Jual Milagros disini
Loading...

Social Network : Kebutuhan Atau Gaya Hidup

Foto Hak Cipta Asep Haryono
Dari Sekedar Hobi Sampai Urusan Duit
Catatan Asep Haryono

Baru baru ini saya diminta menjadi pembicara (keynote speaker) oleh Komunitas Remaja Budha Pontianak , dan kegiatan tersebut berhasil diselenggarakan dengan gegap gempita di Vihara Vimala Kirti yang berlokasi di Jalan Arteri Supadio Kabupaten Kubu Raya kemarin, hari Minggu, tanggal 23 September 2012.

Tema yang diusung dalam acara gelar diskusi ala lesehan tersebut adalah "Social Network :  Sebuah Kebutuhan atau gaya hidup?"  tersebut berlangsung lebih kurang selama 2 (dua) jam nonstop tersebut diawali dengan kata pengantar dari Ketua Pelaksananya, Bang Iwan, begitu sapaan akrabnya, dan tanpa ada ba bi bu lagi langsung kepada topik yang akan dibahas ala lesehan sesuai dengan tema hari itu.  Sebagai pembukaan ditampilkan juga beberapa komentar komentar masyarakat mengenai Social Network ini dan ditampilkan dalam screen yang cukup besar.

Peserta Yang Antusias
Tema aselinya adalah "Social Network :  Sebuah Kebutuhan atau gaya hidup?" namun dalam diskusi yang digelar ala lesehan tersebut sudah mengarah secara spesifik kepada social network Twitter.  Banyak juga yang ingin dibahas oleh para peserta diskusi tersebut seperti forum komunikasi berbasis internet yang kini sudah banyak penggemarnya seperti kasak kusuk (KasKusers), Jejaring sosial Facebook yang sudah sangat terkenal tersebut, dan juga ngeblog.

Namun saya tidak sendiri sebagai teman ngobrol kawan kawan di sana, saya mengajak juga Dwi Wahyudi, Ketua Komunitas Blogger Dan Netter (Beleter) :Pontianak yang sangat menguasai dalam bidang dan ilmu blogging beserta teknik dan manfaat kegunaannya.  Pokoknya dari A sampai Z untuk urusan NgebloG saya berbagi obrolan dengan Bang Yudi sapaan akrab kami kepadanya. "Bang Dwi, ini materinya juga ada ngeblog log, jadi untuk yang membahas urusan blogging biar abang saja yang menyampaikan" bisik saya kepada beliau. 

PEMBUKA : Bang Setiwan membuka obrolan kami hari itu. Wah fotonya agak nda jelas ya soalnya nembaknya dari jauh, dan juga kamera poket alias saku. Mene ketehe kualitasnya hehehe.  Foto Hak Cipta Asep Haryono

ANTUSIAS : Ini adalah sebagian peserta diskusi lesehan yang hadir. Masih sedikit saat foto ini diambil.  Peserta  lainnya mulai berdatangan satu persatu hingga rame Sobs.  Foto hak cipta Asep Haryono




Beberapa peserta diskusi ala lesehan yang digelar hari itu memang terbanyak dari Mahasiswa dari beberapa kampus di Pontianak, dan beberapa lainnya adalah para pekerja alias orang kantoran. Mulai dari pegawai kantoran perusahaan swasta atau juga semi BUMN Lainnya.

Foto Asep
Salah satu pertanyaan yang diajukan kepada para pembicara diskusi lesehan tersebut adalah pertanyaan dari salah seorang peserta yang juga sudah bekerja sebagai accounting di perusahaan Meubel di kota Pontianak.

"Saya ingin mengajukan pertanyaan nih bagaimana sih caranya membuat blog dan apa saja manfaatnya tuh. Soalnya saya pernah diminta untuk mampir ke blog teman saya dan setelah saya lihat isinya gambar gambar Mobil saja dan itu saya tidak suka. Terima Kasih"  katanya.



Sebelum pertanyaan itu kami jawab, dari pihak moderator langsung melemparkan terlebih dahulu kepada para peserta untuk menjawb pertanyaan tadi. Selanjutnya pertanyaan tersebut di jawab ces pleng oleh dedemit maya bang Dwi Wahyudi yang kemampuan dan ilmu dan teknik Bloggingnya sudah kondang di kota Pontianak.


"Salah satu kendala adalah banyak orang yang ingin punya blog tetapi tidak hobi menulis padahal untuk menjadi seorang blogger tidak harus mempunyai wawasan atau pengetahuan dalam menulis. Dengan bahasa yang sederhana saja seperti gaya bertutur di blog itu sudah merupakan hal yang luar biasa" terang Dwi Wahyudi kepada peserta.   Saya sendiri menambahkan dampak buruk yang bisa ditimbulkan jika melakukan pelanggaran etika dan juga kesopanan dalam menggunakan Twitter disertai dengan ulasan dan contoh berdasarkan pengalaman sendiri

Saya sendiri aja berguru kepada Ayah satu anak, Najwan, ini, dan dari beliaulah pula saya banyak mendapatkan masukan mengenai teknik dan juga algoritma Google yang memang agak njelimet buat sayah.  Jadi kawan kawan sekarang sudah tau, siapa "guru spiritual" blogging saya di kota Pontianak terjawab sudah di halaman ini, dialah orangnya Dwi Wahyudi. Beliau adalah blogger tulen yang rela meninggalkan pekerjaannya dan terjun sebagai blogger. Pria kelahiran Pontianak, 2 Mei 1982 ini juga memiliki lembaga kursus dan pelatihan Bahasa Inggris di rumahnya di Kawan Pondok Indah Lestari. Awesome 

PRESENTASI  : Inilah Dwi Wahyudi in action dengan presentasinya tentang social network hari itu.  Peserta diskusi dan juga saya tentunya sangat menikmati sesi ini. Foto hak cipta Asep Haryono

Bagian PENUTUP
Sebagai penutup dari diskusi lesehan ini, kami menekankan kepada para peserta untuk menjaga sikap (attitude) dalam menggunakan social network semacam Twitter, Blogging, Facebook, dan juga fasilitas on line lainnya. "Bermain di jejaring sosial atau semacam social network itu tidak beda dengan apa yang kita lakukan dalam dunia nyata, jadi bijaksanalah dalam menggunakan social network tersebut, dan perlakukanlah orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan"  katanya sambil mengutip filsafat.

"Kalaw kawan kawan di sini akan menindaklanjuti atau follow up kegiatan diskusi hari ini bisa dilanjutkan juga kok misalnya praktek langsung membuat blogging, atau teknis lainnya dalam social network bisa menggunakan fasilitas yang bisa saya bantu nantinya dan itu semua gratis tanpa biaya" ajak Dwi Wahyudi.   Fasiltias net gratis atau Hot Spot/WIFI sudah disediakan oleh TELKOM dengan akses Speedy kata Dwi.  "Hanya saja kawan kawan bawa sendiri Laptopnya masing masing yah" Kata Dwi yang disambut dengan gelak tawa para peserta diskusi.  

Saya melihat ada semacam semangat baru dari kawan kawan remaja dari Forum Komunitas Budha Pontianak ini dalam memanfaatkan jejaring sosial dan social network tidak saja untuk bersenang senang namun bisa dimaksimalkan untuk keperluan yang lain yang tidak kalah serunya yakni bisa menghasilkan uang (earn money) dan juga memperluas jaringan atau network. (Asep Haryono)

15 comments:

  1. bagi saya social network itu kebutuhan, jd kalau butuh login/interaktif dengan community ya saya onlen.

    Kalau saya merhatiin di tempat-tempat umum, kebanyakan sekarang pd asyik dengan gadgetnya, sehingga cuek dengan sekitarnya lho?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ririe Khayan : Sebenarnya fungsi dan manfaat dari jejarang sosial media seperti ini terpulang kepada tiap individu dan masing masing saja.

      Akses ke Jejaring Sosial sekarang sudah semakin mobile dan tidak harus duduk di meja. Banyak HP HP kelas Android, dan HP keren keren yang fiturnya sudah sangat canggih sehingga bisa ngakses ke facebook, Twitter dan berbagai sosial media lainnya

      Delete
  2. iya betul, smua tergantung pd pribadi masing2. Bagaimn menggunakannya social network ini secara bijaksana. Jgn sampai krn kasyikan di dunia maya jd melupakan yg di dunia nyata.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @covalimawati : ya benar sekali. Dalam diskusi tersebut juga banyak yang menanyakan hal hal teknis seperti teknik blogging, memasang code iklan dan lain sebagainya. Namun forum ini masih general, dalam artian yang sifatnya teknis tidak dilakukan, soalnya cuma dapat jatah 2 jam sih heiiehiehiehiehieie.

      Benar mba. Harus "balance" antara dunia nyata dengan dunia yang tidak nyata (maya) seperti ini, dan juga agar tidak sampai kena penyakit IAD (Internet Addictive Disorder). Kecanduan

      Delete
  3. iya setuju sm mb rie & mb covalimawati *idih gk kreatif bgt yaa :D

    social network bagiku suatu kebutuhan..karena aku butuh ya aku onlen..
    tp gak hrs asyik sendiri dgn gadget sampe lupa sekitar.. kl yg begini gk bgt deh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Enny Mamito : hahahaha nda juga. Itu tetap kreatif kok, karena kadang jawaban yang akan kita sampaikan itu sudah "terwakili" oleh yang lain. Jadi tidak apa kok, sip keren keren berarti ide kita sama dengan pemikiran blogger lainnnya hiehiheiheehiee.

      Kalaw HP saya sih masih jadul tapi bagi saya sudah lebih dari cukup, asal bisa SMS dan TElepon juga sudah cukup. Mau update blog pake PECE aja hhiehheihiehiehiehie

      Delete
    2. Aku juga setuju ama yang lain *hahaha ikut-ikut*
      Jaringan media sosial menurutku kebutuhan kali ya tapi gak primer-primer banget. Fb aku sudah gak pake, twitter juga. Paling blog ama YM sih yang intens :D
      Gplus gak buka pun gak masalah :D

      Delete
  4. butuh banged...malah sempat hampir sakaw pak, tp stlh berusaha meminimalisir, akhirnya sdkt demi sdkt bisa mengurangi aktifitas di sosnet,

    dulu waktu buka toko online, ni sosnet berjasa bgd,mknya penting jg kadang2 ada media ini

    ReplyDelete
  5. bisa jadi sekedar salah satu hiburan pelepas penat, menyalurkan bakat, atau iseng-iseng doang, tapi ada juga yg menjadi kebutuhan,
    kalau ana sekedar sebagai alat ta'aruf dan salah satu media belajar banyak hal, baik itu blog dan CS2nya....

    ReplyDelete
  6. jadi pengen mengenal guru spriritualnya blognya kang asep nih. hehehee.!
    oke tanpa perlu membahas soal social networknya, gue pengen klik linknya dwi wahyudi aza kang!

    ReplyDelete
  7. saya punya anak, yang sulung, agak saya beri keleluasaan untuk aktif di salahsatu network, dengan catatan, kami orang tuanya tau apa yang dia perbincangkan di dalamnya.

    tapi ya ampun saat dia ngejogrog di depan komputernya begitu, autis abis! kayak nggak butuh kami-kami ini. agak susah memanaje anak yang hampir remaja.

    ReplyDelete
  8. pengen deh bang ikutan acara kya aksi2 gelar diskusi gitu..selain dapat wawasan n ilmu jg dapat banyak temen2 baru.. pastinya :)

    Klw buat sy sih Sosnet..hya utk pengisi waktu senggang bang..pernah jg sih dapat jeweran dari istri utk ngingetin waktu..udah klamaan manteng di dpn compi...hehe :)

    ReplyDelete
  9. Kalau buat daku pribadi sosial network kayak FB ikut-ikutan aja tapi kalau Blog biar bisa belajar menulis walau kadang acak kadut tulisannya,love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  10. sy setuju bgt bergaul di dunia maya searusnya tdk beda dg dunia nyata dimana etika itu di butuhkan..

    ReplyDelete
  11. saya lebih senang ngeblog dibandingkan fb dan twitter

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog