Jual Milagros disini
Loading...

Collin Cobuild English Language Dictionary

Gambar dari Internet
Hadiah Dari The British Council Jakarta
Catatan Asep Haryono

Memperoleh hadiah dari orang lain siapa pun pasti suka dan senang. Begitupula dengan saya mendapatkan hadiah buku juga sangat menyenangkan seperti yang sudah saya alami beberapa tahun sebelumnya, dan yang terbaru beberapa hari yang lalu, dan juga yang akan dikirimkan kepada saya dalam waktu beberapa hari yang akan datang. 

Datangnya buku buku baru hasil dari hadiah kontes blog, undian berhadiah , atau juga hasil dari pemberian orang lain tentu akan sangat menyenangkan sekali buat saya pribadi. Bukan saja senang karena tanpa mengeluarkan uang atau dana sedikitpun, barang sudah ada datang dan mendatangi saya. Tetapi ada nilai yang lebih utama dari semuanya itu yakni harapan melengkapi perpustakaan.

Hari ini tema tulisan saya berjudul dan berisi Collin Cobuild English Language Dictionary pemberian seorang sahabat saya yang saya kenal di tahun 1990 yang lalu.  Hah tahun 1990 lalu?  Saya masih ingat karena kamus itu dikirimkan per pos kilat khusus kepada saya saat saya masih kuliah sekitar semester I di Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak.   Kiriman paket pos yang berisi kamus tersebut dikirimkan ke rumah kosan saya yang saat itu masih berstatus "em ha es" (Baca : mahasiswa) di Jalan Tanjung Sari Nomor 143 Rumah kediaman Bapak Sabirin, SH yang saat itu menjabat Kasubak Akademik Fakultas Pertanian UNTAN. Saya sendiri yang menerima paket pos tersebut dari tukang pos. Wah senang sekali rasanya

Hadiah Dari Mr Antony Crocker
Nah bagaimana saya bisa dapat kiriman sebuah kamus Collin Cobuild English Language Dictionary tersebut? Bagaimana ceritanya tuh?.    Kamus tersebut dikirimkan dalam paket pos Kilat Khusus dan ada selembar surat dalam bahasa Inggris yang ditulis oleh Mr Anthony Crocker, ELO dari The British Council Jakarta.  ELO adalah singkatan dari English Language Officer.    Saya sendiri tidak kenal dengan beliau sama sekali namun ada "sesuatu" yang melatar belakangi beliau hingga mengirimkan hadiah kamus tersebut yang menurut beliau edisi kamus Bahasa Inggris terbaik di era tahun 1990 itu.

Gbr dari Internet
Sekilas saya mau cerita sedikit latar belakangnya atau Behind The Scene pemberian hadiah kamus Collin Cobuild English Language Dictionary dari The British Council Jakarta itu.    Dulu di era tahun 1990 ini saya masih belum kenal apa yang namana Surel atau Surat Elektronik (baca : e-mail), dan saya taunya ngenet alias buka buka website dan juga ceting dengan IRC (Internet Relay Chat). 

Hayooo kawan kawan masih ingat nggak sama yang namanya Ceting pake IRC? Hehehehe. Itu tuh cetingnya paker Server yang belakangnya ada Net.  (jade dalnet, dalnet apa apa gitu hehehhe jadul Sob).

Nah jaman tahun 1990 itu saya masih fanatik yang namanya Hobi Surat Menyurat atau Korespondensi pake pos surat berperangko. Begitu fanatiknya saya hobi surat menyurat sampei puluhan lembaga asing, termasuk Kedutaan Besar di Jakarta dan di seluruh Indonesia saya suratin.

Isinya surat saya cuma minta brosur atau buku Bahasa Inggris itu aja sih hehehehe.  Saya  ngirim kemana aja kek ngawur aja.  Isi suratnya tentu memakai Bahasa Inggris yang "ala kadar" nya baik penguasaan kosa kata (vocabulary) dan susunan gramatikanya.  Yang penting kirim gitu aja. PEDE bangeds.

Saya kirim surat ke USIS (United State Information Service) Kedutaan Besar Amerika Serikat, Markas PBB, Kedutaan Besar Australia, Chile, Denmark, Spanyol pokoknya nyaris semua  Kedutaan besar Asing di Jakarta  saya kirimin surat.   Isi surat saya ya itu tadi minta buku wis plek. Hehehehehe.   Nah dari kesemuanya itu,  terseliplah satu surat yang dilesatkan kepada The British Council Jalan Widjojo Center Jakarta, dan dari The British Council Jakarta inilah yang mengirimkan balik kepada saya berupa Kamus Bahasa Inggris Collin Cobuild English Language Dictionary

Dimanaa.. Dimanaa
Nama kamus ini adalah Collin Cobuild English Language Dictionary yang dikatakan oleh Mr Antrhony Crocker dalam isi surat pengantarnya mengatakan  "The British Council does not make any presentation direct to individual, and that is not par of our normal work.  Since you are obviously interested in developing your proficiency in English, I will be pleasure in presenting to you a copy of the British Dictionary which is the most recent and I think This is the best of dictionaries listed.  I hope you will consider this presentation as something a little out of the ordinary since it is not something we could offer to anyone else".   Saya sampai hafal di luar kepala penggalan bagian isi surat pengantar Mr Anthony Crocker tersebut

KAMUS KU : Inilah kamus pemberian Mr Anthony Crocker yang menjadi salah satu referensi saya dalam mempelajari Bahasa Inggris.  Latar belakang adalah lemari Perpustakaan Pribadi saya di rumah.
Foto Dokumen Asep Haryono
Saya gunakan kamus tersebut untuk kuliah. Saya dulu kuliah di Jurusan PDU atau kepanjangan dari Pendidikan Dunia Usaha (KOperasi) dan kemudian pindah jurusan ke FPBS Bahasa Inggris beberapa semester kemudian.   Nah tahun demi tahun berganti,  saya masih sering kontak kontakan via Surat Menyurat dengan  Mr Anthony Crocker tadi, hingga kemudian Dosen Pembimbing Akademik (PA) saya waktu itu Bapak Mahidin Ibrahim (Sekarang beliau sudah meninggal dunia -red) ke Jakarta dan bertemu dengan beliau secara langsung.  Hal ini almarhum certiakan kepada saya. Wah senangnya saya mendengarnya.

Singkat cerita akhirnya di tahun 1997 kalaw nda salah, saya kembali mendapat "sesuatu" dari Mr Anthony Crocker berupa kiriman uang tunai (cash).  Saya tau itu karena mendapatkan surat resmi berkop The British Council Jakarta dan juga bertanda tangan beliau, Mr Anthony Crocker, yang saat itu masih "misterius" bagi saya.  Saya tidak tahu what he looks like , yah saya tidak tau rupa wajahnya. Hiks Hiks.

Uang sebesar Rp.288.000,- (Dua Ratus Delapan Puluh Delapan Ribu Rupiah)  sampai kepada saya melalui rekening penampungan sementara milik Kampus UNTAN.  Dari rekening sementara itu kemudian saya ambil secara tunai di kantor cabang Bank B** yang ada di kampus.

Kebetulan saja saya juga punya rekening di bank B** tersebut sejak lama sampai sekarang.   Kalaw saya sebut nama banknya ke enakan dia donk. di promosiin.   Rupanya itulah kontak saya yang terakhir. Dikiriminnya saya uang sebesar itu rupanya sebagai "perpisahan" karena Mr Anthony Crocker pindah ke British Council di Kuala Lumpur, Malaysia.  Saya dapat kabar juga dari beliau melalui surat.

Tahun 2001 sampai sekarang saya sudah tidak mendapatka informasi apa pun mengenai keberadaan Mr Anthony Crocker yang masih "misterius" bagi saya itu.  Dengan semua usaha saya berusaha mencari tahu keberadaan Mr Antrhony Crockeri itu baik via telepon, SMS, Facebook, Twitter, Email ke British Council Jakarta, dan searching beliau di British Council Malaysia, termasuk Kei El (baca Kuala Lumpur) Tetap tidak membuahkan hasil.

Tidak banyak catatan atau record yang tersisa di tempat Mr Anthony Crocker bekerja di Jakarta, termasuk The British Council  Jakarta tempat beliau bekerja dulu juga tidak tau banyak. Kesana Kemari mencari alamat jreng Jreng.   DImaanaaa.. Dimanaa. Dimanaaaaaaaaaa..Ayu Tinting Mode  (Asep Haryono)

31 comments:

  1. wah jd ikut penasaran ma Mr. Anthony Crocker.. hehe.. Tuh kamusnya muantep bgt ya mas.. Rejeki nomplok dah klo bs dpt kamus itu.. hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @covalimawati : Wah kacau juga nih internet. Barusan saya ketik puanjang tanggapan atas komentar mba, eh giliran saya mau kirim, send atau publish, eh mendadak error, server tidak ditemukanlah. Internet down lah, The Page cannot display lah. Iiihhh geram saya sama koneksi internet. Sebeeeeeeeeeeeeeeellllllllllllll.

      Jadi hilang semua deh yang saya ketik. Hiks Hiks. Yang jelas saya masih berusaha mencari tau kemana dia sekarang, karena banyak yang akan saya mau ceritakan. Lagipula dia teman baik ku juga. Terima Kasih sudah mampir ya

      Delete
  2. belum ngucapin terima kasih atau ini ingin nambah hadiah lagi ini sob hehe.................... maaf bercanda

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Thanjawa Arif : Hahahaha tepat sekali dugaan mas. Kayaknya yang terutama yang mas sebutkan pertama kali deh, yakni saya belum sempat mengucapkan terima kasih dari beliau yang kini masih belum juga ketemu atau diketahui jejak dan keberadaannya. Salam dari Pontianak

      Delete
  3. wah sobat yang satu ini selalu dapet hadiah,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @annash mobilepc : Ah masa sih? Ya Alhamdulillah di doain orang lagi. Siapa sih yang tidak mau didoakan agar bisa dapat hadiah terus. Hehehehhe. Terima Kash :)))

      Delete
  4. orang yang sering ngasih hadiah pasti sering dapat hadiah. itu doktrin yang tepat bukan?

    hadiah lagi..hadiah lagi. terus naronya dimana tu para hadiah. jangan-jangan ada kamar khusus hadiah ni di rumah Kang Asep, hehe..
    Bravo Kang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Hi hi juga nih bang. Apa kabarnya CIlacap sekarang? Kapan nih buat postingan tentang kota Cilacap, sebab saya ingin tau juga loh langsung dari abang.

      Kalaw soal hadiah memang saya punya tempat khusus sih. Namun untuk sementara wadah khusus untuk sopenir hadiah undangan kawinan yang sudah selemari hasil ngumpulin bertaun taun hehehehhehee. Terima Kasih

      Delete
  5. latar belakang gambar mencerminkan mas nya doyan banget nih sama yg namanya buku.. keren mas !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Masjid Bimantara : Subhanallah tepat sekali dugaan mas atau abang atau mba nih? Saya memang suka buku, dan juga membaca buku.

      Beberapa buku dalan perpustakaan pribadi saya sebagian dari merogoh uang sendiri, dan sebagian lagi hasil dari pemberian teman, sahabat dan juga hadiah hadiah. Alhamdulillah. Terima Kasih dibilang keren. Salam kami sekeluarga di Pontianak

      Delete
  6. Hobi surat menyuratiu lembaga asing itu juga pernah saya lakukan dulu..dengan rikues yg hampur sama: buku.

    YG masih tersimpan baik sekarang buku tentang jeoang dr Kedutaan Jepang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ririe Khayan : Ah ternyata mba ku ini juga suka dengan hobi Surat Menyurat juga (dulu) nya yah? Heheheh kadang surat menyurat ini melulu isinya minta buku atau sejenis brosur wisata dari lembaga asing dan atau kantor kedutaan di Jakarta seperti yang pernah saya lakukan.

      Sekarang sejak kenal Surel (Surat Elektronik) atau Email dan Internet, kegiatan surat menyurat ini masih tetap saya lakonin walau tidak sefanatik dulu jama saya masih kuliah di era taun 90 an. Terima Kasih ya mba Ririe Khayan sudah mampir. Nantikan kunjungan balik saya

      Delete
  7. wah, ternyata kang asep kreatif banget

    saya belum pernah surat menyurat kang asep

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Boll : Ah nasa sih segitu aja dibilang kreatif. Padahal menurut hemat saya sih biasa aja deh. Alhamdulillah deh kalw gitu. Saya mengucapkan terima kasih hehehehe.

      Ah masa sih belum pernah sekalupun surqt menyurat? Jadi kirim kartu lebaran ke orang tuanya pake ape donk? hihehiheiheie mau tau aja nih saya :))))

      Delete
  8. Saya dulu juga pernah kirim surat ke dubes arab tapi tidak ada tanggapan, kasihan diriku ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Djangkaru Bumi : Hi hi. Wah sudah pernah kirim surat ke Kedutaan Besar Arab Saudi ya. Wah keren keren tuh Saya juga tertarik untuk berkirim surat lagi kepada mereka hanya saja dalam bentuk surel alias surat elektronik.

      Lembaga asing atau kedutaan memang tidak selalu membalas surat dari kita. Tapi beda dengan yang saya alami dulu, hanpir semua kedutaan asing membalasnya. Ada yang balas cuma pake surat doangan, atau ada merchandisenya. Terima Kash sudah mampir ya

      Delete
  9. Wohoho, itu mah buku pustaka raksasa mas. Anw, selamat yak dikasih kamus yg bagus dr org yg hebat pl. Semoga suatu hari aku bs ke perpusnya mas Asep. Fyi, aku jg punya loh kamus collins tp buat handphone.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cici pratama : Ya benar sekali. Itu memang sejenis Kamus Desk atau Kamus Meja yang penggunaannya sebaqai referensi atau pelengkap dari frasa, kata, atau kalimat Bahasa Inggris dalam bentuk yang lebih detail lagi. Sebagai contoh "money" atau Uang. Nah dalam kamus COLLINS ini diraikan lagi detail tentang definisi uang.

      Oh ya punya kamus Collins juga ya? Waaa kerennnnnnnn

      Delete
  10. Jadi pengen juga bukunya :)

    ReplyDelete
  11. mas Asep....maap ya,aq ga sekolah setinngi anda
    tapi dari artikel2 anda aq banyak belajar.
    salut mas......itu aja yg bisa aq sampaikan,krn aq ga bisa ngasih hadiah hehehe
    selamat ya mas,atas hadiah2 yg diperoleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Reo Adam : Mas liat ada Kotak TWITTER di halaman blog saya ini? Itulah hasil ilmu yang saya dapat dari blog mas yang kaya akan informaqsi teknologi dan komputer.

      Saya banyak belajar tips, trik, dan ilmu Teknik Blogging dari blognya Mas Reo adam. Saya banyak belajar teknik Blogging dari blognya mas Reo Adan. Terima Kasih. Semoga ilmu ini berkah dan mendapat ridho dari Allah SWT

      Delete
    2. AAMIIN YA ROBBAL'ALAMIN....
      INSYA_ALLAH....mas

      Delete
  12. selamat atas hadiahnya mas, wah baru tahu kamusnya, bagus sepertinya

    ReplyDelete
  13. Dapat kejutan lagi nih ya bang...hehe.. :)
    Mr anthony c.. Menganggap bang asep memang orang yg tepat untuk mendapatkan hadiah itu... Hehe :)

    Selamat ya bang.. :)

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Pertama-tama, ijinkan aku komentar di posting kang Asep mengenai Blogwalking itu Menyenangkan ...
    Boleh ya boleh ya boleh ya ... :D

    Waa .... itu bukan teguran, tapi ungkapan rasa kangen dikomentariiinnnn :D

    Hehehehehe .....
    But anyway, blogwalking memang kegiatan yang sangat dan paling dirindukan :)

    Maaf baru baca posting itu sekarang ..... :'(


    Sekarang aku mau ngomentarin yang ini ya.
    Itu kamus tingkat tinggi yah kang? Diferensiasi dengan Kamus Oxford apa?
    Aku tak tahu apa-apa tentang dunia perkamusan. Hehehe

    Tapi dulu aku sering banget chatting dengan mIRC. Waktu itu Windowsnya masih Windows 98. Hehehehe

    Jadi terkenang masa lalu :D

    ReplyDelete
  16. Anonymous4:23:00 AM

    It's actually a cool and helpful piece of info. I'm glad that
    you just shared this useful information with us.
    Please stay us informed like this. Thank you for sharing.
    Feel free to surf my weblog ... latest transfer news on lewandowski

    ReplyDelete
  17. Anonymous9:32:00 AM

    Someone necessarily assist to make critically articles I'd state. That is the very first time I frequented your web page and so far? I amazed with the analysis you made to make this actual publish incredible. Magnificent task!
    My page perfumes baratos

    ReplyDelete
  18. Anonymous6:34:00 AM

    I tend not to create many comments, however I read a few
    of the responses on this page "Collin Cobuild English Language Dictionary".
    I actually do have a couple of questions for you if it's okay. Could it be just me or does it look like like a few of the comments look like they are written by brain dead folks? :-P And, if you are posting on other places, I'd like to keep
    up with anything new you have to post. Would you make a list of
    all of all your public pages like your Facebook page,
    twitter feed, or linkedin profile?
    My blog - pizza pick up games

    ReplyDelete
  19. Anonymous9:05:00 AM

    What's up colleagues, how is all, and what you desire to say about this article, in my view its really remarkable designed for me.
    Also visit my weblog :: pizza games san antonio

    ReplyDelete
  20. Anonymous11:27:00 AM

    Hello it's me, I am also visiting this web site regularly, this web page is actually pleasant and the users are really sharing fastidious thoughts.
    Check out my blog - pizza pick up games

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog