Jual Milagros disini
Loading...

Kue Kelepon Dan Putu Mayang

Foto Asep Haryono
Catatan Asep Haryono

Hujan hujan di rumah enaknya makan apaan hayoo? Wah banyak yang seleranya berlainan dalam menikmati sajian makanan atau cemilan di sore hari atau diwaktu turunnya hujan. Apakah mencari cemilan kue yang hangat? Membuat secangkir kopi atau teh yang hangat?

Atau mencari jajanan pasar yang lewat di depan rumah? Nah nah yang terakhir saya sebut ini kayaknya cocok untuk cemilan anak anak saya di rumah. Saya cukup beruntung si tukang jualan kue ini kebetulan "nyasar" lewat di depan rumah, pas kebetulan anak saya, Abbie , melihatnya dan menunjuk nunjuk penjualnya.

Nah ternyata yang lewat itu adalah penjual Kue Putu dan Kue Kelepon. Tentu kawan kawan sudah familiar dengan makanan khas Indonesia bangeds ini. Kue Kelepon dan Kue Putu memang sudah tidak asing lagi bagi kami sekeluarga.  Beberapa tahun yang lalu sebelum kami memutuskan pindah rumah kontrakan , sajian kue Putu dan Kue Kelepon ini menjadi hidangan "wajib" setiap akhir pekan atau bulan.  Selain rasanya yang aduhai menggugah selera, rasa yang seanggun penampilan, tentunya harga yang murah meirah menjadikan kedua makanan atau kue ini selalu saya kangeni setiap saat

Murah Meriah Juga Enak
Waktu itu turun hujan yang cukup deras untuk ukuran saya, melanda komplek Duta Bandara atau disingkat dengan Komplek Duban Jalan Ahmad Yani II Supadio. Memang agak sulit juga saya menemukan jajanan seperti ini yang muter muter keliling komplek.  Sepanjang pengamatan saya sih ada beberapa yang jualannya keliling komplek misalnya Tukang Keripik Singkong, Tukang Bakso, dan yang terakhir ini adalah tukang Kue Kelepon dan Kue Putu pake gerobak ini.

Cara mengenal dan menindentifikasikan datangnya sang penjual Kue Putu dan Kue Kelepon bergerobak ini sangat mudah dengan hanya mendengarkan peluit panjang si penjual.  Yah beda sekalui dengan tukang jualan es krim yang pake gerobak namun pake kaset yang cuku memekakkan telinga. Kasetnya berupa bunyi klakson, atau suara jingle es merek tertentu berulang ulang yang juga kerasnya bukan main. Mungkin bisa budeg telinga saya hehehhee.    Nah untuk tukang Kue dan Kelepon ini cukup dengar suara peluitnya saja. Suara yang berasal dari tabung penanak kuenya yang mengeluarkan bunyi peluit panjang.


MENGKUKUS : Mungkin dari tabung inilah bunyi peluit itu terdengar panjang sekali. Sekalian tabung dibawahnya buat menanak atau mengkukus sang kue.  Uapnya cukup panas loh. Hati hati. Foto Asep Haryono

KUE : Sepiring Kue Putu sodok dan Kelepon tersaji hangat di piring ini. Sayang sekali kualitas fotonya yang kurang bagus dan agak shake (goyang). This is it kalaw kata si cantik n seksi Farah Quin hehehehe. Foto Asep Haryono

IN ACTION : Sang penjual sedang in action menyiapkan kue pesanan saya. "eit bentar mas saya photo dulu ya" pinta saya.  Sang penjual pun lantas diam mematung. Hihiehiheiee.  Untung bukan sedang mengheningkan cipta ya mas.  Foto Asep Haryono

Berapa harganya untuk satu butik Kue Putu sodok ini?  Butik adalah kata Bahasa Pontianak yang artinya "satu buah, satu butir, atau satu helai" pokoknya satuan benda gitu deh.  Harga satu buah kue Putu Sodokan atau kue Kelepon ini dibandrol dengan harga antara Rp.500,- (Lima Ratus Rupiah) sampai dengan Rp.700,- (Tujuh Ratus Rupiah).

Nah begitu saya memesan kue Putu dan Kue Kelepon ini sang penjual yang berbadan tegap dan kekar namun bersuara lembut ini siap memberikan servicenya.  Cuma yang saya amati kemarin Kue Keleponnya sudah ada di laci etalasenya. Artinya Kue Kelepon sudah siap.  Cepat kok masaknya karena abang penjual kue ini menggunakan tabus Gas Elpiji yang dihubungkan dengan slang ke tungku sehingga proses pemasakannya jadi relatif lebih cepat.    Coba kalaw pake Kompor. Selain lama bisa mati kena angin apalagi anginnya mau hujan yang agak kuenceng itu

Hanya kue Putunya saja yang harus diracik dulu, diolah, dimasak kukus, dan baru disajikan kepada pelanggannya.  Saya beruntung bisa menyaksikan proses peracikan Kue Sodok ini mulai dari memasukkan bahan bahannya ke dalam tabung dari kayu mengisinya dengan adonan gula serbuk, lalu dikukus, hingga matang hangat hangat.Oala sedapnya diwaktu hujan icip icip kue kelepon dan kue Putu ini. Wiihhh syedaaap. Kalaw kata Farrah Quin "this is it" alias kue kuenya siap dihidangkan dan dinikmati. (Asep Haryono)

34 comments:

  1. saat kue klepon meledak di mulut, taarr!, sensasi gula yang manis pun dirasakan sampai ke lubuk sanubari. wahh, edyann ni klepon. kali ini kita sepaham, klepon favorit saya juga. besok postingannya soal klepon lagi ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : ieiheiheie ya benar. Konon ada anekdot atau joke yang bilang Orang Bule bingung makan Klepon kok bisa ada gula cair meleleh dari 1 buah klepon yang dimakannya.

      Sekali dimakan blarrr keluar lelehan gulanya di dalam mulut. Hmmmm nikmat hiheiheiheiee. Wah Klepon kesukaannya Bang Roni ya, Hehehe nanti kalaw saya mampir ke rumah bang Roni pasti donk disediain Klepon. Bubur Ayam juga ya

      Delete
    2. kalian berdua cuma kompak pas ngomongin makanan ya? hadeuh..dasar bapak2! rempong!

      Delete
    3. @pop: menyerang memang pertahanan terbaik.

      Delete
  2. kelepon adalah kue paling berseni bagi saya.. sekali gigit, cssss, meledak deh gula merah di mulut..

    *lap liur*

    ReplyDelete
    Replies
    1. @diniehz : Iheiheiheieie Kue Kelepon memang ngangenin dan saya sangat sukali. Selain rasanya yang enak banged menurut lidah saya, harganya pun relatif terjangkau alias murah meriah. Indonesia banged hiheiheiheiheiheihieee

      Delete
  3. wah dah lama bgt sya ga da mkan klepon dan putu mayang,,
    klw sya dlu bilangx kelelepon sich., smpai celemotan makan yg begitu karna penuh sensasi,,,
    ah pngen plang kmpung aja rasanya,,,
    thanks bang,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @muarra : HIheiiehiee ya benar sekali. Kue Kelepon ini sensasi gula merahnya yang meledak di mulut. Saya pernah sekali makan Keleponnya digigit seperti menggigit apel, nah ternyata muncrat tuh Lelehan Gula Merahnya mengotori kemeja saya. Hiehiheiee. Enaknya dilep langsung alias dimakan. Tapi kalaw kelepon ukurannya raksasa atau gede ya repot juga ya

      Delete
  4. Dingin-dingin pas hujan makan kue putu pasti berasa nikmat ya mas, jangan lupa ditemani kopi atau teh panas di meja..hmm..yummy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Seagate : Ihieiehie ya benar sekali mas. Hidangan Klepon di sore hari apalagi saat diwaktu hujan sore sore ditemani dengan secangkir kopi atau teh panas di meja luar biasa sensasinya. Santai, dan menikmati hidup. Terima Kasih sudah berkunjung ya mas Seagate

      Delete
  5. berbagi kata kata motivas
    Apa yang anda lakukan hari ini, merupakan kunci kebaikan ataupun juga kehancuran hari esok anda. Lakukanlah yang terbaik untuk hari ini.

    salam kenal,sukses selalu dan saya tunggu kunjungan baliknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Jelly Gamat Luxor : Wah kata kata motivasinya luar biasa, dan saya senang sekali. Ini akan menambah koleksi kata kata motivasi yang sudahs saya koleksi dari berbagai sumber. Terima Kasih sudah mampir. Ditunggu ya kunjungan baliknya

      Delete
  6. ternyata kedua kue itu ada dimana-mana tidak dijawa tok ya kang, yang menarik dari klepon jika digigit rasanya kenyal-kenyal bagaimana begitu, apalagi saat gula merahnya nyemprot

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Thanjawa arif : iiehiehieie ya kah? Saya kira kue Klepon ini juga ada di mana mana ya di seluruh Indonesia. Tapi kadang juga tiap daerah punya ciri khas kue atau masakan masing masing yang menjadi ciri khasnya.

      Misalnya Rendang, pasti ingat Padang. Dan lain sebagainya hihiehiheie. Iya saya sempat makan Kue Klepon yang ukurannya nda lazim, agak besar. Begitu saya gigit eh nyemprot gulanya kemana mana

      Delete
  7. itu dua makanan sudah aku gemari sejak aku kelas satu SD tuh ...

    bahkan sampai sekarang. Beuuhhh ..... rasanya jugaaa ..... mantep

    ReplyDelete
    Replies
    1. @A.Y.Indrayana : hieiehiheiehe iya kah? Jaman saya kecil mah senengnya Kue Sagu atau SAGON. Tapi saat di SD juga suka sama kacang ijo dan pempek lokal. Untuk Kue klepon sih udah agak gede hihiehiehiehiehiee. Emang enak Kue Klepon selain harganya murah juga enak rasanya hiheiheiheie

      Delete
  8. hehe..lain benar putu mayang Indonesia dengan Malaysia
    tapi ada ciri-ciri yang sama juga
    seperti ada kelapa dan dari buluh
    hanya itu persamaan =)

    putu mayang sini warna putih seperti kueh jala dan dicicah dengan gula merah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @::Princes MOMOY : Iya benar kah demikian Moy? I have found this cake a few days ago, and it seems that my children love the cake so much. The prices were cheap and very easy to eat. Yummy indeed.

      Delete
    2. momoy setuju itu =)
      di sini orang India paling pintar sekali buat putu piring atau putu mayang itu

      Delete
  9. itu kue kesukaanku mas...hihihi
    kalau dikampungku dusun gempolan piasang-pisang tapianuli,kampung pon sumatera utara nama kue kelepon ada juga yg menyebut dengan nama "kue malas" unik kan mas namanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @M Haykal : Wah ternyata Kue Klepon ini sungguh banyak peminatnya dan penggemarnya dari berbagai kalangan, dan sepertinya akan menjadi kue wajib buat kita semua hiheiheiheiheiee.

      Oh ya di Sumatera Utara namanya seperi itu ya. Hieiehiheiheie unik unik mas aseli

      Delete
  10. makanan jadul tp masih tetap awet hingga kini bahkan tetap disukai... *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rohis facebook : Hiheiheiheiee sekarang malah tren kue kue jadul jadi hidangan orang berkelas. Seperti kue semprong, banyak yang suka kue Semprong, nah kue seperti ini banyak disukai desainer ternama Indonesia. Kue Klepon juga banyak penggemarnya seperti saya hiehiheiheiheiheie. Terima Kasih sudah mampir ya

      Delete
  11. lho ini kan jajanan saya pas kecil bang
    hemmm jad kangen jajanan seperti ini bang.
    sayangnya ditempat saya sudah tidak ada yang jual klepon :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ricoademandana : Iya sama sampai sekarang Tukang Kue Klepon yang reviewnya saya bahas dalam tulisan ini menyambangi rumah saya minimal satu kali dalam seminggu. Anak anak saya suka sekali dengan kue Klepon ini. Hiheihieiehie. Terima kasih sudah berkunjung ya

      Delete
  12. Putunya minta kang Asep #walahh jadi pengenn -_-'

    ReplyDelete
    Replies
    1. @nina rizka amalia : HIehiheieie ya ya boleh boleh silahkan diambil futu futunya ihiehieiehiehie. Terima Kasih sudah berkunjung ya mba Nina. Salam kami sekeluarga di Pontianak

      Delete
    2. Sayangnya fotonya kaga bisa dimakan Kang Asep.. Hihihi :D

      salam balik dari saya buat keluarga Kang Asep di Pontianak ^^

      Delete
  13. wah enaknya gan, ehm.. jadi menghangatakan badang setelah hari hujan. tapi seperinya kueh putu sudah jarang di jakarta, ada apa ya.? biasanya dulu tu sering lewat, tapi ko sekarang jarang. ya. apa harus aku ke pontianak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cerita anak kost : Hiehiheeie masa iya sih kue Putu sudah jarang di Jakarta. Mungkin belum tren kali di sana ya, saya yakin masih banyak yang jual kue kue keren seperti itu di Jakarta.

      Kalau ke Pontianak kabar kabari ya nanti saya jadi guidenya dan akan saya perlihatkan kota Pontianak seutuhnya hiheiheiheiheiheiheiee

      Delete
  14. Wow, dua jenis kue yang tidak akan pernah lekang dimakan jaman. Meskipun rasanya enak tapi harganya tetap bersahabat.
    Nice info gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Sunthree : Iya bener sekali. Kue Klepon dan Putu Mayang ini banyak penggemarnya. Jajanan pasar yang murah meriah, namun bercita rasa yang elegan dan anggun. Teman minum teh yang asyik sekali. Terima Kasih sudah berkunjung ya Sunthree

      Delete
  15. kue kelepon yang banyak parutan kelapanya. bikin renyah dan gurih dilidah.

    ReplyDelete
  16. jenis makanan yang penuh dengan parutan kepala, bikin renyah dan gurih dilidah.

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog