Jual Milagros disini
Loading...

Bearing, Sahabat Ku

Bearing.
Baik Hati Dan Pinter Fotographi
Catatan Asep Haryono

Ini adalah sepenggal kisah tentang salah satu sahabat saya yang bernama Bearing (dibaca: Bering) yang saya abadikan dalam catatan saya kali ini. Bukan siapa siapa hanyalah salah satu dari sekian banyak sahabat saya selama ini. Bagi saya tidak ada masalah apakah itu pria atau wanita bagi saya sama saja. Mereka adalah sobat, sahabat, rekan dan juga teman saya.

Walau Bearing kini sudah tidak bersama sama kami lagi (beliau sudah mengundurkan diri atau resign dari kantor dan memilih untuk konsentrasi di bidang yang lain-red) namun kenangan kebaikan dan ketulusan hatinya membuat saya harus menorehkan catatan emas dalam "buku jurnal online" saya kali ini.

Saya sudah tidak ingat lagi sejak kapan saya bertemu dengan Bearing namun yang yang pasti saat saya bergabung menjadi pegawai di Harian Pontianak Pos JPNN di Pontianak, Kalimantan Barat tahun 2005 an lalu nah beliau sudah lebih dahulu ada di sana.  Apa yang saya sampaikan di sini adalah pernak pernik kecil saja dari seorang Bearing, sahabat saya.  Menorehkannya dalam catatan harian saya sebagai kenangan kenangan yang tidak akan saya lupakan

Akhirnya Jadi Juga Ya
Pernah suatu ketika suatu hari di bulan Nopember di tahun sekitar 2006 yang lalu ketika saya sedang mengerjakan pekerjaan rutin yaitu menginput data online tiba tiba saya ditelepon oleh Bearing.  Saya pikir ah paling juga nanyain kapan Gaji naik hehehehe.  Siapa sih yang nda kepengen Gaji naik, saya aja mau. Kalaw bisa sih Gaji Naik setiap dua tahun sekali yah mirip mirip PNS gitu deh hahahahaha. MKY = Mimpi Kali Yee.  Nah ternyata si Bearing inu menelpon saya tentang seorang cewek. Alahmak apa pula ini.

"Halo Kang, siapa cewek yang ada di sebelah ruangan akang tu?" kira kira seperti iulah pertanyaan yang Bearing ajukan kepada saya via telepon kantor.  Saya tau yang dimaksud adalah Wiwi (Nama sehari hari ini yang saya tau - red).  Saya tidak tau nama aselinya yang kata kawan kawan sih puanjang kaya kereta api. Hehehehee. "Oh itu Wiwi namanya, ada apa kenapa nih?" kata saya pura pura nda tau aja. Padahul eh padahal sudah ketauan maskud eh maksudnya hiehieieiehe. Ketauan apa coba?

FOTO KENANGAN :  Saya mengambil foto ini  sekitar taun  2003 lalu dan saya mengarhkan gaya bebas kepada mereka berpose di depan kamera saya waktu itu.  Sekarang mereka sudah menikah. Saya termasuk salah satu yang berperan mempertemukan mereka. Masih banyak yang lain yang berjasa jadi "comblang" nya selain saya.  Foto Dokumen Asep Haryono
SANTAI : Inilah Bearing yang saya jepret candid alias diam diam. Foto ini diambil tanggal 5 Mei 2010 yang lalu, dan saya jepret dengan Kamera Poket Nikon COOLPIX L-19 Jadul saya.  Saya tidak menyangka bahwa inilah pertemuan saya yang terakhir dengan beliau dikantor.  Bearing ini foto mu. Foto dokumen Asep Haryono

Tahun demi tahun berganti, dan saya tidak yakin sebenarnya apakah kedua insan yang dimabuk asrama eh asmara waktu itu (keliatan lah orang yang sedang kasmaran itu beda-red). Mulai sejak tahun 2005 itulah saya dan beberapa rekan kerja saya yang lain menjadi tenaga sukarela (volunteer) untuk menjadi penyambung informasi bagi mereka berdua.  Istilah anak jaman sekarang lazim disebut "comblang" gitu. Saya pun sering melihat Bearing dan Wiwi bekerja sama membahas rancangan desain grafis berduaan hahahah. Mantaf mesra

Akan Selalu Bersahabat
Saya masih ingat saya belajar sedikit demi sedikit tentang Ilmu Foto atau Fotography tentu dengan bahasa yang bisa saya pahami karena aseli saya NOL latar belakang soal fotography. Saat itu saya masih menggenggam Kamera KODAK Z812 IS yaitu sejenis kamera Prosumer. Saya juga aktif di forum forum fotography online di internet seperti ayofoto dan lain sebagainya. Sayang sekali saya tidak aktif di sana. Nah dari Bearing itulah saya banyak mendapat "wejangan" soal dunia foto.

Akhirnya di suatu hari di tahun 2006, ketika kantor saya sedang diadakan rehab, kami kami semuanya dipindahkan sementara di daerah Percetakan KM 10 daerah Arang Limbung Kabupaten Kubu Raya. Letaknya sekitar 20 menit kira kira dari Jalan Gajah Mada Pontianak. Nah hari itu tiba tiba Bearing mengajak saya ke ruangan dibelakang tempat biasa dipakai untuk makan siang karyawan. Rupanya Bearing sedang menjajal lensa Tele Kamera Nikon D90 terbaru miliknya dan saya dijadikan "model" nya. Hahaha jadi "model dadakan" tidak apa.  Hasilnya di bawah ini.


SUNSET.  Foto Bearing
Thanks again for the memories we had together Bearing.  I like this photo very much.

SUNSET : Foto Bearing

Thanks again for the memories we used to had together Bearing.  This photo is really cool and awesome. I really appreciate it.  Keep up the good work ya. 

Dan saya tidak menyangka bahwa ini adalah kenang kenangan foto dari Bearing yang baru saya sadari sekarang.  Foto foto ini sudah dipublikasikan di folder foto akun facebook saya, dan juga website pribadi saya, dan baru kali ini saya unggah disertai postingan di Blog.  Baru ngeh kalaw ini adalah kado terindah dari sahabat saya, rekan kerja, dan kawan Bearing yang kini sudah merintis usaha di bidang percetakan dan fotography yang dikelola bersama istri tercintanya. 

Saya bangga punya sahabat sebaik Bearing Saya sering minta bantuannya untuk memfoto saya dengan tamu artis atau selebritis yang sering datang ke kantor seperi Dani Dhewa  "Bearing, nanti foto saya yah sama mas Dani Dhewa" pinta saya waktu itu.   "Beres kang Asep, atur aja posisinya biar deketan sama Dani, nanti saya foto" kata Bearing. Berebut orang foto foto dengan sang Idola, namun saya tenang karena saya sudah punya "bodyguard" alias tukang foto sendiri hihihii. Jadilah foto ini

DANI DEWA :  Inilah salah satu karya foto Bearing.  Saya minta tolong bearing menjepret saya  dengan Dhani Dewa yang datang ke kantor waktu itu.  Begitu banyak orang berebut foto dengan dia, namun saya tenang karena sudah ada Bearing yang bantu saya fotoin.   Trims Bearing. Terima kasih sobat 

Sebenarnya masih banyak lagi foto foto karya Bearing yang dipersembahkan buat saya, dan masih saya simpan dengan baik seperti foto bareng dengan Tina "bolo bolo" Toon, dan berbagai even lomba lainnya. Saya selalu minta tolong Bearing menjepret saya di even even seperti itu.  Kini Bearing sudah tidak bersama sama saya lagi di kantor.  Beliau sudah merajut masa depannya sendiri di tempat lain.  Kini sudah tidak ada lagi fotografer yang setulus dan sebaik hati Bearing yang saya rasakan selama ini.

Seperti kata filsafat atau pepatah "punya satu saja musuh terlalu banyak, punya 1000 sahabat terlalu sedikit". Suka duka bersama kawan sahabat tentu saja ada. Namun biarlah semua itu berlalu seiring berjalannya sang waktu.  Teman dan Sahabat akan  selalu dekat di hati kita semua. Biar pun secara fisik seorang sahabat sudah pergi meninggalkan kita entah keluar kota atau pindah rumah atau pekerjaan, silaturahmi akan selalu terbina. Sampai sekarang saya tetap bersilaturahmi dengan Bearing walau sebatas SMS, BBM, Twitter dan FB saja.  Ku akan selalu ingat mu sobat. Keep in touch ya  (Asep Haryono)
Catatan :
Pemuatan Foto Foto Bearing ini sudah mendapatkan izin (permission) dari yang bersangkutan.

34 comments:

  1. wah asyiknya yaa bisa berkontak kembali pada sahabat terdekat kita ...

    aku baru punya sahabat sejak kuliah semester 4 lalu ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @A.Y.Indrayana : heheheh ya kah. Syukurlah kalaw begitu. Dan memang lebih asyik punya banyak sahabat daripada musuh. Dengan banyak sahabat dan teman akan banyak manfaat yang akan kita peroleh dan nikmati bersama. Punya musuh sangat tidak enak. Trust me. It works kata Iklan

      Delete
  2. ya, sahabat akan tetap memberi rasa nyaman saat semua keadaan tidak menjajikannya lagi. mas bearing sekarang sudah jauhkah secara domisili?

    sewaktu SD, saya pernah punya sahabat, yang tak lain sepupu saya sendiri.
    pada 1987, saya gemetar sekali saat mendengar kabar bahwa dia meninggal karena kesetrum. saya lama nggak mood menjalani keseharian. sampe sekarang saya sering mimpiin dia masih tetap dengan wajah dan baju SD-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Mr Bearing (saya biasa memanggil nama orang dengan titel Mr atau Mrs) tidak jauh jauh amat kok domisilinya. Masih di kota Pontianak juga malah. Kantor barunya hanya beberapa blok dari kantor saya. Namun kesibukan dia yang luar biasa, jadi kita berkomunikasinya lewat perantaraan teknologi saja seperti email, BBM, SMS dan lain sebagainya

      Delete
    2. walahh kalo cuma di pontianak, undang aja kerumah Kang. agendakan malam minggu di serambi rumah tongkrong sambil minum wedang ronde plus kacang rebus atau ubi bakar, weiss, mantep banget sampai pagi tu berhandai-handai dengan sahabat.

      Delete
    3. Saat artikel ini dipublish tadi pagi, mendadak Bearing muncuul di kantor saya. Saya sudah ngonbrol dengan beliau dan beliau juga sudah liat artikel ini. Sssst sekedar informasi, ternyata Beliau mau meredsign website bisnisnya dan menawarkan kerja sama dengan saya.

      Nah nah beer kan, jarak bukan masalah lagi. Persahabataan dan silaturahmi tetap terjaga dan terbina dengan baik sampai sekarang :)))

      Delete
    4. tuh kerjasama. rejeki lagi kan. alhamdulillaah. garis tangan!

      Delete
  3. sunset memang selalu indah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Enny Mamito : Alhamdulillah. Memang foto dengan latar belakang Sunset adalah salah satu fave saya sampai sekarang. Terima Kasih sudah mampir di blog saya pagi ini. Salam dari Pontianak

      Delete
  4. untung ada sahabat yang baik..

    pertama kali singgah sini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nur Anis : Thanks for dropping by here. I am pleased to be visited by Malaysian bloggers anytime. I am really happy. I really am. Ya Mr Bearing adalah sahabat saya.

      WHen I have finished this posting, he shows up. Wow excellent Can you believe it?

      Delete
  5. seronok bila kita mempunyai sahabat yang baik kan.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @IntaNBerliaN : iya seronok pula jika dapat iklan dari the last minute coupons ya hihihihi. Tahniah kak. I am pleased to hear that too. A friend in needs is a friend indeed

      Delete
  6. sahabat baik la yang bisa menemani kita dikala dalam kesusahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nor Zilla Sensei : Benar sekali Kak. Tahniah. Sahabat yang baik akan selalu dihati dan dikenang sepanjang masa. Terima Kasih sudah mampir :)))

      Delete
  7. sahabat tak lekang dimakan jaman, walau dia jauh sekalipun terpisah jarak, namun sekarang teknologi sudah membuat jarak semakin dekat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fajar_p_k : Benar sekali Sob. Sekarang sudah jaman serba IPTEK alias Ilmu dan teknologi. Dari kemajuan IPTEK inilah jarak sudah bukan isu utama lagi.

      Dan itulah salah satu fungsi atau manfaat penggunaan Teknologi informasi yang saya harapkan selalu. Yakni sebagai "jembatan" dan penyambung silaturahmi sahabat, kerabat atau keluarga di tempat yang jauh

      Delete
  8. wah... salut buat kang asep! dikasih hadiah apa tuh ketika sukses nge-comblangin? hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bung Penho : Hi hi lagi bung Penho. Apakabarnya sekarang? Keep posting ya ihhihihi. Hadiah? Wah bagi saya hasil jepretan SUNSET itulah hadiah yang luar biasa bagi saya. Saya anggap foto SUNSET itu sebagai "hadiah"nya.

      Saya rencana akan mencetak foto SUNSET jepretan Bearing dan akan saya pajang di ruang tamu lengkap dengan tanda tangan Bearing. Rencana itu sudah ada. Sekedar informasi, saat saya mempublish postingan ini tadi pagi, Bearing mendadak muncul loh. Dia sudah melihat artikel ini loh

      Delete
  9. Ya ampun Kang Asep, ternyata Dani Dewa dan Kang ASep bagai pinang dibelah dua!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Popi : heheheheh eh ada mba Popi. HIhihiii. Ah masa sih. Masa kan di dapur ya hihihihi. Saya Dibandingkan dengan Mas Dani, pentolan Band Dewa sih bagai "bumi dan langit" kali ya. Hehehehe.

      Saya kenal baik Mas Dani Dhewa itu, cuma dia nda kenal saya. Hahahahaha. Apa? Pinang dibelah ancur lebur? hahahahahaha. Hihihihi. Trims komennya ya mha Popi. :))))

      Delete
  10. Menarik sekali untuk di simak gan kisah sepenggal ceritanya dengan seorang sahabat, memang begitulah, kita akan baru terasa dan tersadar bila sahabat tidak bersama lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cik awi : Ya benar sekali. Ini hanyalah coretan pribadi saya saja. Sahabat dan teman tentu saja banyak, namun tidak banyak yang membekas di hati seperti kebaikan dan ketulusan sobat saya yang satu itu.

      Saat artikel ini dipublish tadi pagi, mendadak Bearing datang ke kantor dan sudah melihat artikel yang saya tulis ini. Saya sudah minta izin beliau, dan beliau mengizinkan artikel dan fotonya dipublikasikan

      Datang dan pergi itu sudah biasa. Memang terasa jika sahabat sudah tidak bersama sama lagi. Akan teras kehilangan, dan itu menandakan orang tersebut dikangeni. Orang yang baik hati tidak adanya selalu dirindukan.

      Delete
  11. Persahabatan bagai kepompong...
    Jadi ingat lagu itu kalo baca something about friendship.
    Saya juga punya banyak sahabat.
    Meski gak bersama lagi, asalkan tetap terus berkomunikasi dengan baik persahabatan akan tetap terjalin indah.

    Berbakat jadi mak comblang ya pak..hihihi
    boleh dung minta tolong jadi mak comblak saia wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zasachi : Ya benar saya sering mendengar lagu persahabatan itu seperti kepompong hihhii, asyik benar lagu dan liriknya. Cuma saya masih agak bingun dengan liriknya ntah saya nya aja yang terbatas nalarnya terhadap lagu keren itu.

      Benar sekali, biar pun sahabat sudah tidak bersama sama lagi, toh silaturahmi akan selalu terjalin. Saya berbakat jadi mak comblang ya? ah masa seeeeh. Saya banyak teman di Padang (Sumbar) dan di daerah lain yang minta dicariin teman pria di Kalbar. Hahahaha. sampai sekarang "permintaan" mereka itu saya anggap becanda aja. Ntah kalaw serius hehehehhee

      Delete
  12. ini nggak bener nih, kenapa foto bareng dani ditampilin setelah kita terlanjur bikin komen, kenapa coba!!?? (wkwkwk)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachclazz : Hahahaha kenapa ya? saya juga nda tau. Soalnya ada ilham mendadak mampir di benak saya untuk menambah detil detil karya foto Bearing yang lain untuk menambah cerita ini lebih dramatis.

      Dan ternyata ada yang tersentuh khan tuh kawan blogger dari Malaysia, Momoy, sampai sesenggukkan. Tapi kalaw dibaca dengan hati yang damai, akan terasa kalaw cerita ini memang sad story

      Delete
  13. waduh... terharu momoy bila baca entri ini
    beruntung sekali kamu punya sobat yang baik
    tapi agak sedih ya bila sobat baik terpaksa ninggalkan kita.
    bila rindu harus tatap foto
    banyak kenangan manis kak asep dan bearing bersama kan
    wah...ngapain air mata momoy pula mau turun nih
    aduh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Princess MOMOY : Please don't be Princess MOMOY. Take it easy. Just relax as you navigate this blog and read my story today. Very touching one, right? I just cannot close my eyes to the fact I missed Bearing so much. Longing for beautiful friendship we had had together so far.

      "Good and bad in every one" seperti dalam lirik lagu "Ebony and Ivory" nya Paul Mc Cartney and Stevie Wonder. Yang baik sahaja yang kita kenang dan akan menjadi catatan dalam hidup kita semuanya. A good friend will always in our heart.

      Thank you very much for your comment today, Princess MOMOY. I really appreciate it

      Delete
  14. semoga persahabatannya akan tetep langgeng terus kang asep ^^

    btw, foto jepretan mas bearing bagus bagus mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Imam Boll : Benar sekali mas Imam. Jarang ada saya sampai terharu atas semua yang sudah saya rasakan selama berkawan dengan beliau. Sebenarnya banyak juga yang berkesan dari teman teman saya yang lain. Cewek atau cowok sama saja bagi saya. Semua adalah sahabat saya.

      Saya dan Bearing mau joinan bisnis nih. Hehehe nah kan betul Silaturahmi dan persahabatan akan tetap terbina dan itulah manisnya kehidupan :))). Ya benar jepretan Bearing keren keren. Dia pernahh pameran foto loh. Kapan Kapan saya buat postingannya Insya Allah

      Delete
  15. Sahabat akan tetap ada dalam hati, walau sudah tidak sekantor lagi. Kebaikan akan tetap dikenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Djangkaru Bumi : Benar sekali mas. Saya setuju sekali dengan pendapat mas. Bukan hal yang sulit untuk mencari musuh, namun luar biasa sulitnya mencari sahabat yang benar benar sehati dan sevisi dengan diri kita masing masing.

      Kriteria sahabat yang baik adalah relatif bagi setiap orang. Baik bagi saya belum tentu baik bagi orang lain. Setiap orang punya kriteria dan standarnya masing masing. Terima kasih sudah mampir ya mas. Salam

      Delete
  16. Nice siluet... excellent :)

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog