Jual Milagros disini
Loading...

Dan Pemenangnya Adalah ....

gbr dari internet
Cornelis Christiandy Gubernur Dan Wakil Gubernur Kalbar 2012-2017
Setumpuk "PR" Dan Kerja Keras Sudah Menanti
Catatan Asep Haryono

Berakhir sudah pesta demokrasi yang anggun dan elegan yang berhasil ditoreh oleh seluruh masyarakat di Propinsi Kalimantan Barat dengan ditetapkannya pasangan Nomor Urut 1 yakni Cornelis dan Christiandy Sanjaya dengan peraihan suara terbanyak dari 14 (Empat Belas) Kabupaten di Kalimantan Barat.

Pasangan yang kondang disebut dengan "CC": (double C) ini sudah ditetapkan oleh KPU sebagai Gubernur dan Calon Gubernur Kalimantan Barat untuk masa bhakti 2012-2017.

Proses Pemilihan Gubernur (PilGub) nya serentak dilaksanakan di seluruh propinsi Kalimantan Barat pada tanggal 20 September 2012 yang lalu, dan saya dan istri mendapat undangan untuk memilih di lokasi TPS (Tempat Pemungutan Suara) di Gedung atau Balai LPPM yang berlokasi di dalam kampus Universitas Tanjungpura, Pontianak

Siap Menang Siap Kalah
Dalam setiap proses pemilihan Gubernur (Pilgub) di seluruh Indonesia memang dikenal dengan semboyan atau filosofi "siap menang siap kalah" dan didengungkan oleh semua pihak baik yang akan "bertarung" dalam pemilihan nanti dan atau juga oleh pihak lainnya yang berkepentingan dalam proses pesta demokrasi ini.

Saya setuju sekali dengan pendapat  Zulfidar Zaedar SE yang mengatakan bahwa semuanya harus sudah "siap" dengan segala kemungkinan baik itu menang atau kalah.  ‘’Harusnya memang begitu, siap menang dan siap kalah begitu masuk dalam sebuah ‘’pertarungan.’’ Termasuk di pilkada,’’  kepada koran Pontianak Post hari Sabtu, 22 September 2012 lalu.

 Ilustrasi oleh Kekes

 Saya rasa kita semuanya harus sportif dengan hasil final dari proses Demokrasi yang sudah berlangsung dengan tertib, aman dan damai ini dan KPU sebagai "penabuh gong" nya yang menetapkan pasangan CC sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan memimpin propinsi Kalimantan Barat untuk masa bhakti sampai 5 (tahun) ke depan.

Jangan lagi ada suara sumbang yang mempermasalahkan hal hal yang tidak urgent, dan terkesan mengada ngada.  Jika menang, hormatilah kepada pihak yang kalah. Sedangkan yang kalah harus support dan menyokong kepada yang menang. Inilah yang saya sebut sebagai pesta demokrasi yang elegan, dan penuh dengan sportifitas.   

Jika tidak siap menang atau siap kalah, lantas buat apa sampai bikin acara Pilgub Damai sampai pake nota kesepakatan bersama segala di Mapolda hari Kamis, 30 Agustus 2012 kemarin  (kaya kasbon aja pake nota-red).  Tidak ada gading yang tidak retak, dan saya rasa proses demokrasi sudah berjalan pada rel yang benar dan ini sudah terbukti dengan penyelengaraan Pesta Demokrasi 20 September 2012 kemarin berlangsung dengan aman damai.  Nah kurang bukti apa lagi coba?

Harapan Pada Gubernur Terpilih
Bagi yang penasaran seperti apa wajah Cornelis dan Christiandy Sanjaya yang sudah ditetapkan oleh KPU  sebagai Gubernur dan wakli Gubernur Kalimantan Barat masa bhakti tahun 2012 - 2017 bisa dilihat di bagian bawah ini.  Foto dibawah ini diambil oleh Fotografer Haryadi dari Pontianak Post pada saat mendaftar diri sebagai Peserta Pilgub 2012 pada tanggal 9 Juni 2012 yang lalu.


SERIUS : Cornelis dan Christiandy Sanjaya serius melihat penghitungan kursi dan suara partai politik pengusung yang dilakukan KPU Provinsi Kalbar, saat mendaftar kemarin (9/6). Gambar dari Pontianak Post . Foto Hak Cipta Haryadi / Pontianak Post


Pasangan yang selalu mengusung slogan "BBM" yang merupakan kepanjangan dari singkatan "Bersatu, Berjuang, Menang" ini akhirnya menjadi pasangan yang dipilih oleh seluruh masyarakat di propinsi Kalimantan Barat.   Barangkali ada yang mau tau berapa total peraihan suara yang sah dan sudah resmi dirilis oleh KPU bisa dilhat dari tabel sederhana di bawah ini.

  • Cornelis - Christiandy          : 1.225.185 suara 
  • Armyn - Fathan                   : 361.744 suara 
  • Morkes - Burhanudin           : 591.081 suara 
  • Tambul - Barnabas              : 172.016 suara
      Sumber Pontianak Post




Saya rasa wajar saja betapa besar dan tingginya harapan (expectation) seluruh masyarakat di propinsi Kalimantan Barat kepada pasangan CC ini.  Saya rasa ini wajar wajar saja dan lumrah karena seluruh masyarakat Kalimantan Barat sudah berkorban waktu dengan berbondong bondong mendatangi TPS TPS dan memberikan hak suara mereka.

Namun demikian seperti yang sudah saya tulis pada tulisan saya sebelumnya bahwa  Gubernur bukanlah manusia super (Superman) yang bisa "super" dalam menyelesaikan setiap permasalahan di Kalimantan Barat yang bisa selesai dalam satu malam.  Mereka adalah manusia biasa juga sama seperti saya, anda , dan semuanya.

So
eh jadi Gubernur bukanlah Superman, yang super segala galanya dan mampu mengatasi semua persoalan Kalimantan Barat dengan cepat dan instan.  Ada proses yang harus dilewati Selamat sekali lagi kepada pasangan CC yang sudah ditetapkan oleh KPU sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kaliamantan Barat 2012-2017 mendatang.  Ingat pak kerja keras sudah menanti. Selamat bekerja buat Kalimantan Barat. (Asep Haryono).

12 comments:

  1. happy weekend mas
    ikut nyimak aja mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Reo Adam : Iya mas Reo. Selamat menyimak hiehiehiheiheie. Salam kami sekeluarga buat mas

      Delete
  2. Selamat buat pasangan double C, semoga bisa memimpin Kalimantan Barat ke arah yg lebih baik.

    Itu 'Siap Menang Siap Kalah' kali sob, bukan 'Siap Memang Siap Kalah'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zevin : Terima Kasih atas kunjungan dan ucapannya juga ya buat mas Zevin. Pakabarnya hari ini? Saya harapkan pun demikian siapa pun yang terpilih nanti bisa memimpin Kalimantan Barat lebih baik.

      Mohon maaf salah ketiknya, dan terima kasih sudah dikoreksi, kemarin itu terlalu cepat saya mengetiknya hiheiheiheie. Kesalahan sudah diperbaiki

      Delete
  3. wah, telak banget tuh menangnya!.
    siapapun yg memimpin Kalimantan di Bagian Barat, semoga mampu membawa sesuatu yang lebih baik dari yg sudah2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bung Penho : Iya benar juga sih kalaw dilihat dari perolehan angkanya memang menang telak. Lebih dari 50 persen plus satu kayaknya ya.

      Saya harapkan demikian, dan juga harapan semua masyarakat Kalimantan Barat smoga pasangan yang baru terpilih ini menjadi yang terbaik bagi seluruh masyarakat di Kalimantan Barat

      Delete
  4. kalimantan barat dan dki jakarta. berjalan seiring dengan start yang hampir berbarengan. fastabiqul khairat, semoga sukses bersama-sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Ya benar sekali Pilgub di DKI Jakarta, dan Pilgub di Kalimantan Barat nyaris berbarengan waktunya ya. Keren keren. Terima Kasih sudah mampir bang Zachflazz

      Delete
  5. Selamat buat Cornelis disana, dan selamat buat Jokowi disini ......


    Semoga masing-masing bisa menjaga amanah untuk selalu berdedikasi hanya kepada rakyat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @A.Y.Indrayana : Iya benar bangeds. Pilgub di Kalimantan Barat dengan Pilgun di DKI Jakarta nyaris berbarengan waktunya. Ya saya harapkan pun demikian amanah yang sudah diberikan agar digunakan dengan semestinya.

      Yang sudah terpilih adalah mereka yang diberi kepercayaan dan amanah oleh masyarakat di Kalimantan Barat. Selamat bekerja buat mereka. Terima Kasih sudah mampir nih A.Y. Indrayana

      Delete
  6. kalbar juga ternyata lagi pesta demokrasi ya. wah selamat ya bagi yang sudah terpilih, semoga bisa mengemban amanat rakyat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cerita anak kost : Iya nih, dan sudah selesai kok Pesta Demokrasinya dengan penetapan secara resmi oleh KPU kepada pasangan CC untuk memimpin Kalimantan Barat untuk masa bhakti 2012-2017 mendatang.

      Siap Menang siap kalah tentunya. Yang menang menghormati yang kalah, dan yang kalah mendukung yang menang. Betapa indahnya demokrasi :))

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog