Jual Milagros disini
Loading...

Kabut Asap Oh Kabut Asap.........

Catatan Asep Haryono

Ini sebenarnya sudah lama menjadi isu di Kalimantan Barat pada khususnya, dan seluruh Kalimantan pada umumnya yakni kabut asap yang disebabkan (kata orang) karena land clearing alias pembukaan lahan dengan cara dibakar. Nah akibat dari proses pembakaran inilah yang menyebabkan sang Asep eh salah Asap berterbanggan ke mana mana, dan sepertinya daerah ini memang "bebas" asap yang maksudnya sang Asap bebas kemana mana yang dia suka hhieiehiehiehieiee.

Nah saya sendiri sampai bingung sendiri soal "jadual" banyaknya kabut Asap bersliweran di kota Pontianak ini selain bencana kabut asap besar besaran yang pernah melanda Pontianak sekitar tahun 2005 yang lalu sampai menyebabkan terganggunya jadual penerbangan, dan maraknya penyakit muntaber dan Saluran Pernafasan Akut (ISPA- bener kah tulisannya?-red).  Dari mana sebenarnya sang Asap itu berasal, dan apa yang menjadi penyebabnya bisa demikian? Masih menjadi tanda tanya besar buat saya

Waspada Penyakit Pernafasan
Ini kejadiannya akhirnya terjadi lagi beberapa hari yang lalu, saat malam harinya sudah ada kabut asap di tenga malam, dan pada pagi harinya saat saya ingin mengantar anak saya, Abbie , ke sekolah pagi ini tiba tiba asap menyebar dengan pekatnya, dan terasa menyesakkan dada.  Asap yang entah darimana datangnya itu bisa akhirnya datang juga menerjang komplek perumahaan Duta Bandara Supadio Pontianak.  Asap yang menyesakkan dada ini mau tidak mau saya harus bersikap.

BERANGKAT :  Pagi hari menjelang ke sekolah, tiba tiba datang kabut asap menyergap. Wah asap nih Abie, musti pake masker penutup hidung nanti ya.  Foto Asep Haryono

ASAP :  Iniadalah kabut asap yang berhasil saya ambil gambarnya di belakang rumah.  Tidak tampak lagi bangunan dan pohon pohon di kejauhan.  Foto Asep Haryono

Salah satunya adalah membekali diri dan anak berupa Masker (mask) yang banyak dijual jual di Apotik dan toko obat terdekat.  Bukan Masker buat kecanikan wajah ya, tetapi adalah kain atau bahan yang digunakan untuk menutupi hidung dari menghirup udara yang tidak sehat.   Saya pernah mengalami disentri dan buang buang air besar karena makanan yang saya santap mungkin terkontaminasi dari air yang tidak bersih.  Asap kabut ini pada umumnya terjadi pada kemarau atau mungkin tidak.(Asep Haryono)

12 comments:

  1. yang paling merugikan dari kabut asap ini adalah mengganggu penerbangan. bikin delay tambah paaaanjang dan lama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener. nggak hanya di pontianak, di palangkaraya dan banjarmasin juga terjadi itu. terutama kalo pagi tuh.

      Delete
  2. Beberapa waktu kemarin di daerah kami jambi sempat di liburkan sekolah gara-gara kabut asap tapi alhamdulilah sekarang sudah musim hujan kabut asapnya sudah gak ada..

    ReplyDelete
  3. jerebu !
    bisa bawa mudarat ni kak
    harus anak-anak dipakain topeng muka.
    mask yang boleh ditutup hidung dan mulut mereka dari terus hidu kabutnya
    semoga kalian semua dalam keadaan sihat2 ya

    ReplyDelete
  4. Kabut asap sepertinya sudah menjadi langganan ya pak ?

    ReplyDelete
  5. pakai masker pak biar tdk batuk..wah bahaya sekali

    ReplyDelete
  6. saat kabut asap turun, lalu muncul wanita berambut panjang berpakaian putih, lalu tertawa..hiehiehiehie..
    (halahh, mana ada kuntilanak ketawa kayak Kang Asep, tauk ahh).

    btw, saya menyampaikan rasa ikut prihatin aja Kang. yang kayak gini memang menyebalkan dan aneh saja, kenapa metode pembakaran lahan gambut nggak ada cara penggantinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. erkk...ngeri aja momoy baca komentar mu
      huhu

      Delete
  7. saat terjadi kebakaran hutan di sumatera atau karena land clearing alias pembukaan lahan dengan cara dibakar seperti penjelasan mas asep,kabut asapnya samai dimalaysia ternyata mas.saya meihat sendiri dan lihat dibrita ternyata memang sumber asap dari sumatera...jauh juga ya asapnya terbang.

    ReplyDelete
  8. Aku juga abis baca postingan tentang kabut di blog mbak idang...
    Dia tinggal di Banjarmasin kalau gak salah.
    Kok kabut asap tuh menyeramkan ya :(

    ReplyDelete
  9. Klw melihat dari foto yang kang asep berhasil ambil...sampe segitu parahnya ya kang. :)

    Semoga cepet kembali normal keadaan di sana ya kang :)

    ReplyDelete
  10. astaghfirullah, sampe segitunya ya bang.
    hemmm kita orang kecil masa tidak bisa buat perubahan bang? pasti bisa kan bang? secara kita kan blogger, kita buat perubahan melalu tulisan bang. pasti bisa kok. :)

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog