Jual Milagros disini
Loading...

Disaster Bakso

Foto Asep Haryono
Niat Mau Bikin Bakso Malah Jadi Siomay
Catatan Asep Haryono

Hari Sabtu kemarin (27 Oktober 2012) tepatnya setelah seharian cuapek bantu bantu Panitia Qurban di Masjid Babussalam Komplek Duta Bandara (Disingkat dengan DUBAN-red) yang cukup melelahkan namun sangat menyenangkan itu, kami sekeluarga berniat eksperimen membuat Bakso yang bahan bahannya sudah lengkap dan sudah dipersiapkan sebelumnya.

Maksud hati sih membuat bakso namun karena kurang pengalaman malah akhirnya menjadi siomay. Saya dan istri ketawa ketiwi melihat bakso buatan kami yang hasilnya jauh ekspetasi kami berdua. Pahadal eh salah padahal tata urutan membuat bakso sudah sesuai dengan Buku Resep Tataboga Membuat Bakso yang kami beli beberapa minggu yang lalu di toko buku Gramedia yang terletak di Ahmad Yani Mega Mall itu.

Saya sudah perhatikan semua komponen yang seksama dan tata cara serta prosedur pembuatan baksonya namun mungkin ada komponen yang kurang lengkap sehingga bakso yang kami buat hasilnya kurang maksimal kalau tidak mau disebut dengan jelek sekali.  Namun demikian saya dan  istri cukup puas dengan hasil yang dibuat karena ini menjadi pengalaman yang berharga dalam membuat bakso sendiri praktek langsung dari buku resep. Hiehiehiheiheiee

Kurang Kenyal dan Gurih
Hiheiheiee namanya juga belajar membuat bakso walaupun tata cara produser eh prosedur serta bahan bahan yang dibuat sama persis sesuai dengan buku resepnya namun kami berdua masih bingung ternyata hasilnya memang jauh banged dari yang diharapkan. Begitui bakso sudah siap dan matang kami perhatikan dengan seksama dan mencoba mengamatai hasil "kerja keras" kami berdua dalam membuat si kulit bundar alias bakso (meat ball) ini dan kami berdua ketawa ketiwi.

KERJA SAMA : Bukan maksud untuk meniru blog mba Una yang fotonya sering diblur (samar) kan. Tapi sengaja dilakukan pada foto ini karena sang istri saat itu tidak memakai kerudung (jilbab).  Mohon maaf atas ketidak nyamanan ini.   Nah Abbie dan Bundanya kerja sama membentuk sang bakso. Foto Asep Haryono
DIBULAT :  Bahan dasarnya dari Daging Sapi loh. Nah bulatan dibentuk dengan menggunakan tangan atau bantuan sendok untuk membentuk bulatan bakso dengan besar yang seesuai dengan keinginan. Foto Asep Haryono


DIBENTUK : Masukkan bulatan yang sudah dibentuk tadi dengan tangan atau bantuan sendok lalu rendam dalam air panas (jangan sampai mendidih) dan diamkan selama 20 menit. Ini sesuai dengan pakem dari buku resepnya hiheiehieie.   Foto Asep Haryono

Hasil analisa saya (minjem kata Butet Sentilan Sentilun) yang pertama adalah kekenyalan bakso yang dibuat memang tidak bagus atau jelek sekali.  Hal ini dikarenakan bakso yang kami buat berdasarkan buku resep tersebut agak "nyeleneh" dari pakek di buku resep misalnya penggunaan MCM. Nah ibu ibu yang hobi membuat bakso biasanya cukup paham dengan bahan kimia yang bernama MCM ini.  Ya CMC adalah kepanjangan dari CARBOXYMETHYLCELLULOSE yakni sejenis senyawa kimia yang lazim digunakan dalam membuat bakso (meat ball).

Bahan CMC ini banyak dijumpai di toko Bahan Kimia.  Ini memang sesuai dengan buku resep yang kami gunakan.  Oala piye ki, mau buat bakso kok bukan buat bahan bangunan.  Entah mungkin ada CMC khusus untuk buat makanan? Saya tidak tau malahan saya minta kawan kawan Blogger jika ada yang lebih menguasai cara membuat bakso mohon saya diberitahu.  Saya masih penasaran dan ingin belajar.  Nah karena saya tidak pake bahan CMC itulah mungkin menjadi penyebab bakso yang dibuat menjadi tidak kenyal. Nah loh. Siapa yang bener nih kalaw urusannya sudah begono eh begini.

Malah jadi Siomay
Hasil analisa yang kedua adalah cita rasa bakso yang kurang gurih yang ternyata dirasakan setelah bakso matang dan diangkat serta ditiriskan.  Begitu bakso sudah didiamkan selama 20 menit di rendaman air panas (bukan mendidih ya-red) sesuai buku resepnya kemudian dipindahkan ke dalam air mendidih dan sampai bakso bakso tersebut itu matang dan mengambang ke atas.  Nah saya coba bakso yang sudah matang tersebut dan ternyata rasanya sangat galau. Hahahahaha.

Gimana nda galau kalaw cita rasa bakso yang kami berdua buat sesuai petunjuk buku resepnya kurang terasa gregetnya, kurang gurih ya.  Apa mungkin masih kurang bumbu penyedap?  Kami berdua termasuk yang kurang suka dengan penggunaan Micin (atau Vetsin ya tulisannya? Maaf kalaw salah).  Nah hampir setiap menu masakan yang kami makan atau beli di luar (wisata kuliner) kurang suka pake banyak bumbu penyedap.  Nah ternyata baksonya yah begitu deh rasanya kacow bin Galau hahahaha.

Ya sudah deh kalaw begitu GAGAL membuat bakso nya. Hahahhaa. Kami bedua ketawa ketiwi lagi hiehieiehiehiehie.  "Gimana nih mas hasilnya berantakan gini, jadi gimana donk" kata sang istri kepada saya setelah hasilnya jadi begini.  "Ya sudah kita jadikan bakso gagal ini menjadi komponen siomay aja deh kan bahannya sudah ada di kulkas tinggal pake aja" kata saya sekenanya.   Kebetulan di Kulkas sudah ada kentang, Bumbu Pecal siap makan, Saos Sambal, Kecap dan nasi panas.   Ya sudah deh kalw gitu bakso gagal tadi menjadi pelengkap SIOMAY dadakan. Hasilnya seperti di bawah ini fotonya:

BERANTAKAN : Inilah hasil bulatan Bakso yang ternyata tidak persis bulat licin kaya bola bekel seperti yang dijual jual di tukang bakso. Bentuknya ancur berantakan apakah ini karena tidak pake CMC atau bahan pembuat kenyal dari kimia? Saya tidak tau. I dont know. You tell me.   Foto Asep Haryono

SAUS KACANG : Kata orang malaysia peanut sauce atau sos kacang.  Nah pelengkap Siomay ini adalah saus kacang yang praktis dari Bumbu Pecal siap makan yang banyak tersedia di supermarket. Nah praktis kan? Kalaw masih kurang pedas bisa ditambahkan dengan potongan cabe. Foto Asep Haryono
SIOMAY : Inilah SIOMAY dadakan yang dibuat "ajaib" karena komponen Siomay nya hanya Bakso Gagal tadi dan kentang.  Tidak ada KOL atau Tahu biasanya dalam sebuah Siomay yang paripurna.  ya sudah sikat saja hiehieiheiee.  Foto Asep Haryono
SIAP MAKAN : Nah sebelum saya makan, difoto buat kawan kawan. Inilah hasilnya sepiring Bakso eh salah sepiring Siomay.   Selamat makan.  Foto Asep Haryono


Nah itulah pengalaman kami berdua dalam mencoba resep di dapur tentang membuat Bakso Daging Sapi yang diambil dari Buku Resep.  Saya dan istri memang paling sering bereksperimen mencoba mempraktekkan menu masakan dari buku buku Resep yang kami miliki di rumah.  Saya ada banyak buku resep berbagai model makanan seperti Buku Resep khusus membuat Makanan Balita, Buku Aneka Resep praktis, dan berbagai buku resep membuat kue dan lain sebagainya.  

Nah bagaimana dengan kawan kawan semua? Apa sering praktek membuat menu masakan atau makanan dari buku Resep? hiihihi hayu silahkan silahkan.  Seperti saya sekeluarga yang sering praktek dari buku Resep walau hasil akhirnya selalu galau namun tetap membuat kami gembira.  Selamat makan. (Asep Haryono)

33 comments:

  1. ahh tapi tetep enak kan disantap itu kang...?


    aku suka jenis siomay yang seperti itu ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @A.Y.Indrayana : Hiehiheiehiehiehiheie. Oh jelas enak dan nikmat sekali menyantap bakso gagal dan akhirnya menjadi pelengkap SIomaY. Nikmat sekali dimakan bersama keluarga di rumah. Hiheiheiheiheiee.

      Siomay umumnya kan komponen Tahu, Kentang, Kol, Kadang ada pare dan tentunya daging siomay itu sendiri. Ah nikmat juga pake saos botol, dan emping lebih makyus lagi iheiheiheiheiheie

      Delete
    2. enak itu kan karena bu asep ikutan masak. coba kalo kang asep yang jadi koki mandiri. pasti asin. kalo nggak ya, pahit. //kabuurr..

      Delete
  2. Liat kang asep bikin bakso yang hasilnya menyerupai siomay (hehe),, daging di kulkas saya bagusnya dibuat apa ya? *mikir Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @nina rizka amalia : Eh ada mba Nina hiheiheiheie. Mantaf sekali. Selamat hari Ahad (Minggu) ya. Apa aja aktifitas di hari ini? Oh iya Bakso GAGAL ini akhirnya menjadi pelengkap SIOMAY hiheiheieie. Masih perlu belajar lagi nih saya soal membuat bakso di masa masa yang akan datang.

      Saya masih banyak stok daging Qurban di Kulkas pemberian dari para tetangga. Maunya sih dibuat STEAK, Tongseng, dan Daging Asap atau burger. Hiehiheiheiee. Terima Kasih sudah berkunjung ya mba

      Delete
  3. met pgi genk. waaaaaaaaaah mantap,ni kpn2 aq coba genk. krna bakso mkanan faforitku hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Tutorial Blogger : Oh ya kah suka Bakso? Wah sama donk hiheiheiheie. We have something in common this time ya. Saya suka juga, pokoke semua masakan berkuah saya sangat suka sekali hiheiheiheiheiiee. Kabar kabari jika sukses membuat bakso ya. Saya masih belajar nih hiheiheiheiheihiee

      Delete
  4. Jadinya makan siomay bukan makan baso yah, Pak? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anazkia : iheihieheihehie iya nih jadinya galau gitu. Niat awalnya mau buat bakso eh malah jadi nyeleneh menjadi siomay nah nah sebutannya jadi Bakso Siomay kali ya hhiehiheiheiheiie. Terima Kasih sudah berkunjung ya anazkia. Salam dari Pontianak

      Delete
  5. Hihihi...ketawa-ketawa aku baca postingan Kang asep yang satu ini, Niat bikin Bakso ehh jadinya malah Somay...Somaygaaatt haha...

    Tapi aku yakin rasa somaynya pasti enak, dan somaynya pasti habis disantap sekeluarga. Karena bagaimanapun apa yang dihasilkan oleh keringat sendiri itu akan lebih berkesan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rudy Arra : iheiheihiehiehiee saya aja sama istri cengar cengir setelah tahu hasil baksonya tidak sesuai dengan ekspetasi kami berdua yang hancur bin galau en berantakan tidak jelas bentuk dan cita rasanya.

      Iya ini siomaynya sudah habis beberapa jam yang lalu, dan memang tantangan sendiri sih ujicoba resep masakan dari buku resep. Sekalian mengisi hari libur (minggu) di rumah bersama keluarga, ya masak masak hiheiheei. Terima Kasih atas kunjungannya mas Rudy Arra. Salam

      Delete
    2. Hihi...iiihh serius deh kang, kelak saat aku sudah menikah, aku pengin banget bisa masak bareng istriku, pasti terasa manis banget deh suasananya. Aku pernah masak bareng pacarku dulu, dan seru banget, walau hasil masakannya tak beda jauh dengan hasil masakan baksonya Kang Asep, yaitu hasilnya GATOT (Gagal Total) hihi...dan kami malah berantem soal bumbu, karena aku gak suka kencur, dia gak suka bawang merah haha...

      Semoga lain kali masak Baksonya berhasil ya Kang, sapa tau bisa bikin usaha sampingan pengusaha bakso :)

      Delete
    3. @Rudy Arra : hiheiieiehie sampai sekarang saya dan istri mau mencoba resep lain dari Buku Resep di waktu mendatang. Maunya sih martabak telor atau martabak manis hmmmm. Tantangan juga nih kayaknya biar nda GATOT seperti kata Mas Rudy Arra. GATOT alias Gagal Total hiheiheiheie dapat kosa kata baru nih dari mas GATOT eh salah mas Rudy Arra

      Delete
  6. Ternyata gampang2 susah ya ngebuat bakso... Terus Yang namanya bakso pasti menggugah selera tentunya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cik awi : Iya benar banget mas Cik Awi. Susah susah gampan rupanya membuat bakso yang merupakan pengalaman yang kedua buat kami. Pernah juga buat bakso sendiri juga dari resep sekitar taun 2008 lalu, hasilnya juga berantakan malah kaya cenil lembek lembek. Hahahaha. Sekarang masih juga galau hasilnya.

      Padahal langkah langkah dan kontennya sudah pas dan sesuai dengan buku resepnya. Wah masih banyak belajar dan praktek buat bakso nih saya hiheiheihiheiheie

      Delete
  7. wuah, bakso malpraktek nih...
    kalo ikutan master chef, pasti piring om asep langsung dibalik sama si Juna XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ocha Rhoshandha : Hahahah iya iya bisa dikatakan demikian Ocha, ini bakso Malpraktek alias salah ngurus atau salah cara membuatnya hiehiehiehiehie. Ih jadi malu. Oh jelas sekali kalaw ikut ujian master Chef bener bener langsung didiskualifikasi sama Juna hahahahaha. Kacow bin galau hasilnya tidak karu karuan hiehihiehiheiheieie

      Delete
    2. iya, malpraktek, dokternya nggak bisa nyuntik, tapi ngebor. hiehiehie

      Delete
  8. lezat beught nih! oh ya kunjungan perdana , mohon folbacknya masta :D http://suryakunta.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Surya Kunta : Terima Kasih sudah mampir ke blog saya yang gado gado isinya ini iheihiehiehehiee/. Selamat datang dan terima kasih atas komentarnya. Saya segra ke TKP blog Surya hiheiheiheihieeieie

      Delete
  9. Hahaha.. namanya juga perdana pak, jadi agak2 salah yah dimaklumi. tapi kalo menurut aku yah gak salah2 banget buktinya bisa disanttap juga walo namanya berubah jadi siomay :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zasachi : hiheiheiehie iya sih masih banyak belajar. Sebenarnya saya pernah buat Bakso bakso sendiri juga dari resep sekitar taun 2008 lalu, hasilnya juga berantakan malah kaya cenil lembek lembek. Namun saya sudah tidak ingat langi proses pembuatan bakso waktu itu. Ya buat aja lagi yang perdana yang lebih baik lagi perencanannya.

      Semua langkah dan kontennya sudah pas dan sesuai dengan buku resepnya. Namun hasilnya jelek sekali hiehiehiehiie. Masih belajar lagi deh saya

      Delete
  10. saya tak pernah makan bakso dan siomay juga baru hari ni tahu..tapi pasti enak kan..

    kebetulan saya dan hubby semalam juga sama2 cuba resepi baru bezanya kami masak pasta hihihi..seronok kan suami isteri masak bersama2..masakan yang gak enak jadi enak sebab hasil air tangan sendiri hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @nita : Hiheiheihee iya Alhamdulillah kedua makanan fave saya itu cukup enak dan lezat di lidah saya sekeluarga. Iya benar sekali kak Nita. Seronok sangat suami isteri masak masak bersama sama. HIheihiehiee iya benar sekali, masakan akan tetap enak karena dimakan sekeluarga hiheihiehiheieee

      Delete
  11. waduhh..
    halahh nggak papa Kang, yang penting nilainya.
    nilai kebersamaannya nilainya 100. jarang tu yang kayak gitu. hehe.. lagian yang penting kitanya doyan, mau apa, apapun namanya, siapa peduli coba, haha..
    yang penting nggak jadi bubur ajah, wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : hihiheiheiheiheie iya bang Roni. Untuk sementara episod BUBUR AYAM tidak diturunkan dalam waktu dekat ini hiehiheiheieie. Yang jelas masak masak dengan keluarga sangat menyenangkan dan apa pun yang dimasak bersama seluruh keluarga akan selalu menyenangkan hiheiheiheihieee

      Delete
  12. waw terasa gimana gitu melihat siomay,
    jadi ngiler, mau makan siomay itu.. ^_^..
    mau dong kang asep.. hhehehe ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. @lukman hakim : HIheiheiee Mas Lukman suka Siomay juga rupanya? Wah ternyata kita satu selera makanan rupanya nih. Bagaimana dengan Bubur Ayamnya juga tuh mas Lukman suka juga nda? Hiheiheiheiheiheiiee

      Delete
  13. momoy suka bakso
    dagingnya kenyal-kenyal
    jika ada orang Indonesia di sini yang jual pasti momoy coba baksonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Princess MOMOY : hiehiheieei really Moy? Meat Ball is really good. Wah iya kah ada penjual bakso dari Indonesia di Terengganu? wah keren keren. Its cool really

      Delete
  14. .. ehhhhhh,, fotonya kok diburamkan sich. kayak apa aja. huhh. kasihan banget. padahal kan pengen ikutan narsis juga. he..86x. oia siomaynya masih ada kah?!? aq icip^ donk. boleh gak?!? he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ : hiheiheihiee iya maunya sih begitu tapi sang istri tidak nyaman karena saat itu tidak menggunakan kerudungnya *Jilbab*, jadi dengan pertimbangan tertentu saya buramkan.

      Mau liat jelas sang istri bisa kok tinggal arahkan mouse dan klik ke "myfamily" di navigasi atas blog saya ini. Terima Kasih ya mba sudah berkunjung

      Delete
  15. Sepertinya enak pak.... Jadi lapeeerrr... *ngomong2 ini tukang siomay yang biasa lewat ko belum lewat2 juga ya.... :)

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog