Jual Milagros disini
Loading...

Dan Qurban Pun Bertebaran

Foto Asep Haryono
Laporan Asep Haryono.

Alhamdulillah sebagaimana yang sudah saya rencanakan sebelumnya, dan atas izin dari Yang Maha Kuasa Maha Kaya, Allah SWT , saya bisa menyajikan laporan ekslusif prosesi pemotongan hewan Qurban yang berlangsung di Masjid Babussalam Komplek Duta Bandara Permai yang berlokasi di Jalan Arteri Supadio, Pontianak, provinsi Kalimantan Barat.

Acara penyembelihan hewan Qurban telah sukses gemilang dilaksanakan sejak pukul 07.00 WIB tadi pagi hari dan hingga laporan ini diturunkan semuanya sudah didistribusikan kepada yang berhak menerimanya.   Walau sempat diwarnai dengan turun hujan namun tidak menyurutkan semua pihak baik langsung maupun yang tidak langsung dalam penyembelihan hewan qurban ini.

Bapak bapak yang sudah siap dengan parang, golok, dan aneka benda tajam lainnya sudah menunggu datangnya hewan qurban satu persatu di Masjid Babussalam.  Ada yang datang langsung di antar sendiri oleh sipenyumbang dengan menggunakan mobil pick up, dan ada juga yang diantar sendiri dengan berjalan kaki menuju mesjid.  Saya sendiri mengantarkan si kambing berjalan dari blok C tempat saya menuju masjid yang memang jaraknya cukup dekat.  Agak repot memang membawa si kambing yang berontak tidak karuan.  Mungkin tau kali si kambing mau di potong hehehee

5 Sapi dan 6 Kambing
"Jumlah yang dipotong pada perayaan Idul Adha tahun ini ada peningkatan yakni hewan yang dipotong berupa Kambing berjumlah 6 (enam) ekor, dan terdapat 5 (lima) ekor sapi" kata pak Salbikis, salah satu petinggi di jajaran elit pengurus Masjid Babussalam Komplek DUBAN yang berhasil saya temui di sela sela kesibukannya memotong sang Sapi. Hehhee. Saya tentu saja turun langsung dan sesekali harus menghapus noda darah di tangan agar kamera yang saya gunakan untuk mengambil foto tidak terkena noda darah.

Saya menyaksikan secara langsung proses penyembelihan hewan qurban Sapi dan Kambing ini mulai dari proses pemotongan dan penyembelihannya, hingga kepada proses pendataan para calon penerima daging kurban.   Bahkan anak anak komplek pub wis tumplek di halaman Plaza Masjid Babussalam menyaksikan proses pemotongan ini.  Ada kejadian unik di sela sela pemotongan ini dimana seorang bapak tiba tiba datang kepada panitia untuk meminta daging kurban atas nama kelompok kajian islamnya atau warga yang diwakilinya. Namun permintaan bapak ini tidak dapat dikabulkan oleh panitia, dan beliau bisa mengerti setelah mendapatkan penjelasan.


MASJID BABUSSALAM :  Inilah masjid Babussalam Komplek Duta Bandara tempat berlangsung proses pemotongan hewan qurban tahun 2012 ini.  Foto Asep Haryono

WAITING LIST:  Para kambing harap bersabar ya. Kalian menunggu giliran aja ya karena Sapi sapi dahulu yang dieksekusi. Tenang semuanya ya Mbing. Nda usah berebut ya, semuanya dapat giliran untuk dieksekusi.  Foto Asep Haryono

DIBACAKAN DOA : Panitia membacakan nama penyumbang sapi ini dan juga doa agar proses pemotongan hewan ini berjalan dengan baik dan mendapat berkah dari Allah SWT.  Foto Asep Haryono

PENJELASAN :  Bapak tak dikenal inilah yang datang tiba tiba meminta "jatah" daging atas nama kelompok yang diwakilinya.  Tampak Pak Rudi, dari panitia sedang menjelaskan kepada bapak ini dan alhamdulillah si bapak bisa mengerti.  Foto Asep Haryono

"Mohon maaf ya bapak, ini daging qurban khusus untuk warga yang tidak mampu dan yang berhak menerimanya khusus di dalam komplek Duta Bandara dahulu pak. Tidak keluar, namun akan kami lihat lagi jika ada berlebih akan kami salurkan ke tempat bapak" kata Pak Rudi menjelaskan kepada si Bapak itu. Dari raut wajah si bapak tadi agak tergurat rasa kecewa karena permintaannya tidak dikabulkan. 

Saya lihat ini memang harus diwaspadai jika salah bisa menyerahkan daging kurban kepada yang tidak berhak.  Panitia Qurban Masjid Babussalam cukup teliti dalam menyeleksi siapa siapa calon penerima daging kurban karena ini menyangkut amanat dan kepercayaan umat.  Jadi hanya yang berhak menerimanya dan warga yang kurang mampu yang mendapatkan prioritas daging kurban.  Saya setuju bangeds pak.  Bravoo. 

Meriah Dan Menyenangkan
Anak anak pun turut ramai menyaksikan proses pemotongan hewan qurban di Masjid Babussalam Komple DUBAN ini, dan bahkan Abbie, anak saya pun turut juga datang karena teman temannya juga hadir di sana menonton si kambing dan si sapi dipotong.  Saya berpesan kepada anak saya, Abbie, untuk tidak dekat dekat dengan bapak bapak yang sedang sibuk potong sana sini itu sebab dikuatirkan ayunan pisau dan goloknya "nyelonong" kemana mana dan bisa terkena anak saya.

Dan sepertinya para panitia Qurban Masjid Babussalam pun paham karena banyak anak anak bersliweran di dekat pemotongan hewan qurban ini, dan panitia tidak mau mengambi resiko ada anak yang terkena sabetan pisau atau golok petugas potong, maka dengan pengeras suara anak anak itu dihimbau untuk melihat qurban dari jarak jauh.  Syukurlah kalaw begitu kan semua pihak akan aman dan tenang dalam melakukan proses pemotongan hewan qurban ini.

KILLING SQUAD  : Bapak bapak ini bukan sedang merumpi. Mereka lah "tim pembunuh" (killing squad) yang disewa khusus oleh pihak Masjid Babussalam untuk membantu kelancaran proses pemotongan hewan qurban.  Foto Asep Haryono

IN ACTION : Tim langsung turun mengeksekusi sapi sapi yang mendapat kehormatan dieksekusi lebih dahulu kenudian baru para kambing yang menunggu dengan sabar giliran berikutnya. Foto Asep Haryono

KULITI :  Para bapak bapak dengan sigap dan cekatan menguliti dan memotong menjadi bagian kecil kecil. Nah lihat bapak yang bertopi itu? Nah itu adalah Pak Kus, ayahanda blogger

DISTRIBUSI :  Proses pemotogan hewan qurban sudah dalam bentuk yang kecil keil ini kemudian ditimbang agar berat tiap bungkus daging qurban sama atau mendekati sama satu sama lainnya.  Semuanya bekerja dengab ikhlas dan sigap hingga laporan ini ditulis proses pendistribusian hewan qurban rampung seluruhnya.  Alhamdulillah. Foto Asep Haryono

Ibu ibu sekitar komplek juga tidak mau kalah loh. Mereka datang dan membantu para petugas potong dan juga para pantia Qurban dengan menyediakan aneka makanan dan minuman seperti kue kue, kopi dan juga teh manis lengkap dengan puluhan gelas gelasnya.  Wah pesta rakyat seperti ini sangat menyenangkan dan hampir semua warga turun turut menyukseskan acara potong hewan qurban di Masjid Babussalam ini. 

Demikialnlah laporan ekslusif dan pandangan mata proses pemotongan hewan qurban tahun 2012 ini telah berhasil dilaksanakan dengan gemilang oleh Masjid Babussalam komplek Duta Bandara Supadio Pontianak dan semua ini berkat kerja sama dan bahu membahu semua warga komplek hingga pelsakanaan pemotongan hewan qurban tahun 2012 ini nyaris sempurna dan tidak mendapatkan hambatan yang berarti. Semoga apa yang kami lakukan ini mendapatkan berkah dari Allah SWT.  Amin Ya Robbal Alamin.  (Asep Haryono)

13 comments:

  1. blog km sudah sya follow ms ke 29, gantian follow balik blogq y

    slmat idul adha 1433 H

    ReplyDelete
    Replies
    1. @In'am Achsan : HIheiheiee Terima Kasih atas kunjungannya ya. Mohon Maaf lahir dan bathin juga. Met Idul Adha. Salam dari kami sekeluarga di Pontianak. Kalimantan Barat. Ditunggu kunjungan baliknya segera. Salam

      Delete
  2. seneng banget ya Kang bisa ikut andil di acara itu, bisa ikut ngurusin pembagian dagingnya, sekaligus ikut berqurban.

    saya hanya bisa mengikuti sampai tuntas prosesi di RT 2 kemaren. sedangkan di RT 1 yang baru jalan tadi pagi, nggak bisa ikutan karena harus ngambil raport bayangan si Arien.

    sukses Kang, semoga daging qurbannya berarti banget buat yang memerlukan, dan berpahala bagi yang berkiprah.

    btw jangan dimakan sama bubur loh!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Iya bang Roni. Kebetulan saja satu paket semuanya seperti yang sudah bang Roni sebutkan tadi dari A sampai dengan Z. Memang kata Panitia Qurban sih bilang begitu, yang menyumbang diminta hadir untuk datang menyaksikan penyembelihannya. Memang diundang resmi soalnya

      Delete
    2. buburnya gimana? ada juga?

      Delete
  3. Hmmm ... terkadang ada persepsi yang masih kurang dari masyarakat tentang daging qurban ya sob :D
    utamakan dulu fakir miskin, baru lah yg lain #sok tahu saya , hehehhe ...
    btw ... untung tuh kambing gak melarikan diri ya :D

    terimakasih atas laporannya lho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Stupid Monkey : Iya benar sekali, sampai sekarang masih banyak yang punya pandangan keliru tentang daging qurban tapi yah namanya kita kan beda beda semua cara pikir dan pandangannya. Perbedaan adalah hal yang indah tentu saja.

      Delete
  4. selamat idul adha dulu yah kang ...


    kalau soal kurban-mengkurban, kurasa itulah momen tersejuk dari perayaan 'aidil yang ada selain daripada mudik.

    karena dengan kurban kita berbagi. dengan kurban pula kita bersaksi,
    bahwa aku menyumbangkan danaku untuk tabungan di akhirat nanti.

    ingin rasa aku bisa berkurban dengan uangku sendiri ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @A.Y.Indrayana : wah sudah ada niat yang bagus dan tulus dari mu untuk bisa berqurban kelak dengan uang mu sendiri sungguh suatu cita cita dan harapan yang mulia. Semoga Allah mewujudkan cita cita yang luhur dan mulia A.Y.Indrayana Amin Ya Robbal Alamin

      Delete
  5. Selamat hari raya idul adha pak..
    Semoga semangat berkurban menjadikan kita manusia2 yang lebih peduli pada sesama..
    Liputannya komplit *two thumbs* :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zasachi : Selamat Hari Raya Iedul kurban juga ya. Sama sama. Semoga kita semua dalam lindungan dari Allah SWT dan menjadi hamba Allah yang ikhlas dan sabar sebagaimana yang sudah dicontohkan oleh Nabi Allah Ibrahim dan puteranya Ismail

      Delete
  6. selamat hari raya korban kak asep
    korban uang, jiwa, masa dan tenaga untuk Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Princess MOMOY : Iya terima kasih juga buat Princess MOMOY. Thanks for visiting me back and back again, and I really appreciate it. Semuanya atas izin dari Allah SWT juga Moy. Salam. Ikhlas Tapi Jauh

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog