resep dari Buku Resep lainnya. Asyik juga eksperimen walau masih belajar sana sini. Hasilnya ya dimakan sendiri hasil keringat dan fight sendiri hiheiheiheiee

      Delete
    2. Hihi...pokoknya ditunggu deh postingannya. :D

      Delete
  7. Bebek sama lele kalau sudah terhidang sedemikian rupa hati siapa yang ta tergoda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cik awi : Iya nih mas Cik Awi. Sajian kuliner Pecel LEle sama Pecel Bebek memang tidak ada duanya bagi yang menyukai hiheihieiee. Tapi asyik juga liputan atau artikel tentang kuliner kadan suka membuat saya sendiri jadi laper hiheiheiheiheiee. Terima Kasih sudah berkunjung ya mas Cik Awi. Salam

      Delete
  8. weee, bikin ngiler master! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Surya Kunta : hiehiehiehieieiehiehiehiee

      Delete
  9. huehehe benar2 tak mampuuuu...

    udah lama ga makan pecel lele.. pernah waktu itu coba lele di lamongan sekadau, rasanya tawarrr.. abis itu malah jadi trauma makan lele, padahal sebelumnya sukaa makan lele hihihi..

    trus tetangga sebelah buka lamongan, iseng coba2 beli lele, and WOWW enak beud lelenya nyumm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @diniehz : HIheiehiheiee iya Pecel LEle memang wow. Apalagi yang namanya Pecel Lele Lela yang juga sudah buka cabang di Pontianak. Jadi yang namanya LELA beruntung sekali bisa makan pecel lele gratis hiehiehiheiehiehiheiee

      Delete
    2. minumnya jus lele. weiszz, dahsyat beud!

      Delete
    3. @zachflazz : hahahahaha Jus Lele yang minum langsung semaput hiheiheiheiheiheiheiehie

      Delete
    4. sama tulangnya sekalian dijus. obat ngantuk tuh

      Delete
    5. hiehiheiheiehiehiehiheiheie

      Delete
  10. sy suka bebek goreng sm nasi gorengnya, hhe

    o y mas, blognya sudah ak follow k 129. gantian follow balik blogq y

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Achsan MassiveBjn : Iya mas sama donk, saya juga suka keduanya baik Pecel Lele maupun Pecel BEBEK sama sama kelompok seafood barangkali ya hihiehiheiheie. Asyik banged deh. Oh ya terima kasih atas kunjungannya, dan saya segera meluncur ke blog mas. Salam dari Pontianak. Kalimantan Barat

      Delete
  11. pecel bebeknya bikin saya ngiler. Saya paling suka dengan daging bebek. Rasanya gurih dan enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Jangkaru Bumi : Hiheiheiheie iya kah suka juga sama Pecel Bebek ya mas? Wah kalaw gitu kita sama donk, sama sama suka Pecel Bebek. Hiheiheiheihiee. Dagingnya empuk dan cita rasanya memang khas. Saya rasa mirip dengan burung Dara ya karena sama sama jenis Unggas. Bener ya

      Delete
  12. pecel lelenya aman sob tapi yang bebeknya hati-hati yang punya asam urat, ngomong-ngomong sambelnya sambel kecap bukan sambel terasi ya sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Thanjawa Arif : Betul sekali mas. Bagi yang mengidap Asam URat sebaiknya dihindari atau minimal mengurangi asupan daging, emping, melinjo, ikan kalengan, dan masih banyak lagi pantangannnya. Sambel terasi atau sambel terasi apa saja boleh boleh

      Delete
  13. .. bingunk nich mau yg mana. abiz nya bener^ menggiurkan banget. bikin cacing^ diperut pada berontak. wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . aq pilih nagor aja dachhhh,, 1 ya yg pede. he..86x. oia kawan,, itu disana kalo makan lele pake sambel kecap ya?!? emmmm,, baru tau aq. he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ : Oh tidak mba. Saya kalaw makan Pecel Lele di luar tentu pake Sambel LELE yang aseli yang pake Tomat, dll diulek ulek di cobek.

      Yang saya tampilkan di sini terpaksa aja pake Sambel KEcap. Karena belum bisa buat sambel LELE yang aseli seperti yang dijual orang

      Delete
    2. Pecel Lele tetap dengan sambel ASELI nya yang pake tomat segala macam di ulek ulek pake cobek.

      Saya pake sambel kecap cuma ngarang aja di rumah. Di rumah saya nda bisa buat sambel LELE yang aseli hiehiheiheie. Jadi gitu deh ceritanya

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog